5 Cara Mempercepat Proses Charging Baterai Smartphone


charge

Saat ini, smartphone menjadi suatu perangkat yang sangat penting bagi semua orang. Karena hampir setiap saat kita menggunakan smartphone untuk berbagai kegiatan, mulai dari chatting dengan teman, memotret suatu momen, menonton film, browsing internet, hingga mengetik berbagai tugas. Namun, semua kegiatan dalam menggunakan smartphone tersebut masih sering terkendala oleh daya baterai smartphone yang cepat terkuras habis.

Baca juga: 5 Mitos Tentang Cara "Nge-charge" Baterai Ponsel yang Keliru

Akibatnya, kita jadi sering bolak-balik untuk men-charge smartphone. Tentu hal tersebut akan sedikit merepotkan jika kita sedang terburu-buru untuk segera memakai lagi smartphone tersebut untuk keperluan yang lainnya. Nah, agar kita dapat segera menggunakan smartphone lagi untuk keperluan lain, tentunya kita menginginkan daya baterai smartphone tersebut agar cepat terisi kembali. Keinginan itu bukan tidak mungkin untuk diwujudkan, asalkan kita tahu metode pengisian daya baterai yang tepat.

Dikutip dari KompasTekno, berikut ini lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses charging baterai smartphone:

#1. Pakai Charger dengan Output yang Lebih Kuat

Adakalanya kamu bisa men-charge baterai smartphone dengan lebih cepat jika menggunakan adapter charger yang memiliki output daya lebih kuat. Contohnya, men-charge iPhone 6 dengan menggunakan charger milik iPad. Meskipun sama-sama device buatan Apple,tapi output dari charger bawaan iPhone 6 cuma sebesar 1A(5W), sedangkan charger bawaan iPad memiliki daya output yang lebih kuat, yakni sebesar 2,1A(12W).

Namun perlu diperhatikan, tidak semua smartphone bisa menggunakan cara seperti ini. Beberapa smartphone hanya mengambil daya sesuai dengan output charger bawaan. Sehingga cara ini tidak akan berpengaruh sama sekali.

Khawatir smartphone rusak gara-gara pakai charger yang punya daya lebih besar? Tenang saja, smartphone masa kini tidak akan rusak meskipun terhubung ke charger dengan daya yang lebih besar dari charger bawaan. Ini karena smartphone hanya akan menarik arus dalam jumlah yang dibutuhkan saja.

#2. Gunakan Kabel USB yang Baik

Jangan remehkan kabel USB yang kamu gunakan pada adapter charger. Karena kualitas kabel USB juga dapat mempengaruhi kecepatan charge smartphone.

Jika kamu menggunakan kabel USB yang dijual dengan harga murah, biasanya kabel USB tersebut dibuat sangat tipis dan tidak menghantarkan daya dengan baik. Begitupun juga logam yang dipakai memiliki kualitas rendah sehingga tidak bisa menangani arus listrik berdaya tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kabel USB original dari paket pembelian smartphone kamu. Atau jika memang terpaksa membeli kabel USB baru, pilihlah kabel USB dengan kualitas terbaik buatan brand yang dipercaya.

#3. Jangan Charge Smartphone Melalui Port USB Komputer

Jangan biasakan men-charge smartphone melalui port USB komputer, mengapa? Karena output daya yang dikeluarkan oleh port USB komputer biasanya berkisar antara 0,1A hingga 0,5A saja, jauh lebih rendah dibandingkan output daya dari charger smartphone yang rata-rata sebesar 2A atau lebih. Itu berarti jika kamu men-charge smartphone melalui port USB komputer, maka pengisian daya juga akan lebih lambat.

Jadi, bila kamu sedang terburu-buru, sebaiknya langsung charge smartphone kamu dengan charger bawaan. Atau sebagai alternatif, coba charge smartphone mu dikomputer yang memiliki port USB 3.0. Karena port USB 3.0 mampu menyalurkan arus daya sebesar 1A. Jadi, setidaknya masih sama cepat dengan charger bawaan smartphone.

#4. Jangan Sering Menggunakan Smartphone Saat di Charge

Kalau tidak main smartphone sebentar saja, pastinya bikin gatel banget kan? Tapi, cobalah untuk menahan keinginan mengecek smartphone yang sedang di charge. Kecuali memang digunakan untuk keperluan yang penting.

Karena, saat kamu mengecek smartphone saat sedang di charge, tentu layarnya akan menyala. Padahal layar merupakan salah satu bagian dari smartphone yang paling menguras baterai. Akibatnya, proses pengisian daya akan lebih lama.

Selain sekedar mengeceknya, sebaiknya jangan menjalankan aplikasi berat, mengunduh aplikasi, memutar video, atau bermain game saat smartphone sedang di charge. Karena pengisian daya akan jauh lebih lama.

#5. Matikan Smartphone

Ini bisa dikatakan cara yang paling ampuh dari keempat cara mempercepat charging smartphone diatas. Karena meski smartphone sedang tidak dipakai sama sekali, tapi masih keadaan menyala, tetap ada aplikasi yang berjalan di background. Akibatnya, kinerja aplikasi tersebut tetap menguras daya dan membuat proses pengisian daya menjadi lambat.

Oleh sebab itu, sebaiknya matikan smartphone saat men-charge. Karena dengan mematikan smartphone, maka seluruh aplikasi yang berjalan di background juga ikut berhenti. Tentu hal ini akan membuat seluruh daya yang disalurkan benar-benar masuk dan proses pengisian daya menjadi lebih cepat.

Namun bila kamu tidak ingin mematikan smartphone, kamu bisa mengaktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat. Mode tersebut sangat berguna untuk menghentikan transmisi sinyal seluler dan Wi-Fi yang banyak menguras daya.

Itulah lima cara untuk mempercepat proses charging baterai smartphone. Punya tambahan mengenai tips diatas? Bagikan melalui kolom komentar. ;)

Sumber: KompasTekno

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »