Sony Xperia XZ1 dan Xperia XZ1 Compact Dirilis, Hadir dengan Kamera Perekaman 3D dan Android 8.0 Oreo


Sony Xperia XZ1

Dalam ajang IFA 2017 yang digelar di Berlin, Jerman, Sony juga turut unjuk gigi dengan memperkenalkan beberapa smartphone baru, salah satunya yaitu seri Xperia XZ1 dan Xperia XZ1 Compact. Dari sisi desain, bisa dikatakan kedua smartphone flagship ini tak berbeda jauh dengan desain seri Xperia sebelumnya, Namun untuk kedua seri ini, Sony lebih memfokuskan kemampuan kamera, antara lain dilengkapi fitur 3D Creator yang memungkinkan pengguna melakukan scanning 3D ke beragam obyek, termasuk wajah pengguna dengan menggunakan kamera belakang dan kemudian membagikannya ke media sosial atau ke berbagai aplikasi instant messaging.

Kedua smartphone ini juga sama-sama di bekali kamera belakang beresolusi 19 Megapixel dan didukung oleh Laser Autofocus, Predictive Phase Detection, EIS, LED Flash dan fitur Motion Eye yang mampu merekam video super slow-motion hingga kecepatan 960 fps, kemampuan ini juga sama seperti pada kamera Xperia XZ Premium. Sedangkan untuk kamera depan, kedua smartphone ini memiliki perbedan, pada Xperia XZ1 beresolusi 13 Megapixel sementara pada XZ1 Compact hanya 8 Megapixel.

Sony Xperia XZ1

Perbedaan lainnya terletak pada ukuran dan resolusi layar. Pada Xperia XZ1, mengusung layar seluas 5,2 inchi beresolusi Full HD (1080p), sementara pada XZ1 Compact mengusung layar yang lebih kecil, yakni seluas 4,6 inchi beresolusi HD (720p). Kedua layar smartphone tersebut sama-sama mendukung TRILUMINOS dan X-Reality serta dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Baca juga: Sony Xperia L1 Resmi Diperkenalkan, Smartphone Android Murah dari Sony

Beralih ke bagian dapur pacu, baik Xperia XZ1 dan XZ1 Compact sama-sama dibekali dengan processor Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, baterai 2700 mAh dengan fitur Quick Charge 3.0 dan Qnovo Adaptive Charging. Untuk memori intenal, pada Xperia XZ1 memiliki kapasitas 64 GB sedangkan XZ1 Compact berkapasitas 32 GB. Keduanya juga dibekali slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanan dan sensor fingerprint yang disematkan dengan tombol power.

Menariknya, kedua smartphone ini hadir dengan Android versi terbaru, yakni Android 8.0 Oreo dan juga bersertifikasi IP68 sehingga tahan terhadap air dan debu.

Sony Xperia XZ1

Bicara soal harga, sayangnya Sony belum menginformasikan mengenai harga resmi dari kedua smartphone ini. Namun menurut rumor yang beredar, Xperia XZ1 bakal dibanderol seharga USD700 atau sekitar Rp.9 jutaan, sementara Xperia XZ1 Compact dibanderol tidak berbeda jauh, yaitu seharga USD600 atau sekitar Rp.8 jutaan. Kedua smartphone ini kabarnya akan tersedia di berbagai negara mulai awal Oktober mendatang.


Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »