Skip to main content

Apa Arti Flagship pada Smartphone?


Smartphone Flagship

Jika kamu sering membaca artikel di Indra's Blog yang membahas mengenai smartphone, pastinya kamu sering sekali menemukan istilah "Flagship". Mungkin bagi kamu yang masih awam, pastinya akan bertanya-tanya tentang arti dari istilah tersebut? Nah oleh karena itu daripada kamu semakin penasaran, pada artikel ini aku akan sedikit menjelaskan apa arti dari Flagship tersebut.

Flagship merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah produk utama, produk andalan, ataupun produk inti dari semua produk yang dihadirkan oleh perusahan/vendor. Produk Flagship juga bisa diartikan sebagai produk yang memiliki kehebatan, keunikan, kecanggihan dari suatu produk.

Jika pada smartphone, produk Flagship merupakan seri smartphone andalan dari suatu vendor yang memiliki segudang fitur terbaik untuk menunjukkan kehebatan dari vendor tersebut, dimana mereka telah mengerahkan semua upaya dalam membuat device tersebut agar terlihat luar biasa. Adapun contoh smartphone yang masuk dalam kategori Flagship yaitu seri Google Pixel, Samsung Galaxy S8, Asus Zenfone 3 Deluxe, Sony Xperia XZ Premium, Motorola Moto Z, Huawei P10, LG G6 dan iPhone 7.

Asus Zenfone 3 Deluxe
Asus Zenfone 3 Deluxe

Jika kita perhatikan, umumnya vendor membekali smartphone Flagship tersebut dengan spesifikasi yang bisa dikatakan yang terbaik dari semua smartphone yang pernah mereka buat sebelumnya, seperti desain lebih premium, hardware paling tinggi dan berbagai fitur baru yang tercanggih. Hal tersebut menyebabkan smartphone Flagship dijual dengan harga yang sangat tinggi. Saat ini, harga smartphone Flagship rata-rata sudah diatas Rp. 6 juta, bahkan beberapa diantaranya ada yang dibanderol dengan harga diatas Rp. 10 juta.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti kan maksud dari kata "Flagship" khususnya pada smartphone? Jika masih ada yang belum paham, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. ;)

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.