18 December 2013

Classic Retweet : Membalas Tweet Menjadi Lebih Mudah dan Cepat


Classic Retweet : Membalas Tweet Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

  Bagi kamu yang suka Twitteran, pasti kamu sering melihat teman kamu membalas mentions yang masuk dengan menggunakan Retweet “RT”. Biasanya, hal tersebut akan mudah dilakukan jika kita menggunakan aplikasi desktop twitter seperti TweetDeck di PC ataupun lewat aplikasi di ponsel. Tapi jika kamu membalas langsung di website Twitter pasti kamu akan kesulitan, karena Twitter tidak memberikan fitur "balas dengan Retweet", bila kamu ingin membalas mention dengan RT kamu harus melakukan copy paste tweet terlebih dahulu dan menuliskan balasannya. Nah.. Untuk memudahkan kamu dalam membalas langsung di website Twitter, aku sarankan kamu menggunakan Classic Retweet.
  Classic Retweet ini adalah add-ons dari Firefox yang berfungsi untuk menambahkan tombol baru “Classic RT” di dalam Twitter. Jadi, jika kamu ingin membalas dengan "RT" cukup dengan satu klik saja dan langsung menuliskan balasannya.
Berikut ini aku akan memberikan cara menggunakan Classic Retweet di Firefox.

Pertama, buka browser Firefox kamu. Kemudian kunjungi link berikut:

https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/classic-retweet/

Setelah terbuka, lalu klik tombol Add to Firefox.

Classic Retweet : Membalas Tweet Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Tunggu beberapa saat, hingga proses download selesai.

Classic Retweet : Membalas Tweet Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Lalu muncul kotak dialog yang menanyakan kamu untuk melakukan pemasangan add-ons baru Classic Retweet di browser Firefox. Klik Install Now.

Classic Retweet : Membalas Tweet Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Untuk menggunakannya, silahkan buka akun Twitter kamu. tombol baru “Classic RT” telah muncul.

Classic Retweet : Membalas Tweet Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Klik tombol Classic RT untuk membalas tweet teman kamu. 
Jika jumlah karekter yang kamu ketikkan melebih batas, maka pada karakter yang melebihi batas akan diberi tanda blok merah.

Classic Retweet : Membalas Tweet Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Bagaimana?? Mudah kan?? Dengan add-ons Classic Retweet, saat kamu akan membalas mention dengan menggunakan Retweet akan menjadi lebih mudah. Tanpa harus meng-copy paste tweet terlebih dahulu ke form penulisan.

Semoga bermanfaat...

Selengkapnya...

13 December 2013

Cara Melihat Umur Instalasi Windows


Cara Melihat Umur Instalasi Windows

  Kapan kamu terakhir kali menginstall ulang Windows?? 6 bulan yang lalu, 1 tahun yang lalu, atau mungkin 2-3 tahun yang lalu??. Jika kamu merasa sudah lama tidak menginstall ulang Windows. Mungkin kamu pernah mengalami beberapa masalah pada komputer kamu seperti semakin lambat, sering error, ataupun crash. Hal ini mungkin dikarenakan terlalu sering install-uninstall program, harddisk yang terfragmentasi dan masih banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan masalah pada komputer.
  Jika kamu lupa kapan terakhir kali menginstall ulang Windows. Berikut ini aku akan membagikan trik untuk melihat umur installasi Windows.

Pertama, buka Command Prompt. Dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk mengakses Run. Jika jendelan Run sudah terbuka, ketikkan cmd kemudian OK.

Cara Melihat Umur Instalasi Windows

Kemudian ketikkan perintah dibawah ini :

systeminfo.exe

Lalu tekan enter, tunggu beberapa saat, karena  Command Prompt sedang mengambil informasi mengenai sistem Windows. Jika sudah selesai, Command Prompt akan menampilkan informasi tentang sistem Windows secara lengkap dan detail. Untuk melihat tanggal instalasi Windows, cari tulisan Original Install Date .

Cara Melihat Umur Instalasi Windows

Cara Alternatif :

Ketikkan perintah berikut pada Command Prompt.

systeminfo | find /i "install date"

Maka akan muncul ringkasan tanggal instalasi Windows.

Cara Melihat Umur Instalasi Windows

Sangat mudah sekali kan?? Trik ini dapat digunakan untuk menentukan jika terjadi masalah pada komputer kamu apakah perlu diinstall ulang atau hanya sekedar me-repair saja.

Semoga bermanfaat..

Selengkapnya...

10 December 2013

Cara Menghindar dari Serangan Keylogger


Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

  Mungkin ada diantara kalian pasti bertanya-tanya apa itu Keylogger??, Keylogger atau Key Stroke Recorder adalah sejenis spyware yang sengaja dibuat untuk merekam aktivitas keyboard user. Keylogger digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri username, password, dan informasi penting lainnya dengan cara merekam huruf yang diketikkan oleh pengguna komputer yang kemudian akan dikumpulkan dan dikirim melalui Email yang sudah ditentukan kepada si pembuat Keylogger untuk keperluan tindakan kriminal.
  Tentu, hal ini sangat merugikan jika kita sampai kecolongan. Apalagi jika kita sering bertransaksi online.
Nah, pada artikel kali ini aku akan membagikan beberapa tips untuk meminimalisir resiko kecolongan data pribadi karena ulah Keylogger.

#1. Gunakan Password dengan Karakter Spesial

Yang dimaksud dengan karakter spesial adalah &, !, @, #, $, %, dan lain sebagainya. Jika kamu membuat password dengan menggunakan karakter spesial, maka pelaku akan kesulitan untuk mendapatkan password kamu. Karena biasanya, Keylogger mengabaikan karakter spesial yang seperti itu. Sehingga Keylogger tidak akan mendapatkan password kamu yang sebenarnya.

#2. Gunakan Virtual keyboard untuk Mengetik Data Penting

Selalu gunakan virtual keyboard atau disebut juga On-Screen Keyboard saat mengetikkan data penting seperti: username, password dan informasi penting lainnya. Karena Keylogger hanya dapat merekam data pribadi jika kita mengetik menggunakan Keyboard yang asli. Di Windows 7 sudah tersedia fasilitas on- screen keyboard. Dan untuk menggunakannya, silahkan buka Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Ease of Access -> On-Screen Keyboard. Atau juga bisa pada pada Start Menu ketik osk.exe lalu Enter.

#3. Gunakan Notepad untuk Menyimpan Password saat Membuka Akun di Komputer Lain

Jika kamu menggunakan komputer selain komputer pribadi misalnya komputer di warnet, kantor, ataupun tempat yang lain. Sebaiknya persiapkan password akun pribadi kamu dengan cara mengetikkan di sebuah Notepad kemudian menyimpannya di USB Flashdisk atau tempat lain yang menurut kamu lebih aman. Ketika kamu ingin memasukan password, tinggal copy-paste saja password yang sebelumnya telah kamu simpan didalam Notepad. Cara ini merupakan cara alternatif jika kamu tidak ingin menggunakan On-Screen Keyboard.

#4. Gunakan Software Anti Keylogger

Jika kamu sering bertransaksi online atau membuka akun bank, paypal, dan akun penting lainnya di komputer pribadi. Aku sarankan untuk menginstall sofware anti keylogger seperti SpyShelter.
SpyShelter adalah software gratis yang dapat memonitor celah-celah yang lemah pada sistem komputer dan melindungi komputer kamu dari serangan berbagai macam Keylogger.
Untuk mendownloadnya, silahkan kunjungi situs resminya di http://www.spyshelter.com/download-spyshelter

itulah beberapa tips cara menghindar dari serangan Keylogger. Jika kamu memiliki tips yang lain, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat..

Selengkapnya...

04 December 2013

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows


Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

  Memblokir situs memang sangat perlu jika kita memiliki adik, anak-anak ataupun juga orang lain yang menggunakan komputer kita untuk mengakses situs-situs tertentu.
  Ada banyak software atau program yang tersedia dan berfungsi untuk memblokir alamat situs yang tidak kita inginkan. Akan tetapi, menggunakan suatu software di PC tentu bukanlah solusi yang tepat. Karena jika terlalu banyak software yang terinstall, maka akan memberatkan kinerja PC itu sendiri. Nah maka dari itu, bagi kamu pengguna Windows. Kamu dapat memblokir situs-situs tertentu hanya dengan menggunakan file Host. Mungkin kamu akan bertanya sebenarnya apa itu file Host ??
  File Host adalah file yang dapat mengatur sebuah nama domain (website) dalam bentuk IP address. Dengan adanya file Host ini, maka kamu akan lebih mudah dalam memblokir situs-situs tertentu. Dan untuk menggunakan file Host ini cukup mudah. Berikut ini caranya:

Pertama, buka terlebih dahulu file Host tersebut di folder C:\Windows\System32\drivers\etc

Untuk membuka file Host memerlukan trik khusus. Pertama, kamu buka Notepad (Start Menu -> All programs -> Accessories -> Notepad) kemudian klik kanan pilih Run as administrator. Setelah itu drag and drop File Host ke dalam Notepad. Trik ini dilakukan agar kamu dapat menyimpan kembali hasil editan di file Host. Seperti gambar berikut ini:

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

Kemudian untuk memblokir situs yang kamu inginkan, cukup ketikkan IP localhost yaitu 127.0.0.1 kemudian di sampingnya ketikkan situs yang ingin kamu blokir. Seperti contoh di bawah ini.

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

Jika sudah, save/simpan lagi file Host tersebut.

Untuk mengeceknya apakah situs sudah benar-benar terblokir. Buka browser kamu, coba buka situs yang telah kamu blokir tadi. Jika berhasil, maka pada browser akan muncul tampilan seperti ini:

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

Catatan: Jika situs yang kamu blokir masih dapat di akses, hal ini terjadi karena masih adanya Cache DNS. Dan untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Command Prompt, dengan cara pada Start Menu ketik CMD kemudian klik kanan pilih Run as administrator.
2. Lalu ketik perintah berikut: ipconfig/flushdns kemudian tekan Enter.

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

3. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi seperti ini:

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

4. Setelah itu, tutup Command Prompt. Kemudian hapus History dan cache browser kamu. Lalu restart komputer.

Sekarang coba buka lagi situs yang telah kamu blokir. Dengan cara tersebut, maka situs sudah benar-benar terblokir.

Bagaimana?? Cukup mudah kan??, dengan cara ini kita dapat dengan mudah memblokir situs-situs yang tidak kita inginkan tanpa menggunakan software apapun.

Semoga bermanfaat..
Selengkapnya...