Tips Membeli Smartphone Agar Tidak Salah Pilih


Tips Membeli Smartphone Agar Tidak Salah Pilih

Untuk saat ini, perangkat smartphone bisa dikatakan sudah menjadi seperti "belahan jiwa", karena memang semua kegiatan kita sehari-hari tidak lepas dari bantuan smartphone. Dipasaran, ada banyak sekali pilihan dari berbagai tipe smartphone. Oleh sebab itu, tentunya kita perlu memilh smartphone yang tepat sesuai kebutuhan agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari.

Nah agar tidak salah pilih, berikut ada sedikit tips mengenai beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli smartphone. Yuk! mari disimak:

#1. Perhatikan Desain atau Body Smartphone

Axioo Titan

Jika kamu tipe orang yang ceroboh, ada baiknya kamu membeli smartphone dengan body yang terbuat dari bahan metal atau polycarbonate. Karena kedua bahan tersebut tentunya akan lebih tahan benturan daripada smartphone yang memiliki body berlapis kaca.

Dan jika memungkinkan, pilihlah juga smartphone yang memiliki sertifikasi IP68, karena smartphone yang mengantongi sertifikasi tersebut pastinya akan tahan terhadap debu dan juga tahan air meskipun tercebur hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menitan.

#2. Perhatikan Ukuran dan Resolusi Layar

Resolusi Layar Smartphone

Ada banyak sekali pilihan smartphone dengan ukuran bentang layar yang berbeda-beda. Jika kamu hobi menonton film atau edit-edit foto di smartphone, maka lebih baik pilihlah smartphone yang memiliki layar berukuran 5,5 - 6 inchi dengan resolusi Full HD atau Quad HD. Selain itu, smartphone dengan ukuran layar tersebut cukup pas dan tidak terlalu besar jika akan dibawa-bawa kemana-mana.

Namun, jika kamu hobi bermain game mobile, maka sebaiknya pilihlah smartphone yang memiliki layar beresolusi HD saja. Karena selain lebih nyaman dimata, layar beresolusi HD juga akan lebih hemat daya.

Baca juga: Tips Cara Memilih Smartphone yang Cocok untuk Bermain Game

#3. Perhatikan Kualitas Kamera

Dual-Camera Galaxy Note 8

Ini penting bagi kamu yang hobi fotografi dengan menggunakan smartphone. Untuk itulah, sebaiknya perhatikan bagian-bagian terpenting dari kamera smartphone, mulai dari ukuran pixel, jenis sensor kamera, bukaan lensa atau aperture, ISO dan fitur-fitur pendukung lainnya.

Sebagai informasi, kualitas hasil foto tidak diukur melalui seberapa besar ukuran megapixel pada kameranya, melainkan jenis sensor apa yang digunakan. Untuk saat ini, kebanyakan smartphone yang mengandalkan kemampuan fotografi menggunakan sensor Sony maupun juga sensor Omnivision.

#4. Perhatikan Processor dan Sistem Operasi
Android N
Processor dan sistem operasi juga perlu kamu perhatikan saat akan membeli smartphone. Dan bagi kamu yang selalu menggunakan smartphone untuk hal-hal yang berat, seperti edit foto, bermain game HD ataupun menjalankan aplikasi yang berat, sebaiknya kamu pilih smartphone yang menggunakan processor Snapdragon 625, 660, 821 atau yang lebih baru yakni Snapdragon 835 agar mampu mengakomodir pekerjaan smartphonemu yang berat itu.

Selain itu, agar smartphone tetap terjamin keamanannya dan tetap selalu up-to-date, sebaiknya kamu pilih smartphone dengan sistem operasi yang terbaru. Untuk Android, saat ini sudah ada versi yang terbaru, yakni versi Android 8.0 Oreo.

Namun sayangnya, saat ini belum banyak smartphone yang menggunakan versi Android terbaru itu. Jadi, ada baiknya untuk saat ini kamu pilih smartphone dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

#5. Perhatikan Kapasitas RAM dan Memori Internal

ilustrasi RAM Android

Kapasitas RAM juga penting kamu perhatikan jika kamu ingin membeli smartphone. Smartphone dengan RAM 4 GB sepertinya sudah cukup digunakan untuk membuka banyak aplikasi maupun juga bermain berbagai game berkualitas HD. Jika masih kurang, kamu bisa pilih smartphone dengan RAM sebesar 6 GB ataupun 8 GB.

Baca juga: 5 Cara Ampuh untuk Melegakan RAM di Android

Begitupun juga kapasitas memori internal, jika kamu hobi menginstal berbagai aplikasi dan juga menyimpan berbagai file di smartphone, sebaiknya pilih smartphone yang memiliki memori internal sebesar 64 GB atau 128 GB.

Namun, jika kamu menggunakan smartphone untuk keperluan biasa-biasa saja, smartphone dengan memori internal sebesar 32 GB ditambah dukungan slot microSD itu sudah lebih dari cukup.

#6. Perhatikan Kapasitas Baterai

Baterai Smartphone

Jika kamu memang salah satu tipe orang yang selalu menggunakan smartphone untuk berbagai hal, seperti berfoto, chatting, browsing, atau bahkan bermain game, sebaiknya pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas baterai minimal sebesar 3500 mAh. Tapi jika kamu nggak sering menggunakan smartphone, baterai berkapasitas 3000 mAh sudah cukup untuk dipakai seharian.

Baca juga: 5 Cara Mempercepat Proses Charging Baterai Smartphone

Nah, itulah beberapa tips sebelum membeli smartphone. Dan untuk menambah referensi kamu sebelum membeli smartphone, kamu juga bisa membaca review smartphone di berbagai situs, seperti di Indra's Blog ini. Hehehe... XD. Jika reviewnya bagus, ya langsung bungkus saja smartphonenya. Tapi jika reviewnya kurang bagus, mending dipertimbangkan saja dulu.

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »