07 December 2017

Google Luncurkan Aplikasi Google Go untuk Pengguna Android di Indonesia



Google Go

Beberapa waktu lalu, Google kembali resmi meluncurkan aplikasi terbaru mereka yakni Google Go. Aplikasi ini masih merupakan lanjutan dari rangkaian program Next Billion Users Google, dimana program ini akan membantu masyarakat yang berada di negara berkembang, seperti di Indonesia agar dapat dengan mudah mengakses internet.

Google Go merupakan aplikasi browser Android yang hemat kuota untuk perangkat mobile dengan keterbatasan akses internet atau Wi-Fi. Aplikasi ini hadir didasarkan riset Google di 170 kota yang tersebar di Indonesia dan India. Dari hasil riset tersebut, ternyata para pengguna internet baru cenderung menggunakan smartphone sederhana dengan kapasitas memori RAM rendah, antara 512MB hingga 1GB dan berada di tempat-tempat dengan kualitas jaringan internet yang tidak stabil.

Oleh karena itu, Google Go di desain agar dapat berjalan lebih ringan di perangkat dengan RAM rendah dan dapat mengakses situs lebih cepat, meskipun berada di jaringan 2G. Aplikasi Google Go juga memiliki ukuran file instalasi yang cukup kecil, yakni sekitar 5MB saja.

Baca juga: Google Luncurkan Datally, Aplikasi Penghemat Kuota Internet untuk Android

Lebih lanjut, Google Go menawarkan antarmuka yang memudahkan pengguna internet baru untuk mengakses informasi di internet, lengkap dengan dukungan berbagai bahasa. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan personalisasi di halaman depan aplikasi, seperti menambahkan icon pada situs favorit, hingga menambahkan background agar tampilan aplikasi Google Go tampak menarik.

Penggunaan kuota internet juga diklaim dapat lebih hemat hingga 40 persen saat pengguna browsing dengan Google Go. Dan jika jaringan internet terputus, hasil penelusuran akan dimuat kembali saat pengguna kembali terhubung ke internet.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi hemat kuota ini, Google Go dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Selain meluncurkan Google Go, Google juga resmi merilis aplikasi ringan lainnya yakni Files Go yang kini sudah tersedia versi finalnya dan telah hadir secara global. Files Go merupakan aplikasi mempermudah pengguna dalam mengelola file-file yang tersimpan di memori penyimpanan. Selain itu, pengguna bisa membersihkan memori penyimpanan, hingga mengirim file dari jarak dekat dengan mudah.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai aplikasi Files Go ini, silahkan kamu simak di artikel ini.