12 November 2013

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7


10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

  Bagi kamu pengguna Windows 7, pasti kamu sering mengalami masalah dengan  proses lemotnya pada saat startup/menghidupkan komputer atau laptop pertama kali. Di Windows 7, proses startupnya memang sedikit lebih lama. Bahkan ada beberapa kejadian, proses startup pada Windows 7 membutuhkan waktu hingga 2-3 menit. Berbeda dengan Windows 8 yang hanya butuh beberapa detik untuk proses startup.
  Tentu hal ini sangat menjengkelkan jika kita teburu-buru mau mengerjakan tugas tapi proses startup lemotnya minta ampun. Nah, pada artikel kali ini. Aku akan berbagi beberapa tips agar Windows 7 lebih cepat pada saat proses startup.

#1. Mengurangi Program yang Berjalan pada saat Startup

Beberapa program ada yang berjalan langsung pada saat startup misalnya Internet Download Manager (IDM). Tentu, hal ini akan memperlambat proses startup tersebut. Oleh sebab itu, kita perlu mengatur program mana yang tidak penting untuk berjalan di startup. Caranya:

- Tekan tombol Win + Run untuk menjalankan Windows Run, kemudian ketik MSConfig dan tekan Enter.
- Kemudian klik tab Startup, lalu hilangkan centang yang ada di program yang sekiranya tidak penting untuk kamu jalankan pada saat startup.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

Sebaiknya kamu tetap centang pada beberapa program yang berperan penting untuk mendukung kinerja Windows seperti driver dan Anti virus.

- Jika sudah, lalu klik Apply dan OK. Kemudian segera restart komputer kamu.

#2. Lakukan Defragment pada Harddisk

- Pada Start Menu, ketik Disk Defragmenter lalu tekan Enter.
- Pilih partisi mana yang ingin kamu defrag (bisa local disk C, D, atau E. tergantung pilihan kamu). Lalu klik Defragment disk.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

Sebaiknya lakukan defrag pada partisi Windows atau partisi C secara berkala (atau minimal disk telah terfragmentasi 10%) agar akses data untuk sistem bisa lebih cepat sehingga dapat meningkatkan kecepatan startup Windows.

#3. Menonaktifkan System Sound

- Klik kanan pada icon sound di Taskbar, kemudian pilih Sound.
- Pada Sound Scheme pilih No Sounds lalu klik Apply dan OK.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

#4. Menonaktifkan Fitur Aero Theme

- Klik kanan pada desktop lalu pilih Personalize.
- Kemudian klik Window Color di bagian bawah window Personalization.
- Hilangkan tanda centang pada Enable transparency. Lalu klik Save changes.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

Sebaiknya gunakan tema classic atau basic untuk menghemat penggunaan resource memori. Sehingga proses startup akan berjalan lebih cepat.

#5. Mengurangi Visual Effects pada Windows

- Buka Control Panel, pada pilihan View by: pilih Small icons 
- Buka Performance Information and Tools 
- Pada panel sebelah kiri, piih Adjust visual effects.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

Kamu bisa menentukan visual effects sesuai keinginan kamu (dengan memilih custom). Atau sebaiknya pilih Adjust for best performance agar Windows dapat menentukan yang terbaik untuk memaksimalkan performa Windows.

#6. Mengurangi Fitur Bawaan Windows yang tidak Dibutuhkan

- Pada Start Menu, ketik Windows Features, kemudian tekan Enter. 
- Hilangkan centang pada fitur-fitur Windows yang tidak kamu butuhkan.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

- Jika sudah, lalu klik OK. Kemudian restart komputer kamu.

#7. Menonaktifkan Search Index Windows

- Pada Start Menu, ketik services . Pilih menu Services lalu tekan Enter.
- Kemudian cari Windows Search lalu klik 2 kali, Pada Startup type di tab General pilih Disabled.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

- Kemudian klik  OK

#8. Mengurangi Shortcut Program pada Desktop

Beberapa program biasanya otomatis membuat shortcut di desktop. Jika terlalu banyak shortcut maka akan membuat proses startup akan lebih lambat. Oleh karena itu, kurangi shortcut program di desktop yang jarang kamu gunakan.

#9. Mengurangi Penggunaan Sidebar Gadget pada Desktop

Tahukah kamu, bahwa terlalu banyak Sidebar Gadget, maka Windows akan membutuhkan waktu untuk menampilkan Gadget satu per satu saat startup. Tentu, hal ini juga akan memperlambat proses loading startup. Oleh karena itu, gunakan Sidebar Gadget yang hanya benar-benar kamu butuhkan. Misalkan Gadget jam dan kalender.

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7

#10. Gunakan Versi Windows 7 yang Sesuai Dengan Spesifikasi Komputer/Laptop Kamu

Terakhir, jika kamu ingin menginstall Windows sendiri, gunakan versi Windows 7 yang sesuai dengan spesifikasi komputer/laptop kamu. Karena pada  Windows 7 terbagi dalam beberapa versi, yaitu Starter, Home Basic, Home Premium, Professinal, Ultimate, dan Enterprise.
Apabila komputer/laptop kamu memiliki RAM di bawah 2 GB dan prosesor tidak begitu tinggi, disarankan untuk menginstall Windows 7 versi Starter, Basic, ataupun Home Premium.
Perlu diketahui, semakin tinggi versi Windows-nya maka semakin tinggi pula spesifikasi komputer/laptop yang dibutuhkan. Jadi, kamu harus lebih bijaksana dalam memilih versi mana yang sesuai dengan spesifikasi komputer kamu, agar Windows dapat berjalan dengan optimal.

Nah, itulah beberapa tips untuk mempercepat startup  Windows 7. Dengan menggunakan tips di atas, maka Windows 7 kamu akan lebih cepat dalam proses startup. Bila kamu mempunyai tips yang lain, dapat kamu tambahkan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat...

Selengkapnya...

07 November 2013

Cara Membuat Teks Karakter/Simbol Unik dengan CopyPasteCharacter


Cara Membuat Teks Karakter/Simbol Unik dengan CopyPasteCharacter

  Apakah kamu tipe seorang yang selalu eksis di jejaring sosial, misalnya Facebook??
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang paling pupuler saat ini. Saking populernya, bahkan ada orang yang menggunakan smartphone Blackberry untuk menulis status dengan karakter-karakter yang unik dan aneh di akun Facebook mereka. Mungkin diantara kamu terkadang iri dengan teman-temanmu pemakai Blackberry yang sering menulis status ataupun membalas komentar dengan teks karakter/simbol yang unik. Tapi sekarang kamu tak perlu iri lagi, karena kamu juga bisa menulis karakter unik seperti itu baik di facebook atau di tempat manapun yang kamu inginkan dengan menggunakan layanan gratis CopyPasteCharacter.
  CopyPasteCharacter adalah website yang menyediakan berbagai macam karakter unik yang siap kamu copy dan paste dimanapun yang kamu inginkan. Kamu bisa mengcopy dan mempaste-nya di status Facebook atau Twitter kamu, di dokumen Ms. Words, Email dan dimanapun yang kamu inginkan.

Untuk menggunakannya sangat mudah.
Pertama, Buka website ini http://www.copypastecharacter.com/

Setelah terbuka, Cukup klik saja karakter/simbol yang kamu inginkan.

Cara Membuat Teks Karakter/Simbol Unik dengan CopyPasteCharacter

Kemudian paste-kan karakter/simbol di tempat yang kamu inginkan. Misalkan di Facebook
.
Cara Membuat Teks Karakter/Simbol Unik dengan CopyPasteCharacter
Dan karakter/simbol unik tersebut akan muncul di status kamu.

Cara Membuat Teks Karakter/Simbol Unik dengan CopyPasteCharacter

Jika kamu ingin mengcopy beberapa simbol sekaligus, cukup tekan dan tahan tombol ALT kemudian pilih karakter/simbol yang kamu inginkan. Dan kumpulan simbol yang telah kamu pilih akan tampil di atas (Clipboard). Lalu paste-kan di tempat yang kamu inginkan.

Cara Membuat Teks Karakter/Simbol Unik dengan CopyPasteCharacter

Mudah bukan?? Sekarang kamu dapat menulis status di Facebook dengan karakter/simbol yang unik tanpa harus memiliki sebuah smartphone Blackberry.

Semoga bermanfaat...

Selengkapnya...

01 November 2013

Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

  Bagi pengguna komputer, pastinya kamu tidak asing lagi dengan yang namanya install-menginstall software. Ya, pekerjaan tersebut sangatlah mudah dilakukan. Karena pada umumnya, kita hanya mengklik Next, Next,... Lalu Finish untuk menyelesaikan instalasi software tersebut. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, entah kenapa, komputer kamu jadi semakin lambat, atau bahkan bertingkah aneh setelah menginstall software-software tersebut.
  Hal itu mungkin karena kamu melakukan kesalahan saat instalasi software. Fitur-fitur tambahan di dalam software yang sebenarnya tidak kamu butuhkan juga ikut terinstall. Nah, agar di lain waktu hal tersebut tidak terulang kembali, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips-tips cara install software di bawah ini.

#1. Ketahui Asal-Usul Software

Seiring dengan perkembangnya teknologi, semakin banyak muncul situs-situs penyedia software gratis ataupun berbayar. Tak jarang juga ada website "palsu" yang menyediakan software gratis dan ketika di install, ternyata software tersebut berisi program yang berbahaya.
Bila kamu ingin mendownload software yang kamu butuhkan di internet, pastikan software tersebut hanya berasal dari website yang terpercaya. Dan alangkah baiknya, jika kamu download langsung dari website resmi pembuat software tersebut.

#2. Ketahui Spesifikasi Komputer Sebelum Menginstall Software

Sebelum melakukan instalasi, ketahui dulu dengan jelas spesifikasi komputer kamu. Karena, tidak semua komputer cocok untuk suatu software.
Suatu software akan membutuhkan spesifikasi komputer yang memadai untuk dapat menjalankan software tersebut. Oleh sebab itu, pastikan informasi tentang spesifikasi yang di butuhkan oleh software tersebut sesuai dengan spesifikasi komputer yang kamu miliki.

#3. Pemilihan Lokasi (Directory) Penyimpanan Untuk Instalasi

Aku sarankan, jangan menginstall semua software pada drive C. Jika drive C terlalu penuh, maka akan memperlambat kinerja komputer. Jangan sampai kamu memilih drive dimana ruang yang dibutuhkan untuk instalasi software (Space Required) lebih besar dibanding ruang yang tersisa pada drive (Space Available). Jika hal tersebut di paksakan, maka proses instalasi tidak akan berjalan.
Dan selalu sisakan ruang kosong pada drive untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi.

Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

#4. Pemilihan Fitur Pada Software

Biasanya, beberapa software akan menyediakan fitur-fitur tambahan untuk mendukung kinerja software tersebut. Jika kamu tidak teliti, maka fitur-fitur tambahan yang sebenarnya tidak kamu butuhkan hanya akan menghabiskan space pada harddisk kamu dan akan memperlambat kinerja komputer.
Oleh sebab itu, Pastikan kamu hanya memilih fitur yang benar-benar kamu butuhkan pada software yang akan di install.

Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

#5. Jangan Menginstall Toolbar Saat Melakukan Instalasi

Inilah yang paling sering kita abaikan saat melakukan instalasi software, yaitu kita disarankan untuk menginstall browser toolbar. Contohnya, saat kamu menginstall Java dari Oracle, kamu biasanya akan mendapatkan rekomendasi untuk instalasi toolbar dari Ask. 
Jika kamu mencentangnya, maka kamu akan menginstall toolbar Ask di seluruh browser yang kamu install dan menjadikan Ask sebagai homepage. Tentu, hal ini akan sedikit mengganggu kenyamanan kamu dalam menggunakan browser. Karena, Terlalu banyak toolbar dapat memperlambat akses internet dan kinerja komputer. Jadi, jangan centang pilihan install toolbar walaupun ada rekomendasi untuk menginstall toolbar.

Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

Demikian beberapa tips tentang cara menginstall software dengan baik dan benar.
Dengan mengetahui tips-tips di atas, aku berharap agar kamu tidak akan asal “Next” lagi dalam menginstall software.

Semoga Bermanfaat..

Selengkapnya...