Apa Arti Apel "Tergigit" Pada Logo Apple?


Logo Apple

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan Apple. Ya, perusahaan teknologi raksasa asal Amerika tersebut sudah menjadi brand yang melegenda serta produknya dikenal eksklusif bagi para pengguna gadget di seluruh dunia. Selain terkenal dengan produknya, Apple juga menyimpan sebuah misteri pada logonya.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, mengapa Apple menggunakan logo buah apel untuk dijadikan identitas perusahaan tersebut? Dan mengapa pula buah apel tersebut dibuat seperti "tergigit" alias tidak utuh?

Banyak teori dan spekulasi mengenai misteri dibalik logo Apple ini. Tapi yang jelas, alasan dipilihnya buah apel sebagai logo perusahaan tersebut tidak lepas dari peran Steve Jobs, sebagai pendiri perusahaan Apple.

Steve Jobs

Steve Jobs adalah seorang vegetarian dan sangat suka makan buah apel. Hal ini diungkapkan oleh Steve Jobs dalam acara jumpa pers pada tahun 1981. Saat itu, Jobs ditanya oleh salah satu wartawan mengapa di menggunakan nama Apple dan logo apel? Kemudian Jobs menjawab, "Saya suka apel dan suka memakannya. Tapi gagasan utama di balik Apple adalah membawa kesederhanaan kepada masyarakat, dengan cara yang paling canggih, dan itu saja, tidak ada yang lain.".

Ada juga yang berpendapat jika Steve Jobs memilih logo buah apel sebagai bentuk penghormatan untuk Alan Turning, seorang ilmuwan matematika dan komputer modern asal Inggris yang mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida.

Nah, dari penjelasan singkat tersebut sudah jelas kan, alasan mengapa Apple menggunakan buah apel sebagai logo perusahaannya. Sekarang kita lanjut, mengapa logo Apple tersebut dibuat seperti apel yang "tergigit" alias tidak utuh? Ternyata memiliki beberapa arti didalamnya:
  1. Penambahan pola gigitan pada sisi samping kanan buah apel tersebut didasari alasan visualisasi. Agar logo tersebut terlihat seperti apel, bukan seperti buah jeruk.
  2. Menurut Rob Janoff, desainer yang merancang pembuatan logo Apple, pola gigitan pada apel tersebut menggambarkan jika seseorang yang punya apel pasti hanya memakannya dari samping (dalam hal ini daging buahnya saja. Dan bagian tengah apel tidak dimakan).
    Jadi, ini bisa diibaratkan sepandai-pandainya manusia, pasti tidak akan bisa menguasai semua ilmu.
  3. Kata "gigitan" juga memiliki arti "bite". Yang pengucapannya sama seperti istilah "Byte", yaitu sebuah satuan unit informasi digital dalam sistem komputasi dan telekomunikasi.
Nah begitulah penjelasan singkat mengenai arti logo Apple yang "tergigit" tersebut. Dan sebagai informasi tambahan, terhitung sejak tahun 1976 hingga sekarang, Apple sudah mengganti logonya sebanyak 5 kali lho!

Logo Apple
Logo Apple Dari Masa ke Masa

Adapun logo pertama Apple dibuat oleh Ronald Wayne, salah seorang yang juga turut mendirikan Apple di masa awal pada tahun 1976. Logo pertama tersebut mempresentasikan teori gravitasi yang ditemukan oleh Isaac Newton setelah melihat buah apel jatuh dari atas pohon. Akan tetapi, pemakaian logo pertama Apple tersebut tidak bertahan lama karena dinilai terlalu rumit.

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »