18 April 2019

Microsoft Edge Berbasis Chromium Sekarang Sudah Bisa Dicoba

Microsoft Edge Berbasis Chromium

Bagi kamu yang mungkin belum tahu, Microsoft akan menghentikan browser Microsoft Edge yang saat ini telah ada di Windows 10 dan kemudian menggantinya dengan Microsoft Edge terbaru berbasis Chromium. (Baca juga: Microsoft Edge, Nama Browser Terbaru di Windows 10)

Ya, browser Microsoft Edge kini menggunakan rendering engine Chromium sama seperti Google Chrome dan Opera browser.

Berbeda dengan versi Microsoft Edge yang lama yang hanya tersedia untuk Windows 10 saja, pada Microsoft Edge Chromium ini juga bisa digunakan di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan bahkan macOS.

Secara komposisi, Microsoft Edge Chromium ini memiliki komponen yang mirip seperti Google Chrome. Namun dari segi desain antarmuka, Microsoft Edge Chromium ini di desain khas tampilan Windows 10 dengan sudut tegas, konteks menu, icon, dan setting di buat seperti yang ada di Windows 10. Yang menarik, nantinya Microsoft Edge Chromium akan dilengkapi dengan fitur dark mode.

Microsoft Edge Berbasis Chromium

Selain itu, untuk saat ini search engine default untuk Microsoft Edge Chromium ini menggunakan Bing, namun bukan tidak mungkin pada update selanjutnya bakal ditambahkan search engine dari Google.

Kemudian karena saat ini Microsoft Edge menggunakan engine Chromium, maka pengguna juga bisa menginstal berbagai ekstensi tambahan yang ada di Chrome Web Store.

Dan satu lagi, performa Microsoft Edge Chromium ini diklaim lebih gesit dibandingkan dengan Google Chrome. Hal tersebut karena Microsoft telah membuang sebanyak lebih dari 50 Chromium Services yang tidak penting dan beberapa diantaranya ada yang diganti dengan Microsoft Services untuk lebih mengoptimalkan kinerja Microsoft Edge.

Dan jika kamu tertarik untuk mencobanya, saat ini browser Microsoft Edge berbasis Chromium versi insider ini sudah bisa di download di situs resmi Microsoft Edge disini.

Microsoft Edge Berbasis Chromium

Ada dua channel yang bisa kamu pilih, pertama versi Developer Channel yang lebih stabil dan diupdate seminggu sekali dan versi Canary Channel yang lebih up-to-date karena mendapat pembaruan setiap hari. Ada pula versi Beta Channel namun statusnya saat ini masih coming soon alias masih belum tersedia.