22 February 2015

Apa Itu Run as Administrator di Windows? Dan Apa Fungsinya ?


Run as Administrator di Windows

Apakah kamu pernah menjumpai sebuah program yang saat kamu akses memberikan pesan error seperti “Access Denied” atau “No Permissions”? Jika iya, maka artinya Windows membatasi hak akses program tersebut yang sebenarnya ingin berusaha mengubah sistem, namun belum "memiliki izin" untuk melakukannya.

Agar program tersebut bisa mengubah sistem dan menjalankan fungsinya, maka kamu sebagai administrator harus memberinya "izin" terlebih dahulu melalui perintah “Run as administrator”. Tapi sebenarnya apa itu Run as administrator? Nah, pada artikel kali ini aku akan membahas sedikit tentang Run as administrator.

Pengertian Run as administrator

Di Windows Vista sampai versi Windows saat ini, terdapat sebuah fitur keamanan yang membuat sebuah program terbatasi aktivitasnya agar tidak bisa mengubah sistem. Hal ini membuat sebuah program harus dijalankan dalam “mode administrator” melalui perintah “Run as administrator” agar progran tersebut bisa mengubah settingan sistem.

Run as administrator adalah sebuah fitur keamanan di Windows yang aku misalkan disini sebuah "surat izin" dari kamu sebagai administrator untuk mengizinkan sebuah program yang ingin mengubah sistem. Jadi, ketika kamu menjalankan sebuah program melalui perintah “Run as administrator" maka program tersebut memiliki kebebasan penuh untuk mengubah sistem di Windows.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua program yang ingin berusaha mengubah sistem. Sehingga tidak semua program yang harus dijalankan melalui perintah “Run as administrator”. Pastikan juga kamu hanya menjalankan “Run as administrator” pada program yang terpercaya saja dan yang tidak berusaha merusak atau mengacaukan seluruh sistem.

- Cara Menjalankan Program Dalam Mode administrator Sementara

Mode administrator sementara disini artinya program akan berjalan secara administrator hingga sampai kamu menutup program tersebut. Ada 2 cara menjalankan program dalam mode administrator sementara.

Cara #1: Menggunakan shortcut keyboard

-  Tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift saat membuka program.
-  Jika muncul window User Account Control (UAC) tekan Yes.

Cara #2: Menggunakan Context Menu Klik Kanan

- Klik kanan pada program ataupun bisa juga pada shortcut program, lalu pilih menu Run as administrator

run as administrator

- Jika muncul window User Account Control (UAC) tekan Yes.

- Cara Menjalankan Program Dalam Mode administrator Permanen

Mode administrator permanen  disini artinya program akan selalu berjalan secara administrator setiap kali kamu membuka program tersebut. Caranya:

- Klik kanan pada program ataupun bisa juga pada shortcut program, lalu pilih  Properties

run as administrator

- Pilih tab Compatibility, beri centang Run this program as an administrator. Lalu klik OK.

Itulah sedikit penjelasan tentang Run as administrator. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami.


Selengkapnya...

18 February 2015

2 Cara Mudah Mengirim File Berukuran Besar di Internet


   Bagi kamu yang ingin mengirim file dengan seseorang melalui jaringan internet, biasanya kamu akan menggunakan Email dengan melampirkan attachment file kamu. Namun ada batasan jika kita mengirim file yang berukuran besar. Yaps, layanan Email seperti Gmail, Yahoo Mail, Outlook, dan sebagainya membatasi besarnya file attachment yang bisa kamu kirim. Besarnya batasan upload file ini berbeda-beda di setiap penyedia layanan Email, mulai dari 20 MB hingga 25 MB.
   Lalu, bagaimana caranya jika kita ingin mengirim file berukuran lebih dari 25 MB ? Misalkan besar file yang ingin kita kirim 500 MB atau 1 GB. Nah, untuk itu kali ini aku akan membagikan 2 cara mudah untuk mengirim file berukuran besar.

#1. Menggunakan Layanan Cloud Storage

Kamu bisa menggunakan penyedia layanan cloud storage untuk mengirim file yang besar. Karena dengan menggunakan cara ini, kamu cukup mengupload file yang akan kamu kirim, dan kemudian kamu hanya perlu menyertakan link untuk mendownload file tersebut di Email kamu.

Cloud Storage

Ada banyak layanan cloud storage yang bisa kamu pilih seperti Google Drive dengan kapasitas penyimpanan file sebesar 15 GB, Dropbox sebesar 2 GB sampai 18 GB, Box sebesar 10 GB, One Drive dari Microsoft memungkinkan penggunanya untuk meng-upload satu file hingga 10 GB.
Cara ini juga sering aku gunakan untuk mengirim file yang berukuran besar kepada klien. Karena disamping nge-blog, aku saat ini juga membuka jasa sebagai Graphic Designer/Vector Artist.

#2. Menggunakan Layanan WeTransfer

Alternatif lainnya bisa kamu gunakan layanan WeTransfer. WeTransfer adalah layanan online yang memang khusus dibuat untuk mengirim file yang  berukuran besar melalui Email. Dengan layanan ini, kamu bisa mengirim file yang berukuran 2 GB ke alamat Email yang kamu inginkan.
Caranya pun sangat mudah, dan kamu tidak perlu melakukan registrasi jika ingin menggunakan layanan ini.
Pertama kamu kunjungi WeTransfer di https://www.wetransfer.com/ . Lalu upload file yang ingin kamu bagikan. kemudian masukkan Email kamu, Email tujuan, dan pesan yang ingin kamu sampaikan.

WeTransfer

Penerima akan mendapatkan Email berisi pesan kamu dan link untuk mendownload file tersebut. Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengirim file ke 20 orang sekaligus dalam sekali pengiriman.

Itulah beberapa cara mengirim file yang berukuran besar secara online. Kamu bisa pilih salah satu cara di atas yang menurutmu paling nyaman digunakan.
Selengkapnya...

11 February 2015

BQ Aquaris E4.5: Smartphone Ubuntu Pertama Akhirnya Dirilis


   Sebuah perusahaan pengembang sistem operasi Ubuntu, Canonical. Akhirnya memperkenalkan smartphone pertama setelah pengembangan selama dua tahun yang menggunakan sistem operasi Ubuntu, yaitu BQ Aquaris E4.5. Perusahaan piranti lunak open source tersebut mewujudkannya melalui kerjasama dengan brand Meizu yang berasal dari China dan brand BQ yang berasal dari Spanyol. Kedua brand tersebut sama-sama berpengalaman sebagai pembuat gadget.

BQ Aquaris E4.5
 
   Seperti yang telah kita ketahui selama ini, Ubuntu dikenal sebagai sistem operasi open-source yang dibuat oleh Canonincal untuk komputer desktop. Yang kemudian dalam perkembangannya, Canonical akhirnya memutuskan untuk membuat sistem operasi tersebut ke dalam versi mobile.
   Desain smartphone BQ Aquaris E4.5 ini memang tidak terlalu istimewa, sama seperti smartphone kebanyakan. Tapi yang menarik dari smartphone ini adalah menggunakan sistem operasi Ubuntu Touch OS. Kemudian spesifikasi dari BQ Aquaris E4.5 juga termasuk kategori menengah yaitu layar sentuh berukuran 4,5 inchi dengan resolusi qHD 960 x 540 pixel berteknologi IPS kapasitif, prosesor MediaTek @1,3 GHz quad-core, RAM 1 GB, memori internal 8 GB, dual micro-SIM, kamera belakang 8 megapixel, kamera depan 5 megapixel. Dan untuk tampilan interface sendiri, smartphone Ubuntu ini hampir mirip dengan Android. Hanya saja memiliki launcher khas Ubuntu desktop.


   BQ Aquaris E4.5 akan dirilis dengan harga 170 euro atau sekitar Rp 2,4 juta. Akan tetapi untuk sementara ini akan tersedia untuk wilayah Eropa saja dalam waktu dekat. Hmmm,, dengan sistem operasi yang cukup populer saat ini, mampukah BQ Aquaris E4.5 akan dapat bersaing dengan Android dan Windows Phone di masa depan.?? Kita tunggu saja perkembangannya.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Selengkapnya...

09 February 2015

Android One: Smartphone Murah Dari Google Untuk Negara Berkembang


   Baru-baru ini Google menghadirkan smartphone Android One untuk orang-orang yang tinggal di negara berkembang. Raksasa internet Amerika Serikat tersebut mengumumkan inisiatif Android One dalam ajang Google I/O, Juni 2014 lalu.
   Tujuan utama Google adalah ingin seluruh penduduk dunia mendapatkan smartphone murah, berkualitas, lalu dapat terhubung ke dunia maya dan seluruh orang di lokasi manapun, bisa mengakses teknologi juga informasi-informasi terbaru di dunia.

Android One

   Smartphone Android One adalah sebuah smartphone dengan harga yang sangat terjangkau berdasarkan standar rancangan hardware langsung dari Google dengan menggandeng sejumlah vendor lokal di masing-masing negara terpilih. Awalnya, proyek Android One terwujud pertama kali di India pada Pada September 2014. Karena tujuan utamanya untuk mempermudah akses smartphone bagi semua orang, para vendor yang bekerja sama dengan Google juga menetapkan harga menjadi sangat terjangkau.
   Harga smartphone Android One di India dibatasi di kisaran 100 Dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta. Selain itu, Google memberikan jaminan bahwa piranti lunak Google dapat di-update secara gratis. Tetapi dengan syarat, pengguna harus menggunakan kartu SIM milik operator yang telah bekerja sama dengannya.
   Kabar gembiranya, bahwa smartphone Android One juga dipastikan meluncur di Indonesia. dalam situs resmi Android One sudah memberikan pengumuman resmi tentang tiga smartphone Android One yang meluncur di Indonesia. Diantaranya, adalah Evercoss One X, Mito Impact dan Nexian Journey. Ketiga smartphone tersebut dibuat oleh vendor lokal Indonesia.
   Spesifikasinya pun setara, yaitu Layar ukuran FWVGA 4,5 inci, prosesor quad-core 1,3 GHz, RAM 1GB, kamera depan 2 megapixel, dan kamera utama 5 megapixel. Menariknya, ketiga smartphone tersebut sudah menggunakan sistem operasi Android terbaru yaitu Android Lollipop 5.1. Google juga menjamin update piranti lunak di Android One ini. Dengan syarat pengguna harus menggunakan kartu SIM Telkomsel. Dan untuk harganya, tidak jauh berbeda dengan harga yang ditetapkan Google untuk negara India.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

05 February 2015

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Langsung di Android


   Saat ini, Bahasa Inggris sudah menjadi suatu bahasa global yang bisa di katakan "wajib" dipelajari setiap individu untuk dapat bersaing di dunia luar. Misalkan saja, jika kamu sedang browsing di internet. Maka kita pasti menemukan website yang menggunakan Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, kita perlu mengerti apa yang disampaikan website tersebut. Dan kemampuan berbahasa Inggris juga akan dibutuhkan saat kita sedang melamar pekerjaan di sebuah perusahan besar.
   Jika biasanya kita belajar Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus atau belajar di sekolah, kali ini ada cara alternatif lain untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak khusus bagi kamu pengguna smartphone Android.
   Adalah English Grammar Ultimate, sebuah aplikasi gratis di Android khusus untuk belajar Bahasa Inggris. Aplikasi ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar grammar Bahasa Inggris ataupun yang sedang  persiapan tes TOEFL / IELTS.

English Grammar Ultimate

English Grammar Ultimate

   Salah satu kelebihan dari aplikasi ini yaitu menyediakan materi lengkap mengenai grammar yang dapat menambah wawasan kamu tentang grammar beserta penjelasannya.
Berikut ini adalah materi pembelajaran yang ada di English Grammar Ultimate:

Version 2.0

--- New Topics ---
  • Spoken English
  • Tenses
  • Question Tags
  • Reported Speech
  • Trial Questions
  • Use of Let
  • Use Of Little, A Little, Few, A Few
  • Use of Shall
  • Use of Should
  • Use of Wish
  • Used to
  • Using of Must or Have To
  • Verbs
  • Phrases
  • Plurals
  • Practice1
  • Prepositions
  • Pronouns
  • Punctuation Marks
  • Quantifiers
Version 1.0

---Topics---
  • Active Or Passive Voice
  • Adjectives
  • Adverbs
  • Articles
  • Auxiliary Verbs
  • Capitalization
  • Grammar Mistakes
  • Conditionals
  • Conjunctions
  • Degree of comparison
  • Determiners
  • Direct & indirect speech
  • English phonetics
  • Essay Writing
  • Figure of speech
  • Gender
  • Gerund and present participles
  • Going to
  • Had better
  • Homonyms
  • Idioms
  • Independent & Dependent Clauses
  • Infinitives
  • Interjections
  • Irregular verbs
  • Nouns

Cukup lengkap sekali kan?? untuk mencobanya, silahkan langsung saja download English Grammar Ultimate di Google Play Store melalui link dibawah ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.maxlogix.englishgrammar

Selengkapnya...

02 February 2015

3 Hal yang Perlu Diketahui dari Temporary File


   Jika kamu bekerja dengan komputer, pasti kamu akan menemukan berbagai macam format file. Dan format file yang paling sering kamu temui diantaranya format .doc, .xml, .txt, .cdr, .rar, .zip dan lain sebagainya.
   Tapi tahukah kamu bahwa terdapat jenis file yang bernama Temporary File atau yang berekstensi .temp, atau .TMP . mungkin jarang kamu temui atau bahkan kamu tidak menyadarinya karena letak dari file tersebut yang tersembunyi. Nah, pada artikel kali ini aku akan membahas tentang 3 hal yang perlu diketahui dari Temporary File.

Apa itu Temporary File?

Temporary File adalah file-file yang penggunaannya hanya bersifat sementara. File tersebut dibuat secara otomatis oleh sistem Windows ataupun juga suatu program untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses atau digunakan.
Temporary File akan terhapus secara otomatis pula saat data selesai dikerjakan dan kita keluar dari suatu program. Tapi juga tidak jarang Temporary File ini masih tertinggal dan tidak terhapus secara otomatis. Jika ini terjadi terus menerus, akan menjadi berlebihan dan tanpa kita sadari akan  mengurangi space harddisk. Juga tentunya akan memperlambat kinerja Windows.
Lalu, bagaimana cara menghapus Temporary File yang masih tertinggal tersebut? Kamu dapat menghapusnya dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows, yaitu Disk Cleanup. Atau bisa juga dengan aplikasi pihak ketiga, yaitu CCleaner.

Temporary Files

Fungsi dari Temporary File

Temporary File dibuat untuk tujuan cadangan data suatu program. Contohnya saat kamu bekerja menggunakan program desain grafis CorelDRAW, program tersebut akan menyimpan file sementara dari dokumen yang terbuka setiap beberapa menit atau istilahnya mem-back up data untuk sementara. Jika kamu menyimpan dokumen dan keluar dari program tersebut. Temporary File akan dihapus otomatis. Tapi jika program tiba-tiba mengalami crash atau not responding, maka program akan otomatis membuka Temporary File. Dengan demikian Temporary File dapat digunakan untuk membantu recovery/memulihkan data. Sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi membuat dokumen baru dari awal.
Temporary File juga dibuat oleh sistem Windows selama proses berjalan dengan normal dan saat tidak ada cukup memori yang dialokasikan untuk menjalankan sebuah proses.

Lokasi Penyimpanan Temporary File

Kamu bisa menemukan lokasi penyimpanan Temporary File ini yang dibuat oleh sistem Windows dan oleh setiap pengguna Windows:

Temporay File yang dibuat oleh sistem Windows
 C:\Windows\Temp

Temporary File yang dibuat oleh pengguna Windows
C:\Users\USERNAME\AppData\Local\Temp

Biasanya, sistem akan menyembunyikan folder AppData sehingga kamu tidak dapat melihat keberadaan folder tersebut di Windows Explorer. Untuk dapat melihat folder tersebut, caranya buka menu Organize -> Folders and Search Options -> pilih tab View -> pilih Show hidden files, folders, and drives.
Mengapa ada 2 lokasi penyimpanan Temporary File? Temporary File yang terletak di direktori C:\Windows\Temp , dibuat otomatis oleh sistem Windows yang berasal dari proses-proses sistem Windows. Sedangkan Temporary File yang terletak di direktori C:\USERNAME\AppData\Local\Temp , dibuat otomatis saat pengguna menjalankan suatu program tertentu. Temporary File yang berasal dari suatu program mungkin dapat juga berlokasi di sub folder di dalam folder induk program tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Temporary File dan juga fungsinya. Perlu diperhatikan, kamu tidak harus melakukan pembersihan Temporary File secara rutin. Cukup lakukan saja 1 bulan sekali atau bisa juga bila space harddisk kamu yang hampir penuh.
Selengkapnya...