06 December 2017

Google Resmi Memperkenalkan Android Oreo (Go Edition)


Android Oreo (Go Edition)

Dalam event Google I/O 2017 lalu, Google telah mengumumkan program Android Go, dimana program ini adalah upaya Google dalam menghadirkan perangkat Android dengan harga yang lebih terjangkau namun dengan performa yang cukup baik meskipun berspesifikasi yang rendah, atau memiliki processor kelas bawah dengan RAM 512MB hingga 1GB saja.

Baca juga: Google Rilis Android Go, Versi Android untuk Smartphone dengan Spesifikasi Rendah

Dan kini, Google telah meresmikan program tersebut dengan memperkenalkan Android Go berbasiskan Android 8.1 Oreo yang mereka beri nama Android Oreo (Go Edition). Dikutip dari Google Blog, Android Oreo (Go Edition) ini nantinya bakal dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih baik karena sistem operasi ini memiliki performa lebih cepat 15%.

Selain itu, Android Oreo (Go Edition) hadir dengan sejumlah aplikasi Google yang dioptimalkan untuk memori penyimpanan sehingga mampu menampung aplikasi lebih banyak. Hal tersebut karena ukuran file aplikasi untuk Android Go sudah di kompres menjadi lebih kecil 30% hingga 50%.

Lebih lanjut, nantinya di Android Oreo (Go Edition) ini juga akan dilengkapi berbagai aplikasi Google, seperti Google Go, Google Assistant Go, YouTube Go, Gmail Go, Google Maps Go, Google Play Store, Google Play Protect, Gboard, dan Google Files Go.

Google sendiri kabarnnya telah mulai mendistribusikan sistem operasi ini ke beberapa produsen untuk pengembangan perangkat Android Go. Jadi, kemungkinan beberapa bulan mendatang bakal ada banyak perangkat Android murah yang menjalankan Android Oreo (Go Edition).