Skip to main content

7 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Waktu Cek Kondisi Mesin Mobil Bekas

jual beli mobil bekas

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan alternatif untuk menghemat budget dan tetap mendapatkan kendaraan yang layak pakai. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas di tempat jual beli mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan teliti, terutama dalam mengecek kondisi mesinnya. Sebab, mesin adalah bagian terpenting dalam kendaraan.

Pentingnya memeriksa kondisi mesin mobil bekas bertujuan untuk menghindari potensi masalah teknis yang dapat muncul di kemudian hari. Sebab, adanya masalah pada mesin mobil dapat memberikan kinerja yang kurang optimal. Selain itu, kondisi mesin yang kurang prima juga dapat mengakibatkan kerusakan yang mengganggu dengan biaya perbaikan yang mahal, hingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas

Pemeriksaan mesin mobil bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan pengetahuan dan keahlian tertentu. Namun, ada beberapa hal dasar yang bisa kamu perhatikan yang bisa memberikan gambaran umum tentang kondisi mesin. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengecek kondisi mesin mobil bekas di tempat jual beli mobil bekas.

1. Cek Ruang Mesin Mobil

cek mesin mobil bekas

Ruang mesin mobil merupakan bagian mobil tempat mesin berada, seperti regulator, aki, karburator, radiator dan berbagai komponen mesin lainnya. Kamu bisa membuka kap mobil untuk melihat kondisi ruang mesin.

Dalam mobil bekas, tentunya kotoran dan debu di ruang mesin masih dikatakan normal. Namun, kamu perlu mengeceknya lebih lanjut untuk memastikan kondisi mesin seperti tidak ada oli yang berhamburan di area kompartemen mesin atau baut-baut tidak mulus dikarenakan mesin pernah diturunkan, warna cat ruang mesin lain karena mobil pernah tabrakan, adanya lumpur karena kena banjir dan sebagainya.

2. Cek Ada Kebocoran atau Tidak

Periksa mesin dan area sekitarnya untuk melihat apakah ada tanda-tanda kebocoran. Cairan seperti oli yang bocor bisa menunjukkan adanya masalah. Jika kamu melihat cairan di bawah mobil atau adanya tetesan pada mesin, ini bisa menjadi tanda kebocoran mesin. Kebocoran seperti oli bisa menunjukkan berbagai masalah, mulai dari segel yang aus hingga komponen internal mesin yang rusak.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

mesin mobil bekas

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin dan mencegah gesekan yang bisa menyebabkan kerusakan. Umumnya, oli mesin yang kotor atau berwarna gelap bisa menunjukkan bahwa mesin tidak dirawat dengan baik. Sebaliknya, oli mesin yang baik seharusnya berwarna cokelat tua atau hitam dan tidak "berpasir".

Selain itu, jika level oli terlalu rendah, ini bisa menunjukkan adanya kebocoran atau konsumsi oli yang berlebihan. Kamu bisa mengecek level oli mesin dengan menggunakan dipstick. Bekas oli level ideal pada dipstick biasanya antara tanda "+" atau "-".

4. Cek Kondisi Radiator

Selanjutnya saat mesin mobil dalam keadaan mati, kamu dapat memeriksa kondisi radiator seperti kisi-kisi radiator. Jika kamu menemukan banyaknya kotoran pada kisi-kisi radiator, maka kotoran tersebut dapat membuat sirkulasi udara menjadi terhambat.

Selain itu perhatikan pula volume air radiator. Air radiator adalah air yang berfungsi untuk mendinginkan mobil saat sedang bekerja. Pastikan volume air radiator berada dalam kondisi yang stabil, yaitu berada antara garis full dan low.

5. Cek Sisa Residu Pada Knalpot

cek kondisi mesin

Sisa residu pada knalpot juga dapat membantu kamu dalam mengetahui kondisi mesin mobil bekas. Kamu bisa mengecek bagian pinggir dalam knalpot dimana noda hitam dan berminyak wajar ditemukan pada knalpot. Pada mesin mobil yang normal, noda knalpot memang harusnya kering dan berwarna abu-abu gelap.

Selain itu, jika knalpot mengeluarkan asap hitam atau putih itu berarti ada masalah pada pembakaran tidak sempurna pada ruang bakar, atau mengeluarkan bau bensin yang berarti konsumsi bensin yang lebih banyak sehingga bensin tidak terbakar sempurna di dalam ruang bakar.

6. Cek Bagian Bawah Mobil

Setelah memeriksa bagian dalam mesin, selanjutnya coba cek bagian bawah mobil. Seringkali, penjual di tempat jual beli mobil bekas berusaha memoles seluruh bodi mobil bekas agar bersih baik itu dari interior maupun eksterior, tapi ternyata kurang merawat bagian bawah mobil.

Adanya bekas noda seperti cipratan kotoran jalanan, itu masih hal yang wajar. Namun, jika kamu menemukan cairan yang menetes dan meninggalkan bekas di lantai atau jalan, besar kemungkinan ada kerusakan pada mobil tersebut.

7. Lakukan Test Drive

Jika semua bagian mesin mobil sudah kamu cek, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan test drive atau uji coba mengendarai kendaraan secara langsung. Hal ini untuk melihat seperti apa performa mesin mobil bekas saat digunakan berkendara, seperti kemampuannya saat melewati tanjakan dan rute lainnya.

Selain itu, dengan melakukan test drive, kamu bisa memerhatikan suara dari mesin mobil. Mesin yang sehat biasanya beroperasi dengan lancar dan tenang. Tapi bila kamu mendengar suara berisik atau tidak biasa, seperti gemuruh, ketukan, atau suara berdecit, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah. Selain mengetahui kondisi mesin, dengan test drive kamu bisa mengecek suspensi, lampu-lampu indikator, sistem pengereman dan berbagai bagian mobil lainnya apakah masih berjalan dengan normal atau tidak.

Beli Mobil Bekas di Caroline.id Jaminan Mesin Aman!

Nah setelah mengetahui hal-hal apa saja harus dicek saat akan membeli mobil bekas, jika kamu masih bingung dimana tempat jual beli mobil bekas dengan jaminan mesin yang masih aman dan prima, aku rekomendasikan kamu bisa mencari mobil bekas idamanmu di Caroline.id.

Caroline.id merupakan platform jual beli mobil bergaransi dengan tiga layanan utama yaitu jual beli, pre-order, dan tukar tambah. Caroline.id juga hadir di beberapa kota besar di Indonesia, diantaranya, Depok, Bekasi, Cimahi, Tangerang dan Medan.

Mengapa Harus Beli Mobil Bekas di Caroline.id?

Di Caroline.id, kamu tidak perlu khawatir akan kualitas unit mobil bekas yang dijual di platform jual beli mobil bekas ini. Sebab, seluruh mobil di Caroline.id telah melewati pemeriksaan di 150 titik yang mendalam oleh tim profesional sehingga kondisi mobil dapat kamu ketahui secara transparan. Kamu pun masih dapat mengecek kondisi kendaraan secara langsung sambil melakukan test drive di titik-titik lokasi inspeksi untuk lebih memastikan kesesuaian kondisi kendaraan dengan hasil penilaian.

Selain itu, disertai pula dengan tujuh garansi berupa garansi mesin dan transmisi selama 1 tahun, odometer tidak dimanipulasi, mobil yang terbebas dari terendam banjir atau kecelakaan besar, dan informasi dokumen asli sesuai dengan nomor rangka.

Keuntungan lainnya jika kamu membeli mobil bekas di Caroline.id yaitu seluruh mobil di Caroline.id mendapat Garansi 7G+ yang merupakan tujuh poin utama dan poin plus yang memberikan perlindungan untuk berbagai komponen mobil selama 1 tahun serta jaminan kondisi mobil diantaranya:

  1. Garansi mesin 1 tahun
  2. Garansi transmisi 1 tahun
  3. Garansi penggerak 1 tahun
  4. Garansi sistem pengereman 1 tahun
  5. Garansi sistem electrical 1 tahun
  6. Garansi sistem kemudi 1 tahun
  7. Garansi AC 1 tahun
  8. Serta garansi buyback dan siap pakai

Nah itulah berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu membeli mobil bekas di Caroline.id. Dan menariknya masih ada spesial promo setiap saat yang hadir di Caroline.id, tentunya akan lebih hemat bukan? Jadi tunggu apa lagi, langsung saja miliki mobil bekas idamanmu hanya di Caroline.id.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.