28 February 2019

Sony Perkenalkan Xperia 1, Smartphone Pertama dengan Rasio Layar 21:9


Sony Xperia 1

Di ajang MWC 2019 yang digelar di Barcelona, Spanyol, Sony membuat kejutan dengan merilis Sony Xperia 1. Smartphone flagship terbaru ini merupakan penerus seri Xperia XZ Premium.

Salah satu hal yang paling menarik, Xperia 1 datang dengan layar OLED seluas 6,5 inchi serta aspek rasio paling tinggi untuk saat ini, yakni 21:9, sehingga diklaim sangat nyaman dipakai untuk menonton film berformat sinematik. Sedangkan untuk resolusi layarnya mencapai 4K (3840 x 1644 pixel) dengan dukungan HDR (BT.2020), Triluminos display, dan X-Reality Engine.

Untuk urusan audio, Sony melengkapi Xperia 1 dengan teknologi Dolby Atmos pada speaker stereo (speaker lubang suara dan speaker bawah).

Di sektor fotografi, Xperia 1 dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa (telephoto 12 MP, f/2.4, OIS) +(wide-angle 12 MP, f/1.6, OIS) + (ultra wide-angle 12 MP, f/2.4). Sementara kamera depannya beresolusi 8 MP (f/2.4).

Sony Xperia 1

Performa Xperia 1 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855 yang dipadukan RAM 6GB, memori internal 128GB, dukungan slot microSD hingga 512GB, OS Android 9.0 Pie, dan kapasitas baterai sebesar 3330 mAh dengan dukungan fast charging 18W, wireless charging, serta fitur Battery Care dan Smart Stamina yang dikembangkan oleh Sony.

Selain itu, berbagai fitur menarik yang juga turut ditanamkan di Xperia 1 ini antara lain, mode Game Enhancer yang dapat mengatur keseimbangan antara daya baterai dan performa perangkat, fitur Pair sebagai pintasan untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan, sertifikasi IP68 (tahan air dan debu), dan sensor fingerprint yang tersemat di bagian samping perangkat.

Tak ketinggalan, Sony juga memberikan lapisan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 6 pada bagian depan dan belakang dari bodi Xperia 1 ini.

Sayang sekali, meskipun sudah resmi diperkenalkan, tapi Sony belum mengungkapkan berapa harga dari Xperia 1 ini. Namun mereka mengatakan jika smartphone ini akan mulai tersedia sekitar pertengahan tahun ini.