25 May 2017

4 Aplikasi Android Pendukung Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan


Aplikasi Android di Bulan Ramadhan

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Selain harus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang penuh rahmat ini, tentunya smartphone Android kamu juga perlu diisi dengan beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu dalam menjalankan ibadah puasa agar lancar sampai hari kemenangan tiba.

Nah pada artikel ini, aku akan membahas tentang 4 aplikasi pendukung ibadah puasa di bulan Ramadhan. Yuk, langsung saja disimak:

#1. Jadwal Sholat & Kompas Kiblat

Jadwal Sholat & Kompas Kiblat

Jadwal Sholat & Kompas Kiblat memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana. Aplikasi ini juga memiliki ukuran file yang cukup kecil, yaitu sekitar 2,9 MB saja sehingga cocok untuk smartphone dengan memori yang minim. Meskipun demikian, aplikasi buatan GITS Indonesia ini menyajikan konten yang cukup informatif. Jadwal Sholat & Kompas Kiblat menyajikan tiga fitur utama, yaitu jadwal waktu sholat, penunjuk arah kiblat sholat dan jadwal imsakiyah.

Saat pertama kali membukanya, maka pengguna langsung dihadapkan oleh jadwal waktu sholat dan jadwal imsakiyah. Masing-masing dari waktu sholat juga dilengkapi dengan alarm saat waktu sholat telah tiba. Sementara untuk bisa menggunakan penunjuk arah kiblat sholat, maka pengguna diharuskan untuk mengaktifkan GPS terlebih dahulu agar bisa terdeteksi dengan akurat.

Namun sayangnya, aplikasi ini hanya bisa menampilkan jadwal imsakiyah di hari yang sama, sehingga pengguna tidak bisa mengetahui jadwal imsakiyah untuk esok hari ataupun di hari sebelumnya.

Menariknya, aplikasi ini juga dapat berjalan di perangkat Android lawas mulai dari versi Android 2.3 Gingerbread hingga versi diatasnya.

#2. Prayer Times

Prayer Times

Secara keseluruhan, sebenarnya Prayer Times memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Hanya saja, aplikasi buatan Kodelokus Cipta Aplikasi ini memiliki fitur dan konfigurasi yang lebih lengkap. Saat pertama kali membukanya, maka pengguna akan dihadapkan dengan jadwal waktu sholat, jadwal imsakiyah, penunjuk arah kiblat sholat, Al-Quran dan lainnya.

Menariknya, pengguna juga bisa melakukan berbagai macam kostumisasi alarm pada setiap waktu sholat. Selain itu, pengguna juga bisa mengubah metode perhitungan jadwal imsakiyah jika dirasa kurang akurat.

Aplikasi ini memiliki ukuran file sebesar 6,3 MB dan dapat berjalan pada perangkat Android mulai dari versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich hingga versi diatasnya.

#3. Muslim Pro - Ramadhan 2017

Muslim Pro - Ramadhan 2017

Jika dibandingkan dengan dua aplikasi sebelumnya, maka bisa dikatakan Muslim Pro - Ramadhan 2017 mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap. Karena aplikasi buatan Muslim Pro Limited ini tidak hanya sekadar menyajikan jadwal imsakiyah, jadwal waktu sholat dan penunjuk arah kiblat sholat saja, tetapi juga menyajikan Al Quran, nama-nama Asmaul Husna, kalkulator zakat, kalender hijriyah dan tasbih.

Kalkulator zakat yang dimiliki aplikasi ini juga cukup lengkap. Tidak hanya digunakan untuk menghitung zakat fitrah, tetapi juga bisa menghitung zakat penghasilan, kekayaan, pertanian, emas, perak, properti, investasi, hutang dan lain-lain.

Aplikasi ini juga menyediakan kumpulan do'a sehari-hari seperti do'a sebelum tidur, do'a bangun tidur, do'a keluar rumah dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan informasi lokasi masjid dan tempat makan terdekat yang sudah tersertifikasi halal dengan menggunakan GPS.

Dengan banyaknya fitur yang dimilikinya, maka tidak heran jika Muslim Pro ini memiliki ukuran file yang cukup besar, yaitu sekitar 37,98 MB.

#4. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia sangat cocok bagi kamu yang ingin membaca Al Quran digital dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan memiliki terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Aplikasi buatan Andi Unpam ini memiliki banyak sekali fitur untuk memudahkan pengguna dalam membaca Al Quran digital, diantaranya, pengguna cukup men-swipe layar ke arah samping untuk berpindah surah atau juz, mengubah orientasi layar ke mode lanscape atau portrait, tersedia tema gelap, Surah Index, Juz Index, Audio mp3 murottal 30 juz dari 8 qori dan berbagai fitur lainnya.

Pengguna pun juga bisa mem-bookmark dan men-copy ayat-ayat Al Quran serta dapat langsung membagikannya di sosial media. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pendukung lainnya, seperti jadwal sholat, jadwal imsakiyah, penunjuk arah kiblat sholat dan kalender hijriyah.

Itulah 4 aplikasi Android pendukung ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jika kamu punya saran aplikasi lainnya, silahkan bagikan melalui kolom komentar. ;)