16 February 2017

Cara Menambah Virtual Memory di Windows


RAM Komputer

Mungkin kamu pernah mengalami Windows yang kamu gunakan mulai melambat ketika sudah digunakan dalam waktu cukup lama. Dan bagi beberapa orang, cara yang paling ampuh untuk mengatasi Windows yang mulai melambat yaitu dengan menginstall ulang kembali Windows agar komputer mereka dapat berjalan cepat seperti sediakala. Tentu, kegiatan tersebut hanya akan membuang-buang waktu saja. Padahal, masalah tersebut sering terjadi karena low memory pada virtual memory Windows.

Baca juga: Cara Mengatasi Komputer yang Lambat

Apa itu Virtual Memory?

Virtual Memory adalah salah satu fitur di Windows yang berfungsi untuk membantu kinerja RAM. Jika memory RAM mengalami kekurangan karena digunakan untuk menjalankan sistem operasi dan berbagai aplikasi, maka virtual memory akan membantu menghandle atau mengambil alih proses lainnya. Beberapa data yang disimpan dalam RAM akan dipindahkan ke virtual memory yang diambil dari space (ruang kosong) pada Harddisk. Sehingga akan membuat kinerja Windows tetap stabil dan tidak melambat saat menjalankan suatu program.

Secara default, Windows akan otomatis mengatur virtual memory dengan jumlah yang sama seperti jumlah RAM yang terpasang di komputer. Contohnya, di komputer yang aku pakai saat ini menggunakan RAM sebesar 1 GB, jadi virtual memory yang telah ditetapkan oleh Windows adalah sebesar 1 GB juga. Namun, kita masih bisa menambah virtual memory hingga sampai tiga kali lipat dari jumlah RAM yang terpasang di komputer. Tentunya ini akan membuat kinerja sistem tetap stabil.

Berikut ini cara menambah virtual memory di Windows. Pada tutorial ini, aku menggunakan Windows 7. Jika kamu menggunakan Windows XP, Windows 8 ataupun Windows 10, caranya juga tidak jauh berbeda.

Pertama, buka Start Menu, kemudian klik kanan pada Computer lalu pilih Properties. Atau juga bisa langsung melalui shortcut Windows + Pause Break.

Start Menu Windows 7

Kemudian pilih menu Advanced system settings yang terletak di sebelah kiri window System properties.

System Properties Windows 7

Pada window System Properties, pilih tab Advanced dan di menu Performance, klik tombol Settings.

System Properties Windows 7

Pada window Performance Options, pilih tab Advanced lalu klik tombol Change... di menu Virtual Memory.

Performance Options Windows 7

Pada window Virtual Memory, hilangkan centang pada checkbox Automatically manage paging file size for all driver. Kemudian pilih drive yang akan kamu gunakan sebagai virtual memory dan masukkan jumlah memory awal (initial size) dan memory maksimal (maximum size) pada kolom Custom size.

Virtual Memory Windows

Sebagai catatan, pada umumnya ukuran custom virtual memory yang ideal adalah sebesar dua kali lipat pada memory awal (initial size) dan empat kali lipat pada memory maksimal (maximum size) dari RAM komputer.

Jika sudah, klik tombol Set dan OK. Kemudian restart komputer.

Menambah virtual memory merupakan cara alternatif untuk mengatasi lambatnya sistem operasi Windows. Dan jika masih terasa lambat setelah meningkatkan virtual memory, sebaiknya kamu harus mengupgrade memory RAM komputermu.