Skip to main content

9 Faktor yang Memengaruhi Kecepatan Internet Saat Bermain Game Online

Internet Cepat
Bermain game online. (image: freepik.com)

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang di seluruh dunia. Kehadiran internet cepat memungkinkan akses ke informasi, komunikasi, dan hiburan secara instan dan mudah.

Dan ngomongin soal hiburan, saat ini game-game online semakin digemari oleh kalangan gamer ataupun hanya untuk sekadar mengisi waktu luang. Oleh karena itu, perlu adanya koneksi internet yang cepat dan stabil agar dapat menikmati pengalaman bermain game online yang lancar dan tanpa gangguan.

Sebab, jika koneksi internet yang lambat dan tidak stabil tentunya dapat mengganggu pengalaman bermain game online.

Faktor yang Memengaruhi Kecepatan Internet

Kunci untuk memiliki koneksi internet cepat dan internet stabil untuk bermain game online adalah memastikan bahwa jaringan internet yang digunakan memiliki kecepatan yang memadai.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan internet saat bermain game online seperti yang dikutip dari web review gadget, Pricebook.

  1. Perangkat yang Digunakan: Perangkat keras seperti router atau modem adalah perangkat penting dalam menentukan kecepatan internet. Jika perangkat keras tersebut usang atau tidak cukup kuat, kecepatan internet dapat berkurang secara signifikan. Sebaliknya, Jika kecepatan router atau modem memiliki teknologi terbaru maka kecepatan akses pun akan semakin cepat.
    Selain itu, perangkat seperti komputer dan smartphone juga dapat memengaruhi kecepatan internet loh. Jika komputer dan smartphone untuk mengakses internet dan terasa lambat, bisa jadi itu disebabkan oleh hardware yang ada didalamnya. Jika salah satunya saja memiliki kecepatan rendah, maka kecepatan akses pada internet juga akan menjadi rendah.
  2. Bandwith dan Latency: Besarnya bandwidth juga dapat memengaruhi internet cepat. Bandwidth mempunyai cakupan frekuensi yang digunakan oleh jaringan pada medium transmisi. Jadi semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin cepat pula kecepatan akses internet.
    Selain itu, tingkat latency juga dapat memengaruhi kecepatan akses internet. Latency ini bisa dikatakan adalah kecepatan perangkat game yang dikirim ke server dan kembali lagi yang diukur dalam milliseconds (ms). Jadi semakin rendah latensi, maka semakin baik kecepatan akses internetnya.
  3. Optimasi Konten: Berbeda dengan video di YouTube, game online biasanya lebih sulit dioptimalkan untuk dapat berjalan di berbagai perangkat.
  4. Tipe Konten: Berbeda dengan video yang hanya memerlukan sedikit sumber daya. Pada game online memerlukan pemrosesan grafis dan input yang cepat sehingga memengaruhi kinerja perangkat.
  5. Jumlah Perangkat yang Terhubung ke Jaringan Internet: Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan internetmu, maka kecepatan internet juga akan lambat.
  6. Jarak Perangkat dengan Router WiFi: Jika perangkatmu jaraknya terlalu jauh dengan router WiFi, maka kecepatan internet juga akan lambat.
  7. Jarak Lokasi Perangkat dengan Server Game: Jarak antara lokasimu dengan server game online dapat memengaruhi kecepatan koneksinya.
  8. Masalah Teknis Pada Perangkat: Masalah pada router atau WiFi, bisa dari konfigurasinya yang tidak tepat juga dapat memengaruhi kecepatan internet.
  9. Gangguan Elektromagnetik: Gelombang elektromagnetik yang berasal dari perangkat elektronik lainnya juga dapat memengaruhi kecepatan internet.

Solusi Agar Koneksi Internet Cepat dan Stabil Untuk Bermain Game Online

Berikut adalah beberapa solusi untuk meningkatkan koneksi internet untuk bermain game online.

  1. Gunakan koneksi internet yang memiliki bandwidth yang besar dan latency yang kecil.
  2. Gunakan Router WiFi yang memiliki teknologi terkini dan memiliki Quality Of Service yang bagus agar dapat memprioritaskan lalu lintas jaringan tertentu.
  3. Gunakan koneksi kabel Ethernet.
  4. Tutup aplikasi lainnya yang berjalan saat bermain game.
  5. Pilih server game yang dekat dengan lokasimu.
  6. Kurangi settingan grafis pada game.

Selain beberapa tips di atas, agar bermain game online lancar dan tanpa gangguan, diperlukan pula provider internet yang menawarkan koneksi internet yang cepat dan stabil, seperti IndiHome dari Telkom Indonesia.

Provider internet Indihome menghadirkan paket layanan internet IndiHome Game yang ditujukan khusus untuk para gamer untuk memberikan pengalaman bermain game online yang diklaim lebih stabil dari biasanya.

paket layanan internet IndiHome Game

Paket internet IndiHome game menawarkan kecepatan internet hingga lebih dari 100 Mbps dan bandwidth yang diberikan dua kali lebih besar tanpa buffering. Tentunya ini sangat berguna bagi para gamer yang hobi bermain game online sambil streaming tanpa jeda dan lag, sebab koneksi internetnya lebih cepat dan stabil.

Selain itu, untuk urusan privasi, IndiHome juga menyediakan fitur tambahan seperti Fast Track dan dukungan layanan VPN bagi para gamer untuk menjaga data privasi mereka saat bermain game online.

Internet yang cepat dan stabil adalah kunci untuk menikmati pengalaman gaming online yang optimal. Jadi paket layanan internet IndiHome Game menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang membutuhkan koneksi internet yang handal dan anti lag saat bermain game online.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.