Skip to main content

4 Tips Sukses Jualan Online Bagi Pemula Agar Makin Laris

ide jualan online
Ilustrasi jualan online (image: freepik.com)

Tren jualan online saat ini semakin digemari oleh para generasi milenial. Hal tersebut karena bisnis online adalah solusi bagi mereka yang ingin memulai usaha tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Selain itu, salah satu kelebihan dari jualan online yaitu biaya operasional yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan metode berjualan secara konvensional. Dan juga, di Indonesia sendiri, aktivitas online shopping sendiri sudah sangat familiar di sini. Ini yang membuat semua orang tertarik untuk mencoba jualan online untuk produk mereka.

Meskipun bisnis model ini terlihat cukup menjanjikan, namun jualan online bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebab, biarpun kelihatannya mudah untuk dimulai, nyatanya masih banyak beragam faktor yang perlu diperhatikan agar bisnis yang ada dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing dengan kompetitor di luaran sana. Oleh karena itu, penting untuk kamu ketahui bagaimana cara jualan online yang efektif.

Nah jika kamu yang masih pemula atau baru pertama kali ingin terjun dalam bisnis ini, Berikut tips sukses jualan bagi pemula agar makin laris.

Tips Sukses Jualan Online

1. Tentukan Ide Jualan

Untuk memulai jualan online, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ide jualan. Langkah pertama ini mungkin membutuhkan waktu yang tidak instan, sebab kamu perlu riset terlebih dahulu untuk menentukan ide paling pas untuk bisnis.

Nantinya dengan riset ini, kamu bisa menentukan target pasar kamu, produk apa yang akan kamu jual, serta kelebihan produk kamu Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan seberapa besar peluang yang dimiliki oleh produk tersebut. Apakah produk yang akan kamu jual nantinya bisa laku terjual atau tidak, dan berapa besar biaya yang diperlukan untuk memproduksinya.

Bagi pemula, kamu bisa mencari beberapa referensi produk di internet sehingga nantinya kamu bisa menciptakan ide jualan yang cocok dan sesuai keinginanmu.

2. Tentukan Unique Selling Point

Ide jualan online yang menarik pun masih kemungkinan tak bisa mampu menarik perhatian pasar. Sebab di luaran sana masih banyak kompetitor lainnya. Oleh karena itu, penting untuk menentukan Unique Selling Point agar produkmu beda dengan yang lainnya.

Unique Selling Point maksudnya yaitu ada sesuatu kelebihan dan keunikan tersendiri dari produk yang kamu jual sehingga berbeda dengan produk serupa dari kompetitor.

Beberapa konsep Unique Selling Point yang bisa kamu terapkan di ide jualan online milikmu antara lain dengan meningkatkan kualitas produk atau menambahkan berbagai hal yang unik namun menjual di produkmu.

3. Manfaatkan Platform Media Sosial

Saat ini, masyarakat semakin gemar mengakses berbagai media sosial, dan peluang tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk jualan online milikmu dengan aktif memposting konten yang menarik sesuai dengan produk yang kamu jual serta sisipkan link penjualannya.

Selain itu, menjalin komunikasi dengan followers di media sosial dengan berinteraksi secara langsung juga merupakan strategi ampuh untuk meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelangganmu.

Dan untuk menjangkau audiens yang lebih luas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Ads di media sosial untuk promosikan produkmu, seperti Facebook Ads atau Instagram Ads. Fitur ini cukup efektif karena nantinya iklan produk kamu akan muncul di timeline pengguna yang berpotensi membeli produk kamu karena menggunakan algoritma yang disesuaikan dengan ketertarikan setiap pengguna.

4. Mulai Jualan di E-commerce

Setelah menentukan ide jualan hingga strategi marketing, kini saatnya kamu mulai menentukan toko onlinemu. Sebenarnya kamu juga bisa membuat website toko online sendiri atau jualan di media sosial, tapi jika kamu masih pemula, menggunakan platform e-commerce adalah pilihan tepat karena akan membantu memudahkan penjualanmu melalui proses transaksi dan pengiriman barang dengan lebih efisien.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali platform e-commerce yang bisa kamu gunakan. Dan jika kamu yang baru ingin jualan produk secara online, kini saatnya yuk jualan online di Lazada.

Jualan Online di Lazada

jualan online

Lazada merupakan salah satu platform e-commerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk membuka toko online pertamamu. Di Lazada, kamu bisa berpeluang akan dengan mudah mendapatkan keuntungan, sebab Lazada menyediakan fasilitas modul panduan menjadi seller untuk meningkatkan kinerja jualan online di Lazada.

Selain itu, jika kamu ingin berbagai tips lainnya seputar jualan online, kamu bisa mengunjungi situs Yuk Jualan Online di yukjualanonline.com. Situs Yuk Jualan Online merupakan blog yang juga bagian dari Lazada yang menyajikan berbagai update artikel seputar wawasan jualan online dan strategi bisnis online.

Aku sendiri juga merasa cukup terbantu dengan adanya situs Yuk Jualan Online ini. Sebab, dari sana aku banyak belajar mengenai cara jualan online yang benar dan efektif, mulai dari bagaimana cara packing produk dengan benar, cara meningkatkan pelanggan, hingga mendapatkan berbagai tips ampuh dalam mempromosikan produk agar laris manis.

yuk jualan online

Cara Jualan Online di Lazada

Untuk dapat jualan online di Lazada, tentunya kamu perlu menyiapkan beberapa hal untuk toko onlinemu. Berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu siapkan:

1. Daftar Menjadi Seller

  • Kunjungi website lazada.co.id atau bisa juga melalui aplikasi jualan online Lazada
  • Pilih Menjadi Seller
  • Di bagian Daftar Sekarang, pilih Lazada untuk menjadi seller perorangan, atau LazMall untuk menjadi seller di LazMall
  • Berikutnya isi data terkait nomor handphone lalu tunggu verifikasi di nomor handphone kamu dari WhatsApp atau SMS
  • Selanjutnya setujui syarat dan ketentuan perjanjian marketplace Lazada
  • Terakhir, klik daftar, lalu approval toko onlinemu dari Lazada
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengisi data diri dengan lengkap

2. Dekorasi Toko Online

Setelah proses pendaftaran selesai, maka langkah selanjutnya adalah dekorasi toko onlinemu. Di tahap ini, kamu bisa menambahkan header toko, banner, hingga menyusun layout toko onlinemu.

3. Upload Gambar Produk

Setelah selesai mendekorasi toko online, kini saatnya kamu mengupload gambar produk yang akan kamu jual. Jadi siapkan gambar atau foto produk milikmu dan pastikan foto tersebut tampak dengan jelas.Kamu juga bisa mengeditnya terlebih dahulu sebelum menguploadnya agar lebih menarik.

4. Mulai Jualan Online

setelah semua proses sebelumnya sudah dilakukan, maka toko onlinemu sudah siap berjualan. Jadi silakan tunggu hingga ada pembeli di tokomu. Kamu juga bisa memantau penjualan melalui aplikasi jualan online Lazada yang tersedia di Android dan iOS.

Kesimpulan

Berjualan online bagi pemula merupakan tantangan tersendiri, tetapi dengan mengikuti tips jualan online di atas maka kamu bisa meningkatkan peluang penjualan yang meningkat. Dan Lazada dapat menjadi platform e-commerce yang tepat untuk mulai membuka toko onlinemu karena banyak sekali fasilitas pendukung bagi para seller pemula guna meningkatkan kinerja jualan online. Jadi tunggu apa lagi, yuk jualan online di Lazada!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.