04 December 2017

Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang dengan Find My Device


Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

Kehilangan smartphone bagi sebagian orang tentunya akan menjadi salah satu hal yang paling tidak mereka inginkan, apalagi saat ini smartphone menjadi barang yang "wajib ada" untuk mendukung berbagai aktivitas. Beruntung, jika pengguna masih ingat dimana terakhir kali smartphonenya ditinggalkan, itu masih bisa terbantu. Namun, bagaimana bila pengguna benar-benar lupa atau yang terburuk smartphone miliknya dicuri oleh orang lain??

Nah, bagi pengguna Android, kita masih bisa melacak kembali smartphone Android yang hilang dengan bantuan layanan dari Google, bernama Find My Device. Namun sebelum menggunakan layanan ini, ada beberapa hal yang mesti harus kamu perhatikan, yaitu memastikan smartphone Android yang hilang harus:
  • Aktif.
  • Terhubung ke internet atau Wi-Fi.
  • Mengaktifkan fitur GPS atau lokasi.
  • Terhubung ke akun Google.
  • Mengaktifkan fitur "Find My Device". Umumnya, fitur ini akan otomatis aktif setelah kamu menghubungkan akun Google milikmu dengan perangkat Android-mu.
    Dan untuk memastikannya, silahkan buka Setelan -> Google -> Keamanan. Lalu pilih "Temukan Perangkat Saya". Jika belum aktif, silahkan aktifkan dengan mencentang "Cari perangkat ini dari jarak jauh" dan "Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh".
Jika kamu sudah memastikan semua hal diatas telah dilakukan pada smartphone Android milikmu yang hilang, maka langkah berikutnya adalah melacaknya. Ada dua cara melacak smartphone Android yang hilang, yakni melalui komputer ataupun melalui smartphone:

Cara #1. Melalui Komputer
  1. Buka situs Find My Device di https://www.google.com/android/find lewat browser, lalu login dengan akun Google yang terhubung dengan smartphone Android-mu yang hilang.
  2. Jika kamu memiliki beberapa smartphone, silahkan pilih smartphone yang hilang di bagian kiri atas layar.
  3. Kemudian tunggu beberapa saat hingga tampil peta lokasi dimana smartphone Android kamu berada saat itu, lengkap dengan informasi daya baterai yang tersisa dan kapan smartphone tersebut terakhir dinyalakan.

    Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang
Kemudian, silahkan pilih tindakan apa yang ingin kamu lakukan. Ada tiga pilihan yang bisa kamu pilih, diantaranya:
  • Putar suara: menderingkan smartphone dengan volume maksimum selama 5 menit. Jadi meskipun sebelumnya smartphone diatur ke mode hening atau getar, smartphone akan tetap otomatis berbunyi.
  • Kunci: mengunci smartphone dengan PIN, pola, atau sandi. Kamu juga bisa menambahkan pesan peringatan dan nomor telepon ke layar kunci. Sekedar saran, sebaiknya kamu segera pilih opsi ini, agar orang lain yang menemukan smartphonemu tidak bisa mengutak-atiknya.
  • Hapus: menghapus semua data yang tersimpan di smartphone kamu secara permanen. Opsi ini bisa jadi pilihan terakhir jika smartphonemu hilang ditempat yang jauh atau dicuri orang lain, agar data pribadimu tidak bisa diketahui oleh orang lain.
Cara #2. Melalui Smartphone

Jika kamu memiliki lebih dari satu smartphone Android, maka kamu bisa melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan smartphone Android lainnya.

Caranya, silahkan unduh aplikasi "Temukan Perangkat Saya" di Google Play Store. Kemudian instal dan jalankan aplikasi tersebut. Lalu silahkan login dengan akun Google yang terhubung dengan smartphonemu yang hilang. Atau jika kamu ingin membantu menemukan smartphone milik temanmu yang hilang, pilih "Login Sebagai Tamu" agar temanmu dapat login di aplikasi Find My Device.

Aplikasi Find My Device Android

Lalu kemudian silahkan pilih tindakan yang sama seperti di Cara #1.

Itulah tutorial cara melacak smartphone Android yang hilang dengan layanan Find My Device dari Google. Untuk berjaga-jaga sebelum smartphone Android milikmu hilang, sebaiknya segera lakukan beberapa hal seperti yang telah aku sebutkan diatas agar nantinya layanan "Temukan Perangkat Saya" dapat menemukan smartphonemu.