25 December 2015

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan VPN


VPN

Bagi yang sering menjelajah di internet, pastinya tidak asing lagi dengan VPN. Ya, VPN atau Virtual Private Network merupakan suatu koneksi antara suatu jaringan dengan jaringan yang lain secara pribadi melalui jaringan internet publik. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam VPN ini. Yaitu Disebut Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan Internet virtual atau secara tidak langsung, yang artinya tidak dengan menggunakan koneksi yang sebenarnya. Disebut Private Network karena VPN adalah jaringan internet yang terbentuk secara private atau pribadi. Jadi, hanya sebagian orang tertentu saja yang dapat mengakses jaringan tersebut.

Semua data yang dikirim melalui VPN akan terenkripsi sehingga kerahasiaan data akan tetap aman dan terjaga meskipun melalui jaringan publik. Dengan kata lain, menggunakan layanan VPN maka seperti menggunakan jaringan pribadi milik sendiri. Dan juga keamanan saat browsing di internet juga akan lebih terjamin. Selain itu, berikut ini ada enam manfaat lainnya yang menjadi alasan mengapa kamu sangat disarankan menggunakan layanan VPN.

#1. Dapat Mengakses Situs yang Diblokir

Ini merupakan salah satu manfaat VPN yang sangat diandalkan bagi sebagian besar pengguna internet. Karena jika kamu menggunakan VPN, kamu dapat dengan mudah mengakses berbagai situs, termasuk situs yang diblokir di negara tertentu dengan menggunakan sistem geoblocked atau situs yang di blokir berdasarkan wilayah karena kebijakan suatu negara.

Misalkan saja saat ini kamu sedang liburan di China. Tetapi kamu disana tidak bisa mengakses situs jejaring sosial Facebook, hal tersebut karena ada suatu kebijakan dari pemerintah China yang mengakibatkan Facebook diblokir di negara tersebut. Dengan menggunakan VPN, maka kamu bisa menggunakan IP address dari negara manapun yang "bebas" untuk digunakan mengakses situs yang kamu inginkan.

#2. Mengakses Internet Di Wi-Fi Publik Jadi Lebih Aman

Saat ini memang banyak sekali fasilitas umum yang menyediakan Wi-Fi gratis. Namun sebenarnya Wi-Fi di tempat publik bukanlah tempat yang aman untuk mengakses internet. Apalagi jaringan Wi-Fi tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas yang sangat rawan terhadap pencurian informasi. contohnya saja melakukan tranksaksi online perbankan. (Baca juga: Tips Aman Menggunakan Hotspot Wi-Fi Umum)

Karena berbagai informasi pribadi ada di perangkat gadget kamu yang terkoneksi dengan hotspot atau jaringan Wi-Fi di tempat tersebut. Bukan tidak mungkin jika ada pihak yang secara diam-diam berusaha mencuri informasi pribadi kamu. Jika kamu menggunakan VPN, maka kegiatan yang kita lakukan di internet akan lebih aman. Karena semua informasi kamu di internet akan dienkripsi dan diacak terlebih dahulu. Tentu hal ini akan menyulitkan bagi seseorang yang berusaha ingin mencuri informasi pribadi kamu.

#3. Sharing File Akan Terjamin Kerahasiaannya

VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan suatu informasi atau data mulai dari data tersebut dikirim hingga sampai di tempat tujuan tanpa diketahui oleh orang lain. Tentu dengan kelebihan ini, maka kamu dapat mengirim dan menerima berbagai informasi penting tanpa ada gangguan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

#4. Dapat Menjamin Keaslian File yang Dikirim ataupun Diterima

VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan verifikasi keaslian terhadap sumber dari pengiriman file atau data yang akan di terimanya. Dalam beberapa penggunaanya, VPN akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan verifikasi kepada file atau data yang masuk dan meminta sejumlah informasi dari sumbernya.

Jika proses verifikasi berhasil, maka file atau atau data dapat terkirim. Dengan begitu VPN dapat menjamin semua file atau data yang di kirimkan dan juga yang diterima benar-benar berasal dari sumber yang memang terpercaya.

#5. Dapat Browsing Secara Anonim

Dengan menggunakan VPN, maka kamu bisa menyembunyikan seluruh aktivitas browsing kamu termasuk juga menyembunyikan IP asli kamu. Sehingga tidak ada pihak-pihak tertentu yang melacak aktivitas kamu di internet. (Baca juga: AnonymoX, Cara Mudah Mengganti dan Menyembunyikan IP Address)

#6. Dapat Melakukan Remote Access

Dengan menggunakan VPN, kamu dapat dengan mudah mengakses komputer di rumah ataupun juga jaringan kantor dimanapun dan kapanpun selama masih tetap terhubung ke jaringan internet.

Itulah 6 alasan mengapa kamu perlu menggunakan VPN. Jika kamu memang seorang sangat peduli terhadap privasi, akan lebih baik jika mulai sekarang kamu menggunakan VPN. Ada banyak sekali layanan VPN gratis ataupun juga berbayar, contohnya layanan VPN yang gratis yaitu FrootVPN. Sedangkan yang berbayar diantaranya OkayFreedom dan Steganos Online Shield, serta masih banyak lagi layanan VPN lainnya yang bisa kamu pilih untuk mengamankan aktivitas browsing internet kamu.
Selengkapnya...

22 December 2015

Berkenalan Dengan Li-Fi, Teknologi Wireless yang 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan Wi-Fi


Li-Fi

Siapa yang tidak kenal dengan teknologi Wi-Fi? Banyak pengguna gadget yang memanfaatkan jaringan Wi-Fi untuk browsing internet maupun juga bertukar data secara wireless. Dan bahkan saat ini sudah banyak kita jumpai tempat-tempat umum yang menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis dengan kecepatan tinggi (Baca juga: 10 Bandara Dengan Koneksi Wi-Fi Tercepat di Dunia, Indonesia Juga Termasuk Salah Satunya). Namun, seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, saat ini telah hadir teknologi terbaru yang bernama Li-Fi. Teknologi ini konon katanya akan siap untuk menggantikan teknologi Wi-Fi suatu saat nanti.

Apa itu Teknologi Li-Fi?

Li-Fi atau Light Fidelity merupakan teknologi jaringan nirkabel yang mentransmisikan data dengan kecepatan yang mampu melebihi kecepatan transfer data dari Wi-Fi. Berbeda dengan Wi-Fi yang menggunakan media gelombang frekuensi radio, Li-Fi menggunakan media gelombang cahaya optik (visible light spectrum) yang berkedip-kedip dalam hitungan nanosecond untuk media transmisi data.

Teknologi Li-Fi pertama kali dikembangkan oleh seorang professor asal Jerman, Harald Haas dari University of Edinburg pada tahun 2011. Haas memiliki sebuah ide untuk menggunakan media lampu sebagai router nirkabel. Dan saat ini, teknologi Li-Fi sedang dalam tahap uji coba yang diselenggarakan oleh sebuah Startup asal Estonia, Velmenni. Uji coba tersebut dilakukan di beberapa lokasi industrial dan perkantoran dengan sebuah perangkat wireless. Yang paling mengejutkan dalam pengujian tersebut, Li-Fi mampu menembus kecepatan 1 Gbps (Gigabytes per second). Dan untuk uji coba ini juga dilakukan didalam laboratorium kecepatan Li-Fi mampu mencapai hingga 224 Gbps. Hal ini tentunya Li-Fi menjadi 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan jaringan Wi-Fi.

Cara Kerja Teknologi Li-Fi

Untuk cara kerja dari Li-Fi jika kita lihat sebenarnya sangat sederhana. Sebuah alat yang bernama Lamp Driver akan mengkonversi data secara digital ke lampu LED (Light Emitting Diode). Sementara itu, penerima akan dilengkapi alat photo detector untuk mengkonversi cahaya tersebut menjadi cahaya digital yang akan di baca oleh komputer.

Cara kerja teknologi Li-Fi

Sehingga dapat kita bayangkan, jika terdapat banyak lampu yang menyala bersama-sama maka akan membuat kecepatan transfer data yang dikirim akan semakin lebih besar. Karena menurut teori spektrum, kemampuan lampu cahaya 10.000 lebih besar jika dibandingkan spektrum gelombang radio yang digunakan pada jaringan Wi-Fi.

Spectrum Li-Fi

Selain mampu mentransmisikan data dengan kecepatan yang sangat tinggi, kelebihan lainnya yang dimiliki teknologi Li-Fi adalah diantaranya lebih mudah mengakses internet di berbagai wilayah, bahkan di wilayah terpencil sekalipun. Tidak akan terpengaruh oleh faktor cuaca, karena Li-Fi hanya menggunakan media pencahayaan untuk dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Serta sama sekali tidak akan berpengaruh terhadap sinyal radio, sehingga bisa digunakan di tempat yang rentan terhadap gangguan sinyal radio, contohnya seperti didalam pesawat terbang.

Teknologi Li-Fi juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu karena menggunakan media cahaya, teknologi Li-Fi tidak seperti Wi-Fi yang mampu menembus dinding. Sehingga jaringan Li-Fi ini memiliki keterbatasan untuk cakupan wilayahnya. Namun demikian, jaringan ini masih bisa digunakan didalam rumah maupun di kantor. Serta untuk saat ini Li-Fi belum bisa di luar ruangan yang terkena sinar cahaya matahari secara langsung, karena dapat mempengaruhi sinyal Li- Fi itu sendiri.

Dibalik semua kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya,teknologi Li-Fi ini diprediksi akan menjadi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien di masa depan nanti. Karena selain sebagai penerangan rumah atau kantor, lampu LED juga dapat dimanfaatkan sebagai media bagi Li-Fi untuk menciptakan jaringan internet wireless yang berkecepatan tinggi. Namun untuk dapat menikmati teknologi ini, seperti kita harus sedikit sabar menunggu. Karena CEO dari Velmenni, Deepak Solanik, mengatakan bahwa teknologi Li-Fi akan mulai digunakan untuk umum dalam 3 sampai 4 tahun ke depan.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Selengkapnya...

19 December 2015

Microsoft Merilis Microsoft Apps, Toko Aplikasi Khusus Untuk Android


Ada kabar gembira lagi nih buat pengguna smartphone Android. Kemarin Microsoft baru saja merilis aplikasi terbarunya khusus untuk sistem operasi Android yang bernama Microsoft Apps. Microsoft Apps bisa dikatakan sebuah "toko aplikasi" Microsoft untuk Android, karena aplikasi ini merupakan kumpulan dari berbagai macam aplikasi terbaik yang dikembangkan langsung oleh Microsoft.

Tujuan utama Microsoft membuat Microsoft Apps ini tentu saja agar memudahkan pengguna smartphone Android untuk dapat mengenali dan menemukan berbagai macam aplikasi Android buatan Microsoft yang sudah tersedia di Google Play Store. Serta menampilkan aplikasi apa saja yang sedang populer pada saat itu. Karena seperti yang telah kita ketahui selama ini, bahwa Microsoft akhir-akhir ini memang semakin gencar mengembangkan aplikasi cross-platform untuk Android. Contohnya saja seperti Arrow Launcher, personal assistant Cortana, Office for Android, Office Lens serta Skype. Dan beberapa dari aplikasi-aplikasi tersebut mampu masuk kedalam jajaran aplikasi terbaik yang ada di Google play Store tahun 2015.

Microsoft Apps

Di dalam Microsoft Apps ini terdapat berbagai pilihan kategori yang bisa kamu pilih, seperti diantaranya Pendidikan, Komunikasi, Produktivitas, Berita, Kesehatan, Entertainment dan masih banyak lagi kategori yang lainnya. Pihak Microsoft juga telah mengatakan bahwa mereka tidak lama lagi akan segera menambahkan lebih banyak fitur baru pada aplikasi ini. Nah, bagi kamu termasuk salah satu penggemar aplikasi dan layanan dari Microsoft namun menggunakan smartphone Android, maka tidak ada salahnya jika mencoba Microsoft Apps ini dengan mendownloadnya langsung melalui Google Play Store.
Selengkapnya...

17 December 2015

Sambut Star Wars, Kini Bisa Pasang Lightsaber di Foto Profil Facebook


Star Wars: The Force Awakens

Tampaknya euforia untuk menyambut pemutaran perdana film terbaru Star Wars: The Force Awakens masih terus berlanjut. Jika beberapa waktu lalu raksasa pencarian Google menghadirkan situs khusus Star Wars, dimana pengguna bebas memilih kubu Dark Side atau Light Side, serta menambahkan beberapa atribut bernuansa Star Wars di berbagai produk layanannya seperti Google Chrome, Gmail, Youtube dan lainnya. Kali ini situs jejaring sosial Facebook juga tidak mau ketinggalan untuk memeriahkan moment ini dengan menghadirkan fitur temporary profile picture. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menambahkan Lightsaber atau pedang cahaya yang menjadi icon film Star Wars di dalam foto profil mereka mirip dengan desain poster Star Wars episode VII sekarang ini.

Fitur terbaru Facebook ini telah diumumkan oleh Star Wars di Fan Page resmi Facebooknya dan telah mendapat 15 juta lebih Like dari pengguna. Sebenarnya, bukan kali ini saja Facebook menghadirkan kostumisasi foto profil sementara. Facebook juga pernah menghadirkan fitur ini untuk menunjukkan dukungan dan juga simpati pengguna terhadap peristiwa tertentu yang terjadi di dunia. Seperti menambahkan warna bendera Perancis di foto profil pengguna sebagai bentuk solidaritas terhadap para korban tragedi Paris.

Untuk menambahkan Lightsaber di foto profil, kamu bisa langsung pilih dan kunjungi tautan berikut ini Light Side | Dark Side . Kemudian klik tombol Try it atau Cobalah.

Star Wars: The Force Awakens Facebook photo profile

Kamu bebas memilih sisi mana yang akan kamu bela. Jika kamu memilih Light Side atau sisi terang, kamu berpihak pada Leia dan para Jedi maka sebuah Lightsaber yang bewarna biru terang akan langsung muncul pada foto profil kamu. Dan jika kamu memilih Dark Side atau sisi gelap, kamu berpihak pada Kylo Ren, karakter baru dari kubu Sith, maka akan muncul sebuah crossguard Lightsaber atau pedang cahaya bermata tiga yang berwarna merah api menyala muncul pada foto profil kamu.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengatur kapan foto profil tersebut akan berubah kembali ke foto profil semula. Entah itu dalam waktu satu jam, satu hari, seminggu atau mungkin akan tetap selamanya sesuai dengan keinginan kamu. Nah, jika kamu penggemar berat film Star Wars, ayo tunjukkan sisi pilihanmu sekarang!!
Selengkapnya...

16 December 2015

3 Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software


Rename file

     Di Windows, terdapat berbagai macam cara untuk memproses, memodifikasi dan mengolah file yang mungkin belum kamu ketahui sampai saat ini. Salah satunya adalah melakukan rename atau mengubah nama di banyak file sekaligus (batch rename file). Mungkin kamu pernah menjumpai fitur batch rename file di berbagai aplikasi pengolah file pihak ketiga, dan di Windows sendiri sebenarnya sudah tersedia tiga pilihan tools built-in yang bisa kamu pilih untuk mengubah nama di banyak file sekaligus, diantaranya adalah Windows Explorer, Command Prompt dan PowerShell. Ketiga tools tersebut mempunyai fungsi yang mirip, namun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Jadi jika kamu mempunyai file yang cukup banyak dan ingin mengubah nama file-file secara bersamaan, kamu tidak perlu lagi mengubahnya satu per satu dan tentunya tanpa menggunakan software tambahan untuk melakukan pekerjaan tersebut.
Sekilas info, Batch processes adalah suatu proses dimana komputer akan melakukan pekerjaannya secara otomatis sampai selesai sesuai perintah yang kamu berikan sebelumnya, sehingga akan lebih memudahkan pekerjaan kamu.
Nah, Kali ini aku akan berbagi sedikit trik bagaimana cara mengubah nama file secara bersamaan tanpa menggunakan software. Berikut ini caranya:

#1. Rename File Melalui Windows Explorer

Melalui Windows Explorer adalah cara paling cepat dan termudah yang bisa kamu pakai untuk mengubah nama di banyak file. Untuk melakukan cara ini pertama-tama, letakkan beberapa file yang akan kamu rubah namanya ke dalam satu drive atau folder.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Kemudian tekan tombol Ctrl + A secara bersamaan untuk memilih semua file atau tekan dan tahan tombol Ctrl, lalu klik pada file yang kamu inginkan untuk memilih sebagian file.Lalu klik kanan pada file dan pilih Rename atau juga bisa tekan tombol F2 pada keyboard. Kemudian ketikkan nama file yang kamu inginkan, misalkan saja disini aku akan mengubah namanya menjadi IMAGE.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Jika sudah, lalu tekan Enter. Dan hasilnya, semua file yang dipilih tadi akan berubah namanya menjadi IMAGE (1), IMAGE (2), IMAGE (3) dan seterusnya.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

#2. Mengubah Ekstensi File Melalui Command Prompt

Dengan menggunakan Command Prompt, kamu tidak hanya bisa mengubah nama file saja tetapi juga bisa mengubah ekstensi atau format file untuk banyak file sekaligus dengan menggunakan perintah command DOS yaitu rename atau ren. Sedikit tips, kamu juga bisa membuka Command Prompt langsung dari drive atau folder dimana terdapat file ingin kamu ubah, dengan cara tekan dan tahan tombol Shift, lalu klik kanan pada drive atau folder tersebut dan pilih Open command window here.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Kemudian ketikkan perintah command DOS, Format perintahnya adalah sebagai berikut:

ren *.[ekstensi asal] *.[ekstensi baru]

Tanda asterisk atau bintang (*) ini berfungsi agar semua nama file diabaikan dan hanya akan mengubah ekstensi filenya saja. Contohnya saja, disini aku akan mengubah semua file yang berekstensi JPG berikut ini ke ekstensi PNG.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Dan perintah cmdnya seperti ini:  ren *.JPG *.PNG

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Jika sudah memasukkan perintahnya lalu tekan Enter. Dan hasilnya, semua file kamu yang sebelumnya berekstensi JPG telah berubah menjadi ekstensi PNG.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

#3. Rename File Melalui PowerShell

Mengubah nama untuk banyak file melalui PowerShell merupakan cara yang paling kompleks jika dibandingkan dengan dua cara diatas. Karena PowerShell lebih fleksibel untuk mengubah nama file dengan menggunakan berbagai macam perintah tertentu. Untuk memulainya, Buka PowerShell melalui Start Menu -> Accessories -> Windows PowerShell, lalu ketikkan perintah cd diikuti dengan destinasi drive atau folder untuk mengarahkan lokasi filemu berada. Format perintahnya sebagai berikut:

cd “drive atau Folder”

Untuk lebih jelasnya, simak gambar dibawah ini:

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Jika sudah memasukkan perintahnya lalu tekan Enter. Setelah itu kamu bisa memulai perintah untuk mengubah nama file. Format perintahnya sebagai berikut:

Dir | Rename-Item –NewName { $_.name –replace “nama awal“,”nama baru” }

Misalnya saja disini aku akan mengubah nama file dari IMAGE menjadi GAMBAR.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Sehingga perintahnya seperti ini: Dir | Rename-Item –NewName { $_.name –replace “IMAGE“,”GAMBAR” }

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Jika sudah, lalu tekan Enter. Dan hasilnya, file yang sebelumnya bernama IMAGE berubah menjadi nama GAMBAR.

Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Di Windows Tanpa Software

Itulah sedikit trik tentang cara mengubah nama banyak file sekaligus di Windows. Cukup mudah dan efisien bukan? Dengan menggunakan salah satu cara diatas maka kamu tidak perlu repot-repot menginstall software tambahan hanya untuk rename file-file kamu yang banyak.
Selengkapnya...

12 December 2015

Tahukah Kamu, Apa itu HarBolNas?


HarbolNas 2015

     Hari ini, pastinya para "netter" Indonesia sudah siap merapat di situs-situs belanja online favorit mereka untuk meriahkan HarBolNas. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu HarBolNas?? HarBolNas merupakan singkatan dari kata Hari Belanja Online Nasional. HarBolNas merupakan suatu event tahunan yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 12 Desember oleh berbagai situs belanja online atau e-commerce terkemuka di Indonesia serta mendapatkan  dukungan dari berbagai mitra kerjasama, diantaranya pihak perbankan, industri telekomunikasi, logisitik hingga media. Karena event tahunan ini selalu rutin diadakan pada tanggal 12 Desember, HarBolNas juga sering disebut sebagai Hari 1212, event ini sangat mirip dengan kampanye Cyber Monday atau Black Friday di negara-negara US seperti Amerika, Inggris, Kanada, Jerman dan juga Jepang.
     HarBolNas sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 oleh tujuh e-commerce Indonesia, diantaranya LAZADA, ZALORA, BerryBenka, Bilna, Traveloka, PinkEmma dan Luxola. Dan pada tahun 2015 kali ini, HarBolNas dimeriahkan oleh sekitar 130 lebih situs belanja online di Indonesia. Oleh karena itulah HarBolNas juga menjadi kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.
     Tujuan utama diadakan event tahunan ini adalah untuk mengkampanyekan serta mengedukasi masyarakat tentang kegiatan belanja online dengan mudah dan nyaman serta mengembangkan dunia industri e-commerce di Indonesia. Dalam hari belanja online nasional tersebut berbagai situs online terkemuka memberikan diskon secara besar-besaran di berbagai produknya guna menarik minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja online.
     Meskipun jatuh pada hari ini tanggal 12 Desember, di beberapa situs belanja online sebenarnya sudah memberikan promo dan diskon besar-besaran sejak tanggal 10 Desember kemarin. Jadi, tunggu apa lagi, mumpung masih belum terlambat. Buruan hunting barang-barang incaran kamu dengan diskon yang besar dan juga mari kita sukseskan Hari Belanja Online Nasional tahun ini sebagai bentuk majunya cara berbelanja masyarakat Indonesia serta meningkatnya kepercayaan terhadap bisnis e-commerce di Tanah Air.
Selengkapnya...

10 December 2015

Mengenal Lebih Dekat Dengan Remix OS, Android Rasa Windows Di PC


Remix OS

     Jika kita berbicara tentang dunia mobile baik itu smartphone ataupun tablet, tak bisa dipungkiri bahwa OS Android masih menjadi sistem operasi terpopuler di segmen perangkat mobile dan belum ada yang mampu mengalahkannya hingga saat ini. Karena salah satu kelebihan utama sistem operasi ini jika dibandingkan dengan sistem operasi kompetitornya yaitu Windows Phone dan iOS adalah OS Android merupakan sistem operasi berbasis open source yang memungkinkan bagi developer lain untuk mengembangkan lebih jauh sistem operasi ini, baik membuat berbagai aplikasinya ataupun juga mengembangkan versi Android custom atau modifikasi.
     Sementara di dunia PC, saat ini sistem operasi Windows dan OS X sepertinya masih mendominasi di segmen ini. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan perusahaan Jide Technology untuk mengembangkan Remix OS ke dalam mini PC melalui proyek crowdfunding di Kickstarter sejak Juli 2015 lalu dan kini Remix OS sudah mencapai versi terbarunya yaitu versi 2.0. Remix OS merupakan sistem operasi berbasiskan Android yang telah di custom atau di modifikasi untuk membuat Android lebih nyaman dan lebih produktif saat digunakan dalam desktop PC atau komputer. Di dalam Remix OS ini, Jide Technology juga telah menambahkan beberapa fitur-fitur pendukung yang biasanya sering kita temukan di sistem operasi yang memang lazim digunakan di desktop PC kedalam OS Android custom ini. Beberapa fitur pendukung tersebut diantaranya:

Taskbar dan Start Menu Remix OS
Taskbar dan Start Menu

System Tray Remix OS
System Tray

Konteks Menu Klik Kanan Remix OS
Konteks Menu Klik Kanan

Multitasking Remix OS
Multitasking (Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan)

File Manager Remix OS
File Manager “ala” Windows

     Selain beberapa fitur pendukung diatas, Remix OS juga mendukung perangkat keyboard dan mouse sehingga experience menggunakan desktop PC akan lebih terasa. Dan jika kita lihat, sekilas Remix OS ini sangat mirip sekali dengan sistem operasi Windows 10, mulai dari interface atau tampilan antar muka khas Metro UI sampai berbagai fitur pendukung di dalamnya. Seperti yang telah aku jelaskan sebelumnya, bahwa Remix OS dijalankan oleh sebuah mini PC. Mini PC tersebut bernama Jine Remix Mini. Untuk menggunakannya cukup dengan menghubungkannya dengan layar monitor komputer ataupun TV yang mendukung port USB.

Remix Mini

Remix OS

     Bagaimana? Keren kan? Jide Technology berusaha untuk menghadirkan pengalaman menggunakan OS Android yang sudah memiliki berbagai macam aplikasi kedalam desktop PC sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Meskipun berbagai fitur pendukung telah ditambahkan, tetapi Remix OS masih jauh dari kata “sempurna” jika dibandingkan dengan user experience Windows. Juga sepertinya masih belum siap untuk dapat menggantikan Windows atau OS X untuk keperluan produktivitas di PC. Namun bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Remix OS ini bakal bisa bersaing dengan Windows dan OS X di market desktop PC.

Sumber: Jide Technology
Selengkapnya...

06 December 2015

Jepang Mulai Mempersiapkan Jaringan 5G Berkecepatan Tinggi


5G Network

     Seperti yang telah kita ketahui, di beberapa negara termasuk di Indonesia baru saja menghadirkan jaringan 4G LTE. Di Indonesia sendiri, meskipun jaringan 4G LTE sudah dihadirkan, namun untuk saat ini di beberapa wilayah masih ada yang belum tercover. Namun perlahan tapi pasti seluruh wilayah di Indonesia bakal bisa menikmati jaringan super cepat tersebut. Sementara beberapa provider jaringan telekomunikasi di Indonesia masih sibuk menata jaringan 4G LTE-nya, salah satu provider jaringan telekomunikasi asal Jepang, NTT DoCoMo malah saat ini sedang mulai mempersiapkan uji coba jaringan 5G. Jaringan 5G tersebut diklaim mampu menyediakan kecepatan internet yang lebih tinggi daripada jaringan 4G LTE. Dalam uji coba tersebut, NTT DoCoMo bekerja sama dengan Nokia Network, Fujitsu, Ericsson dan Samsung Electronics.
     Untuk bisa menguji coba jaringan 5G ini, NTT DoCoMo menggunakan sinyal milimeter-wavelength pada frekuensi 70 GHz. Saat uji coba bersama Nokia Network di Tokyo, NTT DoCoMo mendapatkan kecepatan jaringan 5G mencapai 2 Gbps, Bersama Ericsson mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi dari sebelumnya yaitu mencapai 10 Gbps. Dan bersama Fujitsu, NTT DoCoMo berhasil mendapatkan kecepatan tertinggi dari jaringan 5G yaitu mencapai 11 Gbps.
     Kecepatan jaringan yang dihasilkan saat uji coba tersebut mungkin akan berbada dengan kecepatan jaringan 5G yang kabarnya akan diluncurkan secara komersial pada tahun 2020 mendatang. Tapi yang jelas, dengan dilakukannya uji coba kali ini, pastinya jaringan 5G bakal menjadi jaringan internet yang berkecepatan tinggi di masa depan.

Sumber:
NTT DoCoMo
Selengkapnya...

04 December 2015

Tips Membuat Password yang Kuat ala Microsoft


Tips Membuat Password yang Kuat ala Microsoft

 Bagi seseorang yang memiliki akun Email, media sosial dan akun pribadi lainnya, kegiatan membuat password atau kata sandi yang sangat kuat adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Karena password adalah gerbang keamanan utama yang sampai saat ini masih digunakan hampir di semua jenis akun. Kita tidak pernah tahu siapa yang memiliki niat buruk pada kita. Mungkin hanya orang yang iseng-iseng saja, atau bisa juga orang yang memang sudah berniat untuk kepentingan pribadi mereka.

Sebab, jika kita kehilangan akun tentunya akan menjadi malapetaka. Terlebih lagi jika akun kita digunakan oleh orang lain untuk hal-hal yang bersifat merugikan. Oleh karena itu, keamanan sebuah akun akan tergantung juga dari tingkat kekuatan password yang digunakan. Lalu, bagaimana cara membuat password atau kata sandi yang kuat?? Nah kali ini Microsoft akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara membuat password yang sangat kuat. Berikut ini tipsnya:

#1. Gunakan Karakter yang Panjang

Selalu buat password yang memiliki panjang minimal 8 karakter atau lebih panjang tentu akan semakin lebih baik.

#2. Gunakan Karakter yang Kompleks

Kompleks disini artinya selalu gunakan kombinasi huruf besar atau kecil, simbol, tanda baca dan angka. Atau gunakan tiga kombinasi sekaligus dari berbagai karakter-karakter tersebut. Karena semakin kompleks maka password kamu akan semakin kuat. Contohnya seperti ini Ro3m4Hko3_!$t4N4ko3 (rumahku istanaku) , $3NyuM!2!Nd4h (senyum itu indah) dan lain sebagainya.

Memang, menggunakan kombinasi karakter seperti itu terlihat seperti bahasa "alay" anak zaman sekarang. Hehehe XD, tetapi gaya password seperti ini merupakan kombinasi yang paling aman dan sangat sulit dipecahkan oleh orang lain. Tapi ingat, meskipun password yang kamu gunakan adalah gabungan dari huruf, angka dan juga simbol, lebih baik gunakan kombinasi karakter yang memiliki makna atau sebisa mungkin mudah dibaca agar lebih mudah untuk di ingat.

#3. Hindari Menggunakan Kata yang Sudah Umum

Biasanya kita membuat password dari kata-kata yang sering didengar atau diucapkan. Mungkin ini bertujuan agar lebih simpel dan mudah diingat. Tetapi dengan menggunakan cara tersebut, tentu password kamu akan lebih mudah ditebak oleh orang lain. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan gunakan kata-kata umum seperti dibawah ini:
  • Menggunakan kata yang berasal dari data personal kamu. Diantaranya, nama panggilan, tanggal lahir, alamat rumah, nomer telepon dan lain sebagainya.
  • Menggunakan kata-kata yang ada di dalam kamus.
  • Menggunakan kata yang dibalik, akronim atau singkatan dan kata umum lainnya.
  • Mengganti huruf atau kata yang umum digunakan menjadi simbol. Misalnya kata “dan” menjadi simbol “&” dan lain sebagainya.
  • Menggunakan karakter secara berurutan atau berulang-ulang. Contohnya seperti 123456789, 22222222, abcdefgh. Karakter berurutan di keyboard seperti qwertyuiop dan lain sebagainya.
#4. Gunakan Password Yang Berbeda Untuk Setiap Akun

Bagi yang memiliki banyak akun di internet, sangat dianjurkan agar tidak menggunakan satu password untuk semua akun. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko pencurian akun secara beruntun. Karena jika menggunakan password berbeda maka orang lain yang telah mengetahui password kamu di satu akun, tidak akan bisa mengambil akun kamu yang lain dengan menggunakan password yang sama.

#5. Uji Kekuatan Password

Yakin kalau password yang kamu buat sudah benar-benar kuat? Untuk memastikannya coba gunakan tool online gratis dari Microsoft, Yaitu Password Checker.

Password Checker
UPDATE:
Saat ini Microsoft Password Checker sudah tidak dapat digunakan lagi. Sebagai Alternatifnya, kamu bisa gunakan Password Strength Test dari Comparitech. Tool tersebut dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan orang lain untuk dapat memecahkan password buatanmu.

Oleh sebab itu, semakin sulit password yang kamu buat, maka semakin lama pula orang lain untuk dapat benar-benar mengetahui password kamu, bahkan sampai bertahun-tahun lamanya untuk dapat memecahkan password buatanmu.

Comparitech

#6. Selalu Perbarui Password Kamu Secara Berkala

Ubah password kamu secara berkala, atau setidaknya setiap 3 - 6 bulan sekali. Hal ini untuk mengecoh dan mempersulit orang lain yang mungkin sudah mengetahui password kamu jika mereka ingin membuka kembali akun dengan password yang sebelumnya mereka miliki. Untuk mempermudah mengingatkan kamu mengubah password, buatlah reminder atau pengingat untuk mengubah password di akun-akun penting yang kamu miliki. Diantaranya akun Email, e-banking, media sosial dan lain sebagainya.

Itulah sedikit tips dari Microsoft tentang cara membuat password yang sangat kuat. Perlu diketahui, tips diatas sudah aku tulis kembali dengan beberapa penambahan seperlunya agar dapat lebih mudah untuk dipahami tanpa mengurangi point-point penting didalamnya.

Sumber: Microsoft
Selengkapnya...