01 December 2017

Google Luncurkan Datally, Aplikasi Penghemat Kuota Internet untuk Android


Google Datally

Google baru saja kembali meluncurkan aplikasi terbarunya bernama Datally untuk pengguna Android di Indonesia. Aplikasi besutan raksasa perusahaan internet ini hadir untuk membantu pengguna mengontrol dan menghemat pemakaian kuota data internet pada perangkat Android.

Sebelum resmi diluncurkan, Google telah lebih dulu melakukan berbagai riset terhadap pengguna smartphone Android di Indonesia. Berdasarkan hasil riset tersebut, ternyata banyak pengguna smartphone Android di Tanah Air sangat memperhitungkan pemakaian kuota internetnya.

Sekedar informasi, Datally merupakan bagian dari program Next Billion Users Google. Program ini merupakan upaya Google dalam menghadirkan layanan internet yang lebih baik di negara-negara berkembang, seperti di Indonesia.

Baca juga:


Datally diklaim mampu menghemat penggunaan kuota internet hingga 30 persen. Ada empat fitur utama yang ditawarkan oleh Datally. Pertama, fitur Penghemat Kuota. Fitur ini dapat mengontrol penggunaan kuota internet yang sering dipakai oleh aplikasi yang terus berjalan secara background. Selanjutnya, pengguna dapat mengatur penggunaan kuota itu ke aplikasi lainnya yang lebih penting.

Fitur kedua, ada Balon Penghemat Kuota. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa memantau jumlah penggunaan kuota secara real-time untuk setiap aplikasi. Jika ada aplikasi yang boros kuota, maka pengguna bisa memblokir aplikasi tersebut.

Fitur ketiga, ada Metrik Penggunaan Data, fitur ini akan menampilkan rincian penggunaan kuota internet, termasuk histori penggunaan dalam jangka waktu tertentu, hingga penggunaan kuota di tiap aplikasi.

Terakhir ada fitur Temukan Wi-Fi. Sesuai namanya, fitur ini dapat membantu pengguna menemukan jaringan Wi-Fi yang ada di lokasi terdekat, sehingga pengguna bisa lebih menghemat kuota data yang dimiliki dengan terhubung di jaringan Wi-Fi.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi penghemat kuota internet buatan Google ini, Datally dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store.