05 December 2017

5 Tips Agar Lancar Bermain Game di Smartphone Android


Bermain Game di Smartphone Android

Saat ini, ada banyak sekali game Android dengan kualitas grafis yang sangat bagus. Begitupun juga ada banyak pula game-game yang bisa kita mainkan secara online maupun offline hingga game yang gratis maupun berbayar. Namun sayangnya, tidak semua game Android bisa dimainkan dengan lancar di smartphone kita. Terlebih, jika kita memiliki smartphone dengan spesifikasi yang rendah atau "pas-pasan".

Baca juga: Tips Cara Memilih Smartphone yang Cocok untuk Bermain Game

Tapi jangan kecewa dulu, berikut ini aku akan berikan sedikit tips agar bermain game tetap lancar di smartphone Android. Oke, langsung saja disimak:

#1. Gunakan Aplikasi Game Booster

Bagi kamu yang menggunakan smartphone berspesifikasi "pas-pasan", mungkin akan sering terganggu dengan performa game yang sering nge-lag dan lambat. Nah.. Jika kamu sudah lelah dengan itu semua, maka sebaiknya kamu coba untuk menginstal aplikasi game booster.

Aplikasi game booster akan mengoptimalkan penggunaan memori dan resource di smartphone Android. Saat kamu sedang memainkan game, maka aplikasi game booster akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan begitu, maka performa smartphone Android akan jadi lebih ngebut, sehingga game pun dapat berjalan dengan lancar.

Dr. Booster

Ada banyak sekali aplikasi game booster yang bisa kamu temukan di Google Play Store. Salah satunya seperti Dr. Booster, Game Booster Perform-Max, Swift Gamer, dan masih banyak lagi.

#2. Hentikan Aplikasi Lain yang Berjalan di Latar Belakang

Ini bisa jadi cara lain jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi game booster. Menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang merupakan cara yang cukup ampuh untuk melegakan resource RAM smartphone Android yang "pas-pasan".

Greenify

Untuk menghentikan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi, contohnya seperti Greenify. Atau, kamu juga bisa menghentikan aplikasi secara manual melalui Setelan -> Aplikasi Terinstal -> Pilih aplikasi -> tap tombol Paksa Berhenti.

#3. Selalu Gunakan Low Graphic Mode Pada Game

Salah satu penyebab mengapa performa game menjadi lambat adalah rendahnya GPU pada smartphone. Karena GPU atau Graphic Processing Unit merupakan bagian utama dalam memproses grafis. Tugas GPU adalah untuk melakukan rendering image yang hasilnya akan ditampilkan ke layar. Jadi, semakin bagus kinerja GPU pada smartphone, maka performa game pun juga semakin lancar.

Low Graphic Mode Pada Game

Namun, jika smartphonemu memiliki kualitas GPU yang rendah, maka sebaiknya kamu atur game ke tingkat Low Graphic Mode. Mode ini akan membuat game berjalan pada tingkat grafis yang paling rendah. Meskipun mode ini akan menurunkan kualitas tampilan pada game menjadi kurang begitu detail, tapi setidaknya performa game jadi lebih ringan dan lancar.

#4. Gunakan Koneksi Internet yang Cepat dan Stabil

Ada banyak sekali pilihan game online di Android. Apalagi, saat ini di Indonesia sedang ngetren game-game bergenre MOBA, mulai dari Mobile Legends, AOV, COC, dan masih banyak lagi.

Karena kecepatan internet sangat berpengaruh, Jadi jika game yang kamu mainkan adalah game online, maka gunakanlah koneksi internet yang cepat dan stabil agar game yang kamu mainkan dapat berjalan lebih lancar dan tidak nge-lag.

#5. Selalu Update Game Secara Rutin

Para developer game Android secara konsisten selalu memberikan update untuk game-game buatannya. Update tersebut tidak hanya menambahkan berbagai fitur baru, tetapi juga untuk meningkatkan performa game.

Oleh karena itu, jika ada update terbaru untuk game favoritmu, maka segeralah lakukan update agar performa game menjadi lebih baik.

Itulah 5 tips agar lancar bermain game di smartphone Android. Jika kamu punya tips tambahan, silahkan tambahkan di kolom komentar. ;)