Skip to main content

6 Tips Sukses Usaha Warung Kelontong Agar Untung Terus

warung kelontong
Warung kelontong (image: Getty Images)

Di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini, membuka usaha warung kelontong kecil-kecilan bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang masih cukup menjanjikan. Sebab, keberadaan warung kelontong ini masih dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.

Warung kelontong adalah sebuah toko sederhana yang biasanya berada di sekitar kompleks rumah atau pemukiman padat penduduk. Toko ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, seperti sembako, perlengkapan rumah tangga, bahan-bahan memasak, perlengkapan mandi dan mencuci, minuman dan makanan ringan, dan lain sebagainya.

Dalam penjualannya, warung kelontong ini biasanya menjual barang dagangannya dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan di minimarket maupun supermarket. Itulah kenapa warung kelontong ini menjadi favorit masyarakat, terutama ibu rumah tangga yang nyaman berbelanja disana.

Modal warung kelontong yang relatif kecil membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi banyak individu yang ingin memulai bisnis. Nah agar bisnis warung kelontong untung terus, berikut ini ada beberapa tips sukses mengelola warung kelontong.

Tips Mengelola Warung Kelontong

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi warung kelontong yang strategis pastinya akan sangat menentukan kesuksesan bisnis ini. Oleh karena itu, agar warung kelontongmu banyak pelanggan, usahakan untuk membuka toko di daerah pemukiman padat penduduk.

Atau jika lokasi rumahmu kebetulan di area tersebut maka kamu bisa juga membuka usaha warung kelontong kecil-kecilan di rumahmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.

Dan jika kamu ingin menjangkau pelanggan lebih banyak, kamu juga bisa foto warung kelontong milikmu lalu kemudian buat titik poin lokasi tokomu di Google Maps. Dengan begitu maka besar kemungkinan warung kelontongmu bisa menarik pembeli di lokasi sekitar.

2. Pahami Kebutuhan Pelanggan

Salah satu kunci sukses dalam bisnis warung kelontong adalah memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan cara riset pasar. Cara tersebut akan memungkinkan kamu dapat mengetahui produk apa saja yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Biasanya, kebutuhan rumah tangga yang sifatnya digunakan terus menerus dan cepat habis seperti sabun mandi, galon air mineral dan lainnya tersebut sering di cari oleh konsumen.

3. Kelola Stok dengan Cermat

Manajemen stok yang baik juga sangat menentukan kesuksesan warung kelontong. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Namun, hindari kelebihan stok yang dapat menyebabkan stok menumpuk dan akhirnya tidak laku. Selain itu, pastikan untuk selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa barang dan sebisa mungkin letakkan stok barang lama berada di rak terdepan. Ini membantu kamu menghindari kerugian karena barang rusak atau kedaluwarsa.

4. Jalin Kerjasama dengan Supplier

Agar warung kelontong milikmu menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan oleh pelanggan, maka kamu perlu menjalin kerjasama dengan supplier. Untuk hal ini, usahakan cari supplier yang menawarkan harga yang lebih rendah agar kamu bisa mendapatkan laba dengan mencari selisih harga yang pas saat dibeli dan dijual kembali ke pelanggan.

Selain itu, dengan mendapatkan harga yang rendah dari supplier, maka kamu bisa menentukan harga jual kembali yang lebih terjangkau ke pelanggan.

5. Tetapkan Harga yang Terjangkau

Salah satu faktor yang membuat masyarakat gemar berbelanja di warung kelontong adalah karena menawarkan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan riset pasar untuk memahami harga-harga yang berlaku di lingkunganmu, dan pastikan harga yang kamu tetapkan kompetitif, tapi tidak terlampau mahal.

Dengan begitu, pelanggan akan tertarik belanja di warung kelontongmu karena harga barang yang kamu jual lebih "miring".

6. Manfaatkan Teknologi

Bisnis warung kelontong akan sukses dan untung terus jika dikelola dengan baik. Oleh karena itu, kamu bisa manfaatkan teknologi yang ada untuk memanajemen warung kelontong. Dan salah satu teknologi yang bisa kamu gunakan agar manajemen warung kelontong lebih efisien adalah dengan menggunakan aplikasi kasir Android bernama iReap POS.

iReap POS

Manajemen Warung Kelontong dengan Aplikasi Kasir iReap POS

Aplikasi kasir iReap POS atau disebut juga dengan Point of Sale merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu pebisnis UMKM termasuk warung kelontong dan retail agar operasional bisnis lebih efisien.

Aplikasi kasir android ini menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna untuk manajemen bisnis warung kelontong, termasuk monitoring stok barang, pembukuan yang akurat, dan pencatatan laporan keuangan yang mudah dipahami.

Selain sebagai aplikasi stok barang untuk warung kelontong, iReap POS juga sangat membantu dalam pencatatan transaksi penjualan dan pembelian, membuat struk pembelian hingga dapat juga membuat program loyalty pelanggan.

aplikasi kasir android gratis

iReap POS terdiri dua versi, yaitu iReap POS Lite dan iReap POS PRO. Untuk versi Lite ini lebih ditujukan untuk pelaku bisnis UMKM, seperti warung kelontong, toko baju, warung makan, bengkel hingga restoran. iReap POS Lite sendiri memilki dua fitur utama, yaitu Point of Sale merupakan fitur untuk manajemen transaksi pembayaran atas barang/produk yang terjual, dan Stock Inventory untuk memantau ketersediaan stok barang. iReap POS Lite tersedia platform Android saja dan menariknya kamu bisa menggunakan kedua fitur utama tersebut secara gratis.

Sedangkan untuk iReap POS PRO lebih ditujukan untuk bisnis makro, yang mana terdapat beberapa fitur tambahan seperti multi-user, cloud database, laporan ketersediaan stok barang secara real-time, manajemen invoicing, dan absensi karyawan. Semua fitur aplikasi POS tersebut dapat kamu nikmati dengan berlangganan sebesar Rp 41.667 / bulan.

Nah itulah beberapa tips bagaimana mengelola warung kelontong agar untung terus. Mengelola warung kelontong bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan perencanaan dan manajemen yang tepat, kamu bisa memastikan bahwa usahamu akan untung terus.

Dan agar manajemen warung kelontong lebih efisien, kamu bisa menggunakan aplikasi kasir Android gratis iReap POS untuk membantu mempermudah operasional harian warung kelontong milikmu.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.