23 November 2014

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet


Merawat Laptop

  Laptop ataupun juga netbook merupakan barang elektronik yang sangat dibutuhkan pada masa ini, khususnya oleh pelajar, mahasiswa, dan para praktisi kerja. Harganya yang semakin hari semakin terjangkau, membuat Laptop menjadi pilihan utama daripada Desktop PC. Selain itu, laptop juga lebih praktis dibawa kemana-mana.
  Sama seperti perangkat elektronik lainnya, laptop juga membutuhkan perlakuan khusus. Karena jika terjadi kerusakan pada laptop, akan  dapat mengganggu produktivitas penggunanya. Untuk itu, berikut ini aku akan membagikan beberapa tips merawat laptop atau Netbook agar tetap awet :

#1. Jangan Letakkan Laptop di Sembarang Tempat

Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti: resiko laptop terinjak (jika diletakkan di lantai), resiko laptop terjatuh (jika diletakan di tempat yang tinggi). Oleh sebab itu, tempatkan laptop di tempat yang aman dan juga terhindar dari jangkauan anak-anak.

#2. Jangan Letakkan Laptop Di Atas Permukaan yang Lunak

Pada aat mengoperasikan laptop jangan letakan laptop pada permukaan yang lunak/empuk. Seperti karpet, sofa dan tempat tidur. Karena kebiasaan tersebut akan menghambat lubang saluran sirkulasi udara pada laptop dan menyebabkan komponen hardware laptop cepat panas (overheat). Oleh sebab itu, pastikan kamu memberikan alas yang keras dibawah laptop agar lubang sirkulasi udara menjadi lancar.
Dan aku sarankan juga untuk menggunakan kipas pendingin (cooling pad) agar komponen hardware laptop tetap dingin.

#3. Gunakan Stabilizer Saat Menggunakan Laptop

Jika kamu menggunakan laptop tanpa baterai, di sarankan menggunakan stabilizer agar laptop tidak cepat rusak karena tegangan listrik yang tidak stabil.

#4. Jangan Menutup Layar Laptop Dalam Keadaan Menyala

Jangan terlalu sering menutup layar laptop saat masih dalam keadaan menyala. Karena hal itu dapat menyebabkan LCD/Monitor laptop menjadi cepat rusak.

Baca Juga:
Cara Agar Laptop Tetap Hidup Ketika Layar Ditutup
Cara Membuat Laptop Shutdown Otomatis Ketika Flip di Tutup

#5. Jangan Letakkan Benda Apapun Diantara Keyboard dan Layar Laptop 

Pastikan bahwa kamu tidak meletakkan apapun diatas keyboard laptop, karena hal ini untuk menghindari goresan pada layar laptop saat kamu lupa dan menutup laptop.

#6. Jangan Meletakkan Benda Cair Apapun di Samping Laptop

Meletakan minuman atau benda cair lainnya akan menimbulkan resiko yang besar. Karena jika tidak sengaja tertumpah lalu mengenai laptop, maka membuat komponen hardware akan rusak.

#7. Istrirahatkan Laptop Selama Beberapa Menit

Jika kita memiliki tugas atau pekerjaan sedang menumpuk, pastinya kita akan seharian penuh di depan laptop. Dan tanpa kita sadari laptop juga turut bekerja keras. Untuk itu, selalu  istirahatkan laptop kamu 15-30 menit setiap beberapa jam sebelum dipakai lagi agar kondisi laptop tetap optimal.

#8. Pastikan Untuk Selalu Menjaga Kebersihan Laptop

Selalu bersihkan laptop secara berkala, karena debu yang masuk pada laptop dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop, dan tidak jarang juga dapat mengakibatkan hubungan arus pendek (korsleting) pada laptop.

#9. Pastikan Menginstall Software yang Terpercaya

Banyak sekali software yang tersebar luas di internet. Mulai dari software gratis hingga berbayar. Dan banyak juga software yang telah disusupi malware yang dapat menyebabkan masalah serius pada laptop. Untuk itu, pastikan untuk selalu menginstall software dari developer yang terpercaya.

Baca juga:
Tips Sebelum Mendownload Software di Internet
Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

#10. Selalu Gunakan Anti Virus yang Terupdate

Jika laptop kamu sering digunakan untuk sharing data atau untuk browsing internet. Maka sebaiknya gunakan anti virus yang terupdate. Karena untuk menghindari virus, worm dan threat2 lainnya yang dapat mengakibatkan kerusakan system ataupun juga laptop.

Baca juga:
Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware
Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

  Itulah beberapa tips merawat laptop agar tetap awet. Semoga tips diatas dapat membantu menjaga keawetan laptop kamu. Jika kamu memiliki tips lainnya dapat kamu bagikan dikolom komentar.

Semga bermanfaat..

Selengkapnya...

18 November 2014

Facebook Akan Mengurangi Iklan Dari Fanpage Pada Tahun 2015


  Beberapa waktu yang lalu, Facebook telah mengumumkan akan mengurangi News Feed yang berasal dari Fanpage. News Feed sendiri digunakan untuk menampilkan konten apa yang dilihat oleh pengguna.

Facebook

  Seperti yang telah kita ketahui, banyak orang yang memanfaatkan Fanpage Facebook sebagai media promosi blog, barang dagangan, hasil karya, dan lain-lain. Akan tetapi pada tahun 2015 nanti, Facebook akan mem"Filter"nya. Menurut Facebook, tujuan News Feed Facebook adalah hanya untuk menampilkan hal-hal yang memang ingin dilihat oleh penggunanya saja. Dan hanya pengelola Fanpage yang membayar saja yang promosinya yang akan ditampilkan di News Feed pengguna. Sedangkan yang tidak membayar, maka promosinya tidak akan ditampilkan. Tentu, hal ini akan akan mempersulit siapapun yang ingin berjualan online melalui Fanpage Facebook dan akan merugikan pengelola yang sudah lama membangun Fanpage secara "gratisan".
  Mungkin bagi kamu yang ingin  lebih serius mengembangkan bisnis online lewat Facebook, maka kamu harus siapkan budget mulai dari sekarang jika ingin promosi kamu akan sampai ke News Feed pengguna.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

14 November 2014

Cara Agar Laptop Tetap Hidup Ketika Layar Ditutup


Cara Agar Laptop Tetap Hidup Ketika Layar Ditutup

Bagi kamu pengguna laptop pasti kamu pernah langsung menutup flip layar saat laptop belum di shutdown. Biasanya, tindakan ini kamu lakukan ketika kamu akan mengerjakan sesuatu yang lain. Memang, saat kamu menutup laptop dengan membiarkannya dalam keadaan masih hidup Windows akan mengubah kondisi laptop kamu menjadi tidur 'Sleep'. Sebenarnya fitur ini sangat berguna, karena dalam keadaan sleep, komputer akan menghemat beberapa persen daya baterai laptop.

Akan tetapi,fitur tersebut dirasa sebagian orang mengganggu. Karena dengan alasan saat membuka laptop lagi, akan langsung mengerjakan kembali tugas yang belum selesai. Nah, bagaimana agar laptop tetap hidup dan tidak sleep ketika layar laptop ditutup.?? Berikut ini caranya:

Pertama, klik icon baterai yang berada di System Tray (pojok kanan taskbar). Lalu pilih More power options.

Power options Windows 7

Kemudian pilih power plan jenis Balanced (Recommeneded), lalu klik Change plan settings.

Power options Windows 7

Klik pada pilihan Change advanced power settings.

Power options Windows 7

Kemudian kamu cari pilihan Power buttons and lid -> Lid close action, pada bagian On battery dan Plugged in, ganti menjadi Do nothing. Lalu klik OK.

Power options Windows 7

Sekarang kamu coba tutup layar laptop kamu, maka laptop tidak akan masuk ke mode sleep lagi. Dengan cara ini, maka kamu akan dapat langsung mengerjakan pekerjaan kamu yang belum selesai saat kembali membuka layar laptop.

Tapi jika kamu ingin menonaktifkan laptop langsung hanya dengan menutup layar silahkan baca artikel tentang Cara Membuat Laptop Shutdown Otomatis Ketika Flip di Tutup.

Semoga bermanfaat..

Selengkapnya...

07 November 2014

Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup


Komputer Berbicara, Jarvis Iron Man

  Bagi kamu yang hobi menonton film bergenre Sci-Fi, pasti kamu kenal salah satu karakter bernama Iron Man. Ya, super hero yang satu ini memang terkenal dengan peralatannya yang sangat canggih.
  Nah, salah satu yang paling menarik dalam film ini adalah terdapat komputer yang dapat berbicara dan berinteraksi yang bernama Jarvis. Tidak hanya itu saja, komputer ini dapat menjalankan semua perintah dari Iron Man.
  Namun kali ini kita tidak akan membahas lebih dalam tentang film Iron Man. Tetapi kita akan membuat sebuah komputer dapat berbicara seperti layaknya si Jarvis. Hmmm,,, menarik kan???   Dengan sedikit trik yang sederhana ini maka akan membuat komputer dapat berbicara dan menyapa kamu ketika baru dinyalakan atau pada saat proses startup.
Langsung saja, berikut ini caranya:

Pertama buka aplikasi Notepad. Lalu copy-paste perintah dibawah ini:

Dim speaks, speech
speaks="MASUKKAN KATA-KATA KAMU DISINI"
Set speech=CreateObject("sapi.spvoice")
speech.Speak speaks

  • Kalimat yang berwarna biru, kamu ganti dengan kata-kata sesuai keinginan kamu.
  • Sebaiknya gunakan kata-kata dalam bahasa Inggris. Seperti contoh dibawah ini. Karena dalam percobaanku, jika menggunakan bahasa Indonesia maka suara yang muncul menjadi tidak jelas.

Notepad

Kemudian, simpan dengan nama welcome speak.vbs dan pada Save as tipe pilih All files.

Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup

Untuk lokasi penyimpanannya, sesuaikan dengan versi Windows kamu dibawah ini.

Windows 7, Windows 8, Windows 8.1:  
C:\Users\USERNAME\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

Catatan:
  1. Kata USERNAME sesuaikan dengan Username komputer kamu.
  2. Secara default, folder AppData pada Windows 7 masih ter-hidden. Untuk menampilkan folder tersebut caranya: buka Windows Explorer pilih Organize -> Folder and search options plih tab View beri tanda pada pilihan Show hidden file, folder and drivers

Windows XP: 
C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup

Jika sudah, lalu tingkatkan volume komputer kamu. Kemudian restart komputer . Dengarkan suara yang muncul saat desktop terbuka.

Catatan:
  1. Trik ini tidak akan berhasil jika sebelumnya komputer tidak terinstall Driver Audio.
  2. Jika ingin mengedit kembali file *.vbs untuk mengubah kata-katanya, silahkan kunjungi artikel yang ada disini. (lihat tutorial yang berada di area warna hijau). Cara tersebut berlaku juga untuk membuka semua file selain format *.txt.

Semoga bermanfaat..
Selengkapnya...

04 November 2014

Cara Menampilkan Tema Tersembunyi di Windows 7



Regional Theme Windows 7

  Jika kita berbicara tentang tema Windows 7, pasti kamu akan langsung menjawabnya dengan Aero Theme. Memang Windows 7 memiliki tema yang menjadi ciri khas yang berbeda dari versi-versi Windows yang lainnya, yaitu memiliki tema dengan efek Aero Theme.
  Dengan adanya efek Aero Theme ini, maka memungkinkan untuk melihat jendela program aku menjadi seperti efek gelas yang transparan. Sehingga memberikan tampilan interface yang menarik.
Dari beberapa tema bawaan Windows 7, mungkin kamu belum mengetahui bahwa sebenarnya Windows 7 memiliki Regional Theme.
  Apa itu Regional Theme ?? Regional Theme adalah suatu tema di Windows 7 yang telah disediakan berdasarkan bahasa dan lokasi yang kita pilih pada saat pertama kali melakukan installasi Windows 7. Akan tetapi, ada beberapa Regional Theme lainnya yang memang tidak ditampilkan atau sengaja disembunyikan oleh Windows, sehingga kita tidak dapat menemukannya di menu Personalization. Untuk itu, maka kita harus menampilkannya untuk dapat menggunakan Regional Theme ini.
Berikut ini caranya:

Pertama, buka start menu. Kemudian ketikkan lokasi dibawah ini lalu tekan Enter.
C:\Windows\Globalization\MCT

start menu

Maka kamu akan masuk di Windows Explorer dan di tampilkan beberapa folder yang berisi regional theme. Di dalam setiap folder tersebut terdapat beberapa folder lagi yang berisi tema, wallpaper, dan RSS Feed.

Regional Theme Windows 7

Di regional theme ini kamu mempunyai 2 pilihan yaitu, hanya memasang wallpaper dari tema tersebut, atau dapat juga menginstall langsung regional theme tersebut.

#Pilihan 1: Hanya Memasang Wallpaper Dari Regional Theme

Untuk memasang wallpaper, buka folder sesuai nama regional theme yang kamu pilih, misalkan region negara Australia. Pilih salah satu wallpaper yang kamu inginkan, lalu klik kanan > Set as desktop background.

Wallpaper Windows 7

#Pilihan 2: Menginstall Langsung Regional Theme

Jika langsung menginstall regional theme. buka folder Theme kemudian double klik pada file theme.

Regional Theme Windows 7

Maka tampilan Windows 7 kamu akan langsung berubah sesuai regional theme yang kamu pilih tadi. Dan kamu juga dapat melihat regional theme yang telah terinstall tadi di menu Personalization. Kamu dapat memasang kembali tema tersebut kapan saja.

Personalization Windows 7

Setiap regional theme memiliki ciri khas dan mood yang berbeda sesuai dengan negara masing-masing. Dengan ini maka kamu tidak akan bosan lagi dengan tampilan tema desktop yang hanya itu-itu saja.

Semoga bermanfaat..
Selengkapnya...

01 November 2014

Microsoft Xim Sekarang Bisa di Download Semua Orang


  Setelah sebelumnya aku telah memposting tentang kecanggihan aplikasi berbagi foto dari Microsoft yaitu Microsoft Xim. Disini aku berikan sedikit reviewnya lagi, Aplikasi ini memudahkan kamu untuk berbagi foto ke teman-teman kamu.
  Menariknya, aplikasi ini dapat cukup di install oleh satu orang pengguna smartphone saja. Dan untuk mengirim fotonya, kamu cukup menambahkan email atau nomor telepon teman kamu.

  Review selengkapnya baca disini: Microsoft Xim: Aplikasi Berbagi Foto Buatan Microsoft

Microsoft Xim

  Jika sebelumnya aplikasi Microsoft Xim ini hanya dapat digunakan di negara US saja, tetapi kali ini pihak developer Microsoft telah mengupdate ke versi terbarunya sehingga aplikasi ini dapat digunakan di semua negara termasuk juga Indonesia.
  Dengan di update,nya ke versi terbaru, maka bagi kamu pengguna smartphone Windows Phone dapat mendownloadnya langsung dari Windows Store melalui link dibawah ini:

http://www.windowsphone.com/en-za/store/app/microsoft-xim/3627bc99-5f9d-4bbd-bb87-69eead70e28d

Disana kamu juga akan melihat versi terbaru dari Microsoft Xim yaitu versi 1.2.1 serta beberapa informasi dari change log, nya.
Selengkapnya...