29 January 2015

Cara Melihat Link Asli Dibalik Short URL


image short link

   Di internet, seringkali kita menjumpai berbagai link atau URL (Uniform Resource Locator) untuk menuju ke suatu halaman website tertentu. Dengan adanya link maka kita akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan ataupun juga membagikan suatu informasi kepada orang lain.
   Salah satu bentuk link atau URL yang biasa kita temukan di internet yaitu berupa link pendek atau biasa disebut juga short URL. Sama seperti link atau URL yang lain, short URL jika di klik maka akan menuju ke suatu halaman website tertentu. Hanya saja pada short URL ini, link asli disembunyikan. Dengan kata lain, short URL ini berfungsi untuk menyederhanakan link atau URL asli yang biasanya memiliki karakter yang panjang menjadi lebih pendek. Contohnya pada short URL berikut ini, goo.gl/d6jTxK , bit.ly/FSprHidd . Jika kamu klik salah satu link tersebut, maka akan menuju ke salah satu artikel di blog ini.
   Akan tetapi, banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan short URL ini menyembunyikan link spam, script berbahaya, phishing, penipuan, penyebaran virus, dan lain-lain. Oleh sebab itu, kamu perlu hati-hati sebelum memutuskan menge-klik short URL. Jika kamu tidak yakin apakah short URL yang akan kamu buka tersebut aman atau tidak, maka sebaiknya kamu lihat dulu link asli yang menggunakan layanan URL Shortener seperti bitly.com, goo.gl, adf.ly dan lain-lain dengan menggunakan LongURL.

UPDATE 04-04-2016:

Saat ini situs LongURL - http://longurl.org/ sudah tidak bisa diakses lagi.
Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba salah satu situs URL Expander yang aku rekomendasikan berikut ini:
  • URL Expander - http://urlex.org/
    Di situs ini kamu bisa memasukkan beberapa short URL sekaligus dan menampillkan link asli dari beberapa short URL tersebut.
  • CheckShortURL - http://checkshorturl.com/
    Situs ini dapat menampilkan detail informasi dari short URL. Diantaranya, informasi tentang link asli, judul halaman, deskiripsi halaman, keyword, dan nama Author. Bahkan kamu juga bisa langsung mengecek keamanan link asli dari short URL tersebut melalui layanan Google safebrowsing, Norton, Web Of Trust, McAfee SiteAdvisor, dan Sucuri.

LongURL merupakan URL Expander yang mampu melihat sekitar kurang lebih 340 jenis short URL. Nah, untuk menggunakannya. Berikut ini caranya:

Pertama, silahkan kunjungi situs LongURL disini:   http://longurl.org/

Kemudian, tinggal kamu paste-kan short URL yang ingin kamu lihat, lalu klik Expand.

LongURL

Maka akan terlihat detail rincian link yang asli, Judul dan juga keyword halaman di balik short URL tersebut.

LongURL

Dengan menggunakan layanan LongURL ini maka kamu tidak perlu penasaran lagi dengan short URL yang ingin kamu buka.

Semoga bermanfaat..
Selengkapnya...

20 January 2015

Cara Berbagi Artikel Melalui Firefox Versi 35


share Firefox

   Saat kamu sedang berselancar di internet, pastinya kamu sering menemukan artikel-artikel yang menarik pada suatu website ataupun juga blog yang kamu kunjungi. Biasanya, kamu akan share artikel tersebut ke berbagai media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain melalui tombol share yang telah disediakan oleh website atau blog.
   Nah, bagi kamu yang menggunakan browser Firefox versi yang terbaru yaitu versi 35. Saat ini Firefox telah menyediakan fitur layanan berbagi artikel ke media jejaring sosial langsung melalui browser Firefox. Cara penggunaan fitur ini hampir sama seperi tombol share yang ada di website ataupun juga blog. Hanya saja kita diwajibkan menginstall "list web service" nya terlebih dahulu agar dapat menggunakan fitur berbagi ini. Berikut ini caranya:

Pertama, pastinya komputer kamu sudah terinstall browser Firefox versi 35. Jika belum punya, silahkan download melalui website resminya di https://www.mozilla.org/. Atau jika sudah punya tapi belum diupdate, silahkan update terlebih dahulu melalui Menu -> Help -> About Firefox

Setelah itu, kemudian klik icon Share This Page (yang bentuknya seperti pesawat kertas) berada dipojok kanan atas toolbar. Lalu klik Take me there!.

Firefox

Maka kamu akan dibawa ke window baru. Nah, dihalaman ini akan ada berbagai pilihan "web services" yang siap diinstall jika kamu scroll ke bawah. (Disini aku pilih Twitter service). Kamu bisa pilih sesuai keinginan. Kemudian pilih Activate Now.

Firefox

Maka akan muncul notifikasi seperti dibawah ini. Klik Enable Services untuk melanjutkan.

Firefox

Jika proses penginstalan sudah selesai, maka kamu akan dibawa ke window baru seperti gambar di bawah ini.

Firefox

Nah, sekarang coba share artikel ini melalui web services yang telah kamu install tadi.

Firefox


Bagaimana?? Cukup mudah kan?? Dengan fitur terbaru dari Firefox ini, maka aktivitas berbagi artikel akan lebih mudah dan cepat. Meskipun sudah banyak website ataupun juga blog yang sudah menyediakan tombol share dihalaman mereka.

Semoga bermanfaat..
Selengkapnya...

15 January 2015

Internet Indonesia Sekarang Peringkat 77 di Dunia


internet indonesia

   Ada kabar gembira bagi nasib internet di Indonesia. Berdasarkan laporan per kuartal yang dirilis oleh lembaga penyedia layanan cloud global dan internet monitoring, Akamai Technologies Inc. , melalui laporan State of the Internet pada tahun 2015, Kecepatan koneksi internet di Indonesia mengalami pertumbuhan kualitas yang signifikan dari tahun sebelumnya. Dimana saat ini, peringkat internet Indonesia naik dari urutan ke-101 menjadi urutan ke-77 di seluruh dunia. Dengan kecepatan koneksi internet tertinggi di Indonesia mencapai 25,8 Mbps. Peningkatan ini dikarenakan sebanyak 35% pengguna internet di Indonesia juga telah terkoneksi dengan internet broadband berkecepatan lebih dari 4 Mbps. (Baca Juga: 10 Negara Dengan Akses Internet Tercepat di Dunia)
   Bukan itu saja, kecepatan koneksi internet di Indonesia bahkan mengalahkan peringkat dari negara Vietnam, Filipina, dan India, yang sama-sama termasuk ke dalam negara wilayah Asia Pasifik. Dan untuk wilayah Asia Pasifik, Indonesia saat menempat peringkat ke-11. Sangat mengejutkan sekali bukan,?? Mengingat negara Indonesia sering disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan kualitas internet yang buruk. Hmm,, bagaimana menurutmu tentang pernyataan ini??
   Lalu, negara mana dengan koneksi internet tercepat di dunia?? Untuk saat ini, negara dengan koneksi internet tercepat masih di duduki oleh Korea Selatan dengan kecepatan internet rata-rata 25,3 Mbps dan diikuti oleh Hongkong dengan kecepatan internet rata-rata 16,3 Mbps.

Daftar tabel negara dengan koneksi internet tercepat

   Dengan adanya kabar gembira ini, mudah-mudahan nasib internet di Indonesia akan semakin berkembang lagi. Jika pemerintah tetap konsisten, mungkin saja 2 sampai 3 tahun ke depan kualitas internet di Indonesia dapat masuk peringkat 5 besar di dunia.

Sumber data: Akamai Technologies Inc.

Selengkapnya...

13 January 2015

7 Tips Aman Berselancar di Internet


Berselancar di Internet

   Internet saat ini bisa dikatakan telah menjadi "kebutuhan sehari-hari" bagi para pencari informasi yang up to date. Karena dengan internet kita dapat melakukan banyak hal seperti, mencari semua informasi yang kita butuhkan dengan cepat tanpa harus membuka buku ataupun juga menonton televisi terlebih dahulu, bermain di sosial media, kegiatan upload dan download, dan lain-lain.
   Tapi seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali kejahatan yang dilakukan melalui internet. Namun juga tidak jarang banyak orang menganggap sepele tentang bahaya berselancar di internet dan tanpa mereka sadari ada saja program jahat yang masuk ke dalam PC / Laptop dan merusak data yang ada. Oleh karena itu, kali ini aku akan berbagi tentang 7 tips aman saat berselancar di internet.

#1. Selalu Gunakan Browser yang Up to Date

Terkadang browser yang jarang diupdate juga bisa menjadi media penyebaran program jahat. Karena browser dengan versi lama belum mendapatkan patch atau tambalan untuk celah keamanan oleh para developer browser tersebut. Oleh sebab itu pastikan untuk selalu menggunakan browser versi terbaru karena telah mendapatkan "penambalan" pada celah keamanannya.

#2. Selalu Gunakan Anti Virus yang Memiliki Fitur Real-Time Protection

Pastikan anti virus yang kamu gunakan memiliki fitur real-time protection. Maksudnya, anti virus tersebut mampu untuk terus melindungi komputermu dan bekerja secara otomatis dalam berbagai hal. Ini sangat diperlukan agar kamu tetap aman saat sedang berselancar di internet.
Dan gunakanlah anti virus yang original atau juga kamu dapat menggunakan anti virus versi gratis dengan kemampuan yang lumayan baik. Seperti Avast Free Anti Virus. Dan jangan lupa, untuk selalu rutin mengupdate database anti virus agar komputermu lebih aman lagi.

#3. Jangan Gunakan Aplikasi Downloader Dari Situs Download

Ini sering kita temui jika kita ingin mendownload aplikasi dari situs-situs sharing file. Kita terlebih dahulu akan disuruh mendownload aplikasi downloader buatan dari situs tersebut yang kemudian akan digunakan untuk mendownload aplikasi yang kita inginkan.
Biasanya, ciri-ciri dari aplikasi downloader ini mempunyai ukuran file lebih kecil dari ukuran file aplikasi yang kita inginkan. Oleh sebab itu, kita harus waspada. Karena bisa jadi aplikasi tersebut telah disisipi oleh malware. Dan pastikan kamu hanya menggunakan aplikasi downloader yang terpercaya, contohnya seperti Internet Download Manager.

#4. Jangan Membuka Iklan Sembarangan

Biasanya jika kita mengunjungi situs tertentu, kita sering melihat iklan yang sifatnya "merayu" kamu untuk menggunakan jasa atau mendownload produknya. Ini juga dapat menjadi masalah jika kamu ceroboh dan membuka iklan tersebut.
Karena bisa jadi iklan itu malah berisikan virus, malware atau adware yang dapat merusak komputermu. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dalam membuka iklan dan melihat sumbernya jelas atau tidak.

#5. Hati-hati Jika Ingin Melakukan Transaksi di Internet

Jangan terlalu sering melakukan kegiatan transaksi internet contohnya pembayaran tagihan, transaksi bank dan lain-lain dengan menggunakan perangkat komputer milik umum, misalnya di warnet atau fasilitas internet gratis yang melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum. Karena hal ini akan sangat beresiko sekali pencurian data-data pribadi kamu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab/hacker maupun keylogger.
Baca Juga Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

#6. Perhatikan Tingkat Keamanan Pada Website yang Kamu Kunjungi

Pastikan untuk selalu memperhatikan tingkat keamanan website sebelum kamu memasukkan data-data yang sensitif. Dan periksa juga petunjuk enkripsi, misalkan alamat website,nya dengan awalan 'https' ataupun terdapat logo kunci gembok yang biasanya ada di sudut kiri pada address bar browser kamu.

#7. Gunakan Sistem Operasi yang Terbaru

Sama seperti browser, sistem operasi (Operating System/OS) pun perlu diperbarui. Karena dengan semakin berkembangnya sistem di dunia komputer, OS versi yang lama juga akan meninggalkan celah keamanan.
Untuk itu bagi kamu yang saat ini menggunakan OS yang "lawas", contohnya Windows XP. Sebaiknya segera meng-upgrade ke versi yang lebih baru seperti Windows 8 ataupun bisa juga Windows 7.

Itulah 7 tips aman berselancar di internet. Jadi intinya kamu harus lebih bijak dalam menggunakan internet. Karena jika kita berhati-hati, hal seburuk apapun akan dapat kita hindari.

Semoga bermanfaat..
Selengkapnya...

07 January 2015

Tips Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat


overheat

   Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna komputer ataupun juga laptop adalah terjadinya overheat. Nah, bagi kamu yang sudah lama menggunakan komputer atau laptop pasti tidak asing lagi dengan masalah yang satu ini. Overheat adalah suatu kondisi dimana suhu komputer dalam keadaan panas yang berlebihan.
   Overheat yang ditimbulkan dari panas ini cukup berbahaya, sehingga dapat mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat, sering hang, komputer restart sendiri, komputer menjadi BSOD (Blue Screen Of Dead), bahkan yang lebih parahnya lagi dapat merusak mainboard bahkan semua komponen didalam komputer tersebut.
   Pada komputer atau PC, masalah overheat ini memang sangat jarang terjadi. Kalaupun terjadi, masalah ini bisa diatasi dengan membuka casing, membersihkan heatsink, menambah kipas, dan lain-lain untuk membantu menurunkan suhu yang berlebihan. Dan untuk laptop, masalah ini sangat sering kita hadapi. Bahkan kebiasaan yang dianggap remeh pun dapat juga menjadi penyebab dari overheat. Diantaranya: Menutup ruang sirkulasi udara, Meletakkan laptop ditempat yang empuk. Seperti sofa dan kasur atau tempat tidur, Membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan (Multitasking). Dan lain-lain.
Untuk itu, kali ini aku akan berbagi tips bagaimana cara agar laptop tidak mengalami overheat.

#1. Jangan Gunakan Laptop di Atas Permukaan yang Empuk

Ini kebiasaan yang salah dan sering dilakukan. Biasanya para pengguna laptop sering menggunakan laptop di atas tempat-tempat yang empuk. Contohnya di kasur atau tempat tidur. Akan tetapi permukaan yang empuk dapat menyumbat lubang saluran sirkulasi udara menjadikan suhu laptop akan meningkat.
Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan laptop pada tempat yang memiliki bidang datar dan ruang yang cukup agar sirkulasi udara dari laptop menjadi lancar. Dan jika memungkinkan, gunakan cooling pad (kipas pendingin tambahan) pada bagian bawahnya sehingga ada aliran udara tambahan yang dihembuskan pada laptop, sehingga laptop menjadi dingin dan laptop pun akan berumur lebih lama.

#2. Jangan Membuka Banyak Program atau Aplikasi Secara Bersamaan (Multitasking)

Jika kamu bekerja dengan komputer ataupun juga laptop. Pasti sering melakukan hal ini untuk mempercepat pekerjaan kamu. Perlu kamu ketahui, membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan apalagi membuka program yang berat-berat, contohnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, CorelDRAW dan lain-lain juga dapat mengakibatkan overheat. Karena prosessor dan RAM akan bekerja lebih ekstra. Dan akhirnya laptop pun akan lebih cepat panas. Oleh sebab itu, sebaiknya hanya buka program atau aplikasi yang memang benar-benar kamu perlukan saja.

#3. Jangan Terlalu Banyak Menghubungkan Perangkat USB Ke Laptop

Menghubungkan perangkat USB yang secara berlebihan terhubung ke laptop seperti HDD eksternal, Flashdisk, USB Modem dan lain-lain juga dapat mengakibatkan overheat. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi, tapi alangkah baiknya bila kamu mencabut perangkat USB tersebut jika memang sudah tidak diperlukan.

#4. Jangan Terlalu Lama Bermain Game di Laptop

Kegiatan bermain game adalah salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, akan tetapi memainkan game dengan tingkat resolusi yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan panas yang berlebihan pada laptop.
Karena prosesor, graphic card dan RAM akan bekerja lebih berat dalam waktu lama dan akan membuat suhu komponen tersebut naik. Oleh sebab itu, jangan terlalu lama bermain game. Jika ingin laptop kamu berumur lebih lama.

#5. Jangan Menginstall Software atau Aplikasi yang Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop.

Jika kamu ingin menginstall software atau aplikasi, sebaiknya kamu sesuaikan dulu spesifikasi laptop yang kamu miliki dengan baik, kemudian pilih software atau aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi tersebut. Dan juga perhatikan spesifikasi minimal yang diperlukan jika ingin menginstall software atau aplikasi yang berat.
Baca Juga:
Tips Sebelum Mendownload Software di Internet
Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

Perlu kamu ketahui, penggunaan software atau aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi tidak akan berjalan dengan optimal dan hanya menambah beban pada komputer.

#6. Selalu Jaga Kebersihan Laptop

Debu yang semakin menumpuk pada laptop juga dapat menyumbat lubang saluran sirkulasi udara. Akibatnya, laptop menjadi cepat panas. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan laptop kamu.
Juga bersihkan seluruh komponen yang di dalam laptop dari debu yang menempel dan mengganti thermal pasta CPU. Tapi ingat, jika kamu tidak ahli dalam bongkar pasang laptop, kamu bisa bawa laptop kamu ke service center terdekat untuk melakukan hal ini.

Itulah beberapa tips agar laptop tidak mengalami overheat. Jika kamu mempunyai tips yang lain, bisa kamu tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...
Selengkapnya...