Skip to main content

Apa itu Kompresor? Berikut Rekomendasi Kompresor Terbaik

apa itu kompresor

Kompresor memiliki peran yang sangat penting di berbagai aspek kehidupan manusia. Umumnya, kompresor ini sering kita jumpai untuk mengisi angin pada ban kendaraan hingga proses pengecatan dengan menggunakan alat spray. Sedangkan di dunia industri, kompresor digunakan sebagai sistem pendingin hingga sistem pemrosesan bahan baku. Lantas, apa itu kompresor?

Apa Itu Kompresor?

Kompresor adalah sebuah perangkat mekanik yang berfungsi untuk memampatkan fluida gas atau udara dari sekitar dan meningkatkan tekanannya yang kemudian disalurkan kembali keluar dalam bentuk udara bertekan tinggi.

Umumnya, sistem kompresor ini terdiri dari dua bagian, yaitu blok mesin kompresor dan sistem pengatur tekanan. Blok mesin kompresor bekerja dengan memompa udara dari ruang kecil ke ruang lebih besar, sedangkan sistem pengatur tekanan berfungsi untuk memastikan tekanan tetap stabil.

Kompresor menggunakan berbagai macam energi, seperti bahan bakar, listrik hingga uap. Dan kini kompresor modern juga dilengkapi dengan indikator yang memudahkan operator mengontrol dan memantau proses kompresi.

Penggunaan Kompresor

Dari segi penggunaan, umumnya kompresor dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri dan kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa fungsi penggunaan kompresor:

  • Menyediakan tekanan udara di berbagai proses manufaktur, seperti pemotongan logam, pengecatan spray, dan pengoperasian mesin pneumatik.
  • Meningkatkan tekanan udara atau gas untuk distribusi gas alam dari sumber ke fasilitas pengolahan dalam industri penyulingan minyak atau gas alam.
  • Menyediakan udara bersih bertekanan untuk sistem pendingin, seperti AC, pendingin udara, ventilation pada bangunan perkantoran maupun sekolah.
  • Menyediakan tekanan udara untuk mengisi angin pada ban kendaraan.

Jenis-Jenis Kompresor

mesin kompresor

Setelah mengetahui apa itu kompresor, selanjutnya perlu juga mengetahui berbagai jenis kompresor agar dapat menggunakannya sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan. Berikut beberapa jenis kompresor yang perlu diketahui:

1. Air Compressor

Air Compressor atau kompresor udara ini memiliki dua jenis, yaitu Air Compressor Belt Driven dan Air Compressor Direct Driven. Untuk Air Compressor Belt Driven ini menggunakan sistem penghubung antara tenaga penggerak dan pompa udara menggunakan sabuk atau vanbelt (v-belt).

Tenaga penggeraknya dapat menggunakan mesin berbahan bakar bensin atau elektromotor listrik. Kompresor jenis ini sering kita jumpai di tempat tukang tambal ban.

Sedangkan untuk Air Compressor Direct Driven, kompresor ini menggunakan penggerak penggerak yang terhubung secara langsung dengan pompa udara. Keunggulan dari kompresor ini adalah kemampuan kecepatan rotasinya hingga 2.850 rpm.

2. Compressor Screw

Compressor Screw atau kompresor sekrup merupakan jenis kompresor udara yang sering digunakan. Kompresor ini menggunakan dua bantalan spiral yang berputar yang berputar pada poros. Udara masuk di antara dua bantalan spiral yang bergerak melengkung yang selanjutnya udara akan dikompresi dan tekanannya ditingkatkan.

Kelebihan Compressor Screw ini adalah mampu menghambat udara berkelanjutan, memiliki tingkat efisiensi energi yang baik, dan hemat biaya karena menggunakan bahan bakar bensin. Compressor Screw bisa digunakan dalam berbagai industri dan konstruksi.

3. Compressor Mini

Compressor Mini atau kompresor mini memiliki bentuk yang relatif lebih kecil. Kompresor angin ini hanya dirancang untuk menghasilkan aliran udara tanpa tekanan yang kuat, dengan kata lain, hanya menghasilkan efek berupa tiupan udara. Oleh karena itu, umumnya Compressor Mini ini digunakan dalam air brush untuk proses pengecatan sederhana.

