Fitur Live Location WhatsApp Kini Bisa Dipakai di Indonesia — Begini Cara Pakainya


WhatsApp

Mungkin kamu pernah suatu ketika janjian dengan teman di suatu tempat, tapi saat kamu sudah lama tiba di lokasi, ehh.. Ternyata teman kamu malah tidak kunjung datang. Tentu hal ini akan membuat kamu kecewa karena merasa di PHP-in teman kamu.. Hehehe.. XD

Nah.. Oleh sebab itu, WhatsApp baru saja menghadirkan fitur baru bernama Live Location di update terbarunya. Fitur baru ini memungkinkan pengguna membagikan lokasi dia saat ini. Dengan fitur Live Location, kita pun bisa melacak perjalanan atau posisi lokasi teman kita secara real-time. Jadi pada saat kamu janjian di suatu tempat, kamu bisa tahu posisi teman saat itu juga, apakah dia dalam perjalanan menuju lokasi, atau malah dia memang sengaja tidak datang.

Baca juga:
Fitur Live Location ini sebenarnya bukanlah fitur baru buatan WhatsApp. Sebab, Google telah lebih dulu menghadirkan fitur serupa pada layanan Google Maps. Selain Google, Telegram pun juga sudah menerapkan fitur yang sama pada aplikasi pesan instan buatannya.

Untuk dapat menggunakan fitur Live Location, tentunya kamu harus mengupdate aplikasi WhatsApp mu terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu buka ruang chat personal atau grup di WhatsApp. Kemudian pilih icon attachment, lalu pilih menu "Lokasi". Selanjutnya, pilih menu "Bagikan lokasi terkini". Kemudian pilih durasi untuk waktu berlaku Live Location, mulai dari 15 menit, satu jam, atau hingga delapan jam.

Live Location WhatsApp

Jika ingin berhenti membagikan lokasi sebelum durasi berakhir, kamu bisa menghentikan berbagi lokasi secara manual pada link Live Location yang telah terlanjur dibagikan ke teman. Dan khusus untuk grup, beberapa anggota yang turut membagikan Live Location mereka pada saat bersamaan akan muncul pada satu peta di WhatsApp. Anggota lainnya bisa melacak teman A, B, dan C, sekaligus dalam satu waktu secara bersamaan.

Pengguna juga tidak perlu khawatir soal keamanan, sebab WhatsApp telah menjamin data-data lokasi pengguna yang telah dibagikan akan dienkripsi dengan sistem end-to-end.

Fitur Live Location di WhatsApp kini sudah bisa digunakan oleh pengguna Android dan iOS di Indonesia sejak Jum'at kemarin (20/10/2017) setelah sebelumnya disebar di negara lain. Jadi, selamat mencoba! ;)
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »