Skip to main content

Mengenal Apa Itu PAFI dan Perannya Dalam Kesejahteraan Masyarakat

ahli farmasi
Ahli farmasi (image: viva.co.id)

Mungkin kamu pernah mendengar istilah farmasi dalam dunia kedokteran. Meskipun sering kali kita mendengar istilah tersebut, namun banyak yang belum tahu apa itu farmasi sebenarnya.

Pengertian Farmasi

Farmasi merupakan disiplin ilmu kesehatan yang mempelajari berbagai aspek tentang obat-obatan. Lebih lanjut, farmasi adalah salah satu cabang ilmu kesehatan yang keberadaannya sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Farmasi mencakup berbagai bidang, mulai dari penelitian dan pengembangan obat-obatan, produksi obat-obatan, distribusi obat-obatan, hingga pemberian obat-obatan.

Ada tiga bidang ilmu lain terlibat dalam ilmu farmasi, antara lain bidang kedokteran, kimia, dan biologi. Selain itu, ilmu farmasi juga mencakup bidang ilmu sosial seperti manajemen farmasi dan farmakoekonomi.

Sedangkan untuk profesinya, seorang ahli farmasi tentunya harus menempuh program pendidikan farmasi dan lulus dengan gelar Sarjana Farmasi (S.Farm). Berbeda dengan Apoteker, tenaga teknis kefarmasian adalah profesi yang membantu Apoteker dalam bekerja di bidang kefarmasian, seperti Tenaga Menengah Farmasi atau Asisten Apoteker Analis Farmasi, dan Ahli Madya Farmasi.

Sama seperti profesi dokter yang memilliki organisasi kedokteran yaitu IDI (Ikatan Dokter Indonesia), ahli farmasi juga memiliki organisasinya tersendiri, yaitu PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia).

Apa Itu PAFI?

apa itu PAFI

PAFI adalah singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia merupakan sebuah organisasi yang terbentuk pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta sebagai wadah untuk menaungi para tenaga ahli di bidang farmasi. PAFI menjadi simbol kesatuan dan semangat perjuangan para ahli farmasi Indonesia yang berkomitmen untuk meningkatkan taraf kesejahteraan umum, khususnya dibidang kesehatan masyarakat.

Organisasi PAFI sendiri sebenarnya sudah ada sejak Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan telah berjuang dengan semua golongan masyarakat untuk melenyapkan penjajahan di bumi Indonesia. Selain itu, PAFI juga turut aktif mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian ikut serta dalam pembangunan masyarakat dan negara.

Tujuan PAFI

PAFI adalah organisasi profesi yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Organisasi ini didasari oleh semangat kerja dan pengabdian. Sejak didirikan hingga saat ini, PAFI telah berkomitmen untuk mencapai beberapa tujuan utama yaitu:

1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

PAFI memegang teguh prinsip dasar Pancasila dan UUD 1945 dalam upaya untuk memastikan kebijakan dan praktik farmasi selaras dengan nilai-nilai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia demi mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

PAFI berkomitmen untuk mendukung pencapaian derajat kesehatan optimal bagi seluruh rakyat Indonesia dengan memastikan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang setara, adil dan berkualitas.

3. Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

PAFI terus mendukung perkembangan ilmu farmasi di Indonesia, termasuk penelitian dan inovasi di bidang ini dan memastikan bahwa Indonesia akan selalu berada di garis depan perkembangan farmasi global.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

PAFI juga mengutamakan kesejahteraan para anggotanya dengan berusaha agar para ahli farmasi di Indonesia memiliki kondisi kerja yang layak dan mendapatkan penghargaan yang sepadan atas kontribusi mereka di bidang farmasi.

Hingga saat ini, organisasi PAFI tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya yaitu Pafi Pematang Siantar, yang merupakan cabang PAFI untuk wilayah provinsi Sumatera Utara.

Nah jika kamu berdomisili di Pematang Siantar dan sekitarnya serta telah menempuh pendidikan jurusan farmasi, kamu bisa mendaftarkan diri menjadi anggota Pafi Pematang Siantar untuk turut berkontribusi meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi website resmi Pafi Pematang Siantar di https://pafipematangsiantar.org/.

Indra DP
Indra DP
Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.