Essential Phone, Smartphone Buatan 'Bapak Android' Resmi Diperkenalkan


Essential Phone

Setelah sempat dibocorkan melalui Twitter, kini akhirnya smartphone Android pertama buatan "Bapak Android", Andy Rubin, telah resmi diperkenalkan ke publik. Smartphone terbaru itu bernama Essential Phone.

Sedikit informasi bagi kamu yang belum tahu, Andy Rubin mendapat julukan si "Bapak Android" karena Ia merupakan pendiri Android Inc, yang kemudian diakuisi oleh Google dan kini Android telah menjadi sistem operasi paling populer di dunia. Selain itu Andy Rubin juga menjadi salah satu pendiri Danger.Inc dan juga mendirikan perusahaan baru bernama Essential. Melalui perusahaan barunya tersebut, Andy Rubin merilis smartphone Android pertamanya yang diberi nama Essential Phone.

Andy Rubin Essential Phone

Essential Phone dibekali dengan desain khas smartphone premium. Body smartphone ini terbuat dari bahan Titanium yang tentunya lebih tangguh daripada smartphone pada umumnya yang hanya menggunakan bahan Aluminium. Selain itu, bagain belakang smartphone ini juga menggunakan bahan keramik.

Bagian Layar Essential Phone ini memiliki rasio 19:10 dengan panel layar LCD LTPS berukuran 5,71 inchi beresolusi Quad HD (2560 x 1312 pixel) dan juga sudah dilengkapi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Layarnya juga mengusung desain edge-to-edge Full Display dengan sudut membulat.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Essential Phone dibekali dengan processor Qualcomm Snapdragon 835 Octa-Core, GPU Adreno 540, RAM 4 GB, memori internal sebesar 128 GB dan baterai berkapasitas 3040 mAh yang mendukung fitur fast charging dan fitur wireless charging. Smartphone ini tentunya juga berjalan pada sistem operasi Android, namun untuk saat ini belum diketahui versi Android berapa yang digunakan. Tapi besar kemungkinan sudah menggunakan versi Android Nougat terbaru.

Untuk urusan fotografi, Essential Phone dibekali dengan kamera ganda dibagian belakang yang masing-masing beresolusi 13 Megapixel dengan komposisi satu sensor RGB yang memiliki aperture f/1.85 dan satu sensor monokrom agar dapat memotret telephoto, bokeh dan monochrome. Kamera belakang tersebut juga dilengkapi dengan autofocus contrast, PDAF dan IR Laser Assist Focus.

Sementara untuk keperluan selfie, Essential Phone dibekali kamera depan beresolusi 8 Megapixel dengan aperture f/2.2. Uniknya, posisi kamera depan tersebut diletakkan tepat di tengah atas layar memotong bagian notifikasi. Baik kamera depan maupun kamera belakang bisa digunakan untuk merekam video beresolusi 4K @30fps, Full HD @60fps dan HD @120fps.

Essential Phone

Tidak hanya itu, Essential Phone juga memiliki mengusung konsep desain modular alias bongkar pasang yang bisa dipasangi dengan beberapa aksesoris tambahan, diantaranya kamera 360 derajat dan Essential Phone Dock yang dilengkapi dengan konektor magnetik yang juga dapat mengisi daya baterai. Semua aksesoris tersebut dapat dipasangkan pada lubang pin yang terdapat di samping kanan dekat dual-camera bagian belakang.

Essential Phone

Untuk urusan konektivitasnya, Essential Phone juga mendukung konektivitas yang lengkap, diantaranya Bluetooth 5.0, WiFi, GPS, GLONASS, NFC dan USB Type-C yang juga sebagai pengganti jack audio karena jack audio 3.5 mm dihilangkan, sama seperti iPhone 7 dan Xiaomi Mi 6. Tak ketinggalan fingerprint sensor juga turut disematkan untuk sistem keamanan.

Saat ini, masa pre-order Essential Phone telah dibuka melalui website resmi Essential dan tersedia dalam dua pilihan warna untuk masa pre-ordernya, yaitu Black Moon dan Pure White. Namun kedepannya akan tersedia juga dua warna lainnya, yaitu Ocean Depths dan Stellar Grey.

Nah.. Bicara soal harga, smartphone ini akan dibandrol dengan harga USD 699 atau sekitar Rp. 9,3 jutaan dan jika pembeli ingin mendapatkan aksesoris kamera 360 derajat, maka cukup dengan menambah USD 50 atau sekitar Rp. 670 ribuan. Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk membeli smartphone keren ini? :D

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »