Skip to main content

Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya


Nokia 7.2

HMD Global baru saja resmi meluncurkan dua smartphone terbaru Nokia, yakni Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 dalam ajang IFA 2019 yang digelar di Berlin, Jerman.

Kedua smartphone Nokia tersebut sama-sama mengusung desain yang identik serta dibekali tiga kamera belakang yang ditempatkan dengan penampang melingkar, beserta LED Flash. Hanya saja, yang membedakannya terdapat embel-embel "Zeiss" di kamera belakang Nokia 7.2.

Selain itu, perbedaan spesifikasi juga sangat kentara pada kedua smartphone Nokia ini. Berikut ini ulasannya:

Nokia 7.2

Nokia 7.2

Nokia 7.2 mengusung layar IPS 6.3 inchi dengan resolusi Full HD serta dukungan PureDisplay yang bisa mengubah konten biasa menjadi HDR. Diatas layar terdapat notch di yang memuat kamera depan beresolusi 20 MP. Sedangkan bodinya dari rangka aluminium dengan bagian belakang berlapiskan kaca Gorilla Glass 3.

Prosesor Nokia 7.2 menggunakan Snapdragon 660 yang dipadukan dengan pilihan RAM sebesar 4GB atau 6GB, dan kapasitas memori internal 64GB atau 128GB. Sedangkan baterainya berkapasitas 3500 mAh.

Nokia 7.2 berjalan pada sistem operasi Android 9 Pie murni serta akan mendapatkan jaminan update security dan OS hingga Android 10 nantinya.

Untuk urusan fotografi, Nokia 7.2 dibekali tiga kamera belakang berlensa Zeiss yang masing-masing adalah lensa utama 48 MP dengan dukungan quad-pixel, lensa wide 8 MP 118°, dan lensa depth sensor 2 MP.

Nokia 7.2 ini masih mengandalkan sensor sidik jari pada bagian belakangnya. Smartphone ini juga dilengkapi fitur face unlock, tombol Google Assisten, koneksi NFC, hingga jack audio 3.5mm.

Nokia 7.2 bakal hadir dipasaran sekitar akhir September dan dibanderol dengan harga termurah seharga 300 Euro atau sekitar Rp 4,6 jutaan.

Nokia 6.2

Nokia 6.2

Nokia 6.2 mengusung spesifikasi yang sedikit dibawah Nokia 7.2. Smartphone ini juga datang dengan layar IPS seluas 6.3 inchi dengan resolusi Full HD serta dukungan HDR. Bodinya juga berbalut kaca Gorilla Glass 6 dengan rangka logam metal.

Di sektor dapur pacu, Nokia 6.2 ditopang oleh prosesor Snapdragon 636 yang dipadukan dengan dua pilihan konfigurasi memori, yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Untuk baterainya berkapasitas 3500 mAh.

Tiga kamera belakang Nokia 6.2 terdiri dari lensa utama 16 MP, lensa wide 8 MP, dan lensa depth sensor 5 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8 MP.

Sama seperti Nokia 7.2, pada Nokia 6.2 juga berjalan pada sistem operasi Android 9 Pie murni serta akan mendapatkan jaminan update security dan OS ke Android 10.

Selain itu, smartphone dilengkapi dengan sensor sidik jari pada bagian belakang, face unlock, tombol Google Assisten, koneksi NFC, hingga jack audio 3.5mm.

Nokia 6.2 dibanderol dengan harga termurah seharga 200 Euro atau sekitar Rp 3,1 jutaan dan bakal hadir dipasaran pada bulan Oktober mendatang.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.