31 July 2016

BlackBerry DTEK50, Smartphone Android yang Diklaim Paling Aman Di Dunia


Belum lama ini, BlackBerry secara resmi mengumumkan smartphone terbaru mereka bernama BlackBerry DTEK50. Smartphone yang juga sempat di rumorkan sebagai BlackBerry Hamburg ini merupakan generasi kedua dari jajaran smartphone BlackBerry yang menggunakan sistem operasi berbasis Android setelah BlackBerry Priv.

BlackBerry DTEK50 merupakan produk hasil kerjasama antara BlackBerry dengan TCL, sebuah perusahaan asal China yang juga memproduksi smartphone Alcatel Idol 4. Jika kita perhatikan, BlackBerry DTEK50 sekilas sangat mirip dengan Alcatel Idol 4. Tidak hanya bentuk desain fisiknya saja, tapi spesifikasi hardwarenya juga mirip. Hal tersebut dikarenakan bahwa kabarnya BlackBerry DTEK50 merupakan produk hasil rebranding dari Alcatel Idol 4.

BlackBerry DTEK50

Namun, yang paling membedakan antara BlackBerry DTEK50 dengan "kembarannya" tersebut adalah terletak di bagian software. Dimana pada BlackBerry DTEK50 telah dilengkapi fitur keamanan khas dari BlackBerry yang bernama DTEK Security Suite. Fitur ini berfungsi untuk melindungi smartphone dari serangan malware dan resiko keamanan lainnya yang biasanya ditemukan di Android. Bahkan, pihak BlackBerry berani mengklaim bahwa DTEK50 merupakan smartphone Android paling aman di dunia.

Adapun cara kerja dari fitur DTEK ini mirip dengan antivirus. Dimana pengguna dapat mengontrol privasi pada fitur yang tersedia untuk mencegah aksi dari aplikasi pihak ketiga yang dianggap mencurigakan. Seperti misalnya ketika aplikasi mencoba mengakses lokasi ataupun kontak secara sembunyi-sembunyi, maka akan ada pemberitahuan mengenai hal tersebut.

Untuk spesifikasinya, BlackBerry DTEK50 menggunakan sistem operasi Android versi 6.0 Marshmallow dan mengusung layar 5.2 inchi Full HD 1080p yang dilapisi dengan Oleophobic coating untuk melindungi layar dari kotoran berupa air dan minyak. Dari segi dapur pacu, DTEK50 ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 617, processor quad-core 1,5 GHz, RAM 3 GB, pengolah grafis GPU Adreno 405, memori internal 16 GB yang bisa ditambah dengan slot micro SD hingga 2 TB, serta baterai 2610 mAh.

Untuk urusan konektivitas, DTEK50 dibekali dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, Bluetooth versi 4.2 LE, NFC. Dan untuk urusan fotografi, DTEK50 menggunakan kamera belakang 13 Megapixel dengan dual-tone LED flash yang didukung teknologi PDAF (Phase Detection AutoFocus), dan Kamera Depan 8 Megapixel. Selain dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup canggih, BlackBerry DTEK50 juga telah dibekali berbagai fitur yang mendukung produktivitas. Diantaranya ada fitur Pop up widget, BlackBerry Hub, dan juga Intelligent Touch Keyboard yang mampu mempelajari setiap ketikan pengguna dan menampilkan saran kata yang lebih akurat untuk mempercepat proses pengetikan.

BlackBerry DTEK50 Keyboard

Berbeda dengan saran kata yang terdapat pada keyboard Android pada umumnya yang di tampilkan dibagian paling atas, keyboard pada BlackBerry DTEK50 justru menampilkan saran kata tepat diatas huruf kedua yang mungkin akan diketikkan oleh pengguna. Hmm, cukup antimainstream bukan??

BlackBerry DTEK50 dibanderol di kisaran $299 atau sekitar 4 juta rupiah. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki smartphone Android berfitur keamanan yang canggih ini sepertinya harus bersabar dulu. Karena sampai saat ini belum ada kabar apakah smartphone keren ini bakal masuk Indonesia atau tidak.
 
Selengkapnya...

18 July 2016

Inilah 7 Tips Aman Bermain Pokemon Go dari Symantec


Saat ini dunia game mobile sedang heboh-hebohnya. Banyak orang baik tua maupun muda berlomba-lomba berlari keluar rumah menuju ke lokasi tertentu untuk menangkap monster-monster Pokemon yang lucu dan imut-imut seperti mimin XD. Ya, game Pokemon Go telah menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Game yang berbasis Augmented Reality ini dikembangkan oleh Pokemon Company yang bekerja sama dengan Nintendo dan Niantic telah sukses mengubah gaya bermain para gamer dari yang sebelumnya malas bergerak kini menjadi lebih aktif bermain di luar ruangan. Hal ini karena Pokemon Go mengharuskan pemain menangkap monster Pokemon yang berupa animasi dan objek 3D di dunia nyata dengan kamera smartphone mereka.

Pokemon Go

Namun dibalik kepopuleran Pokemon Go, Menurut penelitian terbaru dari Symantec, perusahan yang bergerak di bidang security mengungkapkan bahwa saat ini banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk mengambil keuntungan dari para pemain Pokemon Go demi kepentingan pribadi mereka. Mulai dari menyisipkan virus Trojan didalam file installer game, penipuan cara mendapatkan PokeCoin, hingga masalah izin dan privasi.

Oleh karena itu, Symantec juga memberikan beberapa tips aman bagi para calon Master Pokemon untuk meminimalisir bahaya dan resiko keamanan yang mungkin saja bisa terjadi saat bermain game Pokemon Go. Berikut ini tipsnya:
  1. Hindari mengunduh game Pokemon Go dari berbagai situs atau sumber yang tidak resmi, karena bisa jadi ada pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya sebagai media penyebaran malware yang menyamar sebagai aplikasi yang sah.
  2. Segera install update terbaru dari game Pokemon Go untuk menghilangkan permintaan hak akses penuh terhadap akun Google kamu.
  3. Selalu perhatikan semua izin yang diminta oleh aplikasi. Hal ini untuk menjaga keamanan privasi kamu.
  4. Hindari bermain game Pokemon Go dengan alat curang, karena bisa jadi alat tersebut hanya merupakan alat tipuan atau bahkan telah terinfeksi malware.
  5. Selalu gunakan kombinasi password yang kuat dan unik untuk akun Pokemon Go kamu.
  6. Pastikan firmware smartphone kamu selalu terupdate, hal ini untuk mencegah kerentanan dari eksploitasi smartphone oleh orang lain.
  7. Install sebuah aplikasi keamanan mobile yang cocok, contohnya seperti Norton. Hal ini untuk melindungi smartphone kamu dari berbagai ancaman virus dan malware.
Itulah beberapa tips aman bermain game Pokemon Go dari Symantec. Dengan menerapkan tips-tips diatas maka aktivitas bermain Pokemon Go akan menjadi lebih aman dan dapat terhindar dari berbagai masalah keamanan. Selamat berburu Pokemon!
Selengkapnya...

02 July 2016

Android "Nougat" Jadi Nama Resmi untuk Android N


Kemunculan Android N memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar sistem operasi Android. Karena sistem operasi terbaru besutan Google ini mengusung berbagai fitur baru yang selama ini tidak tersedia di versi Android sebelumnya. Namun sejak diumumkan versi developer preview-nya pada bulan Maret lalu, rasa penasaran publik pun muncul tentang arti huruf "N" dari Android N tersebut. Karena pada saat itu, Google belum memiliki nama yang cocok untuk sistem operasi terbarunya tersebut.

Saat itu juga sempat muncul banyak rumor terkait pemberian nama sistem operasi Android terbaru ini. Mulai dari Nutella, New York Cheesecake, hingga Neyyapam (sejenis kue cucur khas India). Bahkan Google pun beberapa waktu lalu sempat mengadakan sayembara khusus untuk mendapatkan masukan dari publik mengenai ide nama apa yang akan dipakai oleh Android N. Dan tepat pada hari Jum'at kemarin (1/7/2016), akhirnya Google mengumumkan bahwa "Nougat" sebagai nama resmi untuk Android N.

Android N

Nama Android Nougat resmi diperkenalkan oleh Google melalui akun Snapchat resmi dari raksasa internet tersebut pada hari Jum'at (1/7/2016) dan di akun Twitter resmi Android yang dikicaukan sehari sebelumnya.



Pemberian nama Nougat ini diambil dari sebuah nama camilan manis yang terbuat dari dari bahan gula, kacang yang dipanggang, putih telur dan madu. Karena seperti yang telah kita ketahui, Google selama ini selalu memberikan nama-nama resmi pada sistem operasinya dengan nama makanan ringan atau camilan yang manis. Jika kita urutkan dari versi awal sampai versi yang baru kemarin, nama-nama dari Android tersebut yaitu Android Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0 - 2.1), Froyo (2.2 - 2.2.3), Gingerbread (2.3 - 2.3.7), Honeycomb (3.0 - 3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0 - 4.0.4), Jelly Bean (4.1 - 4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Android Nougat nantinya akan menjadi penerus dari Android Marshmallow. Tetapi untuk saat ini, statusnya masih Beta kedua yang diklaim lebih stabil dari versi yang dulu pertama kali diumumkan. Dan satu hal yang kini menjadi pertanyaan, yakni mengenai nomor versi yang akan dipakai oleh Android Nougat, apakah Android 6.1 atau Android 7.0 ? Belum ada info lebih lanjut mengenai hal ini.

Adapun fitur baru yang paling menarik di Android N ini yaitu perubahan di bagian notifikasi. Kini notifikasi dari aplikasi yang sama akan dibundel menjadi satu sehingga tampilan notifikasi menjadi lebih sederhana, serta pengguna dapat langsung membalas notifikasi yang masuk; mendukung layar split-screen atau multitasking untuk menampilkan beberapa aplikasi yang dijalankan secara bersamaan; peningkatan kinerja fitur Doze agar lebih hemat baterai; peningkatan kinerja Project Svelte agar tingkat konsumsi RAM lebih sedikit; dan mendukung bahasa pemrograman Java 8 bagi para developer untuk mengembangkan aplikasinya. (Baca selengkapnya mengenai fitur baru Android N: Inilah Fitur Baru Yang Bakal Hadir Di Android N)
Selengkapnya...