29 November 2015

Muncul Bocoran Terbaru Ungkap Nokia C1 Bakal Jalankan OS Android dan Windows 10


     Sejak beberapa bulan yang lalu, banyak sekali render bocoran foto smartphone Nokia C1 yang kabarnya akan menjalankan sistem operasi Android murni. Nokia C1 sendiri banyak yang menduga akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan nama Nokia setelah perusahaan asal Finlandia tersebut menjual bagian divisi mobile kepada Microsoft sejak beberapa tahun yang lalu. Hal ini diperkuat dengan adanya konfirmasi CEO Nokia bahwa mereka akan merilis smartphone baru setelah perjanjian kontrak dengan Microsoft akan berakhir pada tahun 2016 nanti.
     Dan kali ini, untuk kesekian kalinya muncul sebuah bocoran render foto terbaru yang memperlihatkan tampilan interface atau tampilan antar muka dari Nokia C1. Yang paling menarik dari render foto tersebut, digambarkan jika Nokia bakal menggunakan dua tampilan interface yang berbeda dari bocoran-bocaran sebelumnya. Jika kita lihat dari foto tersebut, bahwa device Nokia yang berada di depan menjalankan sistem operasi Android dengan Z Launcher, sedangkan device yang "mengintip" di belakang menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile.

Nokia C1

     Dengan munculnya bocoran foto tersebut, Nokia C1 diduga akan tersedia dalam dua pilihan versi yang berbeda, yaitu versi Android dan versi Windows. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Nokia mengenai detail spesifikasi yang diusung oleh Nokia C1 apakah juga bakal menjalankan sistem operasi Windows atau tidak. Jadi perlu diketahui, bahwa hal ini masih hanya sebatas rumor saja dan belum bisa dipastikan kebenarannya.
     Kabarnya, Nokia C1 didesain langsung oleh Nokia dan akan diproduksi oleh Foxconn. Foxconn sendiri adalah perusahaan manufaktur asal Taiwan yang membuat komponen elektronik terbesar di dunia, dan saat ini juga bekerja sama dengan Apple dalam memproduksi iPhone dan iPad. Namun belum diketahui apakah Nokia C1 akan dirilis di Indonesia atau tidak. Karena kabarnya pada awal perilisannya, Nokia C1 hanya akan dirilis di Eropa, India dan China.

Sumber: Nokiapoweruser | WinPoin
Selengkapnya...

28 November 2015

Microsoft Merilis Nokia 230 dan 230 Dual SIM, Featured Phone yang Murah Meriah


     Disaat banyak vendor yang semakin gencar merilis smartphone terbaru mereka dengan spesifikasi yang sangat canggih. Namun Microsoft tampaknya tidak akan pernah melupakan kejayaan featured phone dengan harga murah yang sangat laris pada masanya. Oleh karena itu, Microsoft kembali merilis dua seri featured phone terbaru mereka dengan harga terjangkau yaitu Nokia 230 dan Nokia 230 Dual SIM.
     Digunakannya nama Nokia dalam jajaran ponsel besutan Microsoft kali ini karena kabarnya Nokia masih terikat kontrak dengan Microsoft hingga tahun 2016 mendatang. Yang paling menarik, meskipun masuk di jajaran featured phone, Microsoft mendesain Nokia 230 dan Nokia 230 Dual SIM dalam body yang sangat elegan dan tampak mewah. Karena kedua ponsel ini memiliki body yang terbuat dari polycarbonat, sedangkan pada bagian back cover-nya terbuat dari material aluminium sehingga terkesan tampak sangat kokoh.

Nokia 230 dan Nokia 230 Dual SIM

     Dua featured phone tersebut memiliki spesikasi dan fitur yang sama. Mengusung desain batangan atau candybar dengan keypad "klasik" khas ponsel lawas pada umumnya serta memiliki layar 2.8 inchi QVGA beresolusi 240x320, RAM 16MB, dukungan kartu memori MicroSD hingga 32 GB, kamera 2 Megapixel dibagian depan dan belakang yang dilengkapi LED Flash dan juga sama-sama menggunakan OS Series 30+. Tetapi sayangnya, kedua ponsel tersebut tidak mendukung jaringan 3G apalagi 4G, melainkan hanya mendukung jaringan 2,5G saja.
     Untuk fitur-fiturnya, jangan berharap terdapat fitur yang canggih didalamnya. Namun bisa dikatakan sudah lumayan cukup "pintar" untuk sekelas ponsel Low-end pada umumnya. Fitur-fitur tersebut diantaranya MP3 player, FM radio, Glance Screen, lampu senter, built-in apps Opera Mini, Opera Store, Bing search, MSN weather dan support aplikasi sosial media diantaranya Facebook, Twitter, hingga Skype GroupMe. Ada satu lagi yang menarik, pengguna bisa mendownload satu game gratis dari Gameloft setiap bulan selama satu tahun termasuk game Assassin's Creed Brotherhood dan juga Midnight Pool 3.
     Seperti yang telah kita ketahui selama ini, salah satu keunggulan dari featured phone adalah memiliki daya tahan baterai yang tak tertandingi. Begitupun juga sama halnya dengan kekuatan baterai dari Nokia 230 dan Nokia 230 Dual SIM yang dibekali baterai sebesar 1.200 mAh. Pada Nokia 230, memiliki talk time atau waktu bicara selama 23 jam dengan waktu standby hingga sampai 27 hari, sedangkan pada Nokia 230 Dual SIM waktu standby-nya hanya sampai 22 hari. Dan keduanya sanggup memutar musik hingga 52 jam.
     Kabarnya, Nokia 230 dan 230 Dual SIM ini akan mulai dipasarkan di Asia, India, dan Timur Tengah pada awal bulan Desember 2015 mendatang dengan harga yang sangat terjangkau, karena kedua ponsel tersebut dijual dengan harga 55 USD atau hanya sekitar 750 ribu rupiah. Namun, belum diketahui apakah kedua ponsel tersebut juga akan masuk ke Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Sumber: Microsoft dan berbagai sumber
Selengkapnya...

25 November 2015

Google Perkenalkan Situs Untuk Menyambut Film Terbaru Star Wars


Star Wars

       Bagi kamu yang suka dengan film yang bergenre Sci-Fi pasti tidak asing lagi dengan film yang sangat melegenda dan epik ini. Ya, Star Wars adalah sebuah film fiksi ilmiah yang menceritakan kehidupan di sebuah galaksi di luar angkasa pada masa lalu. Film yang terdiri dari dua trilogi ini pertama kali dibuat pada tahun 1977 dan sebentar lagi akan merilis episode terbarunya yang ke tujuh pada akhir tahun ini, tepatnya tanggal 18 Desember 2015 yang berjudul Star Wars: The Force Awakens. Berbagai promosi film ini pun mulai gencar dilakukan di seluruh dunia. Mulai dari toko-toko yang banyak menjual merchandise dengan judul film ini sampai toko LEGO pun juga turut menciptakan LEGO yang bertema Star Wars di toko mereka.

       Seakan tidak mau ketinggalan dengan "demam" Star Wars, raksasa mesin pencarian Google juga turut mempromosikan film ini. Google memeriahkannya dengan menghadirkan sebuah situs edisi khusus bertema film Star Wars. Di situs tersebut memungkinkan kamu dapat memilih bergabung dengan tim Dark Side (tim yang berkarakter jahat) atau Light Side (tim yang berkarakter baik). Yang paling menarik, setelah kamu menentukan sisi pilihanmu, maka seluruh aplikasi Google diantaranya Gmail, YouTube, Google Now, Google Translate, Google Maps, Android Wear, Chromecast, dan beberapa layanan Google yang lainnya juga akan berganti tema menyesuaikan sisi pilihanmu. Namun setelah aku coba, perubahan tema yang paling mencolok hanya pada Gmail versi web saja. Sedangkan pada YouTube yang berubah hanya pada bagian slider bar dan volume bar.

       Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, silahkan kunjungi dan login ke situs Google Star Wars di https://www.google.com/starwars dengan akun Google kamu. Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan sisi atau tim. Yaitu Dark side atau Light side. Jika kamu memilih Dark Side, maka kamu akan berpihak pada komplotan Kylo Ren beserta para anak buahnya melakukan aksi kejahatannya. Dan jika kamu memilih Light Side, maka kamu akan berpihak pada Leia beserta kawan-kawannya yang akan membasmi kejahatan. (karena aku suka dengan karakternya Darth Vader, maka dalam hal ini aku memilih Dark Side. Tapi bukan berarti aku jahat lho ya. Hehehe XD)

Google Star Wars

Setelah kamu memilih salah satu sisi, maka kamu akan diberikan berbagai macam atribut bertema Star Wars sesuai sisi pilihanmu. Diantaranya profile picture yang bisa kamu share di Facebook, Twitter, dan Google+. Atau kamu juga bisa langsung mendownloadnya

Google Star Wars

Bila kamu ingin mengubah background browser Google Chrome-mu dengan wallpaper edisi Star Wars sesuai pilihan sisimu, silahkan klik icon Chrome lalu download Ekstensi “Awaken The Force Within” dengan mengklik Add to Chrome.

Google Star Wars

Wallpaper ini akan muncul saat kamu membuka tab baru.

Google Star Wars

Jika sudah, sekarang coba buka akun Gmail kamu. Maka animasi loading bar di Gmail akan berubah menjadi pedang Lightsaber sesuai sisi yang kamu pilih lho!!

Google Star Wars

Pada tampilan background Gmail juga akan berubah dengan nuansa Star Wars

Google Star Wars

Sedangkan pada YouTube, dibagian slider bar dan volume bar berubah menjadi warna pedang Lightsaber

Google Star Wars

Bagaimana? Keren kan? Tidak hanya tampilan Gmail dan YouTube saja yang berubah, pada icon penanda posisi di layanan Google Maps juga berubah menjadi sebuah pesawat The Fighter. Jadi bagi kamu yang suka dengan film Star Wars, ayo bangkitkan kekuatan The Force di akun Google-mu!!

Selengkapnya...

23 November 2015

5 Mitos Tentang Cara "Nge-charge" Baterai Ponsel yang Keliru


charge

     Kegiatan "Nge-charge" atau melakukan pengisian daya baterai ponsel adalah kegiatan yang selalu rutin dilakukan bagi pengguna ponsel atau smartphone. Namun dari zaman ponsel Nokia yang masih berbentuk pisang atau batangan sampai sekarang zamannya smartphone yang memiliki body super tipis dan canggih, tetap saja masih ada mitos-mitos yang berkembang seputar pengisian daya baterai.
     Akibatnya, pengguna pun bisa menjadi bingung akan hal-hal yang cenderung simpang siur, karena semua mitos tersebut kebanyakan keliru dan tidak relevan dengan kondisi ponsel yang sudah canggih saat ini. Lalu, apa saja mitos yang sebenarnya keliru mengenai pengisian daya baterai ponsel? Berikut ini aku berikan 5 mitos yang keliru tentang cara "Nge-charge" baterai ponsel:

#1. Men-charge Selama 7-8 jam Sebelum Pemakaian Pertama Pada Baterai atau Ponsel Baru

Sampai sekarang, masih saja banyak penjual ponsel yang menyarankan pembelinya untuk "Nge-charge" baterai atau ponsel baru selama 7 sampai 8 jam sebelum pemakaian pertama. Memang, zaman dulu cara ini sangat dianjurkan pada ponsel yang masih menggunakan baterai jenis Ni-MH (Nikel-Metal Hydride). Karena hal tersebut untuk mengoptimalkan kemampuan dan kapasitas baterai.

Tapi, apakah hal tersebut masih diterapkan pada ponsel zaman sekarang yang sudah menggunakan baterai jenis Lithium Ion (Li-Ion) atau Lithium Polymer (Li-Po)?? Tentu saja cara tersebut sudah tidak berlaku lagi. Sebenarnya, kamu bisa langsung menggunakan baterai atau ponsel baru tersebut karena baterai ponsel sebelumnya memang sudah terisi sebagian dari pabriknya. Dan kamu hanya cukup men-charge baterai ponsel sampai penuh saja dan tidak perlu men-charge-nya sampai berjam-jam.

#2. "Nge-charge" Baterai Terlalu Lama Mengakibatkan Baterai Cepat Rusak

Kegiatan "Nge-charge" ponsel yang lama biasanya dilakukan seseorang saat sebelum tidur. Namun, apakah kebiasaan tersebut akan mengakibatkan baterai ponsel cepat rusak? Jawabannya adalah tidak. Pada ponsel keluaran terbaru sudah memiliki fitur charging protection dimana dapat memutus arus listrik secara otomatis saat baterai sudah terisi penuh meskipun ponsel masih dalam keadaan tersambung ke chargernya. Bahkan pada beberapa smartphone tertentu sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging yang bisa mengisi baterai sampai penuh hanya dalam beberapa menit saja.

#3. Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Sedang Di-charge

Mitos ini juga keliru. Karena faktanya, menggunakan ponsel pada saat baterai sedang di-charge sama sekali tidak akan berpengaruh buruk pada baterai ponsel. Baterai akan tetap terisi seperti biasanya pada saat pengisian baterai meskipun ponsel  sedang tidak digunakan atau sedang digunakan. Karena biasanya pada ponsel keluaran terbaru juga seringkali otomatis aktif sendiri saat sedang di-charge. Misalkan saja, untuk mendownload update dari software ataupun juga sinkronisasi data.

#4. Baterai Hanya Boleh Diisi dengan Charger Bawaan / yang Aslinya

Setiap produsen ponsel, pasti mewajibkan konsumennya jika akan mengisi baterai harus dengan menggunakan charger bawaan ponsel atau yang aslinya. Anjuran ini bisa kamu temukan di buku panduan ponsel kamu. Karena jika charger lain, bisa berakibat ponsel jadi cepat rusak. Anjuran tersebut sebenarnya memang tidak salah. Karena dengan menggunakan charger bawaan yang kompatibel dengan ponselnya, arus listrik yang disalurkan pada saat pengisian baterai ponsel menjadi lebih stabil.

Namun bukan berarti kamu harus selalu menggunakan charger bawaan ponsel jika ingin mengisi baterai. Karena faktanya, kamu masih bisa menggunakan charger lain mana pun untuk mengisi baterai ponselmu. Tetapi tentu saja, setiap charger kemampuan yang berbeda-beda.

#5. Menaruh Baterai Didalam Freezer Agar Tidak Nge-drop Lagi

Jika mendengar mitos yang sudah lama berkembang ini terkadang aku langsung ketawa sendiri. Entah siapa yang pertama kali menciptakan tips yang sangat tidak benar ini?? Bagaimana mungkin baterai yang jadi cepat habis saat baru digunakan atau istilahnya nge-drop ini jika dimasukkan kedalam freezer atau lemari es bisa awet lagi?? Yang ada malah baterai dapat mengalami kerusakan akibat terkena suhu dingin yang berlebihan.

Itulah beberapa mitos-mitos tentang cara "Nge-charge" baterai ponsel yang keliru. Jadi saran aku, sebaiknya charger baterai ponsel kamu yang wajar-wajar saja (kalau baterai sudah penuh, ya langsung dilepas saja dari chargernya).
Selengkapnya...

17 November 2015

10 Bandara Dengan Koneksi WiFi Tercepat di Dunia, Indonesia Juga Termasuk Salah Satunya


WiFi gratis di bandara

     Tidak bisa dipungkiri, di era kemajuan teknologi saat ini, keberadaan fasilitas jaringan koneksi WiFi gratis di area publik seperti di taman hiburan, restoran, cafe dan lain sebagainya menjadi fasilitas yang "wajib ada" agar pengunjung lebih betah menghabiskan waktu mereka untuk berselancar di internet disana. Apalagi jaringan koneksi WiFi gratis yang tersedia di bandara atau airport, juga merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting bagi para calon penumpang. Karena mereka bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk berselancar di internet dengan menggunakan laptop atau perangkat mobile lainnya agar mereka tidak cepat bosan menunggu jadwal penerbangan.
     Berbicara soal jaringan koneksi WiFi di bandara, baru-baru ini Situs Rotten WiFi telah merilis laporan tentang daftar 10 bandara yang memiliki koneksi WiFi tercepat di dunia. Rotten WiFi menyusun laporannya dari hasil survei di lebih dari 130 bandara yang berada di 53 negara di dunia. Yang paling membanggakan dari hasil laporan Rotten WiFi tersebut, Bandara internasional Ngurah Rai yang berada di Denpasar, Bali juga masuk dalam daftar 10 bandara dengan koneksi WiFi tercepat nomer 6 dunia. Woow!!!

(Baca Juga: 10 Negara Dengan Akses Internet Tercepat di Dunia)

     Rotten WiFi telah menempatkan Bandara Ngurah Rai di urutan ke enam dengan kecepatan download rata-rata mencapai 16,01 Mbps. Koneksi WiFi di bandara Ngurah Rai sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan bandara internasional Kaohsiung di Taiwan yang memiliki kecepatan download rata-rata mencapai 15,48 Mbps yang berada di urutan ke tujuh, dan sedikit lebih lambat dari bandara internasional Helsinki di Finlandia, yang memiliki kecepatan download rata-rata mencapai 17,46 Mbps.
     Sedangkan untuk bandara dengan koneksi WiFi tercepat yang pertama diduduki oleh Bandara internasioal Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand dengan kecepatan download rata-rata mencapai 41,45 Mbps. Yang kemudian disusul oleh bandara Chattanooga Metropolitan di Amerika Serikat yang berada di urutan ke dua dengan kecepatan download rata-rata memcapai 30,9 Mbps. Berikut ini adalah infografis dari daftar 10 bandara yang memiliki koneksi WiFi tercepat di dunia.

10 Bandara Dengan Koneksi WiFi Tercepat di Dunia

     Dengan masuknya bandara internasional Ngurah Rai di jajaran top 10 bandara dengan koneksi WiFi tercepat di dunia, semoga fasilitas WiFi di bandara-bandara yang lainnya di Indonesia juga bisa mengikuti jejak bandara Ngurah Rai. Tidak hanya di bandara saja, fasilitas WiFi publik di tempat-tempat umum lainnya kalau bisa juga harus lebih ditingkatkan lagi kecepatannya.

Sumber: Rotten WiFi
Selengkapnya...

14 November 2015

Vienna, Inikah Smartphone Android Kedua Dari BlackBerry?


     Tampaknya saat ini BlackBerry semakin semangat membuat Smartphone yang berbasis Android. Setelah merilis smartphone BlackBerry ber-OS Android pertamanya yaitu BlackBerry Priv, yang ternyata cukup banyak diminati oleh para pecinta Android. Dan belum lama ini, muncul bocoran tentang smartphone Android kedua BlackBerry yang memiliki codename Vienna.
     Selain itu, muncul juga bocoran beberapa foto render yang memperlihatkan desain bentuk fisik dari BlackBerry Vienna,  foto-foto tersebut pertama kalinya diunggah oleh website CrackBerry. Perlu diketahui, foto-foto yang beredar luas saat ini bisa jadi bukan sebagai desain akhir dari Vienna, mungkin desainnya akan berbeda saat nanti diperkenalkan secara resmi. Namun jika dilihat dari foto saat ini, sepertinya Vienna mengusung desain yang sangat berbeda sekali dengan seri smartphone Android pertama, BlackBerry Priv.

BlackBerry Vienna

     Dari foto-foto diatas bisa dilihat bahwa BlackBerry Vienna memiliki desain yang terkesan lebih mewah dan elegan. Jika pada seri sebelumnya mengusung desain geser atau slider pada keyborad QWERTYnya, namun keyboard pada Vienna didesain secara permanen, hal tersebut akan membuat dimensi Vienna kelihatan menjadi lebih slim. Desain seperti ini bisa dikatakan sudah menjadi ciri khas dari desain smartphone BlackBerry selama ini. Yang paling menarik, terdapat beberapa tombol navigasi fisik tepat dibawah layar. Tidak hanya itu saja, pada BlackBerry Vienna juga memiliki beberapa pilihan warna yang beragam, yaitu perak, biru, hitam dan merah yang membuat smartphone ini tampak lebih cantik.
     Selain codename dan beberapa foto render yang beredar, hingga saat ini belum ada bocoran informasi lagi tentang detail spesifikasi yang diusung oleh BlackBerry Vienna ini. Kemungkinan pihak Blackberry akan resmi memperkenalkan smartphone Android terbarunya ini pada tahun 2016 mendatang.

Sumber: CrackBerry
Selengkapnya...

13 November 2015

Mengenal Pengertian Teknologi Virtual Reality Beserta Kegunaannya


    Bagi kamu yang sering membaca artikel-artikel tentang teknologi, pasti kamu pernah menjumpai istilah teknologi Virtual Reality. Biasanya istilah ini sering muncul saat kita sedang membaca artikel yang membahas tentang dunia game. Namun, kamu pasti bertanya-tanya apa itu teknologi Virtual Reality??
Nah, pada artikel kali ini aku akan mengajak kalian untuk mengenal lebih dekat tentang pengertian teknologi Virtual Reality itu dan juga beserta kegunaanya.

Apa Itu Teknologi Virtual Reality??

    Virtual Reality merupakan sebuah inovasi teknologi terbaru yang dikembangkan untuk memungkinkan seseorang melakukan suatu interaksi terhadap suatu objek grafis dengan visualisasi 3D atau gambar berhologram. Teknologi ini mampu memberikan sebuah pengalaman baru bagi penggunanya, karena pengguna seolah-olah bisa menyentuh objek tersebut secara langsung. Jadi sederhananya, Virtual Reality adalah tampilan gambar tiga dimensi yang terlihat seperti nyata yang diciptakan dengan bantuan perangkat komputer ataupun juga beberapa perangkat tertentu.
    Dengan teknologi ini, pengguna juga dapat merasakan berada dunia nyata, padahal sebenarnya mereka hanya berada di dunia virtual atau dunia maya. Untuk mendukung jalannya teknologi Virtual Reality ini, biasanya pengguna juga bisa menggunakan beberapa perangkat yang canggih berupa helm atau kacamata, headset, sarung tangan dan walker.

Virtual Reality

    Helm atau kacamata berfungsi untuk memvisualisasikan tampilan gambar agar pengguna dapat melihat perspektif gambar terlihat lebih dekat dan lebih nyata. Headset berfungsi memberikan efek-efek suara yang keluar kepada pengguna dengan lebih jelas, sehingga akan membuat pengguna seperti didalam suasana yang nyata. Sarung tangan dan walker berfungsi sebagai media penghubung interaksi tangan dan kaki pengguna dengan dunia virtual yang diciptakan oleh Virtual Reality, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman menyentuh, merasakan benda-benda yang muncul secara virtual dan berjalan di dunia maya seperti nyata. Elemen-elemen di dalam Virtual Reality sendiri terbagi dalam beberapa bagian, yaitu:
  • Virtual World : Merupakan sebuah konten grafis maupun hologram yang mampu menciptakan dunia secara virtual dalam bentuk screen play.
  • Sensory Feedback : Merupakan media untuk menyampaikan serangkaian informasi dari virtual world menuju ke indera pengguna. Beberapa informasi yang disampaikan diantaranya penglihatan, pendengaran dan juga sentuhan.
  • Interactivity : Berfungsi untuk merespon segala gerakan dan sentuhan pengguna. Sehingga pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan berbagai objek di dalam dunia virtual.
  • Immersion : Merupakan elemen yang bisa dikatakan sangat penting di dalam teknologi Virtual Reality. Karena bagian ini dapat membuat dapat mempengaruhi pengguna baik secara fisik maupun mental. Sehingga pengguna merasa jika dirinya berada di sebuah lingkungan yang nyata, padahal pengguna hanya berada dalam dunia virtual dan tidak terjadi secara nyata.
Kegunaan Teknologi Virtual Reality

    Saat ini, teknologi Virtual Reality sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang. Seperti bidang kedokteran, penerbangan, militer, bahkan juga digunakan sebagai perangkat pendukung untuk bermain game. Pada bidang kedokteran, Virtual Reality biasanya digunakan untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh sehingga organ-organ dalam tubuh tampak terlihat lebih nyata.

Virtual Reality di bidang kedokteran

    Sedangkan pada bidang penerbangan, Virtual Reality digunakan sebagai simulasi penerbangan bagi para pilot. Simulasi penerbangan disini meliputi cara menerbangkan pesawat di berbagai kondisi cuaca, cara berkomunikasi antar pesawat satu dengan yang lain atau dengan bandara serta cara mengatasi keadaan yang darurat jika terjadi masalah saat terbang. Hal ini bertujuan agar pilot dapat lebih terbiasa dan mengenal berbagai medan serta akan lebih mendapatkan pengalaman yang cukup jika suatu saat pilot menerbangkan pesawat terbang yang sebenarnya.

Virtual Reality di bidang penerbangan

    Dan pada bidang militer, Virtual Reality digunakan sebagai simulasi perang. Para tentara akan merasakan situasi di medan pertempuran yang terlihat secara nyata. Cara ini dipilih karena cukup efektif dalam mengadakan latihan perang dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya.

Virtual Reality di bidang militer

    Tidak hanya itu saja, saat ini banyak perusahan-perusahan teknologi yang berlomba mengembangkan teknologi Virtual Reality ini, contohnya saja Microsoft dengan kacamata masa depannya yang bernama HoloLens, Oculus VR dengan perangkat virtual reality bagi para gamer yang bernama Oculus Rift dan masih banyak lagi perusahaan lainnya. Karena mampu memberikan pengalaman "bersentuhan langsung" dengan suatu objek di dunia virtual atau dunia maya, kecanggihan teknologi ini juga pernah diadopsi ke dunia film. Contohnya saja, jika kamu pernah menonton film Iron Man, maka kamu akan melihat adegan Tony Stark sedang asyik bekerja dengan layar komputer hologram-nya.

    Itulah penjelasan tentang teknologi Virtual Reality beserta kegunaannya di berbagai bidang. Meskipun perangkat dengan teknologi Virtual Reality ini belum banyak beredar dipasaran, bukan tidak mungkin suatu saat nanti setiap orang akan bisa merasakan pengalaman menjelajah ke dalam dunia virtual.
Selengkapnya...

09 November 2015

Inilah 2 Smartphone 4G Pertama yang Berlabel "Made in Indonesia"


Lenovo A2010 dan Lenovo A6010

     Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 4 November kemarin, vendor smartphone ternama asal Tiongkok, Lenovo telah meresmikan pabrik produksi pertamanya di Indonesia yang berada di Serang, Banten, dan merupakan salah satu pabrik yang dibangun di luar China setelah Jepang, Brasil, Meksiko dan Amerika Serikat. Sebenarnya pihak Lenovo memang sudah lama berencana ingin membuka pabrik produksi smartphone di Indonesia, yang akhirnya rencana mereka dapat terealisasi sekarang.
     Lenovo juga bekerja sama dengan pabrik lokal PT. Tridharma Kencana (TDK) untuk memenuhi persyaratan Kementrian Dalam Negeri tentang aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada smartphone produksi lokal. Pabrik Lenovo di Indonesia sendiri akan memproduksi dua seri smartphone 4G yaitu Lenovo A2010 dan Lenovo A6010 yang sekaligus menjadi smartphone 4G pertama yang berlabel "Made in Indonesia".

Spesifikasi Lenovo A2010 Lenovo A6010
Dimensi 131.5 x 66.5 x 9.9 mm 141 x 70 x 8.2 mm
Berat 137 gram 130 gram
Layar Capacitive Touchscreen, IPS 4.5 inchi 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density) Capacitive Touchscreen, IPS 5 inchi HD 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Sistem Operasi Android OS, v5.1 (Lollipop) Android OS, v5.1 (Lollipop)
Processor Mediatek MT6735M, Quad-core 1 GHz Snapdragon 410, Quad-core 1.2 GHz
GPU Mali-T720 Adreno 306
RAM 1 GB 2 GB
Memori Internal 8 GB (microSD up to 32 GB) 16 GB (microSD up to 32 GB)
Jaringan EDGE, HSPA, 4G LTE Cat4 150/50 Mbps EDGE, HSPA, 4G LTE FDD & TDD
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0, A-GPS Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0, A-GPS, FM Radio
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, Auto Focus, LED flash 13 MP, CMOS, 2592 х 1944 pixels, Auto Focus, Digital image Stabilization, LED flash
Kamera Depan 2MP 5MP Fixedfocus
SIM Dual SIM Dual SIM
Baterai Li-Po 2000 mAh Li-Po 2300 mAh

     Pabrik Lenovo ini memiliki tiga lini produksi dengan kapasitas produksi 75 ribu hingga 150 ribu unit smartphone setiap bulan. Meskipun kandungan TKDN yang ada pada smartphone 4G Lenovo masih mencapai 20 persen yang meliputi karyawan lokal, mesin pemroses dan pajak, kemungkinan Lenovo masih akan meningkatkan TKDN pada awal tahun 2017 mendatang hingga sebesar 30 persen. Langkah Lenovo tersebut juga di apresiasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong.
     Hingga saat ini, smartphone 4G seri Lenovo A2010 sudah mulai dirilis di pasaran yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,2 jutaan. Sedangkan Lenovo A6010 yang kabarnya pihak Lenovo akan mulai membuka masa pre-order pada tanggal 11 November besok dengan menggandeng situs jual beli online Lazada.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Selengkapnya...

04 November 2015

Perbedaan Antara Software dan Aplikasi di Komputer


     Selama ini, kebanyakan orang sama sekali tidak mempermasalahkan dengan menyebut istilah software dan aplikasi sebagai suatu istilah yang tidak ada bedanya. Karena dengan menggunakan dua istilah itu, orang lain yang masih awam, termasuk aku sendiri yang dulu baru pertama kali mengenal komputer, akan menganggapnya jika orang-orang tersebut sangat berpengalaman dan berpengetahuan luas dalam dunia teknologi. Namun, banyak sekali orang yang tidak tahu apa itu software dan aplikasi dalam arti yang sebenarnya.
     Arti istilah software dan aplikasi sebenarnya hampir sama, namun ada perbedaan mendasar yang menjadi suatu pertimbangan pada setiap orang memutuskan untuk menyebutnya apakah itu software ataukah aplikasi. Nah, sebelum aku menjelaskannya lebih jauh, perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya aplikasi adalah bagian dari software. Jadi, istilah software mempunyai arti yang lebih luas.

Perbedaan Antara Software dan Aplikasi di Komputer

Perbedaan Antara Software dan Aplikasi

     Software adalah perangkat lunak yang bekerja pada suatu sistem untuk mengolah berbagai data dalam bentuk digital yang kemudian memprosesnya sebelum di kirimkan ke perangkat yang lain. Software juga mengacu pada suatu program atau berbagai data yang tersimpan di komputer. Hal tersebut dapat didefinisikan sebagai seperangkat program, prosedur dan algoritma yang penggunaannya berkaitan erat dengan sistem pengolahan data.
     Hal ini untuk menciptakan sebuah GUI (Graphic User Interface) atau tampilan antar muka dimana pengguna dapat berinteraksi dengan hardware atau perangka keras, seperti Keyboard, Mouse, Printer dan lain sebagainya serta berbagai aplikasi lain di dalamnya. Software sendiri dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu perangkat lunak tertulis, perangkat lunak suatu aplikasi dan juga perangkat lunak ber-platform contohnya seperti OS (Operating System) atau sistem operasi Windows, Linux dan lain sebagainya. Software berfungsi untuk mengolah suatu perintah yang dikehendaki oleh penggunanya yang bersifat menyeluruh dalam suatu sistem komputer.
     Jadi bisa dikatakan, Software merupakan sebuah program yang wajib dimiliki dalam sebuah komputer. Tanpa adanya software, maka seluruh sistem tidak akan berfungsi. Biasanya, software memiliki ukuran file yang sangat besar, mulai ratusan MB (MegaByte) bahkan hingga sampai beberapa GB (GigaByte). Sedangkan untuk proses installasinya membutuhkan waktu yang lumayan lama serta sedikit ribet. Dan untuk harganya, software dijual relatif lebih mahal dibandingkan dengan aplikasi.

     Sementara aplikasi atau sekarang juga biasa dikenal sebagai Apps merupakan bagian dari sebuah software. Aplikasi dirancang lebih spesifik dan berinteraksi langsung dengan suatu pekerjaan penggunanya. Serta aplikasi bisa hanya diciptakan secara khusus untuk sistem operasi tertentu maupun juga untuk semua sistem operasi atau biasa disebut dengan Cross-Platform. Aplikasi sendiri berfungsi membantu memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas di komputer. Misalnya saja, kamu bekerja di bagian desain grafis maka kamu pasti akan membutuhkan sebuah aplikasi pengolah grafis Seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain sebagainya.
     Jadi, aplikasi tidak diharuskan atau diwajibkan ada dalam sebuah komputer, mengingat fungsinya hanya untuk membantu suatu pekerjaan saja. Biasanya aplikasi memiliki ukuran file yang relatif lebih kecil, hanya beberapa MB saja. Sedangkan untuk proses installasinya, membutuhkan waktu yang relatif singkat dan cepat. Dan untuk harganya, aplikasi dijual lebih murah dibandingkan dengan software.

     Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara software dan aplikasi terletak di bagaimana fungsinya, cara installasi, ukuran file, bahkan harganya. Atau bisa dikatakan juga software belum tentu aplikasi, tetapi aplikasi sudah pasti software.

Selengkapnya...

01 November 2015

Arrow Launcher untuk Android Akhirnya Dirilis, Launcher Keren Buatan Microsoft


    Microsoft akhir-akhir ini semakin gencar membuat aplikasi dan layanannya bagi pengguna Android. Setelah sebelumnya Microsoft telah merilis Office untuk Android, kali ini Microsoft merilis launcher Android terbarunya bernama Arrow Launcher. Bagi kamu pengguna Android yang bosan dengan user interface atau tampilan smartphone Android kamu yang itu-itu saja, mungkin kamu bisa mencoba launcher buatan Microsoft yang satu ini.
    Ya, Arrow Launcher ini dibuat untuk mengubah tampilan menjadi Android lebih simple, produktif dan semakin lebih atraktif. Launcher yang dikembangkan oleh Microsoft Garage ini memang didesain untuk menyederhanakan tampilan dengan mampu mempelajari dan beradaptasi aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna. Tidak hanya itu saja, Arrow Launcher juga bisa mengurutkan daftar kontak dari orang yang paling sering kamu hubungi, sehingga menjadikan smartphone Android kamu akan tampak lebih personal.

Arrow Launcher

    Arrow Launcher ini memiliki tiga bagian layar utama. Pertama, adalah bagian homescreen akan ditampilkan daftar aplikasi yang sering kamu gunakan serta menu Recent yang berfungsi menampilkan daftar aktivitas terbaru tentang file yang sebelumnya dibuka, seperti file foto, video, file download, daftar aplikasi yang baru diinstall, panggilan yang tidak terjawab dan sms yang masuk. Kedua, adalah bagian App Drawer yang berisi daftar aplikasi yang diurutkan sesuai urutan abjad. Dan yang ketiga, adalah bagian People yang berisi daftar kontak yang paling sering berinteraksi dengan kamu. Sedangkan pada kustomisasinya, disediakan untuk mengatur halaman, wallpaper, widget, Bing search, serta mendukung icon pack dari pihak ketiga. Serta terdapat fitur yang tidak kalah menariknya, Arrow Launcher juga dilengkapi dengan dock yang hampir mirip seperti bagian control center pada smartphone iOS.
    Arrow Launcher kompatibel dengan OS Android 4.0.3 ke atas dan hanya membutuhkan space memori 4,3 MB pada saat instalasi pertama. Bahkan Microsoft menjamin bahwa launcher buatannya juga tidak banyak memakan memori RAM, penggunaan daya baterai yang efisien dan diklaim cukup ringan serta memiliki performa yang sangat baik. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba launcher yang keren ini. Kamu bisa langsung download secara gratis di Google Play Store.

Selengkapnya...