17 November 2017

Trik Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Terkirim Tanpa Batasan 7 Menit


Pesan WhatsApp

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pada akhir Oktober lalu, WhatsApp telah merilis fitur Unsend. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menghapus pesan yang telah terkirim (Baca juga: Fitur "Tarik Pesan" Akan Segera Hadir di WhatsApp). Namun sayangnya, pengguna hanya bisa menggunakan fitur ini untuk pesan yang baru saja dikirim atau tidak lebih dari 7 menit.

Lewat dari jangka waktu yang singkat tersebut, pesan yang telah dikirim tidak akan bisa dihapus atau "ditarik kembali". Karena WhatsApp tidak akan menampilkan pilihan "Delete for Everyone", dimana pilihan tersebut akan menghapus pesan yang telah terkirim dari perangkat si pengirim maupun juga si penerima.

Nah.. yang jadi pertanyaan, apakah bisa menghapus pesan lama di WhatsApp yang telah terkirim lebih dari 7 menit? Jawabannya adalah Bisa!

Ya, berdasarkan informasi yang aku dapatkan dari forum XDA Developers, ternyata kita masih bisa menghapus pesan lama di WhatsApp yang telah terkirim lebih dari 7 menit dengan sedikit trik sederhana. Cara ini bisa dipraktekkan di aplikasi WhatsApp untuk Android dan iOS.

Dan langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Matikan koneksi internet di perangkat, baik itu sambungan mobile data maupun Wi-Fi.
  • Selanjutnya, silahkan force close aplikasi WhatsApp. Caranya, buka pengaturan -> aplikasi terinstal -> klik tombol "paksa berhenti".
  • Lalu ubah pengaturan tanggal di ponsel menjadi sebelum hari pengiriman pesan yang akan dihapus (misal, harinya dimundurkan menjadi kemarin).
  • Kemudian buka kembali aplikasi WhatsApp. Dengan catatan, ponsel masih dalam keadaan tidak terhubung koneksi internet.
  • Setelah itu, hapus pesan yang kamu inginkan seperti biasa, yaitu dengan cara tekan dan tahan pada pesan lalu pilih icon tong sampah. Maka WhatsApp akan menampilkan kembali pilihan "Delete for Everyone" dari yang sebelumnya sudah tidak tampil karena umur pesan telah melebihi 7 menit.
  • Jika kamu sudah menghapus pesan, Lalu kembalikan pengaturan tanggal ponsel ke waktu yang benar. Lalu nyalakan kembali koneksi internet.
WhatsApp Unsend Trick

Begitu ponsel kembali ke tanggal yang benar dan terhubung ke internet, maka pesan WhatsApp yang dihapus melalui trik ini akan tetap terhapus. Begitupun juga si penerima akan mengetahui jika si pengirim sudah menghapus pesan terkait.

Perlu diperhatikan, trik ini hanya bisa dilakukan dari WhatsApp versi mobile saja, jadi tidak bisa dari WhatsApp web di komputer. Dan satu lagi, trik ini hanya bisa dilakukan untuk menghapus pesan yang dikirim hingga maksimal dua hari lalu atau kemarin lusa, terhitung dari tanggal saat ini. Jika kamu memundurkan tanggal lebih dari itu, maka aplikasi WhatsApp tidak akan bisa dibuka karena pengaturan tanggal di ponsel tidak akurat.

Selamat mencoba!