Bacaan Ayat Kursi Latin dan Manfaatnya

Al-Quran

Ayat kursi adalah ayat paling utama dalam Alquran yang berisi tentang keesaan dan kekuasaan Allah SWT atas segala sesuatu. ayat kursi merupakan ayat yang sering kita dengar di berbagai tempat, karena ayat kursi memiliki manfaat yang begitu banyak bagi orang yang mengamalkannya.

Bacaan ayat kursi terdapat pada bagian surat Al Baqarah ayat 255 yang di dalamnya tertulis kalimat 'kursi' yang bermakna kedudukan tertinggi.

Berkat keutamaannya, ayat kursi disebut sebagai ayat singgasana yang membawa manfaat jika dibaca dan diamalkan secara rutin.

Dibawah ini merupakan rangkuman dan bacaan ayat kursi bahasa Indonesia beserta arti dan manfaatnya untuk lebih langkapnya bisa klik disini.

{tocify} $title={Daftar Bacaan:}

Ayat Kursi Latin

Ayat Kursi

Ayat kursi mempunyai kedudukan yang sangat besar, karena menurut Rasulullah SAW, ayat kursi merupakan ayat yang paling utama di dalam Alquran. Itulah sebabnya, umat muslim sangat disarankan untuk mengamalkan ayat kursi secara rutin. Agar mudah diamalkan, berikut ini ayat kursi dan bahasa bahasa indonesia tulisan latin yang bisa kamu amalkan beserta artinya.

Allaahu laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illa bi idznih. Ya'lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayim min 'ilmihii illaa bimaa syaaa. Wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu hifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim.

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar." (QS. Al Baqarah: 255) “

Manfaat Ayat Kursi

Ayat kursi membawa manfaat yang luar biasa bagi umat Muslim yang mengamalkannya. Sebab, ayat kursi adalah ayat yang paling utama bahkan melebihi langit dan bumi, silakan klik disini untuk mengetahui manfaat ayat kursi.

Ada beberapa manfaat ayat kursi berdasarkan hadis yang berasal dari sabda Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

1. Dijauhkan dari gangguan setan

Bukan rahasia umum lagi ayat kursi sering diamalkan untuk menangkal gangguan setan,santet maupun mengusir roh-roh jahat yang merasuki tubuh manusia.

Manfaat ayat kursi ini akan lebih maksimal jika dipanjatkan sebelum tidur, seperti sabda Rasulullah SAW berikut ini:

“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR. Bukhari)

2. Dibukakan pintu surga

Ayat kursi sangat dianjurkan untuk dibaca umat muslim setiap kali selesai salat fardu atau salat wajib.

Hal ini karena keutamaan ayat kursi yang dapat dimudahkan untuk masuk ke surga Allah SWT, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari Abu Umamah radhiyallahu anhu:

“Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardhu (wajib), maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian." (HR. An Nasa'i)

3. Dilancarkan rezeki

Membaca ayat kursi dapat mendatangkan rezeki yang tidak disangka-sangka. Inilah yang membuat ayat kursi sebaiknya rutin diamalkan setiap hari.

Adapun keutamaan ayat kursi untuk melancarkan rezeki terdapat dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Barang siapa yang pulang ke rumahnya dan membaca ayat kursi, Allah akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya.”

4. Dimudahkan menuntut ilmu

Membaca ayat kursi juga memiliki keutamaan dimudahkan dalam menuntut ilmu pengetahuan.

“Menurut Syeikh abu Abbas, umat muslim yang membaca ayat kursi sebanyak 50 kali lalu meniupkannya ke air hujan kemudian meminumnya, maka Allah akan memudahkan akal dan pikirannya.”

Waktu Membaca Ayat Kursi

Meski membaca ayat kursi bisa dilakukan kapan saja, ada beberapa waktu terbaik yang dianjurkan untuk membaca ayat kursi.

Dikutip dari indozone, waktu yang tepat membaca ayat yang diusahakan untuk meraih manfaat dan keutamaan Ayat Kursi yakni sebagai berikut:

1. Setelah shalat fardhu

Waktu yang paling utama untuk membaca ayat kursi adalah setelah salat fardu lima waktu, baik Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, maupun Isya, disertai dengan bacaan Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

2. Sebelum tidur

Untuk mendapat perlindungan dari Allah SWT dari berbagai mara bahaya dan gangguan setan atau roh jahat selama tidur, bacalah ayat kursi sebelum tidur.

3. Setiap pagi dan petang

Jika ingin dijauhkan dari berbagai macam gangguan dari pagi hingga petang, kamu bisa membaca ayat kursi sebagai dzikir rutin dari Subuh sampai terbit matahari dan dari Ashar hingga sebelum Magrib.

Demikian serangkaian keutamaan dan manfaat membaca ayat kursi beserta penjelasannya, semoga bermanfaat !

Baca juga:
Post a Comment (0)