Skip to main content

Inilah Waktu yang Tepat Ganti Oli Motor Matic

waktu ganti oli motor matic Honda
Ganti oli motor matic. (image: bacamalang.com)

Ganti oli motor merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, apalagi untuk kamu yang memiliki motor matic. Sebab, penggantian oli motor harus rutin untuk dilakukan secara berkala.

Adapun manfaat mengganti oli motor yaitu agar performa mesin motor tetap selalu dalam kondisi prima. Jadi, jika kamu rutin mengganti oli motor matic secara berkala, maka performa mesin yang dikeluarkan juga akan lebih baik dan tentunya lebih nyaman ketika digunakan.

Selain itu, manfaat lain rutin ganti oli motor yaitu menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih. Karena seiring dengan berjalannya waktu, terjadi gesekan pada mesin yang memicu munculnya kotoran, itulah mengapa kondisi oli yang tetap bagus sangat diperlukan.

Meskipun begitu, performa mesin motor yang bagus tentunya juga bergantung pada kualitas oli motor yang digunakan. Jadi semakin bagus kualitas oli, maka semakin baik pula kondisi mesin motor ke depannya.

Oleh karena itu, waktu ganti oli motor matic tentunya perlu dilakukan jika kendaraan telah menempuh jarak tertentu. Namun sayangnya, masih ada yang masih kebingungan kapan waktu yang tepat untuk ganti oli motor, terutama pada motor matic. Berikut ini ulasannya.

Waktu Yang Tepat untuk Ganti Oli Motor Matic

Sebelum mengganti oli motor matic, pastikan bahwa kamu mengetahui terlebih dahulu jenis oli motor matic. Sebab, motor matic memiliki dua jenis oli yang berbeda. Pertama yaitu oli gardan dan kedua yaitu oli mesin. Selain itu, pastikan pula bahwa perbandingan takaran oli gardan dan oli mesin. Perbandingannya yaitu sekitar 2 : 1.

Waktu ganti oli motor matic bisa secara berkala berdasarkan jarak tempuh motor. Ini bisa di cek melalui speedometer motor. Jadi kamu harus sering cek speedometer untuk mengetahui berapa jarak yang telah ditempuh motor matic-mu.

Idealnya, penggantian oli motor matic jika jarak tempuh pertama sudah mencapai jarak 2000 Km. Sebaiknya jika telah mencapai jarak tersebut, kamu bisa langsung ke bengkel terdekat untuk mengganti oli motor matic dengan yang baru.

Jarak tempuh kedua yaitu jika sudah mencapai 3000 Km. Dalam penggunaan sehari-hari, umumnya jarak tempuh sejauh 3000 Km didapat setelah penggunaan motor sekitar 2 - 3 bulanan. Jadi jika sudah mencapai jarak tersebut, maka segeralah ke bengkel terdekat untuk ganti oli motor matic.

Selain berdasarkan jarak tertentu, waktu ganti oli motor matic bisa dilakukan saat motor mengalami kondisi tertentu. Jadi kamu harus memperhatikan tanda-tanda dimana saat motor matic kurang nyaman saat dikendarai.

Seperti saat motor matic sudah terasa berat tarikannya. Biasanya tarikan motor matic dikarenakan karena motor sering digunakan di kondisi jalanan yang macet ataupun motor sering digeber dalam kecepatan tinggi. Kedua hal tersebut menjadikan oli motor matic terasa panas.

Baca juga:

Ganti Oli Motor Matic di Planet Ban

Kegiatan ganti oli motor matic sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Namun jika kamu tidak memiliki waktu untuk ganti oli motor matic sendiri, maka ada baiknya jika kamu ke bengkel terdekat, seperti Planet Ban.

Planet Ban adalah perusahaan retail otomotif terutama roda dua. Planet Ban sendiri memiliki cabang toko yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Fokus utama penjualan Planet Ban adalah menjual berbagai merek dan tipe ban motor seperti Michelin, Pirelli, Aspira Premio, FDR, IRC dan lainnya.

Namun, selain menjual berbagai ban motor, Planet Ban juga menyediakan oli mesin X-Ten yang merupakan rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Dan kamu pun bisa langsung melakukan ganti oli gardan ataupun oli mesin motor matic di bengkel yang tersedia di Planet Ban.

oli motor matic

Sebagai informasi, oli mesin X-Ten merupakan oli eksklusif yang diproduksi oleh Planet Ban. Oli mesin X-Ten ini memiliki kandungan full synthetic dan juga ester dari base oil group kelima tertinggi menjadikan oli motor matic yang tahan lama, mampu digunakan hingga 5.000 Km.

Meskipun memiliki kualitas terbaik, Oli X-Ten ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 50.000 hingga Rp 90.000 saja. Untuk informasi selengkapnya mengenai oli X-Ten ini, kamu bisa mengunjungi situs Planet Ban di https://planetban.com/.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.