Inilah Tampilan Fuchsia OS, Sistem Operasi Baru Buatan Google


Fuchsia OS

Fuchsia OS, mungkin bagi sebagian orang masih terasa asing dengan sistem operasi baru buatan Google ini. Namun sebenarnya, sejak tahun lalu Google sudah dikabarkan tengah mengembangkan sistem operasi baru tersebut untuk perangkat mobile yang digadang-gadang bakal menjadi penerus Android. Dan setelah hampir kurang lebih setahun tidak terdengar kabar, akhirnya belum lama ini Fuchsia OS mulai menampakkan diri dalam bentuk bocoran tampilan antarmuka atau UI dengan codename Armadillo.

Dikutip dari Ars Technica, tampilan antarmuka dari Fuchsia OS terbilang cukup unik dengan desain berbasis kartu. Pada bagian homescreen hanya menampilkan foto profil, tanggal, waktu dan juga icon baterai yang mengusung tampilan flat design dengan icon yang juga lumayan keren.

Pengguna bisa melakukan scrolling secara vertikal untuk dapat melihat aplikasi yang sedang digunakan, mirip seperti fungsi "recent apps" di Android. Selain itu, Fuchsia OS juga mendukung mode split-screen yang tampilannya dapat diatur agar sesuai dengan layar.

Masih penasaran? Berikut ini video demo dari Fuchsia OS:


Berbeda dengan Android dan Chrome OS yang menggunakan kernel Linux, Fuchsia OS menggunakan microkernel baru bernama Magenta yang dikembangkan oleh Google. Kabarnya, microkernel Magenta ini dibuat untuk smartphone dan PC modern dengan processor berkinerja tinggi.

Perlu diketahui, hingga saat ini Fuchsia OS masih dalam tahap pengembangan. Sistem operasi baru tersebut mungkin masih butuh waktu bertahun-tahun lagi hingga siap untuk diluncurkan. Itu pun jika benar akan dirilis, karena belum ada informasi mendetail mengenai berbagai hal yang ada di sistem operasi tersebut serta jadwal perilisannya. Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »