06 November 2018

Uji Ketahanan Baterai Smartphone Flagship Keluaran Tahun 2017 dan 2018, Mana yang Lebih Irit?


Ilustrasi baterai smartphone

Seorang jurnalis dari The Washington Post, Geoffrey A. Fowler, telah menguji coba daya tahan baterai dari beberapa smartphone flagship Android dan iOS keluaran tahun 2017 dan 2018.

Total ada 13 smartphone flagship yang diuji oleh Fowler. Saat pengujian, Fowler menggunakan pengukur tingkat kecerahan untuk mengatur kecerahan layar pada tiap perangkat agar berada pada tingkat kecerahan yang sama.

Selain itu, semua perangkat juga digunakan secara terus menerus untuk berselancar di internet agar dapat mengetahui seberapa lama daya baterai perangkat akan terkuras dari 100 hingga 0 persen.

Dan hasil pengujian tersebut dapat dilihat pada diagram laporan yang dipublikasikan oleh Fowler dibawah ini. (smartphone keluaran tahun 2017 ditandai dengan warna abu-abu dan smartphone keluaran tahun 2018 berwarna biru):

Uji Ketahanan Baterai Smartphone Flagship Keluaran Tahun 2017 dan 2018

Dari diagram tersebut, dapat kita lihat bahwa beberapa smartphone flagship keluaran terbaru (tahun 2018) memiliki daya tahan baterai yang belum tentu lebih irit dibandingkan dengan smartphone flagship keluaran tahun 2017.

Ini dapat dilihat jika smartphone Android, Pixel 2 dan Pixel 2 XL dan smartphone iOS, iPhone X dan iPhone 8 dimana semua perangkat tersebut keluaran tahun 2017 silam, ternyata memiliki daya tahan baterai lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy S9 dan S9+, Pixel 3, maupun iPhone XS yang semuanya keluaran tahun 2018.

Sementara di posisi lima besar teratas ditempati oleh iPhone XR, Samsung Galaxy Note 9, iPhone 8 Plus, Pixel 3 XL, dan iPhone XS Max.

Baca juga: 10 Smartphone Android dengan Daya Tahan Baterai Terbaik Tahun 2017

Dalam pengujian tersebut, Fowler juga menyimpulkan jika smartphone dengan layar yang lebar memiliki daya tahan baterai lebih irit. Hal tersebut cukup masuk akal, sebab smartphone dengan layar lebar tentunya memiliki dimensi yang lebih besar, sehingga memungkinkan adanya ruang yang cukup untuk menampung baterai dengan kapasitas yang lebih besar.

Selain itu, Fowler juga mengungkapkan jika smartphone yang menggunakan layar dengan panel OLED dan beresolusi tinggi juga akan membuat daya baterai akan lebih boros.

Jadi, jika smartphone milikmu menggunakan layar OLED, sebaiknya kurangi tingkat kecerahan layar smartphonemu untuk menghemat daya tahan baterai.

Sumber: The Washington Post