29 April 2016

Cara Menghapus / Uninstall Avast SafeZone Browser


Baru-baru ini Avast antivirus telah mengembangkan sebuah browser khusus bagi pengguna Avast yang bernama Avast SafeZone Browser. Browser terbaru buatan Avast tersebut diklaim mampu memberikan perlindungan privasi dan keamanan yang lebih baik kepada pengguna sehingga aktivitas browsing di internet akan menjadi lebih aman. Adapun fitur-fitur perlindungan keamanan yang terdapat di dalam Avast SafeZone Browser ini bisa dikatakan cukup lengkap, diantaranya fitur Ad-Block untuk memblokir iklan pada situs, Pay Mode untuk mode perlindungan dalam bertransaksi online, Password Manager untuk menyimpan kata sandi, Video Downloader untuk mendownload video dari Y0utube, Facebook, Instagram dan lainnya, serta masih banyak lagi fitur perlindungan keamanan yang lainnya.

Sebelumnya, Avast SafeZone Browser hanya merupakan salah satu fitur dari Avast antivirus edisi premium saja (Avast versi Pro, Internet Security, dan Premier). Tetapi pada versi terbaru Avast saat ini, Avast akhirnya memutuskan untuk menyertakan Avast SafeZone Browser juga kedalam Avast edisi gratis atau Avast Free antivirus agar kedepannya mendapatkan banyak feedback dari pengguna untuk mengembangkan browser terbaru mereka. Dan dibawah ini tampilan homepage dari Avast SafeZone Browser:

Avast SafeZone Browser

Jika kita lihat, sekilas tampilannya mirip Google Chrome, karena Avast SafeZone Browser ini juga menggunakan engine yang sama seperti Chrome, yaitu engine berbasis Chromium. Namun sayangnya, banyak pengguna justru mengatakan kekecewaannya terhadap keputusan Avast tersebut. Hal ini karena Avast akan otomatis menginstall Avast SafeZone Browser saat proses update ke versi terbaru tanpa adanya pemberitahuan dan konfirmasi terlebih dahulu. (Ini juga telah aku alami sendiri saat mengupdate versi Avast, tiba-tiba browser tersebut muncul di desktop setelah aku merestart PC). Tentunya, hal tersebut mirip seperti cara kerja Malware yang menginstall otomatis. Selain masalah tersebut, menurut Peneliti dari Google Project Zero, Tavis Ormandy, ditemukan celah keamanan yang serius pada Avast SafeZone Browser yang memungkinkan orang lain dapat membaca data pribadi kita, termasuk file, password, cookies, dan lainnya dengan memanfaatkan celah tersebut.

Hal lain yang membuat pengguna Avast semakin bingung adalah tidak adanya pilihan untuk menghapus browser tersebut, sehingga secara tidak langsung memaksa pengguna untuk membiarkan browser tersebut terinstall di komputer mereka. Oleh karena itu, berikut ini aku akan membagikan tutorial cara menghapus / uninstall Avast SafeZone Browser jika kamu sudah terlanjur menginstall browser tersebut:

Pertama, Buka Control Panel lalu pilih menu Programs and Features. Selanjutnya cari program Avast (pada tutorial ini aku menggunakan Avast Free Antivirus), kemudian klik kanan pada program tersebut lalu pilih Change.

Programs and Features

Akan muncul jendela setup Avast, selanjutnya klik tombol Ubah.

Avast

Kemudian hilangkan centang pada pilihan Browser SafeZone. Jika sudah, klik tombol Ubah.

Avast

Tunggu sampai proses pengubahan file sistem selesai.

Avast

Tekan tombol Restart komputer untuk menyelesaikan proses pengubahan.

Avast

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan cara diatas sekarang Avast SafeZone Browser telah terhapus dari komputer . Perlu diketahui, masalah browser yang menginstall otomatis ini tidak terjadi pada pengguna yang baru pertama kali menginstall Avast antivirus ini, karena sebelumnya pengguna akan diberikan pilihan komponen mana saja yang ingin diinstall saat proses instalasi berlangsung.
Selengkapnya...

27 April 2016

Penyebab Kipas Laptop Berbunyi Bising dan Cara Mengatasinya


Kipas laptop

Salah satu masalah hardware pada laptop atau Notebook yang sering terjadi adalah kipas (fan/heatsink) laptop yang berbunyi sangat bising. Hal ini biasanya dapat kita ketahui saat laptop bekerja dalam waktu yang cukup lama ataupun bisa juga terjadi pada saat kita menjalankan aplikasi yang terlalu berat, maka saat itu juga tiba-tiba dibagian kipas laptop berbunyi sangat keras serta suhu laptop yang meningkat. Tentunya dengan suara bising yang berasal dari kipas laptop tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan kita dalam bekerja menggunakan laptop.

Sebenarnya selain dua penyebab yang telah aku sebutkan diatas, masih ada beberapa hal yang menyebabkan kipas laptop berbunyi bising. Berikut adalah penyebab yang sering diketahui terkait dengan kipas laptop yang berbunyi bising tersebut dan cara mengatasinya:


#1. Processor Yang Bekerja Terlalu Keras

Processor

Salah satu penyebab kipas laptop berbunyi sangat bising yang sering terjadi adalah processor yang bekerja terlalu keras. Seperti yang telah aku sebutkan di awal tadi, apabila kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking) atau menjalankan aplikasi yang terlalu berat, seperti game dengan grafis berkualitas HD ataupun juga menjalankan aplikasi editing foto dan video, jika processor tidak sanggup memproses perintah tersebut, maka suhu processor akan meningkat drastis. Dengan demikian kipas yang berfungsi sebagai pengstabil suhu processor akan bekerja lebih ekstra, sehingga putaran kipas akan jauh lebih kencang dari biasanya, hal inilah yang menyebabkan kipas laptop berbunyi bising.

Oleh sebab itu, sebaiknya menjalankan aplikasi yang diperlukan saja. Jika memang terpaksa harus multitasking, sebaiknya jalankan paling banyak 3 macam aplikasi saja. Dan perhatikan juga spesifkasi laptop sebelum menjalankan aplikasi yang berat. Jika spesifikasi laptopmu tidak sesuai dengan sistem yang dibutuhkan dari aplikasi yang akan kamu jalankan, sebaiknya urungkan niatmu tersebut.


#2. Kipas Laptop Kotor

Kipas laptop kotor

Berapa lama kamu memiliki laptop? Satu tahun, dua tahun, atau bahkan lebih lama dari itu. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak sekali debu yang menempel pada kipas laptop Debu yang semakin banyak akan menghalangi sirkulasi udara dari dalam laptop, sehingga mengakibatkan laptop menjadi panas yang berlebihan atau yang biasa dikenal dengan istilah overheat (Baca juga: Tips Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat). Selain itu, debu yang menempel juga dapat menghambat perputaran kipas dan membuatnya berbunyi bising karena gesekan-gesekan debu yang terjadi.

Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan kipas laptop secara berkala dengan menggunakan kuas, tissu ataupun alat lainnya yang sekiranya tidak merusak komponen yang ada di dalamnya. Tentunya dalam melakukan hal tersebut dibutuhkan ketrampilan dan keahlian khusus untuk bisa membongkar-pasang laptop. Jika kamu memang ahli melakukan hal ini, silahkan kamu lakukan sendiri. Tapi, jika kamu ragu atau tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya kamu menggunakan jasa teknisi komputer ataupun bisa juga ke service center resmi laptopmu.


#3. Kipas Laptop Rusak

Kipas laptop

Jika kamu sudah mengatasi masalah seperti pada poin kedua diatas namun kipas laptop masih tetap mengeluarkan suara bising, bisa jadi kipas laptop sudah mulai rusak. Hal ini terjadi karena pemasangan kipas yang kurang sesuai. Pemasangan kembali kipas yang kurang sesuai bisa mengakibatkan kerusakan pada kipas laptop. Selain itu, bisa jadi komponen pada kipas laptop yang telah usang karena seiring dengan lamanya umur laptop.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu komponen didalam kipas laptop yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tentunya, untuk melakukan hal ini juga dibutuhkan ketrampilan dan keahlian khusus untuk membongkar laptop. Jika kipas laptop memang benar telah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, maka solusi terbaik adalah mengganti kipas laptop tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab kipas laptop yang berbunyi bising yang sering diketahui oleh para pengguna laptop dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui beberapa penyebab diatas, maka ada baiknya jika kamu selalu rutin untuk melakukan perawatan dan pengecekan laptop secara berkala agar laptopmu dapat selalu bekerja dengan optimal serta dapat memperpanjang masa pakai laptop.
Selengkapnya...

23 April 2016

Browser Opera Kini Dilengkapi Fitur VPN Gratis dan Tak Terbatas


Browser Opera Dilengkapi Fitur VPN Gratis

Di internet, ada banyak sekali situs yang menyajikan berbagai macam informasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Mulai dari situs yang berisikan konten edukasi, berita, hiburan hingga situs yang berisikan konten yang mungkin dilarang untuk diakses. Sehingga situs tersebut diblokir oleh beberapa negara tertentu. Agar kita dapat dengan bebas mengakses situs yang diblokir tersebut, kita biasanya menggunakan layanan Virtual Private Network (VPN) atau bisa juga menginstall add-ons VPN tambahan pada browser (Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan VPN). Namun sayangnya, kebanyakan diantara layanan VPN atau add-ons VPN tersebut memberikan kuota yang terbatas mulai dari 500MB sampai 1GB perbulan saja. Jika pengguna ingin lebih dari itu, maka pengguna harus berlangganan dengan biaya yang tentunya juga bervariasi.

Nah untuk menjawab masalah tersebut, kini Opera menambahkan fitur Built-in VPN langsung didalam browser mereka. Dan yang paling menarik, fitur Built-in VPN ini bisa digunakan secara gratis dan tanpa ada batasan kuota alias unlimited! Woww!!!.. Opera juga mengklaim bahwa mereka menjadi browser pertama yang terintegrasi dengan fitur Virtual Private Network (VPN) didalamnya. Dihadirkannya Fitur built-in VPN ini karena Opera telah mengakuisisi SurfEasy, sebuah plugin VPN khusus untuk Opera pada bulan Maret 2016 lalu. Namun perlu diketahui, untuk sementara fitur built-in VPN hanya bisa kita temukan pada Opera versi Developer dan masih hanya menyediakan 3 pilihan Server VPN (Amerika, Kanada dan Jerman). Tapi bisa jadi tidak menutup kemungkinan fitur ini juga bakal hadir pada versi finalnya nanti.

Opera VPN settings

Meskipun fitur built-in VPN di browser Opera ini gratis, namun fasilitas yang disediakan tidak kalah canggihnya dengan layanan VPN berbayar. Diantaranya menggunakan enkripsi 256-bit, dapat menyembunyikan IP address, dapat mengakses situs tertentu yang telah diblokir, dan tetap aman meskipun menggunakan Wi-Fi publik. Untuk dapat menggunakan fitur built-in VPN ini, pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu Settings -> Privacy & security -> centang Enable VPN. Pengguna pun juga bisa melihat ringkasan statistik tentang data yang telah digunakan.

Nah, bagi yang tertarik untuk mencobanya, silahkan download Opera versi Developer melalui situs resminya disini.

UPDATE:
Sekarang fitur VPN gratis sudah tersedia di Opera versi final. Silahkan download Opera versi final melalui situs resminya disini.
Selengkapnya...

17 April 2016

Google Chrome 50 Dirilis, Versi Terakhir Chrome yang Mendukung Windows XP dan Vista


Beberapa waktu yang lalu, Google telah memperbarui browser andalan mereka, yaitu Google Chrome ke versi 50. Versi terbaru Chrome kali ini sekaligus menjadi versi terakhir yang mendukung beberapa sistem operasi jadul alias jaman dulu seperti Windows XP dan Windows Vista. Selain kedua OS jadul buatan Windows tersebut, Chrome terbaru ini juga merupakan versi terakhir yang support dengan Mac OS versi lawas atau sebelum versi 10.9 (Mavericks).

Sebenarnya, kabar mengenai dihentikankannya support Google Chrome terhadap beberapa sistem operasi lawas ini memang sudah lama diumumkan oleh Google. Hal tersebut karena Google ingin lebih fokus lagi mengembangkan fitur-fitur baru di Chrome yang lebih relevan pada sistem operasi terbaru. Dan juga Google tidak lagi mau mengambil resiko yang mungkin terjadi akibat lemahnya tingkat keamanan dari beberapa OS lawas tersebut, terlebih lagi Microsoft juga sudah lama menghentikan dukungannya terhadap kedua OS jadul buatannya,Windows XP dan Windows Vista.

Google Chrome 50

Namun demikian, Google Chrome versi 50 ini masih tetap bisa berjalan di Windows XP, Windows Vista, serta Mac OS versi lawas. Akan tetapi, untuk selanjutnya tidak akan menerima update terbaru lagi. Itu artinya, tingkat keamanan browser juga akan semakin rentan jika tidak lagi mendapatkan update security.

Ada sekitar 20 perbaikan celah keamanan dan beberapa fitur baru yang ditambahkan pada Google Chrome versi 50 ini. Beberapa perbaikan dan fitur baru tersebut diantaranya dapat membuka situs dengan lebih cepat dan tetap dapat menampilkan notifikasi yang muncul meskipun koneksi internet lambat atau bahkan tanpa koneksi internet. Hal tersebut karena Google Chrome versi terbaru ini menggunakan metode terbaru yang bernama push notifications payload yang juga bagian dari Push API. Sehingga notifikasi akan ditampilkan secara bersamaan meskipun koneksi internet lambat atau tanpa koneksi internet. Selain itu, pada Google Chrome versi mobile juga ditambahkan tombol Pause dan tombol Cancel di bagian mode Download.

Nah, bagi yang menggunakan Google Chrome namun sampai saat ini masih menggunakan Windows XP atau Windows Vista, sebaiknya kamu segera beralih ke OS Windows yang terbaru seperti Windows 7, Windows 8, ataupun juga Windows 10 jika kamu masih ingin browser favoritmu tersebut tetap mendapat support penuh dari Google.

Dan bagi pengguna Google Chrome yang sudah menggunakan OS Windows terbaru, bisa langsung update browser kamu melalui Menu -> Bantuan -> Tentang Google Chrome.
Selengkapnya...

13 April 2016

Cara Menyimpan Halaman Web Untuk Dibaca Offline Di Google Chrome


Google Chrome

Saat kamu sedang browsing di internet, mungkin kamu seringkali menemukan suatu artikel yang didalamnya terdapat informasi menarik, baik itu informasi tentang tutorial, panduan, serta berbagai kumpulan tips maupun trik yang kamu rasa penting untuk dibaca lagi di lain waktu. Namun, bagi yang sedang menghemat kuota internet, cara terbaik adalah dengan menyimpan halaman web agar halaman web tersebut dapat dibaca kembali tanpa koneksi internet.

Menyimpan halaman web di komputer sebenarnya sangat mudah sekali. Sebelumnya, aku juga pernah membagikan tutorial tentang cara menyimpan halaman web dengan menggunakan ekstensi atau add-ons yang bernama ScrapBook. Tetapi add-ons tersebut hanya dapat digunakan untuk browser Mozilla Firefox saja. (Baca: ScrapBook: Cara Mudah Menyimpan dan Membaca Website Secara Offline)

Dan bagi pengguna Google Chrome, kali ini aku akan membagikan tutorial bagaimana cara menyimpan halaman web di browser milik raksasa internet tersebut. Sama seperti Mozilla Firefox, pada browser Google Chrome ini, kita juga akan menggunakan ekstensi agar dapat menyimpan halaman web. Ekstensi tersebut bernama PageArchiver.

PageArchiver merupakan sebuah ekstensi Google Chrome yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Scrapbook. Hanya saja, PageArchiver memiliki fitur yang sedikit lebih lengkap. Diantaranya:
  • Dapat mengekspor halaman web dalam format HTML sehingga dapat dibaca terpisah tanpa menggunakan PageArchiver.
  • Mengedit halaman web yang tersimpan. Kita bisa memberi tanda pada kalimat yang penting, mengubah ukuran serta jenis font dan lain sebagainya.
  • Menambahkan tag dan rating bintang untuk halaman web yang tersimpan.
  • Mensortir halaman web yang tersimpan berdasarkan url, tag, judul, tanggal dan lainnya.
  • Halaman web yang tersimpan dapat dicari melalui address bar (omnibox) Google Chrome. Dengan cara mengetik kata pa di address bar browser diikuti dengan nama halaman web yang tersimpan lalu tekan tombol Tab pada keyboard.
  • Dapat mem-bookmark halaman web yang tersimpan.
Bagi yang ingin mencobanya, sebelum menginstall ekstensi PageArchiver, silahkan download dan install terlebih dahulu sebuah ekstensi tambahan bernama SingleFile Core melalui tautan ini, ekstensi SingleFile Core ini berfungsi sebagai tool pendukung agar dapat menampilkan dan mengedit halaman web yang tersimpan.

Jika ekstensi tambahannya sudah kamu install, sekarang silahkan download dan install ekstensi PageArchiver melalui tautan ini.

Setelah semua ekstensi tadi selesai diinstall, maka di bagian toolbar Google Chrome akan tampil sebuah icon berbentuk open Folder. Icon ini menunjukkan bahwa PageArchiver telah siap kita gunakan.

PageArchiver

Untuk menyimpan halaman web, silahkan buka terlebih dahulu halaman web yang ingin kamu simpan, kemudian klik icon PageArchiver lalu pilih menu Tabs. Pada menu Tabs tersebut, akan tampil semua halaman web yang telah kamu buka pada setiap tab browser. Selanjutnya, kamu bisa memilih tab atau artikel mana saja yang ingin kamu simpan dengan cara memberi tanda centang, kemudian klik tombol Save dan tunggu proses penyimpanannya hingga selesai.

PageArchiver

Untuk melihat hasil dari halaman web yang tersimpan, silahkan buka melalui menu Archives. Selanjutnya, klik tombol Open untuk membuka halaman web.

PageArchiver

Sedangkan untuk mengedit halaman web yang tersimpan, silahkan klik tombol Expand yang berada di bagian pojok kanan atas dari halaman web yang tersimpan untuk menampilkan tool editor.

PageArchiver

Nah, dengan menggunakan PageArchiver, sekarang kamu bisa membaca halaman web kapanpun dan dimanapun tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

Baca Juga: Tidak Bisa Terhubung Ke Internet? Aktifkan Saja Offline Browsing di Google Chrome

Selengkapnya...

05 April 2016

Pria Hong Kong Ini Ciptakan Robot Mirip Scarlett Johansson


Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita terus belajar dan berusaha. Dan sepertinya prinsip itulah yang diterapkan oleh Ricky Ma, seorang desainer grafis dari Hong Kong yang berhasil mewujudkan mimpi masa kecilnya dengan menciptakan sebuah robot humanoid berparas sangat cantik yang bernama Mark 1. Dan entah ini disengaja atau tidak, jika kita perhatikan, wajah robot tersebut bisa dikatakan sangat mirip sekali dengan aktris Hollywood Scarlett Johansson. Meskipun demikian, Ricky Ma tidak mau mengatakan siapakah sebenarnya wanita yang menjadi model robot cantik tersebut.

Mark 1

Ricky Ma mengembangkan Mark 1 seorang diri mulai dari awal sampai akhir selama satu setengah tahun dan menghabiskan dana hingga lebih dari 50 ribu dollar AS atau sekitar Rp. 657 juta. Sejak kecil, Ricky Ma memang sudah menyukai robot saat dia menonton film-film Sci-Fi, seperti Transformers. Dan sejak itulah, Ricky Ma memiliki keinginan untuk menciptakan robot sendiri.

Baca juga: Erica, Robot Android Yang Mirip Manusia

Selama proses pembuatannya, Ricky Ma sering menerima ejekan dari orang lain karena Ricky sama sekali tidak memiliki basic di bidang ilmu robotika. Selain itu, biaya pembuatan robot yang berkemampuan lebih itu tidak murah dan pengembangannya butuh waktu tidak sebentar. Namun tidak disangka, dengan kegigihannya yang begitu besar kini Ricky Ma berhasil membuktikannya dengan menciptakan Mark 1.

Mark 1

Robot buatan Ricky Ma tersebut memiliki kemampuan gerak terbatas. Diantaranya menggerakkan tangan dan jari jemari, memutar kepala, membungkuk, serta menampilkan ekspresi wajah, seperti tersenyum dan mengedipkan mata. Selain itu, Mark 1 juga memiliki kemampuan berbicara dan dapat merespon beberapa pertanyaan. Misalkan saat orang memuji robot tersebut dengan mengatakan "kamu cantik", Maka Mark 1 akan merespon dengan senyuman sambil mengucapkan "terima kasih".

Bagian kerangka dari Mark 1 ini juga dibentuk menyerupai tulang manusia serta dibuat dengan menggunakan teknologi 3D printer. Di kerangka tersebut seluruh komponen mekanik dan elektronik diletakkan. Dan dibagian kulitnya, Mark 1 menggunakan bahan silikon yang sangat lentur untuk menutupi seluruh komponen didalamnya.

Mark 1

Berikut ini video demo dari si robot cantik, Mark 1:


Bagaimana? Sudah lihat video demonya? Jangan sampai naksir ya.. Ingat, itu cuma robot. Hehehe,,, XD.

Saat ini, Mark 1 masih dalam tahap pengembangan. Ricky Ma sendiri mengatakan jika robot buatannya tersebut masih butuh banyak perbaikan, seperti cara bergerak, kemampuan berinteraksi, serta dapat menjaga keseimbangan.
Selengkapnya...

04 April 2016

Wow!! Kecepatan Internet Tertinggi Indonesia Peringkat Ke-6 Dunia


Internet

Saat ini, rata-rata kecepatan internet di berbagai negara di dunia telah meningkat secara keseluruhan. Peningkatan ini juga terjadi pada kecepatan internet maksimum atau peak speed internet. Dan baru-baru ini, lembaga internet monitoring, Akamai Technologies telah merilis laporan hasil survey terbaru mereka yang menyatakan bahwa kecepatan rata-rata tertinggi atau peak speed internet di Indonesia telah masuk ke peringkat ke 6 di dunia. Woww!!

Berdasarkan hasil penelitian Akamai Technologies dalam laporannya yang bertajuk Fourth Quarter 2015 State of the Internet Report tersebut, diketahui Indonesia memiliki kecepatan internet tertinggi rata-rata 79,8 Mbps atau meningkat sekitar 157 persen di kuartal keempat pada tahun 2015 lalu. Tentu, hal ini menunjukkan kecepatan internet Indonesia telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yakni sebesar 495 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2014.

Baca Juga:
Internet Indonesia Sekarang Peringkat 77 di Dunia
10 Negara Dengan Akses Internet Tercepat di Dunia

Sedangkan pada peringkat pertama untuk kecepatan internet tertinggi rata-rata ditempati oleh Singapura dengan kecepatan 135,7 Mbps, peringkat kedua ditempati oleh Hong Kong dengan kecepatan 105,2 Mbps serta peringkat ketiga ditempati oleh Korea Selatan dengan kecepatan 95,3 Mbps. Kemudian di peringkat keempat, ditempati oleh Macao dengan kecepatan internet tertinggi rata-rata sebesar 83,1 Mbps dan Jepang dengan kecepatan 82,9 Mbps.

Kecepatan Internet Tertinggi Indonesia

Dengan adanya kabar baik ini, semoga saja kecepatan internet di Indonesia menjadi semakin merata. Sehingga kita bisa nonton video di YouTube dengan nyaman tanpa harus menunggu buffering. Hehehe... :D

Sumber Data: Akamai Technologies
Selengkapnya...

01 April 2016

Microsoft Perkenalkan Holoportation, Komunikasi Jadi Lebih Nyata Dengan Teknologi 3D Virtual (Video)


Pernah dengar istilah Teleportasi? Itu lho sebuah kemampuan yang memungkinkan seseorang atau benda bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam sekejap. Biasanya, istilah teleportasi ini hanya dapat kita temukan pada karya fiksi ilmiah seperti di film-film bergenre Sci-Fi saja dan belum dapat dibuktikan kebenarannya di dunia nyata. Namun, seiring dengan berkembangnya dunia teknologi komunikasi dan semakin meningkatnya popularitas teknologi Virtual Reality, kini tim dari Microsoft Research berusaha mewujudkan kemampuan teleportasi tersebut ke dunia nyata dengan memperkenalkan sebuah sistem teleportasi virtual yang mereka sebut dengan Holoportation.

Holoportation merupakan sebuah teknologi yang dapat merekam wujud fisik suatu objek, kemudian memproyeksikannya ke tempat lain dalam bentuk 3D hologram secara real-time. Dengan kata lain, teknologi ini dapat langsung menghadirkan seseorang di hadapan kita meskipun orang tersebut berada di tempat lain yang jaraknya sejauh ribuan kilometer dari tempat kita. Jadi, seolah-olah kita benar-benar bertemu dan saling berhadapan dengan seorang yang kita ajak mengobrol.

Holoportation

Holoportation

Sesuai dengan namanya, Holoportation menggunakan bantuan perangkat Augmented Reality milik Microsoft yang bernama Microsoft HoloLens dan beberapa kamera berteknologi 3D. Sehingga Holoportation memungkinkan pengguna dapat melihat objek dari segala arah, mendengar, dan berinteraksi dengan seseorang dalam satu lokasi yang sama. Karena objek hologram yang tampil merupakan sebuah hasil dari proyeksi cahaya, maka pengguna pun bisa dengan bebas mengatur tampilannya, seperti misalnya mengecilkan ukuran gambar agar bisa tampil di atas meja.

Penasaran seperti apa cara kerja Holoportation ini? Berikut video demonya:


Bagaimana keren bukan? Dengan teknologi Holoportation ini, membuat komunikasi jarak jauh kita menjadi lebih nyata dan lebih interaktif. Perlu diketahui, teknologi ini masih dalam tahap uji coba dan hanya masih bisa dinikmati secara visual saja. Jadi, kemampuan indera perasa serta indera penciuman masih belum bisa diterapkan dalam teknologi Holoportation ini.

Meski masih jauh dari kata sempurna, tapi teknologi Holoportation ini suatu saat nanti akan menjadi alternatif pengganti yang sangat menarik daripada video call yang kini sudah ada. Ehh., ngomong-ngomong., bagi yang LDR-an pakai Holoportation jadi semakin seru lho,, karena bisa melihat dengan jelas bagaimana keadaan sang kekasih hati. Hehehe,,,, XD

Sumber: Microsoft Research
Selengkapnya...