Cara Ampuh Mengatasi Smartphone yang Tercebur ke Dalam Air


Cara Ampuh Mengatasi Smartphone yang Tercebur ke Dalam Air

Seperti yang kita tahu, bahwa kini smartphone sudah menjadi suatu kebutuhan wajib bagi masyarakat modern saat ini. Jadi setiap orang kemana-mana selalu membawa smartphone untuk menunjang berbagai aktivitasnya sehari-hari. Namun, mungkin diantara kamu pernah mengalami suatu kejadian dimana smartphone yang kamu bawa tiba-tiba tercebur ke dalam air.

Baca juga:
Memang sih,, saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali dengan sertifikasi IP68 yang memiliki kemampuan anti air dan debu. Tapi, bagaimana jika smartphone milikmu yang nggak punya sertifikasi IP68 tiba-tiba nyemplung ke dalam air? Jangan panik dulu, berikut ini aku bagikan sedikit tips untuk mengatasi smartphone yang baru saja tercebur ke dalam air. Langsung saja disimak yuk!!
  1. Pertama, sesaat setelah smartphone kamu tercebur ke dalam air, kamu harus segera matiin smartphone kamu. Meskipun smartphone kamu tetap menyala setelah tercebur ke dalam air, sebaiknya langsung matiin saja dan jangan terburu-buru dipakai lagi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan permanen pada komponen di dalamnya akibat arus pendek atau korsleting.
  2. Kedua, setelah kamu matiin smartphonenya, segera keringkan semua bagian smartphone yang terkena air, seperti bagian body, layar dan celah-celah smartphone dengan menggunakan kain ataupun tissu kering. Ada baiknya juga kamu kocok-kocok smartphonenya agar air yang masuk di dalam smartphone bisa keluar melalui celah-celah dari speaker ataupun port-port yang ada di smartphone.
  3. Ketiga, setelah memastikan bagian luar smartphone sudah mengering dan tidak ada lagi air yang keluar dari celah-celah smartphone, selanjutnya kamu keringkan bagian dalam smartphone dengan cara membuka bagian casingnya.

    Namun jika smartphone kamu mengusung desain unibody yang casingnya tidak mudah untuk dibuka, kamu cukup mengeringkan bagian dalam smartphone dengan bahan penyerap kelembaban, contohnya gel silicon. Gel silicon adalah bahan yang sangat baik untuk digunakan sebagai penyerap kelembaban. Gel silicon ini berbentuk bulat kecil-kecil dan dikemas dalam bungkus kertas. Gel silicon biasanya bisa kamu dapatkan dalam box sepatu baru.

    Tapi, jika kamu tidak menemukan gel silicon, kamu bisa juga menggunakan beras sebagai bahan alternatif untuk menyerap kelembaban. Caranya, kamu cukup timbun smartphone kamu dengan beras hingga paling lama 2 hari agar smartphone bisa kembali beroperasi dengan normal.

    Atau jika kamu memang seorang yang cukup ahli dalam reparasi ponsel, kamu bisa menggunakan alat khusus untuk mengeringkan smartphone, seperti DryBox dan Redux. Alat-alat tersebut diyakini bisa dengan mudah mengeringkan smartphone bahkan setelah smartphone kamu tercebur ke dalam lumpur.
Itulah sedikit tips cara mengatasi smartphone yang tercebur ke dalam air. Dan jika kamu memang tipe-tipe seorang yang ceroboh, aku sarankan agar sebaiknya kamu beli smartphone yang memiliki sertifikasi IP68 saja ya guys,, daripada nanti dikemudian hari timbul masalah yang tidak diinginkan ya kan? :D
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »