09 January 2019

HP Chromebook 14 Resmi Dirilis, Chromebook Pertama dengan Prosesor AMD


HP Chromebook 14

HP baru saja meluncurkan terbarunya di ajang CES 2019 yang saat ini sedang berlangsung di Las Vegas, AS. Bernama HP Chromebook 14, perangkat laptop ini sekaligus menjadi Chromebook pertama yang menggunakan prosesor AMD.

HP Chromebook 14 ini memiliki dua varian yang sama-sama memiliki bentang layar seluas 14 inchi, RAM 4GB, dan memori internal eMMC 32GB. Perbedaannya disini terletak pada prosesor yang digunakan, serta resolusi dan jenis layarnya.

Untuk varian pertama, ditenagai oleh prosesor AMD A4 dengan GPU Radeon R4. Varian ini mengusung layar beresolusi HD (720 x 1266 pixel) tanpa fitur touchscreen. Varian ini juga dibekali dengan 2 buah port USB Type-C.

Sedangkan untuk varian kedua ditenagai oleh prosesor AMD A6 dengan GPU Radeon R5. Varian ini mengusung layar dengan resolusi yang lebih tinggi, yakni Full HD (1080 x 1920 pixel) dan memiliki fitur touchscreen. Varian ini juga dibekali dengan 2 buah port USB Type-C.

Karena HP Chromebook 14 menggunakan sistem operasi Chrome OS, maka pengguna bisa menjalankan berbagai aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store.

HP juga mengklaim jika kedua varian Chromebook 14 ini memiliki daya tahan baterai selama 9 jam 15 menit.

Kabarnya, HP Chromebook 14 ini akan dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni untuk varian dengan prosesor AMD A4, dibanderol seharga USD 269 atau sekitar Rp 3,8 jutaan.

Sedangkan untuk varian dengan prosesor AMD A6 akan dibanderol seharga USD 298 atau sekitar Rp 4,2 jutaan.

Kedua varian HP Chromebook 14 ini hadir dengan pilihan warna Ink Blue, Charcoal Grey, dan Snow White.