4. Centrifugal Compressor

Centrifugal Compressor atau kompresor sentrifugal sering digunakan dalam industri yang membutuhkan tekanan udara tinggi yang lebih besar, seperti industri petrokimia dan industri pengolahan gas.

Centrifugal Compressor bekerja dengan menggunakan rotor berputar untuk mengubah kecepatan dan arah aliran udara. Dalam prosesnya, udara dikeluarkan dengan gaya sentrifugal yang diciptakan oleh putaran rotor. Sehingga tekanan udara yang dihasilkan akan stabil sesuai dengan kebutuhan.

5. Piston Compressor

Piston Compressor atau kompresor piston merupakan jenis kompresor yang sering digunakan di bengkel. Biasanya, kompresor jenis ini juga sering digunakan untuk mengisi angin pada ban kendaraan maupun membersihkan perkakas atau mesin.

Cara kerja Piston Compressor ini yaitu udara masuk ke dalam silinder kompresor kemudian dihisap ke dalam silinder saat piston bergerak naik, kemudian udara dikompresi dan tekanannya ditingkatkan saat piston bergerak turun. Udara bertekanan tinggi tersebut disimpan dalam tangki udara untuk kemudian udara dikeluarkan melalui katup yang terbuka pada saat dibutuhkan.

6. Kompresor Aksial

Kompresor Aksial ini biasanya digunakan pada industri yang membutuhkan aliran berkecepatan tinggi, seperti pesawat terbang. Kompresor Aksial menggunakan bilah rotor yang dirancang untuk mengompres udara dalam arah aksial. Udara diisap melalui ruang antara bilah dan dipercepat ke luar. Keunggulan kompresor ini yaitu efisiensi yang tinggi dan kemampuannya dalam menghasilkan udara yang besar.

Rekomendasi Kompresor Terbaik

Dalam memilih jenis kompresor tentunya kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan, tenaga dan kapasitas yang dihasilkan, portabilitas dan lainnya. Nah untuk mendapatkan kompresor berkualitas terbaik, kamu bisa mencarinya di situs KawanLama.com yang menyediakan berbagai pilihan kompresor terbaik dengan kualitas terjamin dan performa yang andal.

Berikut ini beberapa rekomendasi kompresor terbaik yang bisa kamu dapatkan di Kawan Lama:

1. KRISBOW COMPRESSOR 1HP 24L 8B 1P OF CRPDCO012

air compressor

Fitur:

  • Dilengkapi saklar tekanan udara
  • Udara lebih bersih, tidak berbau, dan tidak mengandung oli
  • Kompresor otomatis nyala dan mati untuk menjaga tekanan dalam tangki
  • Tekanan udara dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Mudah digunakan dan dipindahkan

2. KRISBOW SCREW COMPRESSOR VSD 20HP 10B 3P CPDDV2

kompresor terbaik

Fitur:

  • Memiliki stabilitas dan pengoperasian yang senyap
  • Dilengkapi 2 Kipas sentrifugal dengan kontrol termostatik
  • Penggerak Kecepatan Variabel oleh Schneider
  • Penggerak skrup motor magnetik
  • Sistem Direct Driven
  • Panel kontrol digital
  • Konsumsi energi yang rendah

3. KRISBOW SCREW COMPRESSOR 40HP 10B 3P CPDD4

kompresor adalah

Fitur:

  • Memiliki volume tinggi
  • Konsumsi energi yang rendah
  • Minim keausan dan daya tahan lama
  • Dapat digunakan 24 jam non-stop tanpa penurunan performa
  • Tingkat kebisingan yang rendah
  • Perawatan yang mudah
  • Nah itulah beberapa rekomendasi kompresor terbaik. Kawan Lama menjadi mitra terpercaya yang menyediakan berbagai jenis mesin kompresor yang berkualitas dan dapat disesuaikan dengan berbagai keperluan bisnis atau pribadi. Jadi tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk membeli kompresor yang kamu butuhkan di KawanLama.com sekarang juga!

    Indra DP
    Indra DP

    Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.