08 December 2017

Inilah Laptop Pertama yang Menggunakan Processor Snapdragon


Asus NovaGo

Biasanya yang kita tahu, perangkat notebook atau laptop itu kebanyakan menggunakan processor buatan Intel atau AMD. Tapi bagaimana jika laptop juga menggunakan processor yang biasa dipakai oleh perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet?

Nah, sepertinya impian itu kini telah terwujud. Karena dalam ajang Qualcom Snapdragon Tech Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawaii, belum lama ini, Qualcomm resmi meluncurkan laptop pertama yang telah menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 835. Yup, processor tersebut juga dipakai di smartphone flagship saat ini, seperti OnePlus 5T, LG V30, hingga seri Google Pixel 2.

Bersamaan dengan itu, Asus dan HP juga memperkenalkan laptop pertama mereka yang masuk ke dalam kategori "Always Connected PC", yakni Asus NovaGo dan HP Envy x2. Langsung saja, berikut ini spesifikasi singkat dari kedua laptop tersebut:

Asus NovaGo

Asus NovaGo

Asus NovaGo hadir dengan desain yang cukup tipis dan memiliki bobot hanya 1,3 kg saja karena memang laptop ini tidak dilengkapi dengan kipas processor. Bodynya sendiri dari bahan metal dan keyboardnya telah dilengkapi dengan lampu backlight.

Asus NovaGo mengusung layar berteknologi touchscreen dengan bentang seluas 13,3 inchi dan beresolusi Full HD (1080p). Karena tergolong laptop convertible, maka layar Asus NovaGo ini bisa diputar 180 derajat hingga membelakangi keyboard dan laptop bisa dipakai layaknya tablet PC.

Spesifikasi lainnya, Asus NovaGo menjalankan OS Windows 10 S dan bisa di upgrade ke Windows 10 Pro. Untuk mendukung kinerjanya, laptop ini ditenagai dengan processor Qualcomm Snapdragon 835 berkecepatan 2,6GHz, GPU Adreno 540, pilihan kapasitas RAM 4GB / 6GB / 8GB, pilihan memori penyimpanan 64GB / 128GB / 256GB dan bisa ditambah dengan slot MicroSD hingga 256GB, serta baterai 52Wh jenis Li-Po yang bisa bertahan hingga 22 jam (video playback) dan standby hingga 30 hari.

Fitur pendukung lain di Asus NovaGo ini berupa kamera 1MP HD (720p), dukungan pena stylus Asus Pen, Qualcomm X16 LTE Modem, mendukung eSIM dan Nano SIM yang bisa terkoneksi jaringan 4G LTE, fingerprint sensor di bagian touchpad, dan face unlock dengan fitur keamanan Windows Hello. Dukungan portnya juga cukup lengkap, yakni 2 buah port USB 3.1, 1 buah port audio jack, 1 buah slot MicroSD, dan 1 buah port HDMI.

Asus NovaGo akan dibanderol dengan harga USD599 atau sekitar Rp8,1 jutaan untuk varian memori 64GB/RAM 4GB. Dan USD799 atau sekitar Rp10,8 jutaan untuk varian memori 256GB/RAM 8GB. Kabarnya, Asus NovaGo akan mulai tersedia di beberapa wilayah pada musim semi 2018 atau sekitar bulan April.

HP Envy x2

HP Envy x2

HP Envy x2 memiliki body yang lebih tipis dengan ketebalan hanya 6,9 mm saja. Beratnya pun juga sangat ringan, yakni kurang dari 680 gram. Sedikit berbeda dengan Asus NovaGo, HP Envy x2 mengusung desain tablet hybrid. Dimana perangkat ini bisa menjadi tablet — lengkap dengan pena stylus, dan jika dipasangi cover keyboard yang sekaligus menjadi stand atau penyangga, maka akan berubah menjadi laptop.

Untuk spesifikasinya, HP Envy x2 mengusung layar touchscreen seluas 12,3 inchi beresolusi Full HD+ (1280p), processor Qualcomm Snapdragon 835 berkecepatan 2,2GHz, pilihan RAM 4GB / 8GB, memori penyimpanan 256GB + slot MicroSD, OS Windows 10 S yang bisa di upgrade ke Windows 10 Pro, dan baterai yang bisa bertahan hingga 20 jam.

Sementara fitur pendukung lainnya berupa kamera belakang 13MP, kamera depan 5MP, Qualcomm X16 Modem, mendukung eSIM dan Nano SIM yang bisa terkoneksi di jaringan 4G LTE, dan satu buah konektor USB type-C.

Bicara soal harga, sayangnya HP belum mengumumkan secara resmi berapa harga dari laptop Envy x2 ini. Namun besar kemungkinan harganya tidak akan jauh berbeda dari Asus NovaGo.

Jadi, apakah kamu berminat untuk membeli salah satu laptop ber"otak" mobile diatas? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ;)