Skip to main content

Apa Itu Paylater? Ini Pengertian dan Tips Memilihnya

paylater
image: unsplash.com

Saat ini layanan paylater sudah menjadi sistem yang terintegrasi dalam berbagai layanan bisnis, terutama yang berkaitan dengan transaksi keuangan, baik berupa pinjaman, pembelian maupun pembayaran. Meski begitu, kita harus tetap selektif dan bijak dalam menggunakan paylater.

Karena jika salah menggunakannya, maka kita akan menanggung kerugian yang sangat besar. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali penyedia layanan keuangan ini seperti contohnya Amartha Paylater. Agar lebih jelas, yuk kita cari tahu soal sistem paylater.

Apa Itu Paylater?

Secara sederhana, paylater adalah metode pembayaran yang memungkinkan kita menunda atau mencicil pembayaran, utamanya saat membeli sesuatu. Paylater merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu “Pay” yang artinya “bayar”, dan “later” yang artinya “nanti”. Sehingga tak jarang kita temukan berbagai jargon yang khas dengan paylater, misalnya beli sekarang, bayar nanti.

Perlu diingat bahwa penggunaan paylater juga dapat menimbulkan biaya tambahan seperti bunga atau biaya keterlambatan jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan layanan ini, penting untuk memahami syarat dan ketentuan yang terkait dengan layanan atau produk tersebut.

Manfaat Paylater bagi Pengguna

Diterapkan hampir di berbagai layanan keuangan, berikut manfaat penggunaan paylater yang bisa kamu rasakan, antara lain:

1. Kemudahan Pembayaran

Paylater memberikan fleksibilitas kepada pengguna dalam membeli barang atau jasa tanpa perlu membayar secara langsung. Ini dapat membantu kita untuk mengelola keuangan dan memenuhi kebutuhan mendesak tanpa harus memiliki dana tunai.

2. Kemudahan Berbelanja

Dengan adanya integrasi paylater dalam platform e-commerce, memungkinkan kita melakukan pembelian dengan cepat dan mudah tanpa harus memasukkan rincian pembayaran setiap kali berbelanja. Sistem akan langsung mengarahkan pembayaran pada layanan tersebut.

3. Memberikan Penawaran Khusus

Beberapa penyedia layanan paylater menawarkan promosi atau diskon khusus kepada pengguna. Ini bisa menjadi insentif tambahan bagi konsumen untuk menggunakan opsi paylater.

Tips Memilih Paylater yang Tepat

paylater
image: freepik.com

Melihat kemudahan yang ditawarkan kita harus tetap bijak dalam memilih layanan paylater yang terpercaya. Berikut tips memilih paylater yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Lakukan Perbandingan

Banyaknya layanan yang tersedia, membuat kita mudah melakukan perbandingan. Teliti berbagai layanan paylater yang tersedia. Fokuskan perhatian pada biaya, syarat dan ketentuan, serta manfaat yang ditawarkan oleh masing-masing layanan.

2. Perhatikan Biaya dan Bunga

Pahami dengan jelas biaya dan bunga terkait penggunaan layanan paylater. Perhatikan apakah ada biaya admin, biaya keterlambatan, atau bunga yang dikenakan jika kamu tidak bisa membayar tepat waktu.

3. Ketahui Limit Kredit

Setiap layanan memiliki ketentuan berbeda mengenai limit kredit. Ketahui batas kredit atau limit yang diberikan oleh layanan paylater. Pastikan bahwa limit ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

4. Pahami Syarat Pengajuan

Pelajari syarat pengajuan layanan paylater. Beberapa layanan mungkin memerlukan pemeriksaan kredit atau persyaratan lain. Pastikan kamu memenuhi persyaratan tersebut.

5. Pastikan Keamanan Pengguna

Pastikan layanan paylater yang kamu pilih memiliki keamanan dan privasi yang baik. Karena ini berkaitan dengan informasi keuangan yang kamu miliki. Pastikan kamu memahami setiap ketentuan dan peraturan yang diberikan.

Bila kamu tidak ingin pusing memilih layanan paylater yang tepat, kamu bisa mengandalkan Amartha Paylater. Dengan layanan ini kamu bisa mendapatkan solusi pembayaran yang lebih mudah, kamu bisa belanja sekarang, dan melakukan pembayaran di bulan depan. Selain itu, biaya admin yang dikenakan setiap bulan juga sangat terjangkau.

Layanan paylater dari Amartha tentunya juga telah mendapat ijin dan diawasi OJK. Sehingga kamu tidak perlu ragu menggunakannya. Kamu hanya perlu memastikan dapat membayar tepat waktu, dan meminjam sesuai dengan kemampuan kamu dalam membayar.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.