30 October 2014

Cara Menonaktifkan Izin Removable Drive


Access Denied

  Apakah kamu sering kesal bila memiliki komputer atau laptop yang sering digunakan oleh teman kamu untuk saling bertukar file melalui Flashdisk?? Memang secara default, seluruh akses device removable diizinkan oleh Windows untuk dapat di baca oleh semua user.
  Kita ambil saja contohnya Flashdisk. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat praktis sampai saat ini. Akan tetapi, Flashdisk juga salah satu media yang sering digunakan berbagai macam virus untuk menginfeksi komputer.
  Oleh sebab itu, jika komputer atau laptop kamu sering digunakan teman kamu untuk bertukar file, maka kamu perlu menonaktifkan izin removable drive. Sehingga dengan cara ini, maka komputer kamu akan aman dari resiko terinfeksi virus. Tidak hanya Flashdisk saja, kamu juga menonaktifkan izin dari harddisk external, CD/DVD ataupun juga device removable lainnya. Jadi misalkan, jika teman kamu mencoba memasukkan Flashdisk, komputer tidak akan mendeteksi adanya device tersebut.
Ingin tahu caranya?? Berikut ini caranya:

Pertama, buka Run. Dengan cara tekan tombol Win + R . Kemudian ketikkan gpedit.msc lalu OK.

Windows Run

Pada panel sebelah kiri pili User Configuration > Administrative Templates > System > Removable Storage Access. Kemudian pada panel sebelah kanan, pilih menu All Removable Storage classes: Deny all access lalu klik kanan pilih Edit.

Group Policy Editor Windows 7

Ubah pengaturannya menjadi Enable untuk menonaktifkan izin removable drive. Lalu klik OK.

Group Policy Editor Windows

Sekarang kamu coba masukkan Flashdisk atau removable drive lainnya, maka akan muncul peringatan seperti ini.
Access Denied
Untuk mengembalikannya, pada langkah yang ke-3. Ubah pengaturannya dari Enable menjadi Disable atau Not Configured.  Kemudian Restart komputer.
Oiya, trik ini dapat juga digunakan untuk menjaili komputer teman kamu lho.. Sehingga teman kamu akan kebingungan kenapa komputernya menolak semua Flashdisk. Hehehe..... XD

Semoga bermanfaat...
Selengkapnya...

24 October 2014

Cara Mengetahui Waktu Lama Komputer Menyala


Cara Mengetahui Waktu Lama Komputer Menyala

  Berapa lama kamu bekerja dengan menggunakan komputer?? Rata-rata, setiap orang menggunakan komputer selama 3 - 5 jam perhari. Apakah kamu juga salah satu tipe orang yang betah berjam - jam didepan komputer?? Memang suatu komputer dapan menyala hingga berjam - jam atau bahkan sampai berhari - hari sesuai dengan kebutuhan.
  Akan tetapi, pemakaian komputer yang terlalu lama dapat meningkatkan temperatur yang menyebabkan suhu komputer menjadi terlalu panas (overheat). Hal ini juga dapat menimbulkan resiko komputer sering lambat, sering  tidak merespon (Not Responding) . Atau bahkan terjadi kerusakan komponen di dalam komputer.
  Oleh karena itu, untuk menghindari semua masalah tersebut. Kamu perlu mengetahui berapa lama komputer menyala. Untuk cara mengeceknya sangat mudah sekali. Tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hanya menggunakan aplikasi bawaan Windows. Berikut ini caranya :

Pertama, buka Task Manager dengan cara klik kanan pada Taskbar. Lalu pilih Start Task Manager.

Taskbar Windows 7

Kemudian buka tab Performance. Perhatikan pada kotak System akan ada informasi yang bernama Up Time, waktu yang tertera pada informasi inilah yang menunjukkan sudah berapa komputer kamu menyala.

Task Manager Windows 7

  Penghitungan waktu lama pemakaian komputer ini dihitung mulai dari komputer start pertama kali (booting) sampai saat kamu melakukan pengecekan waktu pemakaian.
  Dengan cara diatas, maka kamu dapat mengistirahatkan komputer sejenak jika sudah menggunakannya terlalu lama dengan melakukan shutdown ataupun juga bisa hibernate agar komputer kamu tetap awet.

Semoga bermanfaat..

Selengkapnya...

18 October 2014

Microsoft Xim: Aplikasi Berbagi Foto Buatan Microsoft


  Biasanya, jika kita ingin berbagi foto dapat melalui jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, Path, Facebook ataupun dapat juga melalui Email. Kini, Microsoft telah merilis sebuah aplikasi berbagai foto terbaru yang bernama Microsoft Xim. Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Research Fuse Labs ini memungkinkan untuk berbagi foto langsung melalui smartphone Windows Phone maupun Android dan untuk iOS, saat ini masih dalam pengerjaan.

Microsoft Xim

  Dengan menggunakan aplikasi yang gratis ini, kamu dapat berbagi foto ke perangkat lain, meskipun pengguna yang lain tidak menginstall aplikasi ini. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, kamu yang sudah  menginstall Microsoft Xim cukup menandai teman-teman kamu di foto dengan memasukkan nama, Email, ataupun juga nomor telepon. Kemudian teman kamu akan mendapatkan notifikasi melalui Email atau SMS berupa link untuk mengakses foto kamu langsung dari browser ponsel atau PC mereka. 
  Dengan kata lain, aplikasi ini cukup terinstall di smartphone seorang pengguna saja. Selain itu, untuk menjaga privasi pengguna baik pengirim maupun penerima foto, link share dari foto tersebut dapat terhapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Dan teman kamu dapat juga memberikan komentar di setiap foto yang telah kamu bagikan. Asalkan link tersebut belum terhapus.
  Tetapi sayangnya, untuk sementara aplikasi ini hanya dapat digunakan di US dan Kanada saja. Dan kita do'akan saja, semoga aplikasi yang keren ini segera dapat juga digunakan di Indonesia.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

16 October 2014

7 Juta Akun Dropbox Diretas, Ganti Password Kamu Sekarang!!!


  Bagi kamu yang saat ini menggunakan layanan cloud storage dari Dropbox, disarankan untuk segera mengganti password kamu. Karena beberapa hari yang lalu tersiar kabar yang sangat mengejutkan datang dari The Next Web, bahwa sekitar 7 juta akun Dropbox berhasil diretas oleh seseorang "anonim". Kabar ini pertama kali beredar di forum online Reddit, dimana terdapat sebuah thread memberikan tautan ke empat file di Pastebin.
  Dalam empat file berupa plain text itu tertulis sekitar 420 username dan password dari  pengguna Dropbox. Pengupload file tersebut mengatakan bahwa dia memiliki sejumlah username dan password yang hampir 7 juta dari pengguna layanan Dropbox yang akan menyusul untuk dipublikasikan. Anonim tersebut meminta donasi berupa Bitcoin ke publik, jika menginginkan informasi yang lebih detail dan lengkap.

7 Juta Akun Dropbox Diretas, Ganti Password Kamu Sekarang

  Tak lama setelah kabar berita ini menyebar, pihak dari Dropbox segera mengklarifikasi bahwa mereka telah me-reset password ketika mendeteksi segala aktivitas mencurigakan di semua daftar akun yang telah dibocorkan tersebut dan telah mengklaim bahwa mayoritas dari password-password tersebut telah kadaluarsa atau sudah tidak aktif lagi. Meskipun demikian, sejumlah pengguna di forum Reddit ini telah berhasil masuk ke akun pengguna Dropbox lewat username dan password yang telah dibocorkan oleh si "anonim" tersebut. Dan pihak dari Dropbox sendiri telah menyarankan bagi pengguna Dropbox untuk mengganti password kamu dan menggunakan "two-step authentication" untuk menambah kekuatan keamanan dari password.
  Kejadian ini sangat merugikan reputasi dari industri layanan cloud storage yang lainnya. Terlebih lagi layanan tersebut menjadi media penyimpan data yang cukup populer saat ini.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Selengkapnya...

11 October 2014

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome


Tema Google Chrome

  Bagi kamu pengguna Google Chrome, mungkin kamu pernah merasa bosan dengan tampilan tema yang terkesan sangat sederhana tersebut. Itu biasanya ketika baru membukanya pertama kali atau membuka tab baru maka akan disuguhkan dengan tampilan yang putih polos serta terdapat search bar dan beberapa  thumbnail dari website yang sering kamu kunjungi.
  Sebenarnya., Google Chrome telah menyediakan banyak sekali tema yang bisa kamu download secara gratis di Chrome Web Store. Akan tetapi, dari sekian banyak tema yang ada disana. Mungkin kamu pernah berpikiran untuk membuat tema sendiri dari koleksi dari wallpaper favorit kamu.
  Jangan khawatir, Google Chrome telah menyediakan sebuah ekstensi yang dapat kamu gunakan untuk membuat sendiri tema Google Chrome favoritmu. Ingin tahu cara membuatnya??. Berikut ini caranya.

Pertama, download dahulu ekstensi pembuat tema Google Chrome dbawah ini.
https://chrome.google.com/webstore/detail/my-chrome-theme/oehpjpccmlcalbenfhnacjeocbjdonic/related

Kemudian klik tombol pojok kanan atas lalu klik Tambahkan untuk menginstall ekstensi ini.

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Tunggu beberapa saat sampai ekstensi tersebut didownload dan terinstall otomatis di Google Chrome, setelah terinstall, kamu bisa langsung klik icon dari ekstensi tersebut.

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Lalu klik mulai membuat tema.

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Dalam pilihan ini, kamu dapat memilih wallpaper/gambar favorit kamu dari harddisk. Ataupun bisa juga langsung menggunakan webcam, untuk dijadikan background browser.

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Tunggu beberapa saat hingga proses upload gambar selesai.
Jika sudah, kamu dapat mengatur posisi yang tepat untuk gambar kamu, dan menambahkan efek tertentu untuk gambar kamu. Jika sudah, kemudian klik Lanjutkan ke Langkah 2

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Pada tahap ini, kamu dapat juga mengatur warna untuk membedakan tab yang aktif dan juga tab yang tidak aktif sesuai keinginanmu. Ini nantinya akan dapat memudahkan kamu untuk browsing ketika membuka banyak tab. Setelah itu klik Lanjutkan ke Langkah 3

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Kemudian berilah nama tema Google Chrome sesuai keinginanmu. Kemudian klik Jadikan tema saya!

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Tunggu beberapa saat sampai Proses pembuatan tema selesai. Jika sudah, Klik Pasang tema saya

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Jika muncul notifikasi di pojok kiri bawah browser langsung klik Lanjut.

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Lalu klik Tambahkan. Maka tema yang telah kamu buat akan terinstall otomatis.

Cara Mudah Membuat Sendiri Tema Google Chrome

Dan untuk melihat hasilnya coba buka tab baru pada browser Google Chrome kamu.

Tema Google Chrome

Bagaimana?? Cukup mudah kan?? Dengan tema buatan sendiri, maka kamu tidak akan bosan lagi dengan tampilan tema Google Chrome yang sebelumnya hanya putih polos saja.

Semoga bermanfaat...

Selengkapnya...

02 October 2014

Cara Menambahkan OEM Logo di System Properties Windows


  Biasanya, jika kita melihat system properties di Windows melalui klik kanan My Computer -> Properties. Maka kita dapat melihat sebuah informasi yang menampilkan, jenis operating system yang digunakan, spesifikasi RAM, jenis processor, dan lain-lain. Tampilan tersebut merupakan informasi standar yang pasti ada dalam system properties komputer. Dan jika kamu membeli Laptop/PC yang sudah include Windows original. Maka terdapat informasi tambahan berupa rincian nama perusahaan pembuat Notebook/PC tersebut disertai dengan logo perusahaan yang terletak di samping kanan.

System Properties Windows 7

  Rincian informasi itulah yang disebut dengan OEM logo. Apakah itu OEM?? OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain ataupun retailer dengan memakai merek dagang dari perusahaan pembeli tersebut. (Sumber:Wikipedia). Atau bisa dikatakan, produk original yang dipasarkan oleh sebuah brand, namun produksinya dibeli dan dijual oleh perusahaan/produsen lain.
  Akan tetapi, jika kamu melakukan install ulang. Maka biasanya OEM logo ini tidak ada. Sebenarnya ini bukan menjadi masalah yang serius. Tapi jika ada nama manufacture dan logo OEM ,nya maka informasi tentang komputer kamu akan terlihat lebih lengkap. Dan lebih gimana gitu. Hehehe......
Nah... untuk itu, kali ini aku akan membagikan trik untuk menambahkan logo OEM tanpa software. Berikut ini caranya:

#1. Siapkan sebuah gambar logo merek Laptop/PC kamu yang berformat *.BMP yang berukuran 200x200 pixel. Dalam trik ini, aku akan memakai logo dari blog ini.

Kamu dapat juga menggunakan gambar pilihan sesuka kamu, tapi juga harus berformat *.BMP yang berukuran 200x200 pixel.

Jika kamu tidak memiliki gambar berformat *.BMP, kamu dapat mengubah format gambar melalui aplikasi Paint. Caranya klik kanan pada gambar kamu lalu pilih Edit.
Maka akan langsung menuju ke aplikasi Paint. Kemudian pilih File -> Save As. Pilih BMP picture.

Paint Windows 7

Simpan gambar kamu difolder C:\Windows\system32 dengan nama OEMLogo .

dialog box save Windows 7

#2. Kemudian buka Registry Editor. Dengan cara buka Start Menu ketik Regedit lalu Enter.

Start Menu Windows 7

#3 (a). Pada panel kiri buka key HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\OEMInformation
     (b). Lalu pada panel kanan tambahkan value Dengan cara klik kanan pada area yang kosong -> New -> String Value .

Registry Editor Windows 7

Maka akan muncul nama New Value #1. Ubah nama value dengan nama Logo, kemudian double klik value tersebut dan isi value datanya dengan \Windows\system32\OEMLogo.bmp dan klik OK.

Edit String Value

Kamu juga bisa menambahkan value dengan nama Manufacturer, Model produk, nama link Support URL, dan lain-lain dengan cara yang sama seperti pada langkah no. 3 (b).

Jika sudah selesai. Sekarang buka lagi system properties di Windows kamu. Dan lihat hasilnya.

System Properties Windows 7
Sebelum Ditambahkan OEM logo

System Properties Windows 7
Setelah Ditambahkan OEM logo

Dengan trik diatas. Maka kamu dapat mengkostumisasi informasi system properties Windows sesuka kamu tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Semoga bermanfaat..

Selengkapnya...