23 December 2016

Asus Akan Memperkenalkan Zenfone 3 Zoom di Ajang CES 2017?


Zenfone 3 Zoom

Setelah beberapa bulan yang lalu vendor perangkat teknologi asal Taiwan, Asus, telah resmi merilis jajaran smartphone seri Asus Zenfone 3 dan Zenfone Go, kali ini Asus dikabarkan akan memperkenalkan sebuah smartphone terbaru mereka di ajang pameran CES (Consumer Electronic Show) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat. Oleh karena itu, Asus juga merilis sebuah video teaser yang diupload di akun Youtube resmi milik Asus.

Melalui video teaser tersebut, Asus juga mengumumkan akan menggelar acara yang bertema Zennovation pada 4 Januari 2017 mendatang. Dan dalam video teaser tersebut pula muncul sebuah smartphone misterius yang sukses membuat para penonton jadi penasaran karena tidak ada penjelasan detail dari Asus. Di layar smartphone tersebut hanya menampilkan simbol “no limit” dan di sertai dengan tagline “Incredible exploration without limitations”. Dari tagline-nya saja sudah bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut akan memiliki spesifikasi yang tinggi. Penasaran? Berikut video teasernya:


Karena Asus tidak memberikan detail informasi mengenai smartphone misterius tersebut, oleh sebab itu, banyak pihak yang menduga bahwa smartphone tersebut adalah seri Zenfone 3 Zoom yang belum lama ini juga muncul di TENAA. Dari kabar yang beredar, diketahui bahwa Zenfone 3 Zoom bakal dilengkapi dengan kamera ganda (Dual Camera) beresolusi 16 megapixel dibagian belakang dan kamera depan beresolusi 13 megapixel.

Zenfone 3 Zoom juga memiliki layar seluas 5,5 inchi Full HD 1080p, dan untuk dapur pacunya Zenfone 3 Zoom menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 625, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, serta baterai berkapasitas 4.850 mAh. Zenfone 3 Zoom juga dilengkapi dengan fitur keamanan berupa fingerprint sensor.

Perlu diketahui bahwa nama “ZenFone 3 Zoom” ini masih merupakan rumor saja dan hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak Asus. Jadi, kita tunggu saja peluncuran resminya di bulan Januari 2017 mendatang.

UPDATE: Asus Zenfone 3 Zoom Resmi Dirilis, baca artikel selengkapnya disini.
Selengkapnya...

21 December 2016

Muncul Bocoran Wujud dan Spesifikasi Nokia C1, Usung Dual Camera



Nokia C1

Nokia dipastikan akan kembali terjun ke pasar smartphone pada tahun 2017 mendatang. Kabarnya smartphone terbaru Nokia akan diperkenalkan pada ajang MWC (Mobile World Congress) 2017 yang akan diselenggarakan pada bulan Februari tahun depan. Dan seiiring dikabarkan akan kembali ke dunia smartphone, satu persatu bocoran smartphone Android Nokia mulai bertebaran di dunia maya. Dan kini bocoran smartphone Nokia C1 kembali terungkap. Jika sebelumnya hanya muncul gambar render desain dari Nokia C1, kali ini muncul bocoran wujud desain dan juga spesifikasi dari Nokia C1.

Baca juga:
Bocoran Spesifikasi 'Nokia Pixel' Muncul di Geekbench
Bocoran Nokia D1C Muncul di Situs Geekbench, Pakai Android 7.0 Nougat!

Dalam bocoran yang terungkap di situs Weibo, smartphone Nokia C1 memiliki desain kotak yang masih tidak jauh berbeda dari desain fabula seperti yang dipakai di jajaran smartphone Lumia. Kabarnya, seluruh body dari Nokia C1 ini terbuat dari material logam. Selain itu, tombol fisik home, recent apps, dan back sepertinya tidak akan hadir dan akan digantikan dengan tombol virtual di dalam layar.

Berikut ini adalah wujud desain dari Nokia C1:

Nokia C1

Nokia C1

Untuk spesifikasinya, kabarnya pihak HMD Global selaku pemegang lisensi yang akan memproduksi ponsel dengan merek “Nokia” akan membekali Nokia C1 dengan spesifikasi kelas atas. Berikut ini beberapa spesifikasinya:
  • Layar: Full HD berukuran 5 inchi 1920x1080 pixel.
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 830 (yang hingga kini belum dirilis oleh Qualcomm).
  • RAM: 4 GB DDR4.
  • Memori internal: 32 GB, 64 GB, dan juga 128 GB.
  • Sistem operasi: Android 7.1 Nougat.
  • Kamera utama: Dual-camera 16 megapixel dan 12 megapixel, Xenon Flash + Triple LED.
  • Kamera depan: 5 megapixel.
  • Konektivitas: USB Type-C, Jack audio 3,5 mm.
  • Baterai: 3.210 mAh.
Jika kita lihat dari spesifikasi yang diusung oleh Nokia C1, sepertinya smartphone Android tersebut merupakan ponsel kelas high-end. Namun seperti biasa, bahwa semua ini masih hanya sebatas rumor saja. Pihak Nokia hingga kini masih belum memberikan keterangan resmi apapun mengenai smartphone Android ini. Jadi, kita tunggu saja kabar resminya pada tahun 2017 mendatang.

Sumber: Gizmochina

Selengkapnya...

19 December 2016

Gboard Resmi Hadir di Android, Keyboard Canggih Buatan Google


Belum lama ini Google akhirnya telah secara resmi menghadirkan aplikasi keyboard terbarunya yang bernama Gboard untuk perangkat Android, setelah sebelumnya raksasa mesin pencari tersebut telah lebih dulu merilis aplikasi Gboard ini untuk perangkat iOS sejak bulan Mei lalu.

Sebenarnya, aplikasi keyboard ini merupakan versi update dari Google Keyboard yang biasanya digunakan secara default oleh beberapa smartphone berbasis Android. Hanya saja pada versi terbaru ini, Google mengganti namanya menjadi Gboard sekaligus menambahkan beberapa fitur baru didalamnya. Adapun konsep dari fitur utama Gboard ini adalah dengan menggabungkan fungsi dari Google search ke dalam keyboard virtual. Dimana terdapat shortcut ke kolom pencarian melalui tombol berlogo "G" khas Google yang ada di keyboard.

Gboard

Pengguna dapat menggunakan tombol "G" tersebut untuk melakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan, kemudian pengguna dapat membagikan link dari hasil pencariannya tersebut kepada teman langsung dari aplikasi chatting yang digunakan. Sehingga pengguna jika ingin berbagi link tidak perlu repot lagi dari searching di browser, mengcopy link, kemudian balik lagi ke aplikasi chatting.

Selain itu, terdapat beberapa fitur menarik yang ada di Gboard, diantaranya dukungan tiga bahasa untuk preferensi kata, pengetikkan gesture yang bernama Glide Typing, pengguna dapat mengirim berbagai pilihan emoji yang menarik serta mengirim gambar dan animasi GIF. Namun untuk berkirim animasi GIF, pengguna hanya dapat menggunakannya jika menggunakan aplikasi yang mendukung gambar berformat GIF.

Nah, bagi kamu yang kebetulan menggunakan Google Keyboard sebagai keyboard default di smartphone Android mu, silahkan update aplikasi Google Keyboard ke versi terbaru untuk dapat mencoba fitur-fitur keren yang ada di Gboard. Dan bagi yang belum menggunakannya, aplikasi Gboard dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Selengkapnya...

12 December 2016

7 Fakta Menarik Tentang Nokia yang Jarang Diketahui


Nokia

Siapa sih yang tidak mengenal Nokia? Semua pengguna ponsel atau handphone pasti sudah tidak asing lagi dengan vendor ponsel asal Finlandia ini. Yup, Nokia bisa dikatakan sebagai “sang legenda” ponsel ini sempat merajai industri ponsel. Karena dahulu Nokia sangat rajin menciptakan berbagai macam ponsel dengan desain yang unik dan menarik, bahkan beberapa lini featured phone besutannya memiliki daya tahan baterai yang sangat awet.

Namun setelah sekian lama berjaya di industri ponsel, akhirnya pada tahun 2014 lalu, Microsoft secara resmi telah mengakuisisi divisi ponsel Nokia dengan nilai sebesar $7,2 milyar atau sekitar Rp. 96,8 triliun. Karena masih ada perjanjian kontrak antara Nokia dengan Microsoft, Nokia baru bisa memulai kembali ke bisnis ponsel setelah perjanjian kontrak tersebut berakhir pada tahun 2016.

Baca juga:
Bocoran Spesifikasi 'Nokia Pixel' Muncul di Geekbench
Muncul Penampakan Smartphone Nokia D1C, Akan Hadir dengan 3 Pilihan Warna

Dan tahun ini, Nokia sedang bersiap untuk comeback ke pasar smartphone dengan mengembangkan beberapa smartphone berbasis Android. Kabarnya, smartphone Android terbaru Nokia ini akan diperkenalkan di ajang MWC (Mobile World Congress) pada tahun 2017 nanti. Nah, untuk menyambut comeback,nya “sang legenda” ponsel ini, kali ini aku akan berbagi 7 fakta menarik tentang Nokia yang mungkin kamu belum tahu sebelumnya. Langsung saja yuk disimak:

#1. Nama Nokia Berasal dari Nama Sungai

Nokianvirta

Terbentuknya nama Nokia pertama kali terinspirasi dari sebuah nama sungai di Finlandia yang bernama Nokianvirta. Kata Nokia sendiri memiliki arti Jelaga, yaitu sebuah butiran-butiran arang yang halus. Selain itu, nama Nokia juga digunakan sebagai nama kota di Finlandia.

#2. Dahulu adalah Perusahaan Kertas, Karet dan Kabel

Nokia

Didirikan pada tahun 1865 di Tampere, Finlandia, oleh seorang insinyur pertambangan bernama Fredrik Idestam, ternyata Nokia dahulu berawal dari perusahaan pengolahan kertas. Setelah tidak lama berselang, Nokia kemudian terlibat dalam kerjasama dengan Finnish Rubber Works dan Finnish Cabble Works. Dalam kerjasamanya tersebut, perusahaan ini memproduksi sepatu karet dan kabel. Dan akhirnya pada tahun 1967, Nokia mulai terjun ke bisnis ponsel.

#3. Pionir Telepon Seluler

Harri Holkeri

Jaringan GSM komersial pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 di Helsinki, Finlandia. Kemudian digunakan oleh Harri Holkeri yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Finlandia dan menggunakan ponsel Nokia. Sedangkan telepon satelit pertama kali digunakan pada tahun 1994, tentunya dengan menggunakan perangkat Nokia juga.

#4. Produsen Ponsel Terlaris Sepanjang Sejarah

Nokia

Pada tahun 2005, Nokia dinobatkan sebagai produsen ponsel terlaris sepanjang sejarah. Prestasi tersebut dicapai karena seri ponsel Nokia 1110 berhasil terjual sebanyak 250 juta unit di seluruh dunia. Kemudian disusul oleh seri Nokia 1200 dan Nokia 3210 yang terjual sebanyak 150 juta unit. Serta Nokia 3310 yang terjual sebanyak 136 juta unit. Ini menjadi bukti seberapa jaya nya Nokia di zaman dahulu.

#5. Memiliki Nada Dering yang Khas

Nokia tune

“tenonenonenet”, setidaknya seperti itu jika nada dering Nokia ditulis, hehehe... XD. Ya, Nokia memiliki nada dering yang khas pada ponselnya. Sebenarnya, nada dering dari ponsel Nokia ini berasal dari lagu Gran Vals yang dibawakan oleh musisi asal Spanyol bernama Francisco Tarrega. Dan pada tahun 1998 nada dering dari Gran Vals tersebut resmi diganti namanya menjadi “Nokia Tune” agar para pengguna ponsel Nokia bisa dengan mudah mengingat nama nada dering tersebut.

#6. Dikenal Sebagai Manufaktur Kamera Digital Terbesar di Dunia

Nokia N95

Jika kita lihat, hampir sebagian besar seri ponsel buatan Nokia sudah menggunakan modul kamera. Dan tahukah kamu? Bahwa kamera pada ponsel Nokia tersebut telah digunakan oleh lebih dari 4 bilyun orang orang di seluruh dunia. Sejak tahun 2008, Nokia berhasil menjadi manufaktur kamera digital paling besar di dunia.

#7. Tidak Ada Ponsel Seri dengan Awalan 4 yang Dirilis Beberapa Negara di Asia

Mitos angka 4

Nokia sangat menghargai kebudayaan di beberapa wilayah di Asia seperti di China dan Jepang. Hal tersebut terbukti dengan tidak dirilisnya seri ponsel dengan awalan angka 4 di kedua negara tersebut. Karena angka 4 dianggap sebagai “angka ketidakberuntungan” bagi masyarakat setempat.

Itulah 7 fakta menarik tentang Nokia. Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu kan fakta apa saja dibalik kesuksesan vendor ponsel yang terkenal dengan logo “tangan yang saling berjabatan” ini. So, tetap stay tune di Indra's Blog untuk berbagai fakta unik dan menarik lainnya. ;)

Selengkapnya...

10 December 2016

5 Fitur Keren di Browser Opera yang Layak Kamu Coba


Opera

Bagi pengguna internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan browser Opera. Ya, meskipun sebagian orang memang menganggap Opera adalah browser jadul alias jaman dulu yang sudah kehilangan popularitasnya jika dibandingkan dengan browser lain seperti Google Chrome dan Firefox. Tapi Opera hingga kini tetap berusaha menghadirkan berbagai fitur baru yang membuat browser ini menjadi semakin kaya akan fitur kerennya dan pastinya akan menggoda para netter.

Oleh karena itu, melalui artikel kali ini aku akan membahas tentang 5 fitur keren yang ada di browser Opera. Yuk langsung saja disimak:

#1. VPN Gratis dan Unlimited

VPN Opera

Pasti kamu sangat kesal jika situs favorit kamu diblokir, iya kan? Satu-satunya cara agar bisa mengakses situs yang terblokir adalah mengunakan layanan VPN atau Virtual Private Network. Ada banyak sekali layanan VPN diluar sana, baik yang gratis ataupun juga berbayar. Meski ada yang gratis, tapi layanan VPN tersebut memberikan akses kuota yang terbatas, entah itu 500MB per bulan, atau 1GB per bulan. Kalaupun ada yang memberikan kuota unlimited, namun koneksinya mungkin lambat karena memang penggunanya yang banyak.

Oleh sebab itu, Opera membuat gebrakan dengan langsung memberikan fitur VPN gratis dan Unlimited kedalam browser mereka. Sebelumnya, fitur ini sudah ada di Opera versi Developer. Tapi kini, fitur VPN gratis ini telah resmi hadir di Opera versi final.

Baca juga: Browser Opera Kini Dilengkapi Fitur VPN Gratis dan Tak Terbatas

Secara default, fitur VPN ini tidak aktif. Kamu bisa mengaktifkannya melalui menu Settings -> Privacy & security -> Enable VPN. Lalu pada bagian pojok kiri address bar akan ada icon VPN. Silahkan klik icon tersebut, lalu geser icon toggle menjadi On. Terdapat 5 pilihan server VPN yang bisa kamu gunakan, diantaranya Kanada, Jerman, Belanda, Singapura, dan Amerika Serikat. Namun defaultnya akan terpilih otomatis di server VPN yang paling optimal.

Kamu juga bisa melihat berapa banyak bandwidth VPN yang sudah kamu gunakan, serta grafik penggunaannya selama ini.

#2. Built-in Ad Blocker

Ad Blocker Opera

Adanya Iklan yang ada di suatu website memang seperti dua sisi uang logam yang berbeda. Di satu sisi, karena iklan inilah pengelola website bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang dibagikannya. Tetapi di sisi lain tidak sedikit pengguna internet yang merasa terganggu dengan iklan tersebut hingga memutuskan menggunakan layanan ad blocker di browser mereka.

Opera menjadi browser pertama yang telah menghadirkan fitur Ad Blocker secara default. Fitur ini bisa diaktifkan melalui Settings -> Basic -> Block ads.

Sama seperti layanan Ad Blocker lainnya, Ad Blocker di Opera ini juga dilengkapi dengan fitur Manage Exceptions. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan white list atau daftar website yang kamu suka dan kamu support dengan tetap menampilkan iklan didalamnya. Jadi jika misalnya kamu suka dengan Indra's Blog, maka silahkan kamu masukkan Indra's Blog ke daftar white list di browser Opera kamu ya.. ;)

#3. Video Pop Out

Video Pop Out Opera

Fitur ini adalah fitur yang paling keren menurutku. Karena dengan adanya fitur Video Pop Out di Opera, kamu bisa menampilkan video di YouTube melalui jendela pop out secara terpisah yang tampil di pojok browser.

Cara menggunakan fitur Video Pop Out ini juga sangat mudah. Saat kamu menonton video di situs YouTube, maka kamu akan menemukan icon pop out tepat diatas frame video. Silahkan klik icon tersebut maka frame video akan tampil di pojok browser.

Video Pop Out Opera

Dengan begitu kamu bisa melanjutkan browsing lagi sembari melihat video yang tetap berjalan di jendela pop out tersebut.

#4. Tab Preview

Tab Preview Opera

Fitur ini sangat cocok bagi kamu yang suka membuka banyak tab sekaligus. Dengan tab preview, kamu bisa mengintip tab yang sebelumnya kamu buka tanpa harus membuka tab tersebut. Caranya, kamu cukup mengarahkan kursor ke arah tab yang ingin kamu lihat. Maka Opera akan menampilkan thumbnail website dengan ukuran yang lebih kecil didepan tab yang saat ini kamu buka.

#5. Battery Saver

Fitur battery saver kini juga hadir di Opera versi final setelah sebelumnya cukup lama berada di Opera versi developer. Opera mengklaim bahwa dengan adanya fitur battery saver ini, maka dapat menghemat baterai laptop hingga 50% jika dibandingkan dengan menggunakan browser lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur battery saver ini, kamu cukup pergi ke menu Settings -> Browser -> Battery Saver -> Enable battery saver.

Battery Saver Opera

Fitur ini sangat cocok untuk kamu yang biasa menggunakan laptop untuk browsing di tempat outdoor, sehingga daya tahan baterai laptop menjadi lebih awet.

Itulah 5 fitur keren yang ada di browser Opera. Sebenarnya masih banyak lagi fitur keren lainnya, seperti Opera Turbo untuk me-load halaman website dengan cepat, Bookmark Bin untuk tempat penampungan sementara dari bookmark yang telah dihapus (sama seperti Recycle Bin di Windows) dan juga efek transisi yang lebih halus.

Meskipun Opera menggunakan engine Chromium yang juga di pakai oleh Google Chrome, tapi Opera mampu menghadirkan fitur-fitur yang sangat inovatif. Nah, bagi kamu yang tertarik mencoba browser Opera ini, silahkan unduh secar gratis melalui website resmi Opera disini.
Selengkapnya...

07 December 2016

Cara Membuat 9 Foto Terbaik #2016bestnine di Instagram


#2016bestnine Instagram

Tahun 2016 akan segera berakhir. Dan sama seperti tahun lalu, kini pengguna Instagram kembali ramai memposting 9 foto terbaik mereka selama setahun belakangan yang dilengkapi dengan hashtag #2016bestnine di Instagram serta situs jejaring sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Ya, tren memposting 9 foto terbaik di Instagram mulai menjadi viral sejak tahun 2015 lalu. Dimana 9 foto terbaik yang dibagikan tersebut memiliki jumlah "Like" terbanyak sepanjang tahunnya.

Untuk dapat membuat postingan 9 foto terbaik yang dilengkapi dengan hashtag #2016bestnine ini juga sangat mudah, kamu tidak perlu memilih satu per satu foto dengan jumlah "Like" terbanyak yang ada di timeline. Kamu cukup mengunjungi situs resmi 2016bestnine disini. Situs tersebut memang dibuat khusus untuk membantu pengguna Instagram memilih secara cepat foto terbaik mereka selama setahun belakangan.

Perlu diketahui, sebelum membuat 9 foto terbaikmu di situs tersebut, maka pastikan dahulu akun Instagram kamu tidak dalam keadaan terkunci atau Private. Karena situs tersebut tidak akan bisa melakukan scanning koleksi foto-foto kamu jika akun dalam keadaan Private.

Pada halaman utama situs 2016bestnine ini, kamu cukup memasukkan nama akun Instragam mu di kolom yang telah disediakan. Contohnya disini aku memasukkan nama akun Instragam ku, yaitu indradesip (jangan lupa di follow akun IG ku juga ya.. Hehehe.. XD ). Selanjutnya, tekan tombol GET untuk memulai proses scanning.

#2016bestnine Instagram

Jika proses scanning telah selesai, maka 9 foto terbaik kamu akan langsung muncul dalam bentuk sebuah kolase 3x3. Dari pojok kiri atas, akan ditampilkan foto dengan jumlah "Like" terbanyak. Yang kemudian berurutan hingga ujung kanan bawah, akan ditampilkan foto dengan jumlah "Like" yang lebih sedikit. Selain itu, dalam kolase tersebut juga akan ditampilkan total Like dan jumlah banyaknya postingan yang diupload sepanjang tahun 2016.

#2016bestnine Instagram

Kamu juga bisa langsung membagikannya ke Facebook ataupun juga Twitter dengan tombol share yang telah disediakan. Tapi jika kamu ingin membagikannya ke Instagram, kamu harus terlebih dahulu mendownload hasil foto kolase tadi dan kemudian menguploadnya ke Instagram secara manual.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Dengan demikian kamu juga bisa kembali bernostalgia dengan melihat foto-foto terbaik kamu selama tahun 2016 ini. Selamat mencoba!!

Selengkapnya...

06 December 2016

Keren! Seperti Inilah Wujud Sinyal Wi-Fi Jika Difoto


Wujud Sinyal Wi-Fi

Saat ini, hampir di setiap tempat-tempat umum terdapat fasilitas Wi-Fi, bahkan kini sebagian pengguna internet sudah memasang Wi-Fi pribadi di rumah mereka. Di beberapa tempat umum, kita bisa dengan mudah menggunakan fasilitas Wi-Fi tersebut secara gratis. Namun selain menggunakannya, pernakah kamu membayangkan seperti apa wujud sinyal Wi-Fi tersebut?, teknologi Wi-Fi berbeda dengan koneksi internet kabel. Jika internet kabel kita bisa melihat kabel yang terhubung ke komputer sebagai media koneksinya, namun teknologi Wi-Fi menggunakan sebuah perangkat Wi-Fi untuk memancarkan sinyal yang tidak terlihat oleh kasat mata.

Baca juga: Berkenalan Dengan Li-Fi, Teknologi Wireless yang 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan Wi-Fi

Oleh sebab itu, agar kita dapat melihat sinyal Wi-Fi tersebut, sekelompok peneliti yang berasal dari Newcastle University, Inggris, berhasil mengabadikan wujud sinyal Wi-Fi agar dapat terlihat dengan teknik fotografi dalam sebuah project yang bernama Touch Research Project. Semua hasil karya foto dari project tersebut mereka sebut dengan Light painting Wi-Fi.

Untuk dapat memvisualisasikan sinyal Wi-Fi tersebut, para peneliti menggunakan teknik fotografi long exposure yang dihubungkan dengan sensor RSSI sehingga sinyal Wi-Fi yang tertangkap dapat menghasilkan warna-warna yang indah seakan-akan sinyal Wi-Fi tersebut bergerak berdasarkan interaksi objek.

Warna-warna yang dihasilkan dari sinyal Wi-Fi dibagi menjadi dua, yaitu biru dan merah. Adapun warna merah menandakan sinyal Wi-Fi yang sangat kuat. Sedangkan warna berarti menandakan sinyal Wi-Fi yang lemah. Berikut ini adalah beberapa karya dari tim peneliti Touch Research Project yang berhasil memvisualisasikan wujud sinyal Wi-Fi kedalam sebuah foto:


Wujud Sinyal Wi-Fi

Bagaimana? Sangat indah sekali bukan wujud dari sinyal Wi-Fi tersebut? Jadi jika misalkan kita berada didalam ruangan yang terdapat sinyal Wi-Fi nya, maka bisa dikatakan bahwa kita sebenarnya berada ditempat yang penuh dengan warna-warna yang indah. #eaa XD

Sumber: Pocket Lint | Kompas Tekno
Selengkapnya...