Inilah Fluent Design System, Tampilan Baru Windows 10


Fluent Design System Windows 10

Pada event BUILD 2017 yang digelar bagi para developer Windows belum lama ini, Microsoft mengumumkan bakal merilis update terbaru dari Windows 10 yang diberi nama Windows 10 Fall Creators Update yang dijadwalkan akan dirilis pada musim gugur tahun ini atau sekitar bulan September 2017 nanti. Dan bersamaan dengan pengumuman tersebut, Microsoft juga memperkenalkan interface atau tampilan antarmuka baru dari Windows 10 yang dinamakan sebagai Fluent Design System (yang sebelumnya dikenal sebagai Project NEON).

Fluent Design System merupakan evolusi dari Metro UI yang pertama kali diperkenalkan di Windows 8 serta pengembangan lebih lanjut dari MDL (Microsoft Design Language). Fluent Design System memberikan tampilan antarmuka yang harmonis, intuitif, inklusif dan memberikan pengalaman interaksi pada berbagai perangkat yang responsif dan interaktif bagi pengguna. Dengan Fluent Design System ini, Microsoft ingin mengembangkan sistem yang dapat membantu developer untuk membuat berbagai aplikasi yang bekerja optimal di semua perangkat yang berbeda.

Penasaran, seperti apa Fluent Design System ini? Silahkan simak video berikut:


Fluent Design System juga dapat menerima berbagai macam interaksi pengguna baik dari keyboard, sentuhan, suara, pandangan, hingga pen input. Selain efek transparasi dan desain yang indah, hal menarik lainnya dari interface terbaru Windows 10 ini adalah animasi atau motion Fluent Design System yang sangat interaktif.

Dan berikut beberapa tampilan dari Fluent Design System Windows 10:

Fluent Design System Windows 10

Fluent Design System Windows 10

Fluent Design System Windows 10

Fluent Design System Windows 10

Bagaimana? Jika diperhatikan, sekilas tampilan Fluent Design System ini mirip seperti kombinasi interface MacOS dan Google Material Design ya? Mungkin saja Microsoft terinspirasi dari kedua interface tersebut. Tapi apapun itu, desain interface terbaru dari Windows 10 ini bisa dikatakan sangat keren!!

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »