Cara Agar Instagram Lebih Hemat Kuota Internet



Cara Agar Instagram Lebih Hemat Kuota Internet

Tentu, kita sudah tahu bahwa aplikasi media sosial merupakan salah satu faktor penyebab borosnya kuota internet pada smartphone. Salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak menguras kuota internet adalah Instagram yang merupakan media sosial yang khusus untuk berbagi foto dan video. Memang, jika hanya sekedar membuka foto mungkin tidak akan terlalu menguras kuota internet, tetapi bagaimana kalau video? Terlebih, video di Instagram telah diatur autoplay. Video yang memutar dengan otomatis tentunya akan menguras kuota internet dengan sangat cepat.

Baca juga: Cara Membuat 9 Foto Terbaik #2016bestnine di Instagram

Mungkin, hal tersebut agak terdengar sepele, karena jika kuota internet habis, toh kita bisa dengan mudah membelinya lagi. Namun, daripada buang-buang waktu dan dana yang hanya untuk bolak-balik membeli paketan internet, mengapa kita tidak melakukan penghematan kuota saja bukan?

Nah.. untungnya, di Instagram sudah dibekali fitur untuk menghemat pemakaian kuota internet. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Berikut ini caranya:
  • Pertama, tentu saja kamu harus membuka aplikasi Instagram di smartphone kamu. Lalu buka tab Profile kamu.
  • Selanjutnya, masuk ke opsi menu dengan mengetuk icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar pada tab Profile.
  • Kemudian, pilih menu Penggunaan Data Seluler (Selular Data Use), lalu pilih Gunakan Lebih Sedikit Data (Use Less Data).
Cara Agar Instagram Lebih Hemat Kuota Internet

Tetapi, ada satu hal yang harus kamu perhatikan setelah mengaktifkan fitur ini. Menurut Instagram, jika mengaktifkan fitur ini, maka foto dan video mungkin akan dimuat lebih lama, karena Instagram tidak akan secara otomatis mengunduh foto dan video.

Namun jika kamu memang ingin menghemat penggunaan kuota internet saat membuka Instagram, maka tak ada salahnya kamu bisa mengikuti tips ini. ;)

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »