5 Cara Ampuh untuk Melegakan RAM di Android


ilustrasi RAM Android

Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana smartphone Android kamu tiba-tiba menjadi lambat? Jika iya, berarti besar kemungkinan masalah lambatnya Android disebabkan oleh RAM (Random Access Memory) pada smartphone Android yang semakin sesak. Kebanyakan orang menganggap bahwa Android sering sekali dikatakan boros RAM. Tapi hal tersebut tidaklah benar. Sistem operasi Android sebenarnya hanya menggunakan RAM sekitar 30-50% dari kapasitas total RAM yang ada pada smartphone.

Jadi, yang membuat smartphone Android menjadi boros RAM adalah beberapa aplikasi yang tidak benar-benar berhenti dan masih berjalan di latar belakang meskipun kamu tidak sedang menggunakannya. Hal inilah yang menyebabkan smartphone Android kamu menjadi lambat atau bahkan stuck/hang.

Oleh karena itu, yang harus kamu lakukan adalah mengurangi pemakaian RAM agar kinerja smartphone Android menjadi optimal kembali. Berikut ini adalah 5 cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk melegakan RAM di Android:

#1. Jangan Gunakan Widget dan Live Wallpaper

Live Wallpaper Android

Widget dan live wallpaper merupakan salah satu fitur di Android yang banyak menguras RAM dan juga memberatkan kinerja Android, karena widget dan live wallpaper seringkali me-refresh secara otomatis. Selain berdampak pada penggunaan RAM, penggunaan widget dan live wallpaper juga bisa berdampak pada baterai smartphone kamu yang menyebabkan baterai lebih cepat habis.

Sebenarnya, kamu masih bisa menggunakan widget seperti widget jam, kalender, ataupun juga Google search box. Namun, penggunaannya tetap jangan berlebihan.

#2. Nonaktifkan/Disable Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Beberapa aplikasi yang tidak kamu perlukan, seperti bloatware (aplikasi bawaan smartphone), bisa mengakibatkan RAM semakin sesak. Karena aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang digunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya nonaktifkan/disable aplikasi yang memang tidak kamu perlukan agar aplikasi tersebut dapat benar-benar berhenti.

Caranya, pilih menu Settings (Setelan) -> Apps (Aplikasi) -> kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, lalu tap tombol Disable (Nonaktifkan).

Disable Android Apps

#3. Nonaktifkan/Disable Animasi

Sebenarnya dengan adanya animasi, akan membuat tampilan antarmuka Android jadi lebih smooth saat kita melakukan swipe maupun juga scrolling. Tapi, hal tersebut justru akan menguras cukup banyak RAM. Akibanya, akan membuat smartphone Android kamu jadi lambat. Oleh sebab itu,sebaiknya kamu nonaktifkan saja animasi.

Untuk menonaktifkan animasi, kamu bisa mengatur hal ini pada menu Developer Options di Settings. Namun secara default, menu Developer Options pada Android ini tidak aktif sehingga kamu tidak akan melihat menu ini di Settings.

Untuk mengaktifkan menu Developer Options ini caranya pilih menu Settings (Setelan) -> About (Tentang) -> Software information (Informasi software), silahkan tap sebanyak 7 kali pada info Build number (Nomor bentukan) hingga muncul tulisan “You are now a developer”. Jika tulisan tersebut telah muncul berarti menu Developer options telah aktif dan juga muncul di menu Settings.

Sekarang kembali ke menu Settings (Setelan) -> pilih menu Developer options (Opsi pengembang). Untuk menonaktifkan animasi, pilih submenu Drawing (Gambar) -> silahkan Turn Off di semua opsi animasi.

Disable Android Animation

#4. Batasi Proses yang berjalan Secara Background

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas. Bahwa terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) akan membuat RAM jadi semakin sesak. Oleh sebab itu, kamu perlu membatasinya agar tidak terlalu banyak proses yang berjalan di background.

Caranya, pilih menu Settings (Setelan) -> Developer options (Opsi pengembang) -> lalu pilih Background process limit (Batas proses latar belakang), silahkan atur berapa jumlah maksimal proses yang berjalan di background.

Android Background process limit

#5. Tetap Gunakan Launcher Bawaan Smartphone

ZenUI Launcher

Ada banyak sekali launcher yang tersedia di Google Play Store untuk mempercantik tampilan Android kamu, seperti Pixel Launcher, Arrow Launcher, Nova Launcher, ZenUI Launcher dan lain sebagainya. Namun, sebaiknya kamu tetap gunakan launcher bawaan smartphone Android yang kamu gunakan saat ini. Mengapa? Karena biasanya launcher bawaan telah dioptimalkan sebaik mungkin khusus untuk smartphone kamu. Jadi, sangat kecil kemungkinan jika launcher bawaan akan menguras RAM.

Itulah, 5 cara ampuh untuk melegakan RAM di Android. Jika kamu punya tips tambahan lainnya, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar. ;)

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »