Tips Cara Memilih Smartphone yang Cocok untuk Bermain Game


Smartphone untuk Bermain Game

Siapa sih yang tidak suka bermain game? Ya, hampir semua orang suka sekali bermain game. Di zaman serba mobile saat ini, bermain game tidak mesti melalui konsol game saja, tapi bermain game juga bisa melalui smartphone. Ada banyak sekali pilihan game yang tersedia untuk smartphone. Namun untuk bermain game yang berkualitas HD, tentu kita harus memiliki smartphone dengan spesifikasi yang tinggi atau mumpuni untuk dapat memainkan game HD dengan lancar. Namun sayangnya, harga smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi tersebut tentu tidaklah murah.

Tapi bukan berarti smartphone yang memiliki spesifikasi "biasa-biasa saja" tidak bisa digunakan untuk bermain game HD lho ya, untungnya sekarang ini sudah banyak pilihan smartphone dengan harga terjangkau yang bisa diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk juga untuk bermain game. Selain processor, ada beberapa hal yang turut mempengaruhi kenyamanan dalam bermain game. Dikutip dari situs DroidLime.com, kali ini aku akan berbagi tips cara memilih smartphone dengan harga terjangkau yang cocok untuk digunakan bermain game.

#1. Pilihlah Smartphone dengan Resolusi Layar 720p

Resolusi Layar Smartphone

Smartphone dengan resolusi layar Full HD (1920x1080 pixel) memang sangat bagus digunakan untuk bermain game HD seperti contohnya game balap Asphalt Xtreme. Karena smartphone dengan layar Full HD mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih dan tajam.

Tapi, semakin tinggi resolusi layar, maka semakin berat juga kinerja processor dan chip grafis dalam mengolah gambar. Jika kamu memilih smartphone untuk bermain game dengan harga terjangkau yang rata-rata memiliki spesifikasi hardware yang "biasa-biasa saja", maka sebaiknya kamu memilih smartphone yang memiliki resolusi layar 720p (1280x720 pixel) saja daripada yang Full HD.

Ya meskipun saat ini banyak smartphone layar Full HD dengan harga yang terjangkau juga sih. Tapi, layar yang beresolusi 720p itu jauh lebih ringan untuk digunakan bermain game dan juga lebih nyaman dimata daripada layar Full HD.

#2. Memiliki Tampilan Antarmuka atau UI Standar

Stock UI Android

Jika kamu memang benar-benar mencari smartphone untuk digunakan bermain game, maka pilihlah smartphone yang memiliki tampilan antarmuka atau User Interface yang standar. Smartphone Android dengan UI yang banyak fiturnya, biasanya lebih banyak menguras RAM sehingga akan memperlambat kinerja smartphone.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu pilih smartphone yang menggunakan UI atau user interface yang standar. Karena UI sandar akan lebih ringan dan lebih hemat konsumsi RAM. Adapun contoh smartphone yang menggunakan UI standar adalah jajaran smartphone Android One dari Google.

#3. Memiliki RAM Minimal 2 GB

RAM Smartphone

Saat ini untuk dapat bermain game dengan lancar di smartphone Android, maka kamu harus memilih smartphone yang memiliki kapasitas RAM minimal 2 GB. Meskipun sebenarnya game berat sekalipun tidak terlalu banyak menguras RAM, namun kapasitas RAM akan terkuras oleh sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang berjalan secara background, seperti aplikasi BBM dan juga Facebook.

Jika kamu masih tetap memilih smartphone dengan RAM 1 GB saja, maka jangan heran jika nanti smartphone kamu akan sering mengalami hang atau force closed saat digunakan bermain game.

#4. Perhatikan Memori Penyimpanan

Storage Smartphone

Saat ini, game Android berkualitas HD rata-rata memiliki ukuran file instalasi yang sangat besar, mulai dari 100 MB bahkan hingga di atas 1 GB. Jika kamu memang ingin mengoleksi berbagai game HD, maka ada baiknya untuk memilih smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan minimal sebesar 16 GB.

Sebenarnya, smartphone dengan kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB masih cukup untuk menyimpan game HD, tetapi hanya cukup menyimpan beberapa game saja. Karena dari kapasitas 8 GB tersebut, hanya setengahnya (sebesar 4 GB) yang benar-benar bisa kamu pakai, dan sisanya sudah terpakai oleh sistem. Jika demikian, mungkin kamu hanya bisa menginstall maksimal tiga game HD saja dalam smartphone.

#5. Piilihlah Smartphone dengan Baterai Diatas 2500 mAh

Baterai Smartphone

Bermain game secara terus menerus tentu akan menguras daya baterai smartphone. Saat ini ada banyak smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang bervariasi, mulai dari 2500 mAh, 3000 mAh hingga 5000 mAh. Oleh karena itu, jika kamu mencari smartphone yang dapat bertahan lama saat digunakan untuk bermain game, maka ada baiknya kamu memilih smartphone yang memiliki kapasitas baterai diatas 2500 mAh. Sebab, smartphone dengan kapasitas baterai 3000 mAh saja, rata-rata sanggup bertahan hingga enam jam jika digunakan untuk bermain game HD.

Itulah, tips cara memilih smartphone dengan harga terjangkau yang cocok untuk digunakan bermain game. Jika kamu punya tips lainnya, silahkan bagikan melalui kolom komentar. ;)

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »