24 April 2015

Bos AMD Bocorkan Jadwal Perilisan Windows 10


Windows 10

   Ada kabar gembira bagi kamu yang masih bertanya-tanya kapan Windows 10 versi Final dirilis. Microsoft akan merilis sistem operasi terbarunya, Windows 10 pada akhir Juli mendatang. Hal ini terungkap karena CEO AMD, Lisa Su yang mungkin secara tidak sengaja keceplosan membeberkan waktu pastinya perilisan dari Windows 10 saat bos AMD tersebut bertemu dengan para investor menyusul keluarnya laporan finansial per kuartal AMD.

Dengan peluncuran Windows 10 di akhir Juli, kami sedang melihat jenis dampak yang ada ketika memasuki musim sekolah, dan ini akan menjadi sedikit keterlambatan saat membangun perlengkapan untuk musim sekolah". Kata Lisa Su kepada para investor saat conference call pada Senin (21/04/2015)

   Perlu kamu ketahui, AMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional berbasis di Amerika yang sering memasok komponen untuk pengembangan produk dan layanan Microsoft. Sedikit banyak tentunya AMD pasti tahu rencana-rencana pengembangan yang dilakukan oleh Microsoft.
   Meskipun Microsoft sudah pernah mengungkapkan perilisan Windows 10 pada pertengahan tahun ini, namun mereka sendiri tidak pernah mengungkapkan waktu perilisannya secara pasti. Windows 10 sendiri sudah setahun diuji coba sejak April tahun lalu. Beberapa kali pratinjaunya dirilis terbatas (versi Technical Preview). Dan baru-baru ini, Microsoft mengatakan tengah menjalani tahap terakhir dari pratinjau teknis. Setelah pratinjau tersebut selesai, barulah Microsoft akan mengumumkan informasi mendetail tentang waktu perilisan Windows 10 secara resmi.
   Dengan adanya informasi dari bos AMD (meskipun bisa saja informasi ini tidak akurat), tapi setidaknya kita sudah dapat mengetahui rencana Microsoft tentang jadwal rilis Windows 10. Jika informasi tersebut benar, berarti jadwal perilisan hanya sekitar 2 bulan dari sekarang. Tentunya hal ini akan mendapat sambutan yang luar biasa dari para "Windows Fans", apalagi Windows 10 ini akan menjadi upgrade gratis bagi pengguna Windows bajakan.

Sumber: TheVerge dan berbagai sumber
Selengkapnya...

21 April 2015

Smartphone Android Kamu Hilang? Cari Saja di Google


   Dengan padatnya kesibukan di tengah aktivitas sehari-hari, seringkali membuat kita lupa meletakkan smartphone. Akibatnya, kita akan kebingungan mencari dimana lokasi terakhir kita meletakkan smartphone yang memang sekarang ini sudah menjadi "kebutuhan primer" dalam keseharian.

   Maka dari itu, Google menyadari hal itu dan kini mereka menambahkan fitur pencari smartphone Android melalui Google Search. Nah, bagi kamu pengguna smartphone Android bisa menggunakan layanan search engine milik raksasa internet tersebut untuk mencari perangkat smartphone Android yang hilang menggunakan fitur Find My Phone. Fitur 'Find My Phone' ini sendiri bisa menemukan lokasi dengan jarak sekitar kurang lebih 25 meter dari posisi pasti smartphone yang dicari.

find my phone

   Namun untuk dapat menggunakan fitur tersebut, pastikan kamu sudah log in di akun Google kamu dengan akun yang sama di akun Gmail di Android mu. Kemudian buka situs pencarian Google, lalu ketik kata kunci "find my phone" di kotak pencarian. Setelah itu, Google akan langsung menunjukkan posisi terakhir dari smartphone Android yang sedang kamu cari serta ada menu tambahan yaitu menderingkan ponsel, mengunci ponsel dan menghapus data.

   Fitur menderingkan ponsel sangat berguna saat kamu lupa meletakkan smartphonemu. Jika tombol "Ring" diklik, maka ponsel akan mengeluarkan suara dering dalam volume maksimal selama 5 menit meskipun smartphone dalam kondisi silent mode.

Fitur 'Lock' yang berfungsi agar smartphone terkunci secara otomatis dan tidak bisa digunakan orang lain, Sedangkan untuk fitur 'Erase' berfungsi untuk menghapus secara otomatis semua data yang ada didalam smartphonemu. Fitur Erase ini akan berguna jika smartphone kamu yang dicuri atau memang tidak berhasil ditemukan.

   Dan menariknya, fitur pencari smartphone Google ini bisa digunakan tidak hanya untuk  mencari smartphone Android saja, tapi juga bisa untuk smartphone lain asalkan smartphone tersebut sudah terdaftar dan telah disinkronisasikan dengan akun Google.

UPDATE: Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang dengan Find My Device, simak tutorial selengkapnya di artikel ini

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

17 April 2015

Grand Theft Auto V Untuk PC Akhirnya Resmi Dirilis


   Ada kabar gembira bagi kamu para gamer sejati. Setelah ditunggu sekian lama dan sempat ditunda perilisannya, game Grand Theft Auto V atau GTA V akhirnya resmi dirilis. Game terlaris sepanjang masa besutan developer Rockstar Games ini menghadirkan sekuel GTA V dalam versi yang lebih baik yaitu versi untuk PC. Game ini hadir dengan menawarkan para gamer untuk menjelajah Los Santos dan Blaine County dengan resolusi hingga 4K Ultra-HD yang berjalan di 60 frame per detik.

Grand Theft Auto V

   Dengan kualitas grafis yang sangat tinggi tersebut, Rockstar Games menjanjikan pengalaman yang lebih realistis dan lebih menyenangkan dengan berbagai perubahan dari segi detail dan grafis yang lebih memukau. Selain itu, terdapat juga fitur ekslusif bernama Rockstar Editor untuk para gamer. Fitur tersebut memungkinkan gamer bisa merekam, mengedit, dan mengupload jejak permainan mereka ke situs Rockstar Games Social Club atau bisa juga langsung upload ke situs YouTube. Kamu juga bisa memainkan GTA V ini secara offline maupun online dengan jumlah player hingga 30 orang.
Berikut ini beberapa screenshot GTA V versi PC:

vGrand Theft Auto V

Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V

Untuk dapat memainkan game yang masuk kedalam jajaran game "kelas berat" ini, berikut ini spesifikasi PC yang diperlukan:

 Minimal spesifikasi sistem yang dibutuhkan:
  • Operating System : Windows Vista 64-bit SP2, Windows 7 64-bit SP1, Windows 8 64-bit, Windows 8.1 64-bit
  • Processor : Intel Core 2 Q6600 @ 2.4 GHz, AMD Phenom 9850 @ 2.5 GHz
  • RAM : 4GB
  • Video Card : NVIDIA 9800 GT 1GB, AMD HD 4870 1 GB
  • Sound Card : 100% DirectX 10 compatible
  • HDD Storage : 65 GB
Rekomendasi spesifikasi sistem agar game dapat berjalan lancar:
  • Operating System : Windows 7 64-bit SP1, Windows 8 64-bit, Windows 8.1 64-bit
  • Processor : Intel Core i5 3470 @ 3.2 GHz, AMD X8 FX-8350 @ 4 GHz
  • RAM : 8 GB
  • Video Card : NVIDIA GTX 660 2 GB, AMD HD 7870 2 GB
  • Sound Card : 100% DirectX 10 compatible
  • HDD Storage : 65 GB

Di steam, game GTA V ini dijual seharga sekitar Rp. 546 ribu. Dan jika kamu ingin menginstall  game ini, maka siapkan storage kosong dengan besar. Karena setelah diinstall, besar file game mencapai 60 GB lebih. Bagaimana?? Tertarik untuk memainkan game yang super keren ini??

Images by: http://www.pcworld.com/
Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

13 April 2015

Mengapa Partisi Harddisk Selalu Dimulai Dengan Drive C??


   Bagi pengguna PC desktop ataupun laptop, jika kita membuka Windows Explorer maka kita akan melihat beberapa partisi Drive yang selalu berawalan dengan Drive C:. Karena pada umumnya, Drive C: digunakan untuk menginstall sistem operasi Windows. Untuk Drive D: dan E: berisi data-data kamu, kemudian Drive F: dan G: mungkin untuk Flash USB ataupun CD/DVD. Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya sebenarnya mengapa partisi harddisk selalu dimulai dengan Drive C:?? dimana dan untuk apakah Drive A: dan B: itu?? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasannya.

Mengapa Partisi Harddisk Selalu Dimulai Dengan Drive C??

   Pada tahun 1960-an, Ide untuk memberikan huruf yang berbeda pada setiap piranti penyimpanan dalam komputer sebenarnya berawal dari sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi IBM. PC IBM menggunakan sistem operasi CP/M (Control Program for Microcomputers) yang tidak memiliki harddisk
   Pada tahun 1980-an, Microsoft membuat kesepakatan dengan IBM yang akhirnya membeli kloningan sistem CP/M IBM yang kemudian disebut dengan 86-DOS. Microsoft kemudian mengadopsi 86-DOS untuk membuat PC-PC baru IBM, dengan beberapa perubahan yang signifikan, dan memberi nama baru dengan nama MS-DOS, namun IBM lebih sering menyebutnya dengan PC DOS.
   Meskipun harddisk sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950-an, namun PC yang dipasarkan pada saat itu masih belum dilengkapi dengan piranti penyimpanan internal karena harga harddisk sangat mahal. Dan masih menggunakan floppy drive atau yang lebih kita kenal dengan disket. PC tersebut  hanya memiliki satu buah floppy drive. Jika ingin menambahkan satu floppy drive lagi, maka harus membelinya sebesar $1000 atau Rp. 10 juta. Floppy drive yang pertama diberi label Drive A: untuk menjalankan sistem operasi dan untuk floppy drive yang kedua diberi label Drive B: untuk menjalankan aplikasi.
   Pada rentang waktu yang sama, yaitu tahun 1980-an. Harddisk mulai menjadi standar penyimpanan pada sebagian besar PC. Karena dua huruf awal abjad sudah dipakai untuk label bagi floppy drive (Drive A: dan B:). Maka logikanya, penyimpanan ketiga yang berupa harddisk diberi label Drive C:.
   Dengan demikian sekarang kamu sudah tahu mengapa partisi harddisk selalu diawali dengan Drive C:?. Meskipun komputer-komputer baru yang diluncurkan saat ini sudah tidak menggunakan floppy drive lagi, tapi jika kamu memasang floppy drive atau floppy drive portable maka Windows akan mendeteksinya sebagai Drive: A atau Drive B:. Karena skema penamaan tersebut masih tetap dipakai sampai saat ini.
Selengkapnya...

09 April 2015

3 Cara Melindungi File Penting di Windows


3 Cara Melindungi File Penting di Windows

   Jika kamu memiliki komputer yang digunakan oleh banyak orang atau sering terhubung dengan internet, pastinya kamu akan berusaha agar melindungi file-file pentingmu agar tidak dilihat, dan dihapus atau bahkan dicuri oleh orang lain. Memang, bagi sebagian orang, file penting merupakan hal yang nilainya lebih berharga dari uang jutaan rupiah.
   Karena file-file yang dianggap penting tersebut biasanya berupa data pekerjaan kantor, dokumen skripsi, foto-foto kenangan dan masih banyak lagi, yang jika hilang atau tersebar di internet karena dicuri orang lain bisa membuat pemiliknya menjadi frustasi. Jika hal tersebut telah terjadi, barulah kamu mulai sadar bahwa melindungi file agar tetap aman adalah hal sangat penting daripada harus mencari saat kamu telah kehilangannya. Nah, untuk melindungi file-file pentingmu. Berikut ini aku bagikan 3 cara melindungi file-file penting yang bisa kamu pilih.

#1. Sembunyikan File Penting Kamu Ditempat yang Aman

Cara ini merupakan cara paling mudah karena kita hanya menggunakan fitur built-in Windows untuk menyembunyikan file-file penting kamu. Pertama, pastikan dahulu pengaturan di Windows untuk tidak menampilkan file yang kamu sembunyikan di daftar file. Caranya: buka Windows Explorer -> klik Organize -> Folder and search options -> pilih tab View -> centang pilihan Don’t show hidden files, folder, or drives -> lalu OK.

3 Cara Melindungi File Penting di Windows

Kemudian lanjut untuk menyembunyikan file pentingnya. Caranya Klik kanan pada file atau folder -> pilih Properties -> pada tab General centang pilihan Hide -> klik Advanced -> hapus centang yang ada di Advanced attributes. Ini bertujuan untuk file atau folder yang kamu sembunyikan tidak akan ditampilkan saat mode pencarian.

3 Cara Melindungi File Penting di Windows

Jika kamu ingin menggunakan cara yang lain, berikut ini ada beberapa cara alternatif untuk menyembunyikan file:
Cara Menyembunyikan File atau Folder Menjadi Super Hidden di Windows
Cara Menyembunyikan File ke Dalam Gambar Dengan Command Prompt

#2. Proteksi File Penting Kamu Dengan Password

Cara berikutnya yaitu melindungi file dengan password. Memang Windows Tidak memiliki aplikasi built-in untuk melindungi file atau folder kamu dengan password. Tapi kamu bisa menggunakan trik ini untuk melindungi file atau folder menggunakan password tanpa aplikasi tambahan. Hanya memerlukan aplikasi bawaan Windows yaitu Notepad. Caranya:
Pertama buka Notepad (Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Notepad) lalu copy script dibawah ini:

@ECHO OFF
title Folder
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Apakah kamu ingin mengunci folder....?(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder berhasil terkunci
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan password kamu
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== XXXXX goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Folder berhasil di buat
goto End
:End

Catatan: pada kode if NOT %pass%== XXXXX goto FAIL . Maka ganti kode yang berwarna biru tersebut sesuai password keinginan kamu.
Lalu save dengan nama Proteksi.bat pada Save as type pilih All Files.
Kemudian klik dua kali pada file bat tadi. Maka akan muncul sebuah folder baru, nah difolder inilah kamu bisa memasukkan file atau folder pentingmu. Jika sudah, klik dua kali lagi file .bat, ketikkan Y dan tekan Enter. Maka Folder tadi akan hilang. Apabila kamu ingin memunculkan folder yang hilang tadi, klik dua kali pada file bat dan masukkan passwordnya lalu tekan Enter.

3 Cara Melindungi File Penting di Windows

Namun cara ini tidak terlalu aman. Karena file .bat dapat diedit kembali melalui Notepad dan orang lain dapat mengetahui passwordnya.

#3. Gunakan Metode Enkripsi di File Penting Kamu

Cara yang terakhir adalah dengan metode enkripsi file. Cara ini memiliki keamanan tingkat tinggi untuk melindungi file atau folder kamu. Karena dengan menggunakan enkripsi, maka file kamu akan aman dan hanya kamu sendiri yang mengetahui kode dekripsi untuk dapat melihat filenya. Salah satu aplikasi terbaik untuk mengekripsi file adalah AxCrypt (http://www.axantum.com/axcrypt/).
Sebenarnya di Windows juga memiliki tools built-in untuk enkripsi file, kamu bisa menggunakannya dengan klik kanan file atau folder -> Properties -> pilih Advanced -> lalu centang pilihan Encrypt contents to secure data.

3 Cara Melindungi File Penting di Windows

Dan bagi kamu yang menggunakan OS Windows 7 Ultimate, kamu juga dapat mengenkripsi drive secara langsung melalui tools built-in Windows, yaitu dengan BitLocker Drive Encryption. (Baca juga: Cara Mengunci Drive Dengan BitLocker Drive Encryption)

Itulah 3 cara melindungi file-file penting di Windows. Dan masing-masing memiliki tingkat keamanan yang berbeda. Jika kamu memiliki cara yang lain, bisa juga kamu bagikan di kolom komentar.
Selengkapnya...

04 April 2015

4 Alasan Mengapa Backup Data Itu Penting


   Backup data adalah kegiatan menyalin data yang telah tersimpan di dalam harddisk sebuah komputer ke media penyimpanan lain seperti USB flashdisk, harddisk eksternal atau media lainnya. Membackup data sangat penting sekali dilakukan karena bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan hal terburuk, yaitu terjadinya kehilangan data-data penting karena kerusakan pada perangkat penyimpanan.

backup data

   Namun yang jadi pertanyaan saat ini, seberapa sering kamu melakukan backup data-data, dan kapan terakhir kali kamu melakukan backup?. Banyak orang yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah melakukan backup karena malas, merasa tidak punya waktu, lupa dan mereka tidak menyadari bahwa  resiko kehilangan data bisa terjadi kapan saja. Berikut ini 4 alasan mengapa backup data itu penting:

#1. Harddisk Bisa Rusak Kapan Saja

Seperti yang telah aku sebutkan diatas, bahwa penyebab utama data hilang adalah harddisk yang rusak. Harddisk bisa rusak karena disebabkan berbagai hal seperti guncangan, ketidakstabilan listrik. Hal ini bisa membuat hardisk kamu rusak sebelum waktunya.
Dan sama seperti perangkat elektronik lainnya, harddisk juga memiliki umur dan masa pakainya sendiri. Jika habis masa pakainya, harddisk menjadi rusak atau bermasalah. Jadi sebelum kamu kehilangan data penting kamu karena hal tersebut, maka melakukan proses backup adalah keputusan yang sangat bijak.

#2. Data Penting = Waktu Yang Sangat Berharga

Jika kita berbicara mengenai data penting, berarti berbicara mengenai waktu. Sebuah data  walaupun terkadang hanya berukuran beberapa Kb saja, nilainya bisa setara dengan puluhan bahkan ratusan jam kerja. Misalkan saja, kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan laporan skripsi. Tentu kamu sudah mengerjakan skripsi tersebut dengan susah payah selama ratusan jam duduk di depan komputer.
Namun tiba-tiba harddisk kamu rusak dan dokumen skripsi kamu hilang. Karena kejadian tersebut, artinya kamu tidak cuma kehilangan dokumen yang hanya berukuran beberapa MB saja, tetapi kamu juga telah kehilangan ratusan jam waktu yang telah kamu habiskan untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, melakukan backup data secara berkala tidak hanya dapat menyelamatkan data penting kamu tapi juga menyelamatkan waktu yang sangat berharga.

#3. Virus Yang Ada Dimana-mana

Tidak jarang juga ditemukan virus yang bekerja dengan menghapus atau merusak berbagai data dengan ekstensi tertentu. Contohnya saja virus Blackmall yang mampu menghapus sekitar 11 ekstensi file.
Oleh karena itu, membackup data merupakan langkah yang penting untuk mengamankan data dari serangan virus penghapus file semacam ini.  Karena saat ini pengguna Windows masih menjadi sasaran utama dari para pembuat virus.
(Baca juga: Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware)

#4. Backup Data Itu Sangat Mudah dan Murah

Bagi kamu pengguna Windows dan Windows Phone yang ingin membackup data secara online, bisa memanfaatkan layanan One Drive yang sudah terintegrasi baik di OS tersebut. Kamu tinggal memilih letak dokumen penting yang ingin dibackup dan proses sinkronisasi akan otomatis berjalan setiap waktu sehingga  aktivitas backup menjadi semakin mudah untuk dilakukan.
Kamu juga bisa memanfaatkan cloud storage lainnya untuk membackup data secara online. Contohnya saja Dropbox, Box, SugarSync, dan berbagai cloud storage lainnya yang memberikan paket penyimpanan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data penting kamu.
Dan jika kamu memilih untuk membackup data secara offline, juga bisa dilakukan mudah. Yaitu menggunakan media USB flashdisk, CD/DVD ataupun juga harddisk eksternal.

   Itulah 4 alasan mengapa backup data itu penting. Jika kamu termasuk orang yang jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah melakukan backup data hingga hari ini, aku sarankan untuk melakukan backup data sekarang juga. Karena resiko kehilangan berbagai data penting akan jauh lebih besar daripada waktu yang kamu gunakan untuk backup data secara rutin.
Selengkapnya...

02 April 2015

Asus Chromebit: Komputer Sebesar Flashdisk Buatan Google


Asus Chromebit

   Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih saja, Demikian pula perkembangan dimensi komputer yang semakin hari semakin mengecil. Kali ini perusahaan raksasa pencarian Google yang bekerja sama dengan Asus, membuat sebuah perangkat komputer yang bernama Asus Chromebit.
   Chromebit adalah komputer mini yang sengaja dirancang agar berukuran sekecil mungkin sehingga bisa "mengubah" TV atau monitor apapun menjadi komputer dengan ditancapkan ke port HDMI.
   Ukuran dari Chromebit ini hanya sedikit lebih besar dibanding sebuah Flashdisk, bahkan jika dilihat lagi lebih mirip desain dari Flashdisk. Namun perangkat ini punya performa komputasi yang lumayan. Chromebit menggunakan sistem operasi Chrome OS ini ditenagai dengan prosesor Rockchip, RAM 2GB, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0, port USB 2.0 serta memori internal 16 GB. Untuk fasilitas keyboard dan mouse, Chromebit bisa dikoneksikan melalui Bluetooth.

Asus Chromebit

Asus Chromebit

   Akan tetapi, diperkirakan Chromebit tidak akan sekuat desktop PC pada umumnya. Karena pada dasarnya Chrome OS adalah sebuah sistem operasi yang berbasis pada browser Google Chrome. Aplikasi yang bisa dijalankan pun masih sebatas pada aplikasi yang tersedia di Chrome Web Store.
   Namun ke depannya, aplikasi untuk Android juga bakal bisa dijalankan dengan mudah diperangkat Chrome OS ini. Hal ini dikarenakan Google telah merilis App Runtime for Chrome, tapi masih dalam versi beta. Dengan App Runtime ini, memungkinkan para developer aplikasi untuk memporting aplikasi Androidnya ke Chrome OS. Untuk masalah harga, Asus Chromebit rencananya bakal dibanderol  $100 USD atau sekitar Rp. 1,3 juta dan akan mulai dijual sekitar pertengahan tahun 2015 nanti.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

01 April 2015

Mengapa Versi Windows Terbaru Adalah Windows 10 Bukan Windows 9? Inilah Alasannya


   Ketika Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 akan dirilis pada pertengahan tahun ini. Banyak sekali yang menanyakan perihal pemberian nama pada versi OS Windows terbaru tersebut. Setelah Windows 8, mengapa bukan Windows 9 tapi malah Windows 10?

Windows 10

   Sempat beredar rumor bahwa jika menggunakan nama "Windows 9*" (tanda bintang menjadi karakter bebas). Tanda tersebut akan mengingangatkan kembali versi Windows yang terlebih dulu beredar yaitu versi Windows 95 dan Windows 98. Namun Tony Prophet, wakil presiden pemasaran Windows telah mengatakan alasan yang sebenarnya mengapa versi Windows terbaru bukan Windows 9 tapi Windows 10. Dia menjelaskan alasan itu dalam acara Dreamforce Conference di San Francisco. Tony mengatakan jika "Windows 9 itu sudah ada dan telah pergi".
   Dari jawaban yang cukup singkat tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Windows 8 sudah berubah menjadi Windows 9 selama masa update yang diberikan dan dengan berbagai macam fitur yang telah ditambahkan untuk OS tersebut. Jadi bisa dikatakan juga Windows 9 tersebut merupakan nama lain dari update Windows 8.1.
   Tony juga mengatakan bahwa Windows 10 tidak sesederhana Windows 8. Dia mengatakan OS ini benar-benar OS baru, dan sangat berbeda dari OS sebelumnya yang telah dibuat Microsoft.
Berikut ini kutipan dari penjelasan Tony Prophet:
Windows 10 tidak dibuat berdasarkan Windows 8.1", kemudian dia menjelaskan. "Windows 10 akan menjadi OS baru. Kita mencoba membuat satu platform, satu ekosistem yang menyatukan banyak device, dari Tablet, Smartphone, PC dan akhirnya ke Xbox."
   Nah, dengan penjelasan Tony Prophet tersebut, sekarang kita tidak perlu bertanya-tanya lagi mengapa Microsoft menggunakan nama Windows 10 pada OS terbarunya dan tidak menggunakan nama Windows 9. Yang jadi pertanyaan saat ini, mampukah Windows 10 dapat mengulang masa-masa kejayaan dari Windows XP?

Sumber: WinPoin

Selengkapnya...