28 June 2015

Wallpaper Windows 10 ini Dibuat dari Cahaya


   Kurang lebih 1 bulan lagi, tepatnya pada tanggal 29 Juli nanti Windows 10 final akan dirilis oleh Microsoft. Dan saat ini Microsoft masih terus berusaha membuat Windows 10 tampak eksklusif dan lebih menarik. Salah satu usaha terbaru dari Microsoft adalah dengan membuat Wallpaper “Hero Desktop Image” yang beberapa waktu lalu telah mereka publikasikan video Behind the Scenes proses pembuatannya di YouTube. Wallpaper tersebut bukanlah hasil dari jepretan foto biasa.

Windows 10 “Hero Desktop Image”

   Creative Director proyek tersebut yang bernama Bradley G. Munkowitz (Gmunk) menggunakan kamera beresolusi 50 megapixel serta berbagai macam perlengkapan untuk mengambil efek gambar seperti Blasting lasers, colored filters, pumping smoke machines dan falling crystal dust. Selanjutnya, mereka menyatukan bermacam foto dengan 10 eksposur yang berbeda-beda ke dalam satu gambar untuk mendapatkan kesan yang mengagumkan. Dan hasil akhirnya adalah logo Windows 10 yang seolah-olah murni tercipta dari sorotan cahaya.

Berikut ini adalah video proses pembuatan Wallpaper Windows 10 "Hero Desktop Image":


   Bagaimana?? keren bukan?? wallpaper tersebut terasa seperti suasana yang kelam dan berkabut dengan sorotan berkas cahaya memancar yang keluar membentuk logo Windows 10. Namun belum diketahui pasti apakah nanti wallpaper tersebut akan menjadi Wallpaper default di Windows 10 Final. Tapi setidaknya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna Windows untuk melakukan upgrade jika Windows 10 sudah dirilis nanti.

Sumber: Windows on YouTube
Selengkapnya...

21 June 2015

Google Luncurkan Situs Khusus Ramadhan Untuk Meriahkan Bulan Puasa


Google Luncurkan Situs Khusus Ramadhan Untuk Meriahkan Bulan Puasa

   Empat hari sudah kita telah memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini. Google pun tidak mau ketinggalan dan turut serta dalam memeriahkan bulan Ramadhan di Tanah Air. Google Indonesia menyambut bulan suci kali ini dengan meluncurkan situs yang bernama "Sahabat Ramadhanku". Kamu bisa mengunjugi situs baru Google ini di http://ramadan.withgoogle.com/#. Di situs tersebut memberikan berbagai tips, hiburan, dan informasi seputar Ramadhan bagi yang saat ini menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh.
Biarkan Google membantu keseharianmu, agar kamu bisa menjalani bulan ini dengan tenang.'' begitulah tagline yang tertulis pada laman situs Google, seperti yang telah dikutip Indra's Blog pada Minggu (21/6/2015)
Google Luncurkan Situs Khusus Ramadhan Untuk Meriahkan Bulan Puasa

   Informasi yang disajikan oleh situs ini sangat beragam, antara lain daftar resep makanan, waktu berbuka puasa, informasi daerah yang mengadakan acara pembagian ta’jil gratis terdekat, jadwal imsakiyah, lokasi masjid yang terdekat dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, situs ini juga menyediakan berbagai macam aplikasi-aplikasi yang sangat berguna. Diantaranya Alarmon, Sleep Better with Runtastic, serta Weather and Clock Widget Android. Semua aplikasi tersebut bisa kamu download gratis melalui Google Play Store.
   Dengan diluncurkannya situs khusus bulan Ramadhan oleh Google kali ini. Tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi kaum muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Bagaimana menurut pendapat kalian tentang situs "Sahabat Ramadhanku" ini ??

Sumber: Blog Google
Selengkapnya...

18 June 2015

Tanda-Tanda Komputer yang Terkena Malware


   Komputer, baik itu laptop maupun desktop tentunya merupakan perangkat yang paling penting untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari. Jika terjadi masalah pada perangkat komputer, maka sudah hampir dipastikan pekerjaan kita juga turut terganggu. Terkadang beberapa pengguna komputer berpendapat kalau komputer mereka tidak perlu memerlukan Antivirus. Hal ini mungkin bisa saja tidak menjadi masalah bagi pengguna yang jeli dan teliti bisa melewati "jebakan betmen".
(Baca Juga: Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware)

Tanda-Tanda Komputer yang Terkena Malware

   Tetapi, bagaimana dengan pengguna yang belum mengerti atau mereka yang masih pemula? Pastinya mereka akan mudah sekali terkena jebakan-jebakan itu, dengan secara tidak sengaja mendownload file yang berbahaya (bisa jadi itu file virus) dari internet dan menginstallnya ke dalam sistem. Komputer yang sebelumnya berfungsi dengan normal bisa saja suatu saat akan "bertingkah aneh". Hal ini bisa disebabkan beberapa hal. Salah satu yang paling umum adalah disebabkan karena komputer telah terinfeksi malware.
   Malware atau malicious software merupakan program jahat yang dapat menyebabkan komputer bekerja tidak sebagaimana mestinya. Contohnya, Windows tidak bisa melakukan update rutin. Ini dikarenakan malware memang dirancang untuk bersembunyi dan tidak bisa ditemukan. Malware ada bermacam-macam jenis. Salah satunya, malware dapat berupa virus maupun keylogger yang “memata-matai” aktivitas kita. Maka dari itu, kali ini aku akan memberikan beberapa tanda-tanda jika komputer terkena malware. Tanda-tanda dari malware tergantung dari jenis malware itu sendiri, karena sangat sulit untuk mengenali malware hanya melalui tanda-tanda saja. Tetapi berikut ini tanda-tanda yang biasanya terjadi saat komputer terkena malware:

#1. Komputer Menjadi Lambat

Komputer Menjadi Lambat

Jika komputer kamu berjalan lebih lambat dari biasanya, apalagi jika kamu sama sekali belum pernah menginstall aplikasi apa pun tapi tiba-tiba komputer kamu menjadi lambat. Ini perlu diwaspadai, karena kemungkinan komputer kamu terkena malware. Apabila dilihat di Task Manager, biasanya terdapat banyak process "yang mencurigakan" berjalan secara background.

#2. Beberapa Aplikasi Maintenance Tidak Bekerja

Aplikasi Maintenance Tidak Bekerja

Seperti yang sudah aku jelaskan sedikit diatas, bahwa malware merupakan program jahat yang dapat menyebabkan komputer bekerja tidak sebagaimana mestinya. Termasuk juga menyebabkan beberapa aplikasi maintenance tidak berfungsi. Contohnya seperti Windows Update, Task Manager, Anti virus, Registry Editor, System Restore, ataupun juga Msconfig yang tidak bisa berjalan atau terbuka.

#3. Muncul Toolbar yang Aneh di Browser

Muncul Toolbar yang Aneh di Browser

Ini juga sering terjadi pada pengguna yang kurang teliti dan hati-hati saat menginstall sebuah aplikasi. Bisa jadi toolbar akan turut terinstall jika pengguna tidak meng-uncheck pilihan install toolbar (pada saat install aplikasi, biasanya ada pilihan untuk tidak menginstall toolbar). Alhasil, toolbar tersebut akan muncul di browser kamu. Sebenarnya bisa saja kamu menghapusnya dengan menggunakan aplikasi seperti, Smart Toolbar Remover Tool. Tapi jika kamu tidak berhasil menghapus toolbar ataupun kamu berhasil menghapusnya namun muncul kembali, kemungkinan besar komputer kamu terkena malware. Oleh sebab itu pastikan kamu teliti saat menginstall sebuah aplikasi. (Baca Juga: Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar).

#4. Halaman Homepage dan Search Bar Browser Tiba-Tiba Berubah

Homepage dan Search Bar Browser Tiba-Tiba Berubah

Tanda-tanda ini juga mirip dengan toolbar yang ada di browser. Jika kamu mengalami hal ini, silahkan coba mengembalikannya ke pengaturan defaultnya melalui options pada browser. Tetapi jika kamu sudah mengembalikan ke default namun masih tidak bisa, maka kamu harus berhati-hati. Sebaiknya jangan sembarangan login ke akun penting kamu, seperti akun bank, Email, sosial media atau situs penting lainnya. Karena untuk menghindari resiko pencurian data.

   Itulah beberapa tanda-tanda komputer yang terkena Malware. Jika anti virus kamu tidak berhasil menemukan dan menghapus malware tersebut, sebaiknya kamu coba dengan antivirus online yang tidak membutuhkan installasi pada komputer seperti Trend Micro HouseCall, ESET Online Scanner atau Bitdefender Quick Scan. Apakah kamu menemukan tanda-tanda yang lain jika komputer terkena malware? Kamu bisa juga menambahkannya di kolom komentar.

Selengkapnya...

13 June 2015

Inilah 6 fitur Canggih Android M yang Dibanggakan Google


   Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Google telah resmi memperkenalkan sistem operasi Android terbaru dalam acara Google I/O 2015, yaitu Android M. Pihak Google mengklaim bahwa Android M sebagai versi Android yang paling lengkap dan "perkasa". Saat ini, Android M versi Developer Preview untuk para developer kini sudah tersedia untuk di ujicoba. Dan tampilan dari Android M ini juga telah diperlihatkan oleh Google. (Baca juga: Seperti Inilah Tampilan Android M Developer Preview)

'Android M

   Ratusan pengembangan diberikan pada OS Android terbaru ini yang akan siap dirilis akhir tahun ini. Dan diantara ratusan fitur baru yang telah diterapkan, ada 6 fitur utama yang dibanggakan oleh Google. Apa saja fitur unggulan di Android M ? Berikut ini ulasannya:

#1. Native Fingerprint Authentication (Pemindai Sidik Jari)

Native Fingerprint Authentication

Pada artikel sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa Android M akan dibekali fitur Native Fingerprint Authentication (Pemindai Sidik Jari). Dan kini rumor tersebut memang telah benar-benar menjadi kenyataan. Ya, Android M akan dibekali fitur pemindai sidik jari secara native. Melalui Android M, Google membuat sebuah standar yang akan membuat semua perangkat Android memberikan fungsi pemindai sidik jari yang sama.
Fitur pemindai sidik jari Android M bisa dipakai untuk mengonfirmasi pembelian secara online, pembayaran melalui Android Pay ataupun juga fungsi pengamanan aplikasi lain, mirip dengan fitur TouchID yang dimiliki oleh iPhone. Selain untuk mengamankan perangkat Android, para developer kini juga bisa membuat aplikasi dengan memanfaatkan fitur ini sebagai fitur pengaman tambahan.

#2. Android Pay

Android Pay

Google memperkenalan aplikasi pembayaran online terbaru mereka bernama Android Pay, yang juga akan hadir di Android M. Aplikasi ini hampir mirip dengan Apple Pay yang ada di iPhone. Android Pay merupakan layanan Google Wallet yang telah diperbarui dan disempurnakan lagi, serta diklaim lebih aman daripada sistem pembayaran online lain karena nomor kartu "virtual" hanya akan dibuat saat transaksi dilakukan, sehingga tidak bisa dipalsukan atau dieksploitasi. Bahkan, untuk memverifikasi pembayaran, Android Pay juga didukung fitur pemindai sidik jari dan teknologi NFC (near field connection). 

#3. Google Now Semakin Cerdas

Google Now on Tap

Digital assistant Google Now di Android M kini semakin cerdas dan juga semakin mengerti penggunanya. Apa yang pengguna butuhkan akan langsung disediakan dengan cerdas oleh Google Now. dan semakin terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur baru di Google Now yaitu "Now on Tap". Fitur ini memungkinkan Google Now lebih mengenal konteks perintah dan aplikasi yang ada di smartphone.
Misalkan saja, saat kamu sedang mendengarkan musik kemudian mengaktifkan Google Now (dengan menekan tombol Home beberapa saat) lalu kamu menanyakan siapa penyanyi atau lagunya, Google Now akan langsung melakukan pencarian dengan menganalisa lagu tersebut dan memberikan segala informasinya.

#4. App Permissions (Perizinan Aplikasi) Telah Disempurnakan

App Permissions Android M

Di versi Android sebelumnya, perizinan aplikasi hanya muncul di awal saja. Contohnya, Saat menginstall sebuah aplikasi dari Google Play Store, pasti akan muncul notifikasi yang menampilkan daftar perizinan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi tersebut, misalnya membutuhkan akses microfon atau kamera. Namun kini pada Android M, aplikasi terlebih dahulu diharuskan meminta izin setiap akan mengakses aplikasi ataupun bagian penting di smartphone. Dengan begitu, resiko peretasan atau eksploitasi smartphone melalui aplikasi berbahaya bisa dicegah.

#5. Doze

Doze Android M

Jika sebelumnya di Android Lollipop Google memperkenalkan project Volta, maka sekarang di Android M Google memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Doze. Doze adalah sebuah sistem penghemat daya baterai yang akan membuat smartphone berada dalam keadaan hampir "mati suri" saat smartphone tidak lagi digunakan atau idle. Misalnya, saat smartphone ditaruh di meja karena penggunanya sedang sibuk bekerja atau tidur. Sehingga penggunaan baterai akan menjadi lebih irit dan umur baterai saat smartphone standby diklaim meningkat dua kali dibandingkan saat kamu menggunakan Android versi sebelumnya.

#6. Integrasi Browser Google Chrome Dengan Aplikasi Melalui Chrome Custom Tab

Chrome Custom Tab

Pada Android M, semua browser yang terinstall di dalam aplikasi pihak ketiga adalah Google Chrome. Jadi, jika saat membuka link pada aplikasi tersebut, maka secara otomatis membuka aplikasi browser Google Chrome secara terpisah di jendela yang berbeda namun dengan tampilan halaman yang menyesuaikan aplikasi tersebut. Integrasi browser Google Chrome pada semua aplikasi juga memungkinkan "pre-fetch content" meski pengguna belum membuka link tersebut. Jadi, proses loading halaman browser akan semakin cepat.

Itulah 6 fitur canggih Android M. yang menjadi kebanggaan Google. Manakah diantara keenam fitur tersebut yang sangat ingin kamu coba??
Selengkapnya...

10 June 2015

KiBojet, Keyboard yang Bisa Berfungsi Sebagai Proyektor


   Seiring dengan perkembangan zaman, semakin berkembang pula kecanggihan bidang teknologi. Sekarang kita dengan mudah menjumpai berbagai hardware dengan kualitas terbaik serta dibekali teknologi canggih yang terdapat di dalamnya. Saat ini telah hadir sebuah inovasi dari perusahaan asal Taiwan Sho U, yang baru-baru ini telah menciptakan sebuah keyboard canggih bernama KiBojet yang di desain menjadi lebih menarik dari keyboard pada umumnya. Keyboard ini merupakan keyboard yang multifungsi. Sebab, tidak hanya digunakan sebagai perangkat input pada komputer, keyboard ini juga dapat digunakan tanpa harus menggunakan layar monitor seperti halnya keyboard lain. Hal ini karena keyboard tersebut mempunyai fungsi yang lain, yaitu mempunyai fitur untuk bisa dijadikan sebagai proyektor secara langsung.

KiBojet, Keyboard

   Keyboard KiBojet dapat memproyeksikan gambar ataupun juga video dengan ukuran sekitar 21 sampai 33 inchi dengan kualitas resolusi Full HD. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, USB, HDMI, port Ethernet, dan juga speaker stereo 3 watt. Keyboard ini nantinya juga akan diintegrasikan dengan Pen Stick PC seperti Asus Chromebit, Intel Compute Stick ataupun perangkat sejenisnya.
   Akan tetapi, bagi kamu yang ingin mencoba keyboard canggih ini sepertinya masih harus sabar menunggu. Karena untuk saat ini perangkat tersebut masih belum dirilis di pasaran. Perusahaan Sho U akan berencana untuk meluncurkan keyboard tersebut pada tahun 2016 mendatang.

Sumber: CNET
Selengkapnya...

02 June 2015

Windows 10 Akan Resmi Dirilis Pada 29 Juli Besok


   Setelah beberapa bulan lalu sempat banyak rumor yang beredar bahwa Windows 10 akan dirilis pertengahan tahun ini dan bos AMD pun juga turut tidak sengaja membocorkan tanggal perilisan Windows 10 ini, akhirnya Microsoft secara resmi mengumumkan tanggal perilisan Windows 10 yang akan dirilis pada 29 Juli 2015 besok. Kepastian ini didapat dari pernyataan pers Microsoft, pada hari Senin (1/6/2015). Windows 10 bisa didapat sebagai upgrade gratis selama satu tahun bagi pengguna yang menjalankan OS Windows 7 dan Windows 8.1 baik original maupun juga bajakan. Microsoft juga mengumumkan, perangkat komputer dan tablet yang menggunakan OS Windows 10 akan mulai dijual pada 29 Juli. Sedangkan perangkat lain dan smartphone yang berbasis Windows 10 baru akan tersedia akhir tahun ini

Windows 10

   Untuk dapat upgrade ke Windows 10, pengguna Windows 7 dan 8.1 diharuskan melakukan reservasi terlebih dulu. Microsoft telah mengirimkan link reservasi tersebut dalam bentuk notifikasi yang muncul di sudut kanan bawah pada pada taskbar. Notifikasi ini akan muncul otomatis setelah kamu melakukan update terbaru. Didalamnya ada form reserved dimana kamu bisa memasukkan email akun Microsoft untuk masuk di daftar antrian upgrade Windows 10 gratis. Setelah terdaftar maka kamu akan diberi info jika Windows 10 final sudah dirilis dan device kamu siap untuk diupgrade gratis.
   Windows 10 sendiri merupakan sistem operasi yang dirancang dari awal oleh Microsoft dan juga membawa beberapa perubahan, salah satunya dihadirkan kembali tombol Start Menu khas Windows yang sempat hilang di Windows 8. Selain itu, Windows 10 juga dibekali dengan berbagai fitur unggulan seperti personal assistant Cortana, Microsoft Edge, Office Universal, Xbox Live dan Xbox Appp, Windows Continuum, Windows Hello, Universal Windows Store dan masih banyak lagi.
   Untuk harga dari Windows 10, pihak Microsoft masih belum memberikan keterangan resmi. Namun sebelumnya, sempat muncul bocoran terkait harga jual dari Windows 10 ini. Windows 10 Home dijual dengan harga US$ 109. Sementara itu, versi Professional dijual dengan  harga US$ 149.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Update (04-06-2015):
Microsoft telah mengkorfimasi bahwa Windows 10 akan dijual dengan harga yang masih sama seperti Windows 8.1.
Windows 10 Home original akan dijual dengan harga US$ 119 atau sekitar Rp. 1,6 juta. Sedangkan untuk Windows 10 Professional akan dijual dengan harga US$ 199 atau sekitar Rp. 2,6 juta. (Sumber: CNET)

Selengkapnya...

01 June 2015

Seperti Inilah Tampilan Android M Developer Preview


Android M

   Resmi sudah generasi terbaru Android yaitu Android M yang  diperkenalkan oleh Google di event Google I/O 2015. Pada event kemarin, Google juga merilis versi Android M Developer Preview. Dimana versi tersebut masih dalam tahap tester atau preview dan masih dalam pengembangan.
   Dibandingkan dengan versi sebelumnya Android L, yang juga dahulu pada saat itu masih dalam versi Developer Preview yang akhirnya versi finalnya dinamakan Android Lollipop, versi Android M Developer Preview ini terasa lebih stabil. Salah satu masalah yang ada hanyalah bootingnya yang masih cukup lama.
Nah, Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah beberapan screenshot tampilan dari Android M Developer Preview.

Android M Developer Preview

Android M Developer Preview

Android M Developer Preview

Memiliki Pilihan Tema yaitu Light, Dark, dan Automatic

   Dikabarkan, bahwa salah satu fitur terbaru yang akan hadir di Android M nanti adalah menghadirkan kostumisasi perubahan tema light, dark dan automatic. Fitur tersebut terungkap melalui Android M Developer Preview yang diperlihatkan oleh Google. Tema dark atau sering disebut juga dengan "Night Mode" berguna jika kita menggunakan smartphone ditempat yang gelap,sehingga mata kita akan tetap nyaman melihat layar smartphone. Karena jika kita melihat tampilan layar smartphone dengan tema yang berwarna cerah, terutama putih. Maka akan cepat pusing disebabkan layar memancarkan cahaya yang terlalu mencolok.

Android M Developer Preview
Android M Developer Preview Akan Ada 3 Pilihan Tema yaitu Light, Dark, dan Automatic

   Selain itu, ada satu pilihan tema lagi yaitu Tema Automatic. Yang membuat perangkat Android dapat melakukan pengaturan screen brightness secara otomatis. Jadi, ketika kamu berada di tempat yang terlalu terang atau terlalu gelap, maka tampilan tema perangkat Android kamu akan langsung berubah secara otomatis.
   Tetapi dalam versi Android M Developer Preview ini pilihan tema Automatic tersebut masih belum bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Mungkin pilihan tersebut masih belum disempurnakan oleh pihak Google mengingat vesi ini masih dalam tahap Developer Preview. Kita tunggu saja pada versi finalnya nanti.

Sumber: Neowin
Selengkapnya...