30 March 2016

Yuk, Menjelajah Markas Batman Secara Virtual Dengan Google Street View


Batmobile

Ada kabar baik bagi para penggemar tokoh superhero Batman. Setelah beberapa waktu lalu film terbaru Batman v Superman: Dawn of Justice resmi tayang di bioskop, kali ini Google juga turut memeriahkan euforia film tersebut. Bekerja sama dengan Warner Bros, Google menghadirkan tour secara virtual melalui layanan Google Street View untuk menjelajahi markas dari Bruce Wayne, sang alter ego Batman yang terdapat dalam film Batman v Superman. Tour ini dapat dinikmati langsung melalui desktop PC ataupun juga menggunakan device Virtual Reality, seperti Goole Cardboard dan Gear VR.

Baca juga:
Candi Borobudur Kini Bisa Dijelajahi Lewat Google Street View
Google Perkenalkan Situs Untuk Menyambut Film Terbaru Star Wars

Yang paling menarik dalam tour tersebut, kita dapat menjelajahi markas mewah Bruce Wayne dengan tampilan 360 derajat. Tour ini akan dimulai dari ruang utama yang berada didalam rumah, hingga kita dapat menjelajah kedalam Batcave, markas utama Batman yang didalamnya terdapat kostum khas sang "Dark Knight" yang berlapis baja, kostum Robin yang ada bekas coretan Joker, komputer-komputer canggih yang dioperasikan oleh asisten Batman, serta berbagai peralatan canggih yang biasa digunakan oleh Batman untuk membasmi para penjahat. Tidak hanya itu saja, didalam Batcave tersebut, kita bisa melihat Batmobile, mobil super kendaraan Batman.

Batcave

Batcave

Meskipun dalam film diceritakan markas Bruce Wayne terletak di Gotham City, sebuah kota fiksi tempat Batman tinggal disana. Namun ternyata, diketahui setting markas untuk pembuatan film sebenarnya berlokasi di Orion Charter, Township, Michigan, Amerika Serikat.

Visualisasi dari tour virtual tersebut juga terlihat sangat jelas dan diperlihatkan sedetail mungkin. Bahkan debu-debu yang menempel dan goresan di tembok juga tampak jelas. Tentunya, hal ini akan memberikan experience tersendiri bagi para penggemar Batman. Karena seolah-olah kita dapat melihat dan menyentuh semua peralatan canggih didalam markas tersebut secara langsung.

Nah, bagi yang tertarik untuk jalan-jalan ke markas Batman, silahkan kunjungi tautan ini.

Sumber: Google
Selengkapnya...

19 March 2016

6 Ciri-Ciri RAM Yang Bermasalah Pada Komputer


RAM Komputer

Random Access Memory atau yang biasa disebut dengan RAM merupakan salah satu perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan secara sementara semua data serta instruksi pada program di dalam sebuah PC ataupun juga laptop. Salah satu kelebihan RAM yaitu memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dan lebih cepat jika dibandingkan dengan memori biasa. Adapun fungsi lainnya dari RAM ini adalah untuk mendukung kinerja dari processor dalam melakukan proses komputing.

Umumnya, semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, maka semakin ringan pula kinerja dari processor pada PC atau laptop dalam menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan atau multitasking. Namun entah karena suatu hal, ada kalanya RAM juga bisa mengalami suatu masalah. Masalah pada RAM ini seringkali tidak begitu diperhatikan oleh para pengguna komputer. Sampai akhirnya, komputer tidak dapat bekerja dengan maksimal, komputer tidak bisa melakukan booting dan bahkan yang lebih parah lagi komputer akan mati total.

Nah, oleh sebab itu, pada artikel kali ini aku akan berbagi sedikit pengetahuan tentang ciri-ciri dari RAM komputer yang bermasalah. Berikut ini ulasannya:

#1. Kinerja Komputer Menjadi Lambat

Komputer Menjadi Lambat

Ciri-ciri RAM komputer bermasalah yang pertama adalah kinerja pada komputer semakin lama cenderung menjadi semakin lambat. Meskipun pada saat itu kamu tidak menjalankan aplikasi yang berat, seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW dan lain sebagainya. Tentunya, kegiatan kita akan sangat terganggu jika performa komputer menurun. Namun perlu diketahui, tidak semua gejala seperti ini adalah akibat dari RAM yang bermasalah, akan tetapi ini adalah masalah yang umum terjadi jika memori pada komputer mulai bermasalah.

Cara mengetahui RAM komputer bermasalah atau tidak, bisa kamu lihat dari Task Manager -> Performance. Jika kapasitas RAM yang terpakai masih hanya sebagian, tetapi komputer tetap terasa lambat berarti kemungkinan RAM bermasalah. Langkah pertama untuk mengatasi komputer yang lambat, coba ikuti tips yang terdapat di artikelku sebelumnya tentang Cara Mengatasi Komputer yang Lambat .


#2. Komputer Sering Mengalami Not Responding

Aplikasi Not Responding

Untuk ciri yang kedua ini bisa kamu ketahui saat kamu sedang menggunakan komputer. Selain kinerja komputer yang semakin melambat, komputer juga sering mengalami not responding dan Windows tidak bisa berjalan lagi (Hang) saat membuka atau menjalankan aplikasi. Hal tersebut karena RAM yang tidak dapat mengakses data dari aplikasi tersebut, sehingga aplikasi tersebut tidak bisa berjalan seperti biasa.

Ketika komputer mengalami not responding, maka cara yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah merestart komputer melalui Task Manager atau bisa juga melalui shortcut untuk mematikan aplikasi not responding dengan cepat.


#3. Komputer Sering Restart Sendiri

Komputer restart sendiri


Komputer sering restart sendiri juga merupakan salah satu ciri dari RAM yang bermasalah. Namun selain pada RAM, ada beberapa masalah lainnya yang dapat menyebabkan komputer sering restart sendiri secara terus menerus dalam waktu tertentu. Tentunya, hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas jika sebelumnya kamu belum sempat menyimpan pekerjaanmu.


#4. Komputer Sering Muncul Bunyi Beep

Komputer Sering Muncul Bunyi Beep

Bunyi beep dapat digunakan sebagai indikator terjadinya suatu permasalahan pada komponen didalam komputer. Salah satunya seperti pada permasalahan yang terjadi pada RAM. Umumnya, jika muncul bunyi beep yang panjang dan berulang-ulang pada saat komputer dinyalakan, berarti ada masalah yang terjadi pada RAM komputer. Proses berbunyi seperti ini disebut dengan POST (Power On Self Test) yang berfungsi untuk menguji kesehatan sebuah hardware. Namun, justru hal seperti ini yang sering tidak diperhatikan oleh pengguna komputer.


#5. Komputer Terjadi Blue Screen

Komputer Terjadi Blue Screen

Blue Screen atau bisa disebut dengan BSoD (Blue Screen of Death) merupakan ciri yang sering muncul bila terjadi masalah pada hardware ataupun juga driver di Windows. Jika terdapat RAM yang bermasalah, biasanya akan menampilkan pesan error yang berkaitan dengan memori. Seperti “Memory could not be written”, “Memory could not be read” dan pesan-pesan lainnya.


#6. Tidak Ada Tampilan Pada Layar Komputer

Tidak Ada Tampilan Pada Layar Komputer

Jika kerusakan RAM sudah semakin parah, biasanya tidak ada tampilan apapun pada layar. Kondisi layar akan berubah menjadi gelap meskipun kipas serta komponen hardware lainnya pada komputer masih tetap berjalan normal seperti biasanya.

Itulah beberapa ciri-ciri yang biasanya sering terjadi pada komputer saat RAM sedang bermasalah. Sebagai tindakan awal apabila komputer kamu mengalami salah satu dari ciri-ciri diatas, kamu bisa lakukan salah satu cara dibawah ini:
  • Coba cek pemasangan RAM pada komputer, apakah RAM sudah terpasang dengan benar atau belum.
  • Lepaskan salah satu modul RAM, apabila kamu menggunakan lebih dari satu.
  • Apabila kamu hanya menggunakan satu RAM, coba pindahkan letak posisi slot RAM ke posisi slot yang lainnya.
  • Atau bisa juga membersihkan pin yang berada dibagian bawah RAM dengan menggunakan karet penghapus sampai bersih. Untuk cara ini, sangat disarankan menggunakan karet penghapus yang permukaannya masih bersih.
Jika tindakan awal diatas masih tidak bisa menyelesaikan masalah pada RAM komputer kamu, maka pilihan terakhir yang terbaik adalah mengganti RAM komputermu dengan RAM yang baru.
Selengkapnya...

14 March 2016

Inilah Fitur Baru Yang Bakal Hadir Di Android N


Android N

Belum lama setelah Android Marshmallow resmi dirilis, beberapa waktu yang lalu Google kembali memberikan sebuah kejutan dengan memperkenalkan versi terbaru dari salah satu sistem operasi mobile terpopuler saat ini yang bernama Android N. Sebelum dirilis secara resmi, beberapa hari yang lalu Google juga telah merilis Android N ini tetapi masih dalam versi Developer Preview dan hanya khusus untuk para developer atau pengembang yang tersedia melalui update secara Over The Air (OTA) untuk beberapa perangkat Google Nexus dan Google Pixel C.

Baca juga: Inilah 6 fitur Canggih Android M yang Dibanggakan Google

Tentu, hal ini sedikit berbeda dari kebiasaan Google saat tengah mempersiapkan versi Android yang terdahulu. Tujuan Google merilis versi Android N Developer Preview ini agar tim pengembang Android bisa mendapatkan berbagai feedback atau masukan lebih cepat serta dapat merilisnya secara resmi versi terbaru Android tersebut dengan tepat waktu.

Dari berbagai developer yang telah mendapatkan versi preview ini, ada beberapa fitur-fitur baru yang menarik bakal hadir di Android N ini. Apa saja fitur baru tersebut? Berikut ini ulasannya:

#1. Split Screen (Multi Window)

Android N Split Screen (Multi Window)

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari Android N yaitu split screen atau multi window. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dan menampilkannya berdampingan dalam satu layar atau multitasking. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna cukup menekan tombol recent selama beberapa detik yang kemudian dengan otomatis aplikasi akan tampil berdampingan. Ada perbedaan tampilan saat fitur split screen ini digunakan. Pada perangkat smartphone, fitur split screen akan menampilkan dua aplikasi diposisi atas dan bawah. Sedangkan pada perangkat tablet, split screen akan menampilkan dua aplikasi dalam posisi bersebelahan kanan dan kiri.

Sebenarnya, fitur split screen atau multi window sebelumnya memang sudah pernah digunakan, tapi hanya pada perangkat smartphone dan tablet Samsung kelas atas. Namun sekarang, fitur ini akan menjadi salah satu fitur standar yang ada di Android N. Itu artinya, semua pengguna smartphone dan tablet buatan vendor lain akan dapat menikmati fitur keren ini.


#2. Membalas Langsung Lewat Notifikasi

Android N Notification

Selanjutnya dibagian sistem notifikasi Android N, Google mengadopsi fitur dari perangkat Android Wear yaitu RemoteInput Notification API. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membalas berbagai notifikasi yang muncul baik itu dari pesan ataupun lainnya langsung dari notifikasi tersebut dengan cepat dan mudah tanpa harus masuk ke dalam aplikasi.

Selain itu, ada juga fitur Bundled notifications yaitu beberapa notifikasi dari aplikasi yang sama akan di kelompokkan menjadi satu. Pengguna cukup menekan tombol expand untuk melihat rincian pesan dari setiap orang. Tentunya dengan fitur terbaru ini, pengguna tidak akan dipusingkan lagi dengan notifikasi yang menumpuk pada layar.


#3. Lebih Henat Baterai Dengan Fitur Doze Dan Project Svelte

Doze Android N

Fitur Doze pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow. Fitur ini berfungsi untuk menghemat konsumsi daya baterai saat smartphone tidak sedang digunakan. Dan pada Android N, fitur Doze ini lebih ditingkatkan lagi kemampuannya. Jadi saat layar smartphone mati, semua aktivitas background akan juga akan dinonaktifkan, bahkan saat perangkat tersebut dalam keadaan bergerak. Sehingga pengguna bisa menghemat daya baterai setiap saat, tanpa harus meletakkan smartphone agar tidak bergerak. Selain itu, Google juga terus mengembangkan Project Svelte. Fitur tersebut memungkinkan untuk mengurangi kebutuhan memori sehingga aktivitas background pada Android N dapat bekerja lebih efisien dan lebih hemat daya.


#4. Night Mode Theme

Android N Night Mode

Fitur Night Mode sebenarnya juga sudah diperkenalkan di Android Marshmallow. Namun entah karena suatu hal, fitur ini tidak jadi disertakan pada saat perilisannya. Dan kini pada Android N, fitur ini dipastikan akan kembali dihadirkan. Fitur Night Mode akan mengubah warna tema pada smartphone menjadi gelap saat digunakan di dalam ruangan dengan kondisi yang kurang cahaya. Sehingga pengguna akan lebih nyaman saat menatap layar smartphone mereka.


#5. Lebih Hemat Kuota Internet Dengan Data Saver

Android N Data Saver

Fitur Data Saver berfungsi untuk membatasi jumlah pemakaian data dari semua aplikasi yang terinstall di smartphone dengan cara mencegah aplikasi yang biasanya melakukan proses update secara otomatis. Dengan begitu maka konsumsi data diklaim dapat berkurang hingga kurang lebih sebesar 50 persen. Sehingga pemakaian data akan menjadi lebih hemat.


#6. Dukungan Java 8 Language

Android N Java 8

Google menambahkan fitur baru di dalam Android N agar dapat membaca bahasa Java 8 untuk kemampuan komputasi yang lebih baik. Dengan Android’s Jack Compiler, maka para developer atau pengembang akan bisa menikmati berbagai fitur yang ada di dalam Java 8 language seperti functional interface, streams, dan default and static methods.

Itulah beberapa fitur baru yang akan hadir di Android N dan kemungkinan masih ada lagi fitur menarik lainnya setelah versi finalnya dirilis nanti. Meskipun versi Developer Preview-nya telah dirilis oleh Google, hingga saat ini Google belum memberikan keterangan secara resmi mengenai nama dibalik huruf “N” pada versi Android terbarunya itu. Tapi berdasarkan rumor yang banyak beredar, bahwa arti huruf “N” ini adalah “Nutella” yaitu nama sebuah selai kacang coklat yang terkenal dunia. Namun nama tersebut masih hanya sebatas rumor, kita tunggu saja informasi resminya secara lengkap mengenai Android N ini yang mungkin akan diumumkan oleh Google di ajang Google I/O pada bulan Mei mendatang.

UPDATE: Nama resmi Android N adalah Android Nougat. Info selengkapnya silahkan kunjungi artikel berikut ini.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

04 March 2016

Vivo Xplay 5 Elite, Smartphone Dengan RAM 6 GB Pertama di Dunia


Sudah bukan hal yang baru lagi jika sekarang banyak smartphone Android yang canggih menggunakan RAM besar, namun hingga saat ini kebanyakan smartphone dengan kelas "Flagship" ini hanya masih menggunakan RAM paling besar sampai 4 GB saja. Tapi baru-baru ini ada kabar yang menghebohkan datang dari Vivo. Yup, vendor asal Tiongkok tersebut belum lama ini secara resmi memperkenalkan smartphone terbaru andalan mereka yang bernama Vivo Xplay 5 Elite, smartphone pertama di dunia yang memiliki kapasitas RAM 6 GB. Woww!!!. Sebelum diperkenalkan kepada khalayak umum, memang sudah banyak muncul bocoran mengenai smartphone dengan RAM yang lebih besar dari PC atau notebook tersebut, namun saat itu hanya sebatas rumor saja. Hingga akhirnya baru sekarang pihak Vivo resmi mengumumkan keberadaan Vivo Xplay 5 Elite ini.

Vivo Xplay 5 Elite

Dari segi desain, Vivo Xplay 5 Elite ini menggunakan material berbahan aluminium serta memiliki bodi yang cukup tipis dan sangat elegan. Selain mengusung RAM yang super lega, smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan interface Funtouch UI ini juga mengusung spesifikasi yang tidak kalah canggihnya. Pada bagian layar smartphone ini menggunakan layar sentuh berukuran 5,43 inchi 1440 x 2560 pixels jenis Super AMOLED berkualitas HD yang dilindungi oleh lapisan kaca anti gores Gorilla Glass 4 dengan kedua sisi layar yang melengkung atau Curved Display, mirip seperti layar Samsung Galaxy S7 Edge. Di bagian dapur pacunya, Vivo Xplay 5 Elite menggunakan chipset terbaru saat ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 820 yang dilengkapi dengan sistem pendingin cair agar chipset tetap dingin dan performanya juga tetap stabil serta pengolah grafis GPU Adreno 530. Namun sayangnya pada bagian penyimpanan, Vivo Xplay 5 Elite tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal, pengguna hanya bisa menggunakan memori internal yang telah disediakan dengan kapasitas sebesar 128 GB.

Vivo Xplay 5 Elite

Dibagian kamera belakang, smartphone ini menggunakan kamera beresolusi 16 Megapixel yang memiliki aperture f/2.0 serta dilengkapi dengan dual LED dan fitur Phase Detection Autofocus. Kamera belakang ini menggunakan sensor Sony IMX298 yang mampu merekam video beresolusi 2160p dengan kecepatan 30 fps, sedangkan untuk kamera depan beresolusi 8 Megapixel. Untuk urusan konektivitas, Vivo Xplay 5 Elite ini telah mendukung jaringan 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0, A-GPS, NFC dan slot Dual SIM. Serta beberapa fitur tambahan, diantaranya sensor Fingerprint, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Hi-Fi 3.0 untuk meningkatkan kualitas audio dan baterai 3600 mAh dengan fasilitas Fast Charging.

Nah bagi yang tertarik memiliki Vivo Xplay 5 Elite ini, sekarang smartphone tersebut sudah bisa dipesan melalui sistem pre-order yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 8,5 juta. Namun jika dirasa terlalu mahal, Vivo juga menyediakan Vivo Xplay 5 versi standar dengan RAM 4 GB serta chipset Snapdragon 652 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 7,5 juta.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Selengkapnya...

02 March 2016

Kiddle, Mesin Pencari Yang Aman Khusus Untuk Anak


Dengan berbagai macam perkembangan teknologi informasi saat ini, internet kini seolah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan. Pengguna internet selalu memanfaatkan fasilitas mesin pencari atau search engine seperti Google, Yahoo ataupun juga Bing untuk mencari suatu informasi yang diinginkan dengan cepat dan tepat. Bahkan sekarang tidak hanya orang dewasa yang menggunakan mesin pencari, anak-anak pun juga selalu menggunakan mesin pencari ini yang memang bertujuan untuk mengerjakan tugas dari sekolah atau hanya sekedar iseng saja. Namun, seringnya anak-anak menggunakan mesin pencari ini akan menimbulkan masalah yang besar. Karena kebebasan anak-anak dalam berselancar di dunia maya sering kali menjadi kesempatan bagi mereka untuk mengakses situs-situs yang mengandung konten negatif.

Tetapi saat ini ada kabar baik bagi para orang tua yang khawatir akan anak-anak mereka mengakses situs negatif. Untuk membatasi anak saat browsing di internet, kini hadir situs mesin pencarian terbaru yang sangat aman di gunakan oleh anak-anak. Situs pencarian yang dikhususkan untuk anak-anak ini bernama Kiddle. Situs yang beralamatkan di Kiddle.co ini menyatakan bahwa mereka juga didukung oleh Google serta beberapa teknologi yang digunakan pada situs tersebut menggunakan produk yang dikembangkan langsung oleh Google. Tidak seperti tampilan situs Google yang berlatar belakang putih polos, Kiddle sengaja didesain imut menggunakan latar belakang planet luar angkasa dengan bukit-bukit yang menggunung serta karakter robot berwarna merah yang lucu berada tepat di bawah kotak pencarian. Penggunaan desain yang unik tersebut bertujuan agar anak-anak akan tertarik dan nyaman menggunakan situs pencarian ini.

Kiddle

Sama seperti Google, Kiddle juga menyediakan empat pilihan kategori pencarian yaitu situs web, gambar, berita dan juga video. Cara penggunaan Kiddle juga masih sama seperti situs mesin pencarian yang lainnya, yaitu dengan mengetikkan kata kunci (keyword) pada kotak pencarian kemudian tunggu hasilnya sampai muncul daftar informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Kiddle menggunakan teknologi Safe Search milik Google untuk menyaring konten-konten negatif yang tidak pantas diakses untuk anak-anak. Selain itu, Kiddle juga memiliki sebuah tim editor yang khusus untuk mengurasi konten pencarian yang hanya layak diakses sehingga semua konten aman untuk dikonsumsi oleh anak.

Hasil pencarian dari Kiddle yang berada di urutan pertama sampai ketiga berasal dari situs yang aman dan isi konten didalamnya ditulis khusus untuk anak-anak. Hasil tersebut sebelumnya telah melewati tahap pemeriksaan oleh tim Kiddle. Selanjutnya pada hasil di urutan keempat sampai ketujuh adalah menggunakan konten dengan gaya bahasa yang sederhana, tetapi masih bisa dipahami oleh anak-anak. Sedangkan pada hasil di urutan kedelapan dan seterusnya menggunakan konten dengan gaya bahasa orang dewasa, tetapi konten-konten tersebut juga masih disaring dengan ketat oleh teknologi Safe Search.

Kiddle

Para orang tua juga bisa turut berpartisipasi dalam penyaringan serta pemblokiran situs dan konten-konten yang tidak aman diakses oleh anak dengan cara memasukkan situs dan kata-kata yang "kurang aman" melalui sebuah formulir yang telah disediakan. Pihak Kiddle juga tidak akan mengumpulkan informasi personal dari anak yang bersangkutan, mereka akan menghapus semua logs setiap 24 jam sekali. Meskipun menggunakan teknologi milik Google serta tampilan antar muka termasuk logo yang juga hampir mirip dengan Google, namun dari kabar yang beredar, Kiddle bukan merupakan bagian produk resmi dari Google. Banyak yang memperkirakan situs ini dibangun secara independen.
Selengkapnya